Sunday, March 5, 2017
Pohon
pohon
Daftar Isi:
PEDOMAN: Pohon ; ENSIKLOPEDIA: CEMARA , GANDARUSA , HAWAR, POHON , PENAGA , POHON, PEPOHONAN , TAMARISKA ; BROWNING: POHON ; LAMBANG: Pohon ; YUNANI: 1186 δενδρον dendron ; STATISTIK: POHON ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ;
Pohon
Ke atas
Pohon [Kamus Pedoman]
1. Pada mulanya diciptakan oleh Allah.Kej 1:11,12; 2:9
2. Diciptakan untuk kemuliaan Allah. Mazm 148:9
3. Bermacam-macam - yang disebutkan: 3.1 Pohon-pohon hutan.Kid 2:3; Yes 10:19
3.2 Pohon buah-buahan. Neh 9:25; Pengkh 2:5; Yeh 47:12
3.3 Pohon yang rimbun. Mazm 37:35; Yer 17:2
3.4 Pohon yang daun-daunnya ditebangi. Yes 6:13
4. Bermacam-macam besarnya. Yeh 17:24
5. Diberikan sebagai makanan untuk binatang. Kej 1:29,30; Ul 20:19
6. Diciptakan untuk memperindah bumi ini. Kej 2:9
7. Bagian - yang disebutkan: 7.1 Akar.Yer 17:8
7.2 Batang. Yes 11:1; 44:19
7.3 Ranting-ranting. Im 23:40; Dan 4:14
7.4 Tunas. Luk 21:29,30
7.5 Daun. Yes 6:13; Dan 4:14; Mat 21:19
7.6 Buah atau benih. Im 27:30; Yeh 36:30
8. Tiap-tiap jenis - mempunyai biji sendiri untuk mengembangkan jenisnya. Kej 1:11,12
9. Seringkali memperbanyak jenisnya dengan pertolongan burung yang membawa biji-bijinya.
Yeh 17:3,5
10. Ditanam oleh manusia. Im 19:23
11. Tiap-tiap jenis - dikenal dari buahnya. Mat 12:33
12. Diberi makan: 12.1 Oleh tanah.Kej 1:12; 2:9
12.2 Oleh hujan. Yes 44:14
12.3 Melalui getah - itu sendiri. Mazm 104:16
13. Sangat subur di tepi sungai atau air. Yeh 47:12
14. Apabila ditebang bertunas lagi. Ayub 14:7
15. Dijual dengan tanahnya. Kej 23:17
16. Sering kali kena penyakit karena: 16.1 Belalang.Kel 10:5,15; Ul 28:42
16.2 Hujan es. Kel 9:25; Mazm 78:47
16.3 Api. Yoel 1:19
16.4 Tentara yang merampas. 2Raj 19:23; Yes 10:34
17. Tempat berteduh pada siang hari di negeri-negeri timur. Kej 18:4; Ayub 40:16
18. Ditebang: 18.1 Dengan kapak.Ul 19:5; Mazm 74:5; Mat 3:10
18.2 Untuk membuat rumah. 2Raj 6:2; 2Taw 2:8,9
18.3 Oleh bala tentara yang mengepung untuk mendirikan benteng. Ul 20:20; Yer 6:6
18.4 Untuk membuat patung. Yes 40:20; 44:14,17
18.5 Untuk bahan bakar. Yes 44:14-16; Mat 3:10
19. Allah menambah dan memperbanyak buah-buah untuk umat-Nya. Im 26:4; Yeh 34:27; Yoel 2:22
20. Allah sering kali membiarkan - tidak berbuah lagi sebagai hukuman. Im 26:20
21. Kebiasaan pada zaman dahulu menanam - di tanah yang dipersembahkan. Kej 21:33
22. Orang-orang Yahudi: 22.1 Dilarang menanam - di samping mezbah Tuhan.Ul 16:21
22.2 Dilarang menebang - yang berbuah untuk mengepung. Ul 20:19
22.3 Sering kali mendirikan kemah di bawah - . Kej 18:1,4; Hak 4:5; 1Sam 22:6
22.4 Sering kali dikubur di bawah - . Kej 35:8; 1Sam 31:13
22.5 Sering kali membunuh penjahat pada - . Ul 21:22,23; Yos 10:26; Kej 40:19
22.6 Pohon tempat para penjahat digantung dianggap suatu yang jijik. Yes 14:19
23. Yang disebut dalam Firman Tuhan: 23.1 Anggur.Bil 6:4; Yeh 15:2
23.2 Apel. Kid 2:3; 8:5; Yoel 1:12
23.3 Ara. Ul 8:8; 1Raj 10:27; Mazm 78:47; Am 7:14; Luk 19:4
23.4 Arar. 1Raj 19:4,5
23.5 Aras. 1Raj 10:27; Mazm 37:35
23.6 Badam. Kej 43:11; Pengkh 12:5; Yer 1:11
23.7 Berangan. Yes 41:19
23.8 Beringin. Yes 6:13
23.9 Cemara. Yes 41:19
23.10 Cendana. 1Raj 10:11,12; 2Taw 2:10,11
23.11 Delima. Ul 8:8; Yoel 1:12
23.12 Gaharu. Bil 24:6
23.13 Gandarusa. Yes 44:4; Yeh 17:5
23.14 Kertau. 2Sam 5:23,24
23.15 Korma. Kel 15:27
23.16 Murad. Yes 41:19; Yes 55:13; Za 1:8
23.17 Penaga. Kel 36:20; Yes 41:19
23.18 Pohon Minyak. Yes 41:19
23.19 Salam. Yes 44:14
23.20 Sanobar. 1Raj 5:10; 2Raj 19:23; Mazm 104:17; Yeh 31:8
23.21 Saru. Yes 44:14
23.22 Sesawi. Mat 13:32
23.23 Tarbantin. Yes 1:30
23.24 Zaitun. Ul 6:11
24. Salomo menulis sajak tentang - . 1Raj 4:33
25. Melukiskan: 25.1 Kristus.Rom 11:24; Wahy 2:7; 22:2,14
25.2 Hikmat. Ams 3:18
25.3 Raja-raja. Yes 10:34; Yeh 17:24; 31:7-10; Dan 4:10-14
25.4 Kehidupan dan percakapan yang benar. Ams 11:30; 15:4
25.5 (Yang hidup) Kristus yang tidak bersalah. Luk 23:31
25.6 (Baik dan yang berbuah) semua orang-orang kudus. Bil 24:6; Mazm 1:3; Yes 61:3; Yer 17:8; Mat 7:17,18
25.7 (Selalu hidup) orang-orang kudus. Mazm 1:1-3
25.8 (Kehidupan - ) kemujuran orang-orang kudus yang tidak berkesudahan. Yes 65:22
25.9 (Dahannya ditebang, tetapi tunas yang baru tumbuh lagi) sisa jemaat yang terpilih. Yes 6:13
25.10 (Tidak berbuah) orang fasik. Hos 9:16
25.11 (Yang bergoyang ditiup angin) ketakutan orang fasik. Yes 7:2
25.12 (Tidak menghasilkan buah yang baik) orang fasik. Mat 7:17-19
25.13 (Kering) orang yang tidak berguna. Yes 56:3
25.14 (Kering) orang dunia yang sudah waktunya dihukum. Luk 23:31
Ke atas
CEMARA [Ensiklopedia]
Lihat POHON-POHON.
Ke atas
GANDARUSA [Ensiklopedia]
Lihat POHON-POHON.
Ke atas
HAWAR, POHON [Ensiklopedia]
Lihat POHON-POHON.
Ke atas
PENAGA [Ensiklopedia]
Lihat POHON-POHON.
Ke atas
POHON, PEPOHONAN [Ensiklopedia]
1. Ara, buah dan pohon (Ibrani teena, Yunani sukon/suke Kid 2:13 saja, pag = Yunani olunthoi dlm Why 6:13 saja). Pohon ara (Ficus carica) adalah tumbuhan asli di Asia Kecil dan Siria, tingginya bisa mencapai 12 m dan di tanah yg berbatu-batu pun dapat tumbuh subur. Buahnya kerap mendahului daunnya, bunganya tak pernah jelas kelihatan. Pembuahan dilakukan oleh serangga kecil bersayap empat.
Buah ara agaknya sudah sejak zaman dahulu termasuk buah asli Palestina, seperti anggur dan zaitun (mis Hak 9:7 dab); pohon-pohon ini dihubungkan dalam janji janji Allah tentang kemakmuran dan dalam peringatan-peringatan para nabi (Yer 5:17; Hos 2:12; Yl 1:7, 12; Hab 3:17). Sering pohon ara ditanam bersama pohon anggur (Luk 13:6), suatu hal yg menghasilkan ungkapan terkenal 'berdiam masing-masing di bawah pohon anggur dan pohon aranya' sebagai lambang kesejahteraan dan kemakmuran yg berlanjut terus (1 Raj 4:25; Mi 4:4; Za 3:10; bnd 2 Raj 18:31; Yes 36:16 -- walaupun beberapa ay dari rujukan ini bisa menunjuk kepada hal bahwa orang desa lebih menyukai penanaman pohon ara karena menaungi rumah-rumah).
Gagal menanam pohon yg tumbuhnya lambat ini, menuntut panjang sabar bertahun-tahun (Ams 27:18; Luk 13:7), justru pemusnahannya merupakan malapetaka nasional (Yer 5:17; Hab 3:17; bnd Mzm 105:33). Hasil yg banyak merupakan tanda perdamaian dan karunia Allah. Buah ara berkali-kali disebut bersama buah anggur, korma dan delima (mis Ul 8:8) dan kealpaannya merupakan bagian dari sungut-sungut orang Israel dalam Bil 20:5.
Adam dan Hawa mengenakan cawat yg dibuat dari daun pohon ara. Sekarang ini daun-daun ara masih dijahit di Asia Barat, digunakan pembungkus buah-buahan yg baru dipetik dan dikirim ke pasar, sebagai komoditas berharga. Kue yg dibuat dari buah ara yg dikeringkan (Ibrani devela, diperas menjadi satu) merupakan makanan yg sangat baik, mudah dibawa dan merupakan oleh-oleh yg disukai (1 Sam 25:18; 1 Taw 12:40). Kue ara seperti itulah yg ditaruh pada barah Hizkia (2 Raj 20:7; Yes 38:21) atas perintah Yesaya sebagai alat penyembuhan.
Ada sedikit beda peristilahan tentang berapa kali setahun menuai buah ara. Menurut W Corswant dalam A Dictionary of Life in Bible Times (1960), untuk mengerti bagian-bagian Alkitab tertentu perlu diperhatikan bahwa pohon ara memberi tiga macam buah berurutan: a. buah ara musim kemarau atau buah paling akhir (mis Yer 8:13; 29:17), yg merupakan tuaian pertama dari bulan Agustus sampai musim dingin. b. buah ara hijau atau buah musim dingin (Kid 2:13; Why 6:13), tidak mempunyai cukup waktu untuk masak sebelum musim dingin tiba, tetap didahannya dan menjadi kemerah-merahan pada hari-hari pertama musim semi, tapi tetap tinggal kecil dan mudah gugur ditiup angin. Yg tidak gugur masak pada musim panas bulan Juni dan bulan berikutnya. c. buah ara bungaran 'yg masak sebelum musim kemarau' (Yes 28:4; Yer 24:2; Hos 9:10; Mi 7:1; Nah 3:12), paling digemari karena segar dan enak. Ini berarti sebatang pohon yg sehat memberi buah selama kr 10 bulan. Agaknya Yesus mengharap akan mendapati buah ara hijau di pohon yg dikutuki'-Nya (Mat 21:18-22; Mrk 11:12-14, 20-24 ttg peristiwa ini lih MDCG, hlm 593 dst; R. C Trench, Notes on the Miracles, 1886, hlm 468-479; F. F Bruce, The New Testament Documents, 1960, hlm 73-74).
Ada banyak tamsil, kiasan dan pepatah mengenai ara (lih mis Yer 24:1; Mi 7:1; Mat 7:16; Yak 3:12). Pada zaman Yunani buah ara dipandang begitu penting untuk perekonomian nasional, sehingga orang Yunani membuat undang-undang khusus untuk mengatur pengeksporannya.
Jenis pohon ara yg disebut Zakheus (Luk 19:4) adalah Ficus sycomorus (Yunani sukomoraia). Pohon yg dimaksud dalam Luk 17:6 barangkali adalah Morus nigra L., pohon yg kecil tapi kuat, dan buahnya berwarna merah darah dan dapat dimakan.
2. Aras (Ibrani 'erez, Yunani kedros). Cedrus libani pohon Libanon, sekarang jarang dan dilindungi di Libanon. Kayunya sangat keras dan tahan lama, dipakai untuk rumah Daud (2 Sam 5:11 dab), Bait Salomo (1 Raj 5:6-10 dab), dan Bait yg dibangun sesudah Pembuangan (Ezr 3:7). Salomo memiliki tandu pohon aras (Kid 3:9). Pohon ini dapat mencapai 40 m tingginya; Yeh 31:3 membandingkan manusia dengan pohon ini. Kayu aras yg dibakar oleh imam (Im 14:4-6, 49-52; Bil 19:6) bukanlah aras Libanon tapi mungkin tanaman padang gurun, Juniperus oxycedrus L atau Juniperus phoenicea L, keduanya ketika dibakar mengeluarkan bau wangi. Dalam Mzm 37:35 kata Ibraninya ialah ezrakh. Walaupun diterjemahkan pohon aras, tapi pohon ini lebih mungkin Laurus nobilis L, pohon yg 12-16 m tingginya dengan daun yg tetap hijau dan harum, digunakan sebagai rempah-rempah atau karangan bunga. Pohon ini asli Palestina, tapi aras tidak.
3. Berangan (Kej 30:37; Yeh 31:8, Ibrani 'armon). Mungkin Platanus orientalis L.
4. Beringin. Yes 6:13 (dlm Hos 4:13 diterjemahkan 'pohon rimbun'). Pistacia terebinthus var. palestina (Boiss.) Post. Dahan-dahan pohon ini panjang-panjang menjulur ke samping, biasanya tingginya kurang sedikit dari 8 m, sering tumbuh di tempat-tempat yg panas, kering dan berbukit-bukit di daerah Palestina.
5. Cemara (Yes 41:19; 60:13, Ibrani teasysyur). Pohon kecil (Buxus longifolia Boiss., tingginya kr 7 m, daunnya selalu hijau, kayunya keras sekali. Pada Pesta Pondok Daun pondok-pondok itu dibuat dari kayu cemara.
6. Cendana. Dalam 2 Taw 2:8; 9:10-11 kata Ibraninya ialah 'algummim, asalnya dari Libanon. Dalam 1 Raj 10:11-12 nama pohon itu 'almuggim, didatangkan dari Ofir. Terjemahan Indonesia menerima keduanya sama, yg berarti bahwa penulis Taw tidak tahu bahwa kayu itu didatangkan dari Ofir ke Libanon dan dari sana sampai ke Israel. Karena letak Ofir tidak kita ketahui, maka ihwal kayu dari Ofir ini gelap bagi kita. Kayu itu mungkin kayu cendana merah dari India, Pterocarpus santalinus L. Jika kayu itu, atau salah satu dari keduanya, berasal dari Libanon, mungkin kayu itu adalah jenis pohon berdaun jarum Juniperus excelsa Bieb, tapi ada juga yg menyarankan Cupressus sempervirens L. Gord.
7. Gandarusa. Ada beberapa macam pohon ini yg lazimnya tumbuh di tepi sungai di Palestina; acuan dalam Alkitab sering menyebut tempat itu (Ayb 40:17; Yes 44:4; Yeh 17:5). Gandarusa Palestina sering berbentuk serumpun. Pohon gandarusa yg disebut di Im 23:40 dan gandarusa Babel (Mzm 137:2) umum dianggap pohon hawar.
8. Hawar (Ibrani livneh). Dahan-dahan hawar dipakai Yakub untuk menipu Laban (Kej 30:37). Pohon ini mungkin pohon hawar putih, Populus alba L., pohon yg cukup besar dengan daunnya yg putih di sebelah bawah dan yg pucuk-pucuknya cepat tumbuh. Pohon itu memberi naungan yg teduh, dan jika ditanam di tanah yg luas sehingga menjadi hutan kecil akan cocok untuk melaksanakan tata cara kafir (bnd Hos 4:13).
9. Kertau. Pohon yg paling mungkin di sini ialah Populus euphratica Oliv., pohon asli di daerah Palestina; ini lebih tepat dari morus indica, yg disarankan oleh terjemahan 'kertau'.
10. Korma, Phoenix dactylifera L., Ibrani tamar. Pohon ini tumbuh di lembah Yordan dan nampaknya agak umum pada zaman Alkitab. Ada banyak tempat yg memakai nama ini, mis Tamar (Yeh 47:19; 48:28), Hazezon-Tamar (Kej 14:7). Korma melambangkan pertumbuhan yg baik, gaya, kecantikan, kelurusan (Mzm 92:13; Yer 10:5). Tamar juga nama wanita (2 Sam 13:1). Korma dipakai sebagai lambang kemenangan dan kegembiraan, sehingga pemakaian daun-daun palem (korma) pada saat Tuhan Yesus memasuki Yerusalem, terkandung arti itu (Yoh 12:13). Motif korma dipakai menghias bangunan (1 Raj 6:29, 32; Yeh 40:31).
11. Murad, myrtis communis L, Ibrani hadas, pohon yg daunnya selalu hijau, tingginya kr 10 m. Daun dan bunganya yg putih harum baunya digunakan untuk obat kecantikan. Pohon murad melambangkan kemurahan ilahi, menggantikan pohon semak di padang gurun (Yes 41:19; 55:13) atau keadaan damai dalam penglihatan Zakharia (Za 1:8-11). Orang Yahudi membawa daun pohon murad pada Pesta Pondok Daun. Dari nama hadas dibentuk nama wanita Hadassah, Indonesia, Ester.
12. Penaga, Ibrani syittim, Acacia seyal Del. dan Acacia tortilis, dipakai di Kemah Suci. Pohon berduri ini yg terdapat di wadi-wadi Sinai, merupakan pohon satu-satunya yg cukup besar untuk menyediakan kayu bagi Kemah.
13. Pohon minyak (Ibrani 'ets sydmen, Yes 41:19). Pohon zaitun kecil, umum di Palestina, Elaeagnus angustifolia L. Hasilnya semacam minyak yg tidak bagus, buahnya kecil.
14. Salam. Disebut dalam Yes 44:14, Ibrani 'oren, tapi identitasnya tidak diketahui dengan pasti.
15. Sanobar (Ibrani berosy, berotim). Pohon ini dari jenis Pinus yg daunnya selalu hijau, tumbuh di bukit-bukit Palestina dan Libanon, lambang kesuburan (Yes 41:19; 55:13). Kayunya baik untuk bangunan, digunakan untuk Bait Salomo (1 Raj 5:8 dab), kapal-kapal (Yeh 27:5), alat-alat musik (2 Sam 6:5). Pohon sanobar yg menghijau (Hos 14:8) mungkin Pinus pinea L., bijinya dapat dimakan.
16. Saru. Barangkali pohon Cupressus sempervirens, digunakan untuk membuat berhala (Yes 44:14).
17. Semak bulus (Ibrani 'ar'ar, Yer 17:6). Mungkin Juniperus oxycedrus L., tumbuh di padang gurun dan karang terjal. Mungkin juga Tamarix mannifera (Ehrenb.).
18. Tamariska (Kej 21:33; 1 Sam 22:6; 31:13). Tamariska adalah sejenis semak duri atau pohon yg berbonggol-bonggol di daerah-daerah padang gurun. Daunnya kecil-kecil berbentuk sisik dan biasanya bunganya berwarna merah muda. Ada tiga jenis tamariska di daerah padang gurun sebelah selatan Palestina Man Bersyeba, yaitu Taniarix articulata Vahl, T. pentandra Pall., T tetragyna Ehrenb.
19. Tarbantin (ek), (Ibrani 'alla, 'allon, 'ela), sering disebut juga 'pohon besar'. Di Palestina terdapat kr 24 macam pohon ek, ada yg daunnya selalu hijau, ada yg daunnya gugur. Pohon ini kokoh, kayunya keras, umurnya panjang. Orang suka duduk di bawah 'pohon besar' (1 Raj 13:14), dan mayat dikuburkan di bawahnya (1 Taw 10:12). Kayunya digunakan dayung (Yeh 27:6), dan tiang (patung) ( --> ASYERA). Basan termasyhur karena pohon tarbantinnya (Yes 2:13). Absalom tergantung di pohon tarbantin ('tersangkutlah kepalanya', 2 Sam 18:9). Ada suatu bahan celup merah diperoleh dari serangga yg hidup di Quercus coccifera L., (Kel 25:4; 26:1; Ibr 9:19 dab).
20. Zaitun (Ibrani zayil; Yunani elaia). Salah satu pohon yg paling berharga bagi orang Ibrani zaman kuno. Zaitun disebut pertama kali dalam Kej 8:11, sewaktu burung merpati pulang ke bahtera dengan sehelai daun zaitun. Sewaktu orang Israel menguasai Kanaan, zaitunnya banyak sekali (bnd Ul 6:11). Selanjutnya zaitun dihargai dengan anggur sebagai sumber penghasilan yg menguntungkan (1 Sam 8:14; 2 Raj 5:26).
Biarpun nama Latin botani zaitun adalah Olea europaea, namun asal pohon itu dianggap Asia Barat, yg kemudian diajukan lagi ke wilayah Laut Tengah. Orang Timur menganggap zaitun lambang kecantikan, kekuatan, berkat ilahi dan kemakmuran. Sejajar dengan tradisi Nuh, zaitun dan burung merpati dihormati sebagai lambang persahabatan dan perdamaian (bnd Mzm 52:8).
Di banyak bagian Palestina, zaitun yg ada jenisnya banyak di Timur Dekat, sering merupakan pohon satu-satunya yg agak besar. Zaitun yg dikembangkan tumbuh sampai kr 6 m tingginya, batangnya berbelit dan banyak dahannya. Pohon itu berkembang lambat, tapi sering mencapai usia beberapa abad, apabila tidak diganggu. Bila ditebang, tunas-tunas baru timbul dari akarnya, sehingga bisa timbul sampai 5 batang pohon baru. Batang-batang pohon zaitun yg hampir mati biasanya bertunas demikian juga (bnd Mzm 128:3). Rumpun zaitun kebanyakan dihargai sebagai sumber minyak biarpun juga sangat dihargai sebagai perlindungan terhadap panas matahari dan sebagai tempat bersemedi (Luk 22:39).
Pada zaman kuno pohon zaitun telah ada banyak sekali di seluruh Palestina. Belukar-belukar di pinggiran dataran Fenisia sangat mengesankan, seperti halnya di dataran Esdraelon dan lembah Sikhem. Betlehem, Hebron, Gilead, Lakhis dan Basan semuanya telah terkenal pada zaman Alkitab oleh karena kemakmurannya dengan belukar-belukar zaitun.
Buah zaitun masak pada permulaan musim gugur dan dipanen menjelang akhir November. Cara primitif mengumpulkan buah zaitun dan yg agak merugikan, seperti dilukiskan dalam Ul 24:20, yakni pohonnya digoncang-goncang atau dipukul dengan galah, masih luas dipraktikkan. Pada zaman kuno sedikit buah zaitun ditinggalkan di pohon atau di bawahnya untuk orang miskin. Hasil panen buah zaitun biasanya diantar ke penggilingan dalam keranjang di punggung keledai. Minyaknya biasanya di sedot dari buahnya dengan menaruhnya dalam lesung batu yg dangkal dan melumatkannya dengan batu gerinda besar. Kadang-kadang buah zaitun diinjak-injak oleh para penuai (Ul 33:24; Mi 6:15), tapi cara ini kurang menguntungkan. Setelah dibiarkan beberapa lama, maka minyak terpisah dari semua unsur lainnya, kemudian disimpan dalam guci-guci atau tangki-tangki batu.
Kedua kerub Bait Suci yg didirikan Salomo dibuat dari kayu zaitun (1 Raj 6:23). Karena tinggi kedua kerub itu kr 4,5 m (10 hasta) dan panjang sayapnya sama (masing-masing sayap 5 hasta) maka diperkirakan bahwa kerub itu dibuat dengan menggunakan beberapa pohon zaitun yg disusun menjadi satu. Kayu zaitun masih digunakan di Palestina untuk membuat lemari yg halus. Tapi pohon zaitun yg kenjal tidak dapat menghasilkan balok kayu yg panjang. Setelah dikeringkan beberapa tahun, kayu berwarna kuning sari bermotif banyak itu dapat di pelitur menjadi permukaan yg halus.
Begitu banyaknya pohon zaitun sehingga lazim digunakan untuk banyak tujuan. Pohon zaitun layak disebut raja dari pepohonan (Hak 9:8), dan penggunaan minyaknya sebagai bahan mengurapi menjadikannya lambang kekuasaan. Cabang-cabang pohon zaitun digunakan untuk membangun pondok-pondok pada Hari Raya Bulan yg ke-7 (Neh 8:15). Buah zaitun yg segar atau yg diasamkan yg dimakan dengan roti merupakan sebagian makanan penting Palestina pada zaman kuno. Minyak merupakan bahan dasar pengolahan bermacam-macam salep, dan juga alat merias rambut. Minyak zaitun juga dipakai sebagai bahan bakar (Mat 25:3), obat (Luk 10:34; Yak 5:14), dan makanan (2 Taw 2:10).
Pohon zaitun mempunyai arti simbolis yg luas bagi orang Ibrani. Kekuatan dan kegunaan pohon itu menggambarkan orang benar yg ideal (Mzm 52:8; Hos 14:6), yg keturunannya dilukiskan sebagai 'tunas pohon zaitun' (Mzm 128:3). Rujukan pada kecakapan, dengan mana zaitun kadang-kadang menjatuhkan bunganya, terdapat dalam Ayb 15:33, dimana Elifas menyatakan bahwa orang fasik 'seperti pohon zaitun yg jatuh bunganya'.
Dalam Za 4:3 kedua pohon zaitun itu adalah lambang keberhasilan, mencakup kelimpahan dengan mana Allah menyediakan segala sesuatu untuk keperluan manusia. 'Pohon minyak' itu yg disebut di Yes 41:19 (Ibrani 'ets syamen) oleh sementara orang disebut Elaeagnus angustifolia, suatu pohon bukan zaitun yg menghasilkan minyak yg kurang bagus. Tapi boleh juga zaitun yg sebenarnya yg dimaksud.
Buah dari pohon zaitun liar, kecil dan tidak berharga. Supaya berbuah banyak, zaitun harus di cangkok. Suatu proses, di mana cabang yg baik dibuat tumbuh pada belukar yg liar. Paulus menggunakan kenyataan ini sebagai kiasan yg berkesan (Rm 11:17) untuk memperlihatkan bagaimana non-Yahudi menjadi Israel yg benar.
KEPUSTAKAAN. H. N dan A. L Moldenke, Plants of the Bible, 1952; W Walker, All the Plants of the Bible, 1958; A Goor, 'The Place of the olive in the Holy Land and its history throughout the Ages', Economic Botany 20, 1966, hlm 223-243. FNH/RKH/JDD/MBD/MHS/AL/HAO
Ke atas
TAMARISKA [Ensiklopedia]
Lihat POHON, PEPOHONAN.
Ke atas
POHON [Kamus Browning]
Israel tidak mempunyai banyak pohon. Padahal kayu selalu dibutuhkan untuk bangunan dan di tempat pertanian/peternakan. Kayu untuk Bait Suci harus diimpor (1Raj. 5:8). Di antara pepohonan yang disebutkan dalam Alkitab ada cedar (sangat banyak di gunung --> Libanon), cemara, palem (yang punya kemampuan bertahan) dan pohon sikanum.
Ke atas
Pohon [Kamus Lambang]
(1) LAMBANG kekuatan dan hidup berkelimpahan dari orang yang percaya teguh kepada Allah. Mzm 1:3; Yes 44:4; 65:22; Yer 11:19; 17:8; Yeh 47:7, 12.(2) METAFORA kehidupan seseorang atau satu bangsa. Bagaikan pohon, mereka dapat bertumbuh subur di bawah naungan berkat Allah atau menderita kutukan, dibakar, ditelanjangi atau ditumbangkan. Pohon yang tidak berbuah sering meLAMBANGkan orang yang tidak beriman atau yang tidak mengasihi Kristus. Ayb 19:10; 24:20; Kid 2:3; Yes 7:2; 10:19, 33; 14:8; 56:3; Yeh 17:24; 20:47; 31:4-18; Dan 4:10-26; Za 11:2; Mat 3:10; 7:17-19; 12:33; 21:19; Luk 3:9; 6:43, 44; Yud 12.(3) LAMBANG Kerajaan Allah. Za 1:8-11; Mat 13:32; Luk 13:19.(4) PERSONIFIKASI penciptaan Allah yang merefleksikan sedikit hikmat, kuasa dan kasih Allah dan karena itu dikatakan (bahwa ciptaan itu) memuji Dia. Mzm 96:12; Yes 44:23; 55:12.
Ke atas
Yunani
Strongs #1186 δενδρον dendron
δενδρον dendron:pohon (Kamus Yoppi)ου , [neuter] pohon (Kamus Barclay)
Ke atas
Pohon [Statistik]
Jumlah dalam TB : 368 dalam 270 ayat (dalam OT : 317 dalam 235 ayat) (dalam NT : 51 dalam 35 ayat)
Strong dalam PL : [<0117> אדיר 1x] [<0174> אחלים 1x] [<0249> אזרח 1x] [<0352> איל 2x] [<0363> אילן 6x] [<0424> אלח 13x] [<0427> אלח 1x] [<0436> אלון 9x] [<0437> אלון 8x] [<0438> אלון 1x] [<0439> אלון 1x] [<0482> אלם 1x] [<0730> ארז 34x] [<0766> ארן 1x] [<0815> אשל 3x] [<01057> בכא 4x] [<01265> ברוש 10x] [<01363> גבח 1x] [<01612> גפן 50x] [<01918> חדס 6x] [<01931> חוא 1x] [<01992> חם 1x] [<02132> זית 18x] [<03754> כרם 1x] [<03759> כרמל 2x] [<03839> לבנח 2x] [<03869> לוז 1x] [<06086> עץ 128x] [<06097> עצח 1x] [<06155> ערב 4x] [<06196> ערמון 2x] [<06288> פארח 1x] [<06509> פרח 2x] [<06851> צפצפח 1x] [<06982> קורח 1x] [<07021> קיקיון 5x] [<07091> קפוז 1x] [<07219> ראש 1x] [<07416> רמון 7x] [<07574> רתם 3x] [<07848> שטח 1x] [<08247> שקד 2x] [<08256> שקם 6x] [<08291> שרוק 1x] [<08321> שרק 1x] [<08384> תאן 25x] [<08391> תאשור 2x] [<08410> תדחר 2x] [<08558> תמר 12x] [<08560> תמר 1x] [<08561> תמר 18x] [<08598> תפוח 3x] [<08645> תרזח 1x]
Strong dalam PB : [<65> αγριελαιος 1x] [<288> αμπελος 2x] [<846> αυτος 2x] [<1186> δενδρον 25x] [<1636> ελαια 3x] [<2565> καλλιελαιος 1x] [<3586> ξυλον 5x] [<4261> προβαλλω 1x] [<4807> συκαμινος 1x] [<4808> συκη 16x] [<4809> συκομοραια 1x]
Ke atas
Dalam Versi-Versi Alkitab:
Pohon: BIS TB
Sent from Kamus Alkitab: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.sabda.kamus
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment