Friday, April 12, 2019

Cherubim or Cheraph

Cherubim Dalam Kitab Tanakh Yahudi

Oleh: Aspenas Warkey Cohen

Kerub atau Kerubim (Ibrani כרוב, pl. כרובים, trans kruv, pl. kruvim, dual kruvayim lat.

Cherub[us], pl cherubi[m]; bahasa Inggris "cherub") adalah sebuah istilah yang muncul dalam Alkitab, misalnya pada Keluaran 25:18-22 dan Yehezkiel 28:12-15, dan Wahyu 4: 6-11. 

Yang artinya adalah kedudukan yang sangat tinggi atau "diurapi" dalam pemerintahan Elohim  dalam (Kerajaan Surga).

Kedudukannya sangat tinggi bahkan dari para Malaikat.

Kerub (jamak: Kerubim) Mahluk surgawi yang bersayap.

Mereka menjaga Firdaus (Kejadian 3:24); mendukung kendaraan takhta kemuliaan Tuhan (Yehezkiel 9:3; 10:1).

Di atas tutup pendamaian tabut perjanjian YHVH   terdapat dua kerub (Keluaran 25:18-20).

Karena itu timbullah sebutan Tuhan yang bersemayam di atas para Kerub (1Samuel 4;4  dan Keluaran 25:22).

Bentuk atau wujud Kerub/Kerubim

Dari penjelasan Alkitab baik dalam Perjanjian Lama maupun dalam Perjanjian Baru, memiliki empat rupa/bentuk/wujudnya (Yehezkiel 10 dan Wahyu 4 :6-11)

Rupa pertama sama seperti singa,
Rupa kedua sama seperti anak lembu/atau muka kerub
Rupa yang ke tiga, mempunyai muka seperti muka manusia
dan rupa yang ke empat sama dengan seperti burung nazar yang sedang terbang/atau muka rajawali.

Disamping kerub-kerub itu terdapat empat roda (roda-roda ini kelihatannya seperti permata yaspis), dan ke empat mahluk tersebut masing-masing bersayap enam (dua sayap terdepan mirip seperti ke dua tangan).

Ke empat mahluk itu menyokong takhta Anak Domba dan tujuh obor/tujuh Roh YHVH .Omeyn

Shalom
AW Cohen 🇮🇱

13 & Hari Kelima Belas

Keluaran 16:1
Dan mereka berangkat dari Elim, seluruh jemaat bani Israel, lalu tiba di Padang Gurun Sin, yang terletak di antara Elim dan Sinai, pada hari yang kelima belas bulan yang kedua sejak mereka keluar dari Tanah Mesir.

Imamat 23:6
Dan pada hari kelima belas pada bulan itu, itulah perayaan hari raya Roti Tidak Beragi bagi YAHWEH; selama tujuh hari, kamu harus makan roti tidak beragi.

Imamat 23:34
“berbicaralah kepada bani Israel, dengan mengatakan: Pada hari kelima belas bulan ketujuh, itulah hari raya Pondok Daun, tujuh hari bagi YAHWEH.

Imamat 23:39
Demikian pula, pada hari kelima belas dalam bulan ketujuh, ketika kamu mengumpulkan hasil ladangmu, kamu harus mengadakan perayaan bagi YAHWEH tujuh hari lamanya; pada hari pertama adalah Sabat perhentian dan pada hari ke delapan adalah Sabat perhentian juga.

Bilangan 28:17
Dan pada hari kelima belas bulan itu adalah suatu hari raya, tujuh hari lamanya roti-roti tidak beragi haruslah dimakan.

Bilangan 29:12
Dan pada hari kelima belas dari bulan ketujuh, haruslah ada pertemuan kudus bagimu; janganlah kamu melakukan segala pekerjaan seorang pekerja, tetapi haruslah kamu memelihara perayaan bagi YAHWEH selama tujuh hari.

Bilangan 29:26
Dan pada hari yang kelima: sembilan ekor lembu jantan muda, dua ekor domba jantan, empat belas ekor anak domba berumur setahun, yang sempurna;

Bilangan 33:3
Dan mereka berangkat dari Rameses pada bulan pertama pada hari yang kelima belas dari bulan yang pertama pada hari sesudah Paskah, bani Israel keluar dengan tangan yang dinaikkan, di depan mata semua orang Mesir.

1 Raja-Raja 12:32
Kemudian Yerobeam menentukan suatu hari raya pada hari yang kelima belas bulan kedelapan, sama seperti hari raya yang ada di Yehuda dan dia menaikkan persembahan pada mezbah itu. Demikianlah dia melakukannya di Betel untuk berkurban kepada anak-anak lembu yang telah dia buat itu, dan dia menugaskan di Betel, para imam mezbah di bukit-bukit pengurbanan yang telah dia buat.

1 Raja-Raja 12:33
Dan dia menaikkan persembahan pada mezbah yang telah dia buat di Betel, pada hari yang kelima belas, bulan kedelapan, dalam bulan yang telah ia rencanakan dalam hatinya sendiri. Dan dia menentukan suatu hari raya bagi bani Israel dan menaikkan persembahan pada mezbah itu sambil membakar dupa.

Ester 9:18
Dan orang Yahudi di Susan berkumpul pada hari yang ketiga belas dan pada hari yang keempat belas dalam bulan itu, dan beristirahat pada hari yang kelima belas dalam bulan yang sama, dan menjadikan hari itu sebagai hari perayaan dan kegembiraan.

Ester 9:21
untuk mewajibkan mereka merayakan hari yang keempat belas dan yang kelima belas bulan yang sama setiap tahun,

Yehezkiel 45:25
Dan pada bulan ketujuh, pada hari yang kelima belas bulan itu, pada hari raya, dia akan mengolah seperti ketujuh hari itu, sebagaimana persembahan penghapus dosa, sebagaimana persembahan bakaran, sebagaimana persembahan sajian dan sebagaimana minyak.”

18 & Hari Keempat Belas

Keluaran 12:6
Dan haruslah dia menjadi seperti simpanan bagi kamu sampai hari keempat belas bulan ini. Dan seluruh tumpahan jemaat Israel harus menyembelihnya pada waktu senja.

Keluaran 12:18
Pada bulan pertama, pada hari keempat belas bulan itu, pada waktu petang, kamu harus makan roti tidak beragi sampai hari kedua puluh satu bulan itu, pada waktu petang.

Imamat 23:5
Pada bulan pertama, pada hari keempat belas bulan itu, di antara sore dengan petang, itulah Paskah bagi YAHWEH.

Bilangan 9:3
Pada hari keempat belas bulan ini, di antara waktu petang, engkau harus merayakannya pada waktu yang telah ditetapkan, engkau harus merayakannya menurut segala ketetapannya dan menurut segala peraturannya.”

Bilangan 9:5
Dan mereka merayakan Paskah pada bulan yang pertama hari keempat belas bulan itu, di antara waktu petang, di Padang Gurun Sinai sesuai dengan segala yang telah YAHWEH perintahkan kepada Musa; demikianlah bani Israel melakukannya.

Bilangan 9:11
Pada bulan yang kedua, hari yang keempat belas di antara waktu petang, haruslah mereka merayakannya; mereka harus memakannya dengan roti tidak beragi dan sayur pahit.

Bilangan 28:16
Dan pada bulan yang pertama pada hari keempat belas bulan itu, adalah Paskah bagi YAHWEH.

Bilangan 29:23
Dan pada hari yang keempat: sepuluh ekor lembu jantan muda, dua ekor domba jantan, empat belas ekor anak domba berumur setahun, yang sempurna;

Yoshua 5:10
Dan bani Israel berkemah di Gilgal, dan menyiapkan Paskah pada hari yang keempat belas pada bulan itu, pada waktu malam, di Dataran Yerikho.

1 Tawarikh 26:11
Hilkia yang kedua, Tebalya yang ketiga, Zakharia yang keempat. Semua anak dan saudara-saudara Hosa berjumlah tiga belas orang.

Ester 9:15
Dan orang Yahudi di Susan berkumpul pada hari yang keempat belas, bulan Adar itu juga, dan mereka membunuh tiga ratus orang di Susan, tetapi mereka tidak menjamah barang rampasan dengan tangan mereka.

Ester 9:17
Pada hari yang ketiga belas dalam bulan Adar dan pada hari yang keempat belas di bulan yang sama, mereka beristirahat dan menjadikannya sebagai hari perayaan dan kegembiraan.

Ester 9:18
Dan orang Yahudi di Susan berkumpul pada hari yang ketiga belas dan pada hari yang keempat belas dalam bulan itu, dan beristirahat pada hari yang kelima belas dalam bulan yang sama, dan menjadikan hari itu sebagai hari perayaan dan kegembiraan.

Ester 9:19
Oleh sebab itu, orang Yahudi di pedesaan, yang tinggal di perkampungan, menjadikan hari yang keempat belas bulan Adar itu sebagai hari kegembiraan, hari perayaan, dan hari yang baik, dan hari untuk saling mengantar makanan.

Ester 9:21
untuk mewajibkan mereka merayakan hari yang keempat belas dan yang kelima belas bulan yang sama setiap tahun,

Yehezkiel 40:1
Pada tahun kedua puluh lima sesudah pembuangan kami, pada permulaan tahun, pada tanggal sepuluh bulan itu, pada tahun keempat belas sesudah kota itu ditaklukkan, pada hari yang sama itu tangan YAHWEH ada di atasku dan membawaku ke sana.

Yehezkiel 45:21
Pada bulan pertama, pada hari yang keempat belas bulan itu, Paskah akan berlangsung bagimu, pesta tujuh hari Roti Tidak Beragi akan dimakan.

Kisah Para Rasul 27:33
Dan ketika hari akan segera menjadi siang, Paulus menasihati agar semua orang mengambil makanan, sambil berkata, “Setelah menunggu, inilah hari keempat belas kamu terus berpuasa dengan tidak makan apa pun.

61 - Kata Lima Belas

Kejadian 5:10
Dan setelah memperanakkan Kenan, Enos masih hidup delapan ratus lima belas tahun, dan dia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.

Kejadian 7:20
Air itu telah menjadi tinggi lima belas hasta ke atas, dan gunung-gunung telah ditutupinya.

Keluaran 16:1
Dan mereka berangkat dari Elim, seluruh jemaat bani Israel, lalu tiba di Padang Gurun Sin, yang terletak di antara Elim dan Sinai, pada hari yang kelima belas bulan yang kedua sejak mereka keluar dari Tanah Mesir.

Keluaran 27:14
Dan layar-layar pada bahunya haruslah lima belas hasta, tiang-tiangnya ada tiga dan alas-alas tumpuannya ada tiga.

Keluaran 27:15
Dan pada bahu yang kedua, haruslah ada layar-layar lima belas hasta, tiang-tiangnya ada tiga, dan alas-alas tumpuannya ada tiga.

Keluaran 38:14
Layar-layar pada bahunya adalah lima belas hasta, tiang-tiangnya ada tiga dan alas-alas tumpuannya ada tiga.

Keluaran 38:15
Jadi pada kedua bahu, baik dari sini maupun dari sana ke gerbang pelataran, ada layar-layar lima belas hasta, tiang-tiangnya ada tiga dan alas-alas tumpuannya ada tiga.

Imamat 23:6
Dan pada hari kelima belas pada bulan itu, itulah perayaan hari raya Roti Tidak Beragi bagi YAHWEH; selama tujuh hari, kamu harus makan roti tidak beragi.

Imamat 23:34
“berbicaralah kepada bani Israel, dengan mengatakan: Pada hari kelima belas bulan ketujuh, itulah hari raya Pondok Daun, tujuh hari bagi YAHWEH.

Imamat 23:39
Demikian pula, pada hari kelima belas dalam bulan ketujuh, ketika kamu mengumpulkan hasil ladangmu, kamu harus mengadakan perayaan bagi YAHWEH tujuh hari lamanya; pada hari pertama adalah Sabat perhentian dan pada hari ke delapan adalah Sabat perhentian juga.

Imamat 27:7
Dan jika itu dari yang berumur enam puluh tahun dan di atasnya, jika dia laki-laki, maka taksiranmu harus lima belas shikal, dan atas perempuan sepuluh shikal.

Bilangan 28:17
Dan pada hari kelima belas bulan itu adalah suatu hari raya, tujuh hari lamanya roti-roti tidak beragi haruslah dimakan.

Bilangan 29:12
Dan pada hari kelima belas dari bulan ketujuh, haruslah ada pertemuan kudus bagimu; janganlah kamu melakukan segala pekerjaan seorang pekerja, tetapi haruslah kamu memelihara perayaan bagi YAHWEH selama tujuh hari.

Bilangan 29:26
Dan pada hari yang kelima: sembilan ekor lembu jantan muda, dua ekor domba jantan, empat belas ekor anak domba berumur setahun, yang sempurna;

Bilangan 31:52
Dan seluruh emas persembahan hunjukan yang mereka hunjukkan kepada YAHWEH, ada enam belas ribu tujuh ratus lima puluh shikal, dari kepala-kepala pasukan seribu dan dari kepala-kepala pasukan seratus,

Bilangan 33:3
Dan mereka berangkat dari Rameses pada bulan pertama pada hari yang kelima belas dari bulan yang pertama pada hari sesudah Paskah, bani Israel keluar dengan tangan yang dinaikkan, di depan mata semua orang Mesir.

Hakim-Hakim 8:10
Sementara itu, Zebah dan Salmuna ada di Karkor bersama-sama dengan tentara mereka, kira-kira lima belas ribu orang banyaknya, yakni semua orang yang masih hidup dari seluruh tentara orang sebelah timur. Dan mereka yang tewas ada seratus dua puluh ribu orang yang bersenjatakan pedang.

2 Samuel 9:10
Dan engkau harus mengerjakan tanah baginya, engkau dan anak-anakmu dan hamba-hambamu. Dan engkau harus membawa masuk dan bagi anak tuanmu harus tersedia roti agar ia dapat memakannya. Namun Mefiboset, anak tuanmu, akan makan roti di mejaku terus-menerus.” Dan Ziba mempunyai lima belas orang anak laki-laki dan dua puluh orang hamba.

2 Samuel 19:17
Dan seribu orang bersamanya dari suku Benyamin, dan Ziba, hamba keluarga Saul dan kelima belas anaknya serta dua puluh hamba yang bersama dengannya. Dan mereka bergegas ke Yordan mendahului raja.

1 Raja-Raja 7:3
Dan di atasnya ditutup dengan kayu aras, pada balok-balok melintang yang disangga oleh empat puluh lima pilar, yakni lima belas, dalam setiap barisnya.

1 Raja-Raja 12:32
Kemudian Yerobeam menentukan suatu hari raya pada hari yang kelima belas bulan kedelapan, sama seperti hari raya yang ada di Yehuda dan dia menaikkan persembahan pada mezbah itu. Demikianlah dia melakukannya di Betel untuk berkurban kepada anak-anak lembu yang telah dia buat itu, dan dia menugaskan di Betel, para imam mezbah di bukit-bukit pengurbanan yang telah dia buat.

1 Raja-Raja 12:33
Dan dia menaikkan persembahan pada mezbah yang telah dia buat di Betel, pada hari yang kelima belas, bulan kedelapan, dalam bulan yang telah ia rencanakan dalam hatinya sendiri. Dan dia menentukan suatu hari raya bagi bani Israel dan menaikkan persembahan pada mezbah itu sambil membakar dupa.

2 Raja-Raja 14:17
Dan Amazia, anak Yoas, raja Yehuda, masih hidup lima belas tahun lamanya sesudah kematian Yoas, anak Yoahas, raja Israel.

2 Raja-Raja 14:23
Pada tahun kelima belas zaman Amazia anak Yoas, raja Yehuda, Yerobeam anak Yoas, raja Israel, memerintah di Samaria, selama empat puluh satu tahun.

2 Raja-Raja 15:2
Dia berumur enam belas tahun pada waktu ia mulai memerintah dan dia memerintah selama lima puluh dua tahun di Yerusalem. Nama ibunya ialah Yekholya, dari Yerusalem.

2 Raja-Raja 15:33
Dia berumur dua puluh lima tahun pada waktu ia mulai memerintah, dan dia memerintah selama enam belas tahun di Yerusalem; nama ibunya ialah Yerusa, anak perempuan Zadok.

2 Raja-Raja 20:6
Aku akan menambah umurmu lima belas tahun lagi, dan Aku akan melepaskan engkau dan kota ini dari tangan raja Ashur, dan akan melindungi kota ini demi Aku dan demi Daud, hamba-Ku.”

2 Raja-Raja 21:1
Manashe berumur dua belas tahun pada waktu mulai memerintah, dan dia memerintah selama lima puluh lima tahun di Yerusalem; dan nama ibunya ialah Hefzibah.

2 Raja-Raja 23:36
Yoyakim berumur dua puluh lima tahun pada waktu ia memerintah, dan dia memerintah di Yerusalem selama sebelas tahun. Nama ibunya ialah Zebuda, anak Pedaya, dari Ruma.

2 Raja-Raja 25:8
Dalam bulan yang kelima pada tanggal tujuh bulan itu --itulah tahun kesembilan belas zaman Raja Nebukadnezar, raja Babilon-- Nebuzaradan kepala para pengawal, pegawai raja Babilon, datang ke Yerusalem.

2 Raja-Raja 25:17
Satu pilar tingginya delapan belas hasta, dan di atasnya ada mangkuk penyangga dari tembaga. Dan tinggi mangkuk penyangga itu tiga hasta serta kisi-kisi dan buah-buah delima berada pada sekeliling mangkuk penyangga itu --semuanya itu tembaga; dan pilar yang kedua, sama dengan yang pertama disertai kisi-kisi.

1 Tawarikh 24:14
yang kelima belas kepada Bilga; yang keenam belas kepada Imer;

1 Tawarikh 25:12
Yang kelima kepada Netanya, anak-anaknya dan saudara-saudaranya sebanyak dua belas orang.

1 Tawarikh 25:22
Yang kelima belas kepada Yeremot, anak-anaknya dan saudara-saudaranya sebanyak dua belas orang.

1 Tawarikh 29:7
Dan mereka mempersembahkan untuk ibadah di bait Elohim, lima ribu talenta emas, dan sepuluh ribu dirham, sepuluh ribu talenta perak, dan delapan belas ribu talenta perunggu, serta seratus ribu talenta besi.

2 Tawarikh 15:10
Dan mereka dikumpulkan di Yerusalem pada bulan ketiga tahun kelima belas pada pemerintahan Asa.

2 Tawarikh 25:25
Amazia anak Yoas, raja Yehuda, masih hidup lima belas tahun lamanya sesudah Yoas anak Yoahas, raja Israel, mati.

2 Tawarikh 26:3
Uzia berumur enam belas tahun ketika dia mulai memerintah, dan lima puluh dua tahun lamanya dia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Yekolya, dari Yerusalem.

2 Tawarikh 27:1
Yotam berumur dua puluh lima tahun pada waktu ia menjadi raja, dan dia memerintah selama enam belas tahun di Yerusalem, dan nama ibunya ialah Yerusa, anak perempuan Zadok.

2 Tawarikh 27:8
Dia berumur dua puluh lima tahun ketika menjadi raja dan dia memerintah selama enam belas tahun di Yerusalem.

2 Tawarikh 33:1
Manashe berumur dua belas tahun ketika mulai menjadi raja, dan dia memerintah selama lima puluh lima tahun di Yerusalem.

2 Tawarikh 36:5
Yoyakim berumur dua puluh lima tahun pada waktu ia menjadi raja, dan dia memerintah selama sebelas tahun di Yerusalem. Ia melakukan apa yang jahat di mata YAHWEH, Elohimnya.

Ester 9:18
Dan orang Yahudi di Susan berkumpul pada hari yang ketiga belas dan pada hari yang keempat belas dalam bulan itu, dan beristirahat pada hari yang kelima belas dalam bulan yang sama, dan menjadikan hari itu sebagai hari perayaan dan kegembiraan.

Ester 9:21
untuk mewajibkan mereka merayakan hari yang keempat belas dan yang kelima belas bulan yang sama setiap tahun,

Yesaya 38:5
“Pergi, dan kamu harus mengatakan kepada Hizkia: Beginilah YAHWEH, Elohim leluhurmu Daud, berfirman: Aku telah mendengar doamu, Aku telah melihat air matamu. Lihatlah, Aku akan menambahkan lima belas tahun pada umurmu.

Yeremia 1:3
Hal itu terjadi juga pada zaman Yoyakim anak Yosia, raja Yehuda, sampai berakhirnya tahun kesebelas bagi Zedekia anak Yosia, raja Yehuda, pada masa pembuangan Yerusalem pada bulan kelima.

Yeremia 52:12
Pada bulan kelima, pada tanggal sepuluh bulan itu, pada tahun kesembilan belas pemerintahan Nebukadnezar, raja Babilon. Nebuzaradan, kepala pasukan pengawal, yang mengawal raja Babilon, datang ke Yerusalem.

Yeremia 52:31
Dan terjadilah, pada tahun ketiga puluh tujuh dari masa pembuangan Yoyakhin, raja Yehuda, pada bulan kedua belas, tanggal dua puluh lima, Evil-Merodakh, raja Babilon, pada tahun pemerintahannya, melepaskan Yoyakhin, raja Yehuda, dan mengeluarkannya dari rumah penjara.

Yehezkiel 32:17
Dan terjadilah, pada tahun kedua belas, pada tanggal lima belas bulan itu, datanglah firman YAHWEH kepadaku, yang mengatakan,

Yehezkiel 33:21
Dan terjadilah pada tahun yang kedua belas, dalam bulan kesepuluh, pada tanggal kelima bulan itu, di tempat pembuangan kami, salah seorang yang terluput dari Yerusalem datang kepadaku dan berkata, “Kota itu sudah dihempaskan.”

Yehezkiel 40:1
Pada tahun kedua puluh lima sesudah pembuangan kami, pada permulaan tahun, pada tanggal sepuluh bulan itu, pada tahun keempat belas sesudah kota itu ditaklukkan, pada hari yang sama itu tangan YAHWEH ada di atasku dan membawaku ke sana.

Yehezkiel 45:12
Satu shikal harus sama dengan dua puluh gera; dua puluh shikal, dua puluh lima shikal, lima belas shikal akan menjadi satu mina bagimu.

Yehezkiel 45:25
Dan pada bulan ketujuh, pada hari yang kelima belas bulan itu, pada hari raya, dia akan mengolah seperti ketujuh hari itu, sebagaimana persembahan penghapus dosa, sebagaimana persembahan bakaran, sebagaimana persembahan sajian dan sebagaimana minyak.”

Hosea 3:2
Maka aku membeli dia bagiku dengan lima belas keping perak dan satu setengah homer jelai.

Markus 8:19
Ketika Aku memecah-mecahkan lima roti untuk lima ribu orang, berapa keranjang penuh potongan-potongan makanan yang kamu kumpulkan?” Mereka berkata kepada-Nya, “Dua belas!”

Lukas 3:1
Dan pada tahun kelima belas pemerintahan Kaisar Tiberius, ketika Pontius Pilatus menjadi gubernur di Yudea, dan Herodes menjadi raja wilayah di Galilea, dan Filipus, saudaranya, menjadi raja wilayah Iturea dan wilayah Trakhonitis, dan Lisanias menjadi raja wilayah Abilene,

Yohanes 6:13
Kemudian mereka mengumpulkan dan mengisi dua belas keranjang dengan potongan-potongan dari lima roti jelai itu, yaitu apa yang berlebih seusai makan.

Yohanes 11:18
Dan Betania berada di dekat Yerusalem, kira-kira lima belas stadia jaraknya.

Kisah Para Rasul 27:28
Dan setelah mengukur kedalaman air, mereka mendapatinya dua puluh depa. Dan dengan maju sedikit serta mengukur lagi, mereka mendapati lima belas depa.

Galatia 1:18
Kemudian, setelah tiga tahun, aku pergi ke Yerusalem untuk menemui Petrus dan tinggal bersamanya selama lima belas hari.

Wahyu 21:20
yang kelima oniks, yang keenam sardis, yang ketujuh krisolit, yang kedelapan beril, yang kesembilan topas, yang kesepuluh krisopras, yang kesebelas turkuois, yang kedua belas ametis.

Perintah-Perintah or Mitzvot

Daftar Isi: KECIL: Perintah ; GLOSARI AYT: Firman ; BROWNING: FIRMAN , LOGIA , LOGOS , PEMERINTAH , PERINTAH , PERINTAH-PERINTAH ; ENSIKLOPEDIA: FIRMAN , LOGOS , PERINTAH, PEMERINTAHAN ; LAMBANG: Firman ; YUNANI: 3048 λογια logia or λογεια logeia ; 3056 λογος logos ; 4487 ρημα rhema ; STATISTIK: PERINTAH ; FIRMAN ; Perintah, Firman, Logos Ke atas Perintah [Kamus Kecil] KS.- Musa, [PL] Kel 20:2-17 (Ul 5:6-21); pasal Ul 4:1-28:68; Yos 22:5 [PB] Mat 5:18,19,21,27,31,33,38,43; 19:7,17; Mr 1:44; 12:28-34; Yoh 8:5; Rom 7:7-13; 13:8-10; Yak 2:8 Kristus [PB] Mat 5:22,28,32,34-37,39-42,44-45,48; Yoh 12:49-50; 13:34; 15:10-14,17; 1Yoh 2:7-8; 3:21-24; 2Yoh 5:6 Ke atas Firman [Glosari AYT] Perkataan (perintah) Tuhan. Ke atas FIRMAN [Kamus Browning] --> Penyataan. Suatu pengertian sentral dan dinamis dalam PL dan PB. 1) Oleh firman Allah 'langit' dan 'bumi' dijadikan (Kej. 1:3, 6, 9). 2) '*Dasa Titah', adalah firman-Nya (Kel. 20:1). Sering disebut 'Sepuluh Firman'. Para --> nabi menyampaikan firman Tuhan (Yer. 1:2), yang adalah penyataan kehendak dan maksud-Nya. 3) Dalam PB Yesus memberitakan firman (Mrk. 2:2). 4) Dalam Injil Yohanes Yesus identik dengan firman Allah -- penyataan atau artinya (Yoh. 1:1, 14). Firman dalam arti ini tidak disamakan dengan perkataan tertulis dari kitab manapun. 5) Dalam surat-surat Paulus dan Kitab Kisah Para Rasul, firman itu berarti pemberitaan Kristen. Ke atas LOGIA [Kamus Browning] Kata benda bahasa Yunani dalam bentuk jamak (neuter plural) yang dipakai dalam --> LXX untuk perkataan dari Tuhan dan juga dalam PB (firman Allah, Rm. 3:21) untuk perkataan dari Tuhan dalam PL. Logia menjadi istilah khusus untuk ucapan-ucapan Yesus di lingkungan Gereja Perdana. Pada sekitar tahun 100 M *Papias dari Hierapolis menyusun suatu karya tulis yang sekarang sudah tidak ada lagi, dengan judul Eksposisi dari Logia Tuhan. Sejumlah ahli PB mempertimbangkan kemungkinan bahwa karya Papias ini adalah apa yang biasa disebut sumber hipotetis --> Q. Sumber Q yang merupakan himpunan perkataan Yesus. yang dalam berbagai bentuk dipakai oleh Injil Matius dan Injil Lukas untuk melengkapi bahan yang mereka ambil alih dari Injil Markus. Ke atas LOGOS [Kamus Browning] Kata benda bahasa Yunani yang biasa diterjemahkan dengan 'perkataan', tetapi juga 'pertimbangan/nalar', atau 'arti'. Lazim digunakan dalam filsafat Yunani sejak Heraklitos (abad ke-6 sM) sampai ahli filsafat Yahudi, *Philo dari Aleksandria (abad pertama M) untuk prinsip pengikat yang mendasari jagat raya. Dalam --> LXX, logos adalah terjemahan dari kata Ibrani dabar, yang adalah firman kreatif Allah dan sejajar dengan sofia (hikmat), yaitu pengantara Allah dalam hubungan dengan *ciptaannya (Kej. 9:1-2). Dalam Injil Yohanes (Yoh. 1:14) dan dalam Kitab Wahyu (Why. 19:13), Yesus disebut --> Firman Allah. Ini adalah perkembangan penting dalam Kristologi: ini suatu pernyataan tegas bahwa firman yang adalah pengantara Allah dalam penciptaan itu adalah sama dengan manusia Yesus dari Nazaret (Yoh. 1:46). Ke atas PEMERINTAH [Kamus Browning] Dalam Alkitab Allah dianggap sebagai penguasa tertinggi atas dunia ini, dan dikatakan bahwa pelaksana-pelaksana kuasa-Nya memperoleh kekuasaan itu karena dipercaya Allah (Mzm. 72:1-4; Rm. 13:1-2; Yoh. 19:11) untuk memastikan bahwa keadilan ditegakkan (1Raj. 10:9). Mungkin diperlukan pendelegasian fungsi-fungsi pengadilan, seperti dilakukan Musa (Kel. 18:17-23), dan diyakini bahwa, meskipun Israel lebih merupakan negara teokrasi daripada demokrasi, umat tersebut, demikian pula rajanya, harus ambil bagian dalam hak dan tanggung jawab terhadap perjanjian dengan Allah (2Raj. 11:17).Bahkan, ketika umat Yahudi merupakan rakyat jajahan, orang-orang --> Saduki mengharapkan agar ketaatan terhadap merintah harus dilaksanakan. Dalam PB umat Kristen diperingatkan agar tidak melakukan subversi atau pelanggaran (1Ptr. 2:13-17), meskipun sikap patuh menerima pemerintah ini ditinggalkan ketika terjadi api siksaan (Why. 17 dan 18). Ke atas PERINTAH [Kamus Browning] 1) Dalam PB terdapat perintah-perintah --> Kaisar (mis. Luk. 2:1) atau ketetapan-ketetapan kaisar (Kis. 17:7).2) Untuk berbagai kata Yunani digunakan istilah 'ordinances' bahasa Inggris, khususnya AV, KJV seperti perintah hukum --> Taurat (Ef. 2:15); perintah dalam arti ketetapan ilahi (Rm.13:2) dan tuntutan hukum secara umum (1Ptr. 2:13). Ke atas PERINTAH-PERINTAH [Kamus Browning] Umat Israel sering kali didesak untuk memelihara perintah-perintah Tuhan, bukan sebagai beban yang tidak disenangi, melainkan sebagai jawaban atas kasih-Nya, yang dilakukan dengan sukacita (Mzm. 119:47). Kata ini juga digunakan dalam hubungannya dengan kewajiban untuk tunduk terhadap raja (2Raj. 18:36) dan anak-anak terhadap orang tuanya (Yer. 35:14).Perintah-perintah tersebut diringkas menjadi dua oleh Yesus, yang merupakan penggabungan dari Ul. 6:5 dan Im. 19:18 (Mrk. 12:29-31), dan diperluas maknanya dalam Yoh. 13:34 dyb. Ke atas FIRMAN [Ensiklopedia] 1. Ibrani davar. Akar kata ini berarti 'hal yg ada di belakang'. Jadi dalam suatu pengertian menunjuk kepada 'kamar di belakang rumah', yaitu Tempat Yg Malta Kudus di Bait Suci. Dalam psikologi Ibrani, ucapan seseorang dianggap dalam pengertian tertentu sebagai sebagian dari kedirian si pembicara yg mempunyai keberadaan sendiri yg nyata. Maka ucapan atau Firman Allah dalam Alkitab ialah pernyataan diriNya sendiri, dan kata davar bisa menunjuk kepada berita-berita tersendiri yg diberikan kepada para nabi, atau kepada isi penyataan dalam keseluruhannya. Kata itu dipakai 394 kali tentang komunikasi dari Allah kepada manusia. Davar mengandung kuasa yg serupa dengan kuasa Allah yg mengucapkannya (Yes 55:11), melaksanakan kehendak-Nya tanpa halangan, harus diperhatikan oleh para malaikat dan manusia (Mzm 103:20; Ul 12:32), tetap untuk selama-lamanya (Yes 40:8), dan tak akan kembali kepada Allah tanpa digenapi lebih dahulu (Yes 55:11). Dalam Mzm 119 davar lebih menunjuk kepada firman Allah yg tertulis. 2. Yunani logos. (i) Latar belakang. Kata ini dipakai dalam LXX untuk menerjemahkan davar (lih di atas). Dalam bh Yunani pada dasarnya logos berarti 'kata', tapi kemudian berkembang dengan berbagai arti: dalam tata bh logos mengartikan kalimat yg lengkap; dalam logika mengartikan suatu pernyataan yg berdasarkan kenyataan; dalam retorika mengartikan pidato yg tersusun secara tepat. Dalam dunia filsafat istilah logos dipakai oleh aliran Stoa dengan mengikuti Herakleitos, untuk mengartikan kekuasaan atau tugas ilahi yg memberi kesatuan, pertalian dan makna pada alam semesta. Mereka menyebutnya logos spermatikos. Manusia dijadikan selaras dengan dasar yg sama, dan manusia itu sendiri dikatakan mempunyai logos, baik sebagai budi atau rasio (logos endiathetos) maupun sebagai kemampuan berbicara (logos proforikos). Istilah logos banyak sekali dipakai oleh ahli filsafat Filo. Ia beranggapan bahwa pikiran Yunani sudah dibayangkan dalam PL, dan ia memakai ay-ay seperti Mzm 33:6 untuk menerangkan bagaimana Allah yg transenden dapat menjadi Pencipta alam semesta dan menyatakan diriNya sendiri kepada Musa dan Bapak-bapak leluhur Israel. Ia menyamakan Logos dengan pikiran Plato tentang dunia ide-ide, sehingga kata itu mengartikan dua-duanya, baik rencana Allah maupun kuasa Allah untuk mencipta. Ia menjabarkan Logos menjadi Malaikat Yahweh dan juga Nama Yahweh dalam PL, dan menyebutnya suatu Allah yg kedua serta Manusia Idaman, pola ilahi bagi manusia yg diciptakan Allah di bumi. (ii) Dalam PB. Logos dipakai baik dalam arti kata biasa, maupun dengan pengertian pesan Injil Kristen (Mrk 2:2; Kis 6:2; Gal 6:6). Dalam Surat-surat Kiriman kita baca tentang Firman kehidupan (Flp 2:16), Firman kebenaran (Ef 1:13), kabar keselamatan (Kis 13:26), berita pendamaian (2 Kor 5:19), dan pemberitaan tentang salib (1 Kor 1:18): dalam bh Yunani semuanya disebut logos. Logos ialah amanat dari pihak Allah yg dinyatakan dalam Yesus Kristus, yg wajib diberitakan dan ditaati. Pada tiga tempat kata logos dipakai secara teknis, yaitu Yoh 1:1,14; 1 Yoh 1:1-2; Why 19:13, Yoh 1:1 adalah satu-satunya kasus yg tidak meragukan. Di sini pendahuluan Injil bersifat sangat metafisis, dimana pentingnya Kristus ditafsirkan secara teologis. Silang pendapat di kalangan sarjana hanya pada masalah penentuan sumber-sumber primer dari ay-ay tersebut, dan arti logos yg paling pokok di sini. Upaya Yoh terutama hanya pada penggunaan kata davar dalam PL, atau pada ajaran para rabi mengenai Kitab Taurat. Upaya ini gagal karena konsep-konsep ini tidak jelas dibedakan dari Allah Yg Mahatinggi sehingga tetap berdiri tanpa perubahan pada ay 14. Tokoh Hikmat menyediakan lebih banyak kesejajaran, tapi tidak cukup dipersamakan dengan Firman itu dalam sumber-sumber yg diteliti: ajaran mengenai Manusia Pertama atau Manusia Sorgawi yg dikemukakan oleh beberapa ahli kurang meyakinkan. Hanya ajaran Filo tentang Logos yg menyajikan kerangka teologis yg jelas, dimana Firman memiliki suatu kesatuan yg mirip dengan Allah dan sekaligus memiliki perbedaan dengan-Nya, mengandung kegiatan mencipta dan memelihara semesta alam, dan juga memiliki kegiatan yg bersifat menyatakan diri kepada manusia. Lebih lanjut konsep khas mengenai inkarnasi, setidak-tidaknya merupakan pengembangan yg tepat dari penyamaan Logos menurut Filo dengan Manusia Sejati. Jadi mungkin sekali di balik ini semua dijumpai penggunaan langsung dari konsep Filo atau pemikiran dari kelompok cendekiawan Yahudi yg menganut Helenisme. Dalam Surat 1 Yoh 1:1 istilah 'Firman Hidup' tidak mungkin mengandung arti Logos secara teknis teologis, baik konteks maupun susunannya bertentangan dengan itu. Bahkan jika surat ini berasal dari penulis yg sama dengan penulis Injil Yoh (yg diragukan oleh beberapa ahli) surat ini mungkin berasal dari waktu yg lebih dini daripada saat diterimanya ajaran Logos yg telah berkembang penuh. Pemahaman 'Injil Kristen' adalah paling cocok untuk konteks ini. Dalam Why 19:13 pernahaman 'Injil' mungkin berada di balik pengenaan gelar Firman Allah kepada sang Pemenang (bnd 6:2 menurut beberapa penafsir tokoh yg berkuda harus diartikan Injil yg sedang berkembang dim kemenangan). Kita boleh membandingkannya dengan gambaran dalam Kebijaksanaan Salomo 18:15, 16. Tapi karena dalam Why tokoh itu jelas disebut Raja segala raja dan Tuhan segala tuan, pastilah ada lebih banyak makna metafisis yg terkandung di sini. Sifat sastra yg khas dari Why menjelaskan mengapa arti itu tidak dikembangkan di sini seperti halnya dalam Injil ke-4. Tiga bagian PB tersebut menggambarkan bagaimana kepenuhan Kristus secara tetap menyita semua gambaran dan pemikiran manusia; dan bagaimana bagian-bagian lain PB menuntut tafsiran berdasarkan banyak sumber, guna menyajikan keterangan terpadu. Yesus memberi makna segar terhadap istilah-istilah yg pada waktu sebelum Dia' mengandung makna lebih terbatas. (iii) Dalam bentuk jamak (ta logia) istilah logos berarti seluruh PL atau suatu bagiannya yg khas. Dalam Kis 7:38 'firman-firman yg hidup' menunjuk kepada Dasa Titah atau kepada seluruh isi Taurat Musa. Dalam Rm 3:2 artinya ialah PL, khususnya janji-janji Allah kepada Israel. Dalam 1 Ptr 4:11 pemberitaan 'firman' berarti pengkhotbah wajib menjaga beritanya sedemikian rupa sehingga ia seolah-olah; mengucapkan Kitab Suci yg diilhamkan. Ta Logia tampil pula dalam Ibr 5:12, di situ diterjemahkan 'penyataan Allah'; artinya tulang punggung ajaran Kristen, yg berhubungan dengan dasar-dasar pada PL maupun penyataan Allah yg terakhir melalui AnakNya (Ibr 1:1). Makna teologis dari to logia ditekankan oleh 13.13 Warfield: 'Ta logic ialah pengumuman-pengumuman Allah yg mempunyai kekuasaan, dan di hadapannya manusia berdiri dengan hormat dan menyembah dengan merendahkan diri' (The Inspiration and Authority of the Bible, 1948, hlm 403). 3. Yunani rhema. Kata ini berarti kata yg diucapkan, lalu menjadi inti ucapan, dan kenyataan. Kata ini juga memperoleh pengertian 'firman Allah', seperti logos, dan dengan demikian berarti 'Injil Kristen'. Dalam perkembangannya timbul juga arti lain, yaitu pengakuan Kristen, yg membawa kepada keselamatan (Ef 5:26). Rhema diterjemahkan 'firman' dalam mis Mat 4:4; Luk 2:29; Yoh 3:34; Rm 10:8; Ef 6:17; Ibr 1:3; 1 Ptr 1:25. JNB/RHM/JBTr/MBD/MHS Ke atas LOGOS [Ensiklopedia] Lihat FIRMAN. Ke atas PERINTAH, PEMERINTAHAN [Ensiklopedia] I. Dalam PL Pada zaman PL umat Allah hidup di bawah beberapa macam pemerintahan. Para leluhur dapat disebut semi pengembara (semi-nomad). Ayah adalah kepala keluarga sekaligus imam keluarga. Wawasan yuridis sang ayah tidak terbatas pada seluruh anggota keluarga dekat, tapi juga meliputi semua orang yg bekerja padanya atau orang-orang yg tunduk kepadanya. Jenis pemerintahan seperti ini sama dengan pemerintahan pengembara-pengembara Badui dari Arabia. Pada kepala keluarga (yaitu dari marga) terletak kuasa kehidupan, kematian dan juga kuasa untuk membuat berbagai keputusan (bnd Hak 11:11 dab). Di Mesir keturunan Yakub berada dalam perbudakan sampai mereka dibawa keluar dari negeri itu oleh Musa. Musa bertindak sebagai wakil Allah, dan bangsa itu mendengarkan dia. Pada waktu itu ada petugas (pegawai) khusus Israel, meskipun sulit mengatakan dengan tepat bagaimana bangsa Israel diorganisir dalam hubungannya dengan Mesir. Organisasi Sinai adalah unik, terbentuk dari kesatuan-kesatuan suku menjadi suatu teokrasi (yaitu 'pemerintahan Allah' -- theos, 'Allah'; kratos, 'kuasa', 'pemerintahan'). Jenis pemerintahan ini tidak mempunyai persamaan dengan pemerintahan apa pun, karena pemerintahan ini diatur oleh penyataan Allah. Intinya dinyatakan dalam Kel 19:5-6. Keunikan utama pemerintahan ini, adalah pemerintahan Allah atas suatu bangsa yg harus kudus sebagai suatu kerajaan imamat. Waktu di padang gurun, beberapa orang tua bangsa itu ditugasi membantu Musa melakukan tugas-tugasnya. Rencana teokrasi diberikan kepada mereka dan mereka menerimanya. Allah akan memerintah dan memerintah melalui pemerintahan seorang raja manusiawi. Raja ini harus 'memerintah dengan kebenaran', yaitu bahwa ia harus memberikan keputusan sesuai keadilan yg benar dan menyatakan dalam pemerintahannya kebenaran Allah. Bangsa itu harus berbeda dari bangsa-bangsa lain di dunia, karena mereka adalah suci, milik Allah sendiri. Selama suatu kurun waktu bangsa itu belum siap menerima pelaksanaan teokrasi sepenuhnya. Di bawah pimpinan Yosua mereka perlu memperoleh pemilikan atas tanah yg sudah dijanjikan kepada mereka. Dan selama beberapa waktu mereka dipimpin oleh pemerintah-pemerintah atau hakim-hakim, tapi belum ada satu organisasi pusat. Keadaan ini membuat mereka sadar bahwa mereka harus mempunyai seorang raja. Tapi permintaan mereka untuk diberikan raja didasari semangat yg bukan teokratis, mereka hanya ingin menjadi sama dengan bangsa lain. Atas dasar ini Samuel mempersalahkan mereka menolak Tuhan sendiri (1 Sam 8:7). Karena itu Israel disamping harus belajar akan perlunya seorang raja, juga harus belajar mempunyai raja yg benar. Raja pertama yg dipilih adalah laki-laki yg tidak mengikuti Tuhan, dan karena itu ditolak. Tapi raja Daud adalah pribadi yg diperkenan Allah. Daud memutuskan hal besar dan penting, tapi keputusan atas hal-hal kecil ia percayakan kepada bawahannya. Beberapa di antara petugas ini disebut dalam Alkitab, yaitu imam-imam, petugas rumah tangga, juru minuman, kepala gudang pakaian (2 Raj 10:22), kepala istana (1 Raj 4:6), panitera negara, juru catat, penasihat, panglima, dan kepala pengawal raja (2 Sam 8:18). Para pembantu raja menangani administrasi urusan negara (1 Raj 4:2 dab). Salomo membagi kerajaan itu menjadi 12 daerah. Di setiap daerah ia tempatkan seorang kepala daerah, yg juga bertanggung jawab menyediakan kebutuhan raja dan seisi istananya (1 Raj 4:7 dab). Masa pembuangan mengakibatkan teokrasi berakhir, yg memang lama sebelumnya teokrasi itu tidak lagi merupakan fakta nyata. Sesudah Pembuangan bangsa Yahudi takluk di bawah Persia, dan Yudea menjadi negara kuil dikepalai seorang imam besar. Raja Persia diwakili oleh gubernur, kadang-kadang seorang Yahudi, mis Nehemia. Susunan pemerintahan seperti ini berlangsung sampai zaman Yunani, meskipun pada saat itu dewan tua-tua diperkenalkan. Undang-undang negara kuil dibuang oleh Antiokhus IV pada thn 168 sM. kemudian dipulihkan oleh keluarga Hasmonean, yg menggenggam imamat besar dengan kepemimpinan sipil dan militer dalam tangan mereka sendiri. Kekuasaan mereka berakhir oleh penaklukan Romawi thn 63 sM, tapi pemerintah Romawi mengakui imam besar sebagai kepala administratif atas negeri Yahudi (kecuali waktu pemerintahan Herodes Agung dan Arkhelaus). Dalam hal ini sebenarnya imam besar menjadi pemimpin bangsa Yahudi. Pusat pemerintahan teokrasi adalah Bait Allah, yg mengacu pada kediaman dan kehadiran Allah di tengah-tengah umat-Nya. Demikianlah Yerusalem tempat Bait Allah didirikan dikenal sebagai kota suci. Kehancuran teokrasi secara formal terjadi pada waktu Bait Allah dihancurkan thn 70 M. EJY/FFB/JMP/HAO II. Dalam PB 1. Situasi Palestina Negeri Palestina sebagian besar terbagi dalam beberapa negara republik (mis Kaisarea dan kota-kota Dekapolis). Pembagian ini adalah taktik para penguasa yg berturut-turut menguasai dan mengawasi negeri itu, terutama Romawi, untuk men-Yunani-kan penduduknya dan dengan demikian memacu nasionalisme Yahudi. Daerah-daerah yg kurang taat (mis Galilea) dipercayakan kepada pangeran-pangeran Herodian, sedangkan Yerusalem dan sekitarnya berada di bawah pemerintahan Sanhedrin, suatu dewan yg anggotanya diambil dari aristokrasi keagamaan. Seluruh kegiatan pemerintahan diatur dan diawasi oleh Kaisar demi kepentingan keamanan perbatasan Romawi, yg bertindak pada tahap yg berbeda, apakah melalui seorang raja Herodian yg dia tunjuk atau melalui seorang wakil pribadi, yaitu prokurator (pemerintah wilayah). Nasionalisme Yahudi melahirkan beberapa sekte agama yg sikapnya terhadap pemerintah berbeda-beda, mulai dari terorisme (golongan Zelot) sampai kepada memisahkan diri (golongan Esen) pada satu pihak, dan kerjasama (golongan Saduki) pada pihak lain. Semua sekte ini dengan cara sendiri bertujuan untuk memulihkan kerajaan. a. Karir Yesus Yesus tidak mungkin lepas dari pemerintahan yg rumit ini. Ia diserang pada waktu kelahiran-Nya (Mat 2:16) karena dianggap mengancam takhta Herodes. Pada saat kematianNya Ia dituduh mengaku diriNya raja (Yoh 19:21). Ia ditekan oleh semua pihak supaya benar-benar tampil menjadi pemerintah. Godaan Iblis (Mat 4:9), entusiasme populer yg ingin mengangkat Dia menjadi raja kerajaan duniawi (Yoh 6:15), keangkuhan yg bodoh dari murid-murid (Mat 16:22 dab), dan kekuatiran mereka yg mempercepat penangkapan-Nya (Yoh 11:50). Menghadapi banyak salah pengertian, maka Yesus selalu menghindari luapan tuntutan atas diriNya sebagai raja, tapi Ia tidak menyembunyikan itu kepada murid-murid-Nya (Luk 22:29-30) dan pada akhirnya Ia menyatakannya di depan umum (Yoh 18:36-37). b. Pengajaran Yesus Tiga pernyataan utama tentang beda kerajaan sorgawi dari pemerintahan duniawi disebut sebagai: (i) Kodrat kerajaan Yesus tidak sama dengan kekuasaan duniawi. Kerajaan-Nya tidak didirikan oleh tindakan politik (Yoh 18:36). (ii) Kekuasaan duniawi tidak otonom: itu diperoleh hanya dengan izin Allah (Yoh 19:11). (iii) Kekuasaan duniawi oleh karenanya memiliki hak-haknya, sebagaimana juga Allah (Luk 20:25): keduanya harus diakui. c. Gereja di Yerusalem Setelah kebangkitan Yesus, murid-murid diberi lagi petunjuk tentang sifat kerajaan Allah (Kis 1:3). Tapi pandangan mereka tentang hal itu masih berdasarkan politik yg cetek (Kis 1:6). Dan sesudah kenaikan Yesus, khotbah tentang pemuliaan Yesus di sebelah kanan Allah (mis Kis 2:32-36) bernada politik (Kis 5:3 1), justru Sanhedrin menganggapnya provokasi politik (Kis 5:33 dab). Para rasul menentang perintah pengadilan agama yg melarang mereka berkhotbah karena mereka wajib mendahulukan tugas mereka kepada Allah (Kis 5:29). Pengusutan terhadap Petrus dan Yakobus (Kis 12:2, 3) bukan tidak mungkin berdasarkan politik, tapi serangan dalam kasus Stefanus (Kis 6:11) dan Paulus (Kis 21:28) jelas berlatar belakang keagamaan, dan mengacu pada perpindahan orang-orang Nasrani (Kristen) ke suatu sekte agama Yahudi, yg dibedakan mungkin terutama oleh hormat yg lebih unggul yg diberikan kerajaan Yesus kepada hukum (Yak 2:5, 8). 2. Negara-negara Helenistis Seluruh wilayah di luar Palestina di mana gereja-gereja didirikan, bersama Roma sendiri, merupakan negara-negara republik, baik sebagai satelit Roma ataupun sebagai koloni Roma yg sebenarnya. Dengan demikian orang Kristen terkait dengan administrasi setempat (mis Kis 16:19-21; 17:6, 22) maupun dengan gubernur-gubernur Roma yg memimpin daerah-daerah itu (mis Kis 13:7; 18:12). Kecenderungan untuk menyerahkan kasus-kasus berat kepada kewenangan Roma, menunjukkan bahwa sikap pemerintah Roma adalah yg menentukan dalam ihwal 'gereja dan negara'. a. Dukungan terhadap pemerintah Satu-satunya kasus dimana orang Kristen dituduh menentang Kaisar secara langsung ialah kasus Yason (Kis 17:7): tapi penguasa setempat tidak menentukan soalnya. Pada semua kasus lainnya yg kita kenal, tuntutan-tuntutan tidak bersifat politik, dan penguasa setempat menunjukkan keengganan menindaknya. Para penulis Kristen menanggapi positif laissez-faire ini (sikap tidak campur tangan) (Rm 13:1-7; 1 Tim 2:2; Tit 3:1); yg mengacu pada ajaran Yesus bukan hanya berarti bahwa 'segala kuasa yg ada' (exousiai) memiliki kekuasaan yg diizinkan oleh Allah, tapi secara positif mereka adalah 'pelayan-pelayan Allah' untuk menghukum yg jahat sehingga menentang mereka berarti menentang Allah. Sikap seperti ini dipertahankan juga (terjadi pada rezim Kaisar Nero) ketika pengadilan diperalat untuk melancarkan tuntutan-tuntutan yg dibuat-buat; hak kekuasaan (legitimasi) pemerintah dipertahankan dengan sangat hati-hati, sementara para korban dihibur dengan menunjuk kepada sengsara dan penderitaan Kristus, yg menanggungnya kendati tanpa kesalahan apa pun (1 Ptr 2:11-25). Ada yg berpendapat bahwa yg dimaksud dengan 'yg menahan anti-kristus' (2 Tes 2:6-8) ialah pemerintah Romawi. b. Kritik pemerintah Tapi Paulus juga mempunyai beberapa keberatan. Yg bertanggung jawab atas penyaliban Yesus adalah 'penguasa-penguasa dunia ini' (1 Kor 2:8). Orang-orang kudus tidak boleh menyelesaikan perselisihan-perselisihan mereka di pengadilan sipil, sebab justru mereka yg 'menghakimi dunia' (1 Kor 6:2). Berulang kali perhatian diarahkan kepada pemerintahan dari Penguasa yg satu-satunya, Raja di atas segala raja (1 Tim 6:15), dan kewargaan persaudaraan yg melampaui segala batasan negara-negara duniawi (mis Ef 2:19). Kuasa-kuasa jahat (archai atau exousiai) yg atasnya Yesus telah menang (Kol 2:15) dan terhadapnya kita sekarang bergumul melawannya (Ef 6:12), dapat juga dianggap sebagai kuasa-kuasa yg berada di belakang pemerintahan manusia. Tema ini diuraikan panjang lebar dalam Why, di mana digambarkan pertarungan untuk memerintah dunia ini antara Allah dan kuasa-kuasa setan. Hunjukan pada pemujaan penguasa (Why 13:15) agaknya jelas menyatakan bahwa musuh yg dimaksud adalah kaisar-kaisar Romawi. Kita mengetahui dari Pliny (Ep 10, 96) bahwa usaha-usaha membujuk orang Kristen supaya dapat lolos dari penghukuman penguasa dengan menyerahkan persembahan formal kepada penguasa itu, tidak digubris dengan ketetapan hati yg tidak tergoyahkan. Mereka tahu jelas bahwa mereka diminta untuk mempersembahkan kepada Kaisar apa yg sebenarnya kepunyaan Allah. KEPUSTAKAAN. A. H. M Jones, The Herods of Judaea, 1938; The Greek City from Alexander to Justinian, 1940; A. N Sherwin-White, Roman Society and Roman Law in the New Testament, 1963; 0 Cullmann, The State in the New Testament, 1957; E. A Judge, The Social Pattern of the Christian Groups in the First Century, 1960; M Avi-Yonah, The Holy Land from the Persian to the Arab Conquest; a Historical Geography, 1966; D. R Griffiths, The New Testament and the Roman State, 1970; A Richardson, The Political Christ, 1973; E. M Smallwood, The Jews under Roman Rule, 1976. EAJ/JMP/HAO Ke atas Firman [Kamus Lambang] METAFORA salah satu gelar Tuhan Yesus Kristus. Sebagaimana kata-kata memberi kita informasi mengenai hal-hal yang diperkatakan oleh kata-kata tersebut, demikian pula Yesus sebagai Firman menyatakan jelas sifat Allah yang sebenarnya. Dengan kata lain, melalui diri Kristus-lah Allah menyatakan diriNya. Namun bh Ibrani untuk gelar ini mengandung arti aktif (lih mis Mzm 33:6), sehingga kita harus mengakui secara lengkap bahwa dalam Kristus Allah menyatakan diriNya, terutama dalam karya penciptaan, penyataan dan penyelamatan. Yoh 1:1, 14; 1 Yoh 1:1; Why 19:13. Ke atas Yunani Strongs #3048 λογια logia or λογεια logeia λογια logia: ων [neuter] firman (-firman) (Kamus Barclay) Strongs #3056 λογος logos λογος logov: kata, Firman, berita, nilai, perkara (Kamus Yoppi) ου [maskulin] sesuatu yang dikatakan (misalnya; perkataan, firman, ajaran. pertanyaan sesudah ερωταω ; khotbah 1Tim 5.16; πολυς ημιν ο λογον banyak yang harus kami katakan Ibr 5.11); firman (dalam Kristologi Yohanes); pertanggung jawaban ( προς ον ημενι ο λογος kepadaNya kita harus memberikan tanggung jawab Ibr 4.13); nilai (Kis 20.24); sebab, alasan ( κατα λογον sepatutnya, dengan sabar Kis 18.14); dakwaan Kis 19.38); perkara (Kis 8.21); buku (Kis 1.1) (Kamus Barclay) Strongs #4487 ρημα rhema ρημα rhma: kata, perkataan, firman, hal (Kamus Yoppi) τος [neuter] ucapan, firman, kata, pernyataan; hal, perkara, peristiwa (Kamus Barclay) Ke atas Perintah [Statistik] Jumlah dalam TB : 268 dalam 257 ayat (dalam OT : 207 dalam 200 ayat) (dalam NT : 61 dalam 57 ayat) Strong dalam PL : [<0559> אמר ‎9x] [<0560> אמר ‎3x] [<0561> אמר ‎1x] [<0565> אמרח ‎1x] [<01697> דבר ‎11x] [<01881> דת ‎1x] [<02940> טים ‎1x] [<02941> טעם ‎3x] [<02942> טעם ‎15x] [<03027> יד ‎3x] [<03792> כתב ‎3x] [<03982> מאמר ‎1x] [<04687> מצוח ‎167x] [<06030> ענח ‎1x] [<06310> פח ‎5x] [<06485> פקד ‎1x] [<06680> צוח ‎55x] [<07971> שלח ‎1x] Strong dalam PB : [<846> αυτος ‎11x] [<1291> διαστελλομαι ‎1x] [<1297> διατγμα ‎1x] [<1378> δογμα ‎1x] [<1699> εμος ‎1x] [<1778> ενταλμα ‎3x] [<1781> εντελλομαι ‎3x] [<1785> εντολη ‎50x] [<2003> επιταγη ‎6x] [<2004> επιτασσω ‎3x] [<2753> κελευω ‎2x] [<3450> μου ‎1x] [<3739> ος ‎1x] [<3778> ουτος ‎1x] [<3852> παραγγελια ‎1x] [<4169> ποιος ‎1x] Ke atas Firman [Statistik] Jumlah dalam TB : 1465 dalam 1371 ayat (dalam OT : 1280 dalam 1198 ayat) (dalam NT : 185 dalam 173 ayat) Strong dalam PL : [<0559> אמר ‎597x] [<0561> אמר ‎5x] [<0565> אמרח ‎3x] [<01696> דבר ‎7x] [<01697> דבר ‎420x] [<01699> דבר ‎1x] [<01703> דברח ‎1x] [<01870> דרך ‎1x] [<03068> יחוח ‎1x] [<04405> מלח ‎1x] [<04941> משפט ‎1x] [<05002> נאם ‎361x] [<06310> פח ‎3x] [<06963> קול ‎11x] [<08052> שמואח ‎1x] Strong dalam PB : [<846> αυτος ‎5x] [<1699> εμος ‎4x] [<2036> επω ‎8x] [<2046> ερεω ‎2x] [<2097> ευαγγελιζω ‎1x] [<2316> θεος ‎1x] [<2980> λαλεω ‎1x] [<3004> λεγω ‎22x] [<3051> λογιον ‎3x] [<3056> λογος ‎132x] [<3450> μου ‎6x] [<4483> ρεω ‎6x] [<4487> ρημα ‎18x] [<4674> σος ‎1x] [<4675> σου ‎5x] [<5101> τις ‎1x] [<5346> φημι ‎1x] [<5537> χρηματιζω ‎1x] [<5538> χρηματισμος ‎1x]