Monday, April 15, 2019

Roti Tidak Beragi

Daftar Isi: KECIL: Hari Raya Roti Yang Tidak Beragi , Roti yang Tidak Beragi ; HAAG: Roti Tak Beragi ; BROWNING: ROTI SAJIAN ATAU ROTI TAK BERAGI , ROTI TIDAK BERAGI ; Hari Raya Roti Tidak Beragi Ke atas Hari Raya Roti Yang Tidak Beragi [Kamus Kecil] TB- Perayaan selama tujuh hari sehabis Paskah, di mana roti dibakar tanpa memakai ragi sebagai peringatan akan malam pembebasan orang Ibrani dari perbudakannya di Mesir (Kel 12:14-20, bandingkan Mat 26:17). BIS- Perayaan ini berlangsung tujuh hari lamanya sesudah Hari Raya Paskah. Hari ini dirayakan juga sebagai peringatan akan pembebasan orang Ibrani dari perbudakan di Mesir. Pada perayaan ini roti dibuat tanpa memakai ragi (Kel 12:14-20), itu sebabnya hari raya ini bernama Hari Raya Roti Tidak Beragi. Perayaan ini jatuh pada tanggal 15-20 bulan Nisan, yaitu waktu yang berdekatan dengan minggu pertama dalam bulan April. Ke atas Roti Yang Tidak Beragi [Kamus Kecil] KS.- Lihat --> Hari Raya --> 20093 Ke atas Roti Tak Beragi [Kamus Haag] Roti Tak Beragi. Lempengan bunder roti yang tipis dan tidak diberi ragi. Roti itu digunakan pada kesempatan mendadak (Kej 18:6; 19:3), dalam saat panen (Yos 5:11; Rut 2:14), dalam kurban (Im 23:18; Im 2:4,11 dbtl.), sebagai roti unjukkan dan digunakan selama tujuh hari pada perayaan roti tak beragi (Kel 12:15-20; 23:15; Ul 16:1-8). Di dalam Kel 23:15 hari raya Roti tak beragi adalah hari raya pertama dari ketiga perayaan utama, yang mewajibkan setiap orang Isr. menampakkan diri di depan Yahwe (bdk.: Kel 34:23; Ul 16:16). Seperti kedua pesta lainnya (: pesta panen dan pesta pengumpulan hasil), maka pesta pertama inipun rupanya termasuk dalam bilangan perayaan panen. Pada mulanya boleh dikatakan, bahwa pesta ini merupakan perayaan panen jelai yang pertama. Bangsa Isr. mengambil-alih perayaan ini dari bangsa Kanaan. Di kemudian harinya pesta ini diberi kerangka sejarah dan dihubungkan dengan -- pesta Paskah. -- Roti yang dipakai dalam ibadat harus tanpa ragi, sebab orang memandang ragi sebagai gejala kebusukan. Oleh karena itu di dalam arti kiasan ragi berarti: pengaruh yang buruk (Mat 16:6,12 dsj.) atau keburukan dari kepercayaan kafir (1Kor 5:7-8). Ke atas ROTI SAJIAN ATAU ROTI TAK BERAGI [Kamus Browning] Dalam PL ada petunjuk (Im. 24:5-9) bagi --> dua belas Roti Tak Beragi yang harus ditempatkan di Bait Suci sebagai sajian kepada Tuhan. Pada hari --> Sabat para imam memperbarui roti-roti itu dan memakan roti yang lama. --> Daud, dalam keadaan terpaksa, makan dari roti itu di --> Nob (1Sam. 21:4-6); suatu kejadian yang diangkat oleh Yesus untuk membela suatu pelanggaran hari --> Sabat oleh *murid-murid-Nya (Mat. 12:3-4). Ke atas ROTI TIDAK BERAGI [Kamus Browning] Roti yang dibuat tanpa menggunakan ragi dan dipesan untuk persembahan dari gandum dalam Bait Allah (Im. 2:4, 11). Teorinya ialah bahwa proses fermentasi oleh ragi itu adalah semacam perusakan dari kondisi semula yang murni (1Kor. 5:8). Selama pesta roti tak beragi pada awal masa panen, hanya roti yang tidak beragilah yang dimakan. Adat kebiasaan ini dicangkokkan pada sejarah Israel khususnya masa --> keluaran dari --> Mesir yang menurut tradisi terjadi dengan sangat terburuburu, sehingga para perempuan tidak berkesempatan menunggu sehingga adonan roti itu menguak (Kel. 12: 14-20). Dengan demikian, maka peringatan roti tak beragi dan --> Paskah menjadi satu pesta peringatan.

Ragi

Daftar Isi: KECIL: Ragi ; PEDOMAN: Ragi ; GLOSARI AYT: Ragi ; BROWNING: RAGI ; ENSIKLOPEDIA: RAGI ; LAMBANG: Ragi , Tidak Beragi ; YUNANI: 2219 ζυμη zume ; STATISTIK: RAGI ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Ragi Ragi: segumpal adonan yang sudah agak lama dalam keadaan khamir, dengan maksud untuk meragikan gumpalan yang besar yang sudah tersedia. Ragi dilarang disimpan dalam rumah selama masa raya Paskah dan dilarang pula untuk dipakai dalam segala korban persembahan kepada Tuhan, mungkin karena dalam iklim yang panas gumpalan (ragi) yang disimpan itu untuk maksud-maksud, tertentu tidak bersih; mengkiaskan pengajaran busuk. Matius 16:6; 1Korintus 5:7 (Kamus Gering) Ke atas Ragi [Kamus Kecil] BIS- Bahan yang dipakai dalam adonan roti atau kue untuk mengkhamirkan atau mengembangkan adonan itu. Ke atas Ragi [Kamus Pedoman] 1. Digunakan untuk membuat roti. Hos 7:4 2. Bersifat mengembang. 1Kor 5:6 3. Dilarang: 3.1 Selama hari raya Paskah. Kel 12:15-20 3.2 Dipersembahkan dengan darah. Kel 34:25 3.3 Dipersembahkan dengan korban sajian. Im 2:11; 10:12 3.4 Digunakan bersama dengan korban syukur. Im 7:13; Am 4:5 3.5 Hasil gandum pertama dipersembahkan dengan - . Im 23:17 4. Melukiskan: 4.1 Cepatnya penyebaran Injil. Mat 13:33; Luk 13:21 4.2 Pengajaran orang Farisi. Mat 16:6,12 4.3 Orang yang mengaku Kristen, tetapi tidak beribadah. 1Kor 5:6,7 4.4 Guru-guru palsu. Gal 5:8,9 4.5 Niat jahat atau kejahatan. 1Kor 5:8 Ke atas Ragi [Glosari AYT] Zat yang digunakan dalam pengolahan bahan makanan yang menyebabkan fermentasi. Secara kiasan, ragi dipakai untuk menggambarkan sesuatu yang kecil atau tidak terlihat tetapi memiliki pengaruh yang besar. Ke atas RAGI [Kamus Browning] Adonan ragi. Dalam --> Alkitab ragi mempunyai dua arti yang saling bertentangan. Sebagai adonan khamir yang tersisa dari gumpalan adonan yang terpakai, biasanya dicampurkan pada tepung untuk mengkhamirkannya lebih lanjut lagi. Oleh karena itu, adonan ragi itu dapat dipandang sebagai sesuatu yang hidup yang tidak boleh ikut dibakar dengan --> korban bakaran di atas --> mezbah. Atau adonan ragi itu dipandang memiliki pengaruh merusak yang menyebabkan pembusukan. Para --> rabi Yahudi terutama mempunyai pengertian terakhir ini. Ragi melambangkan perusakan wujud manusia. Demikianlah Yesus mengutuk ragi orang --> Farisi dan lain-lain (Mrk. 8:15) dan begitu pula Paulus mencela kecongkakan orang --> Korintus (1Kor. 5:6-8) dan tipu muslihat lawan-lawannya di --> Galatia (Gal. 5:9). Pada lain pihak, ragi sebagai pemberi hidup digunakan pada --> perumpamaan tentang ragi dalam Mat. 13:33 dan Luk. 13:20-21.Pada perayaan Roti tidak Beragi yang digabungkan dengan perayaan --> Paskah, orang Yahudi hanya makan roti yang tidak beragi (Kel. 13:7-8). Ke atas RAGI [Ensiklopedia] (se'or, 'ragi', 'roti beragi' di Ul 16:4; hamesy, 'sesuatu yg diragikan', bnd masysya, 'tanpa ragi', Im 10:12; Yunani zume). Dalam kehidupan orang Ibrani ragi memainkan peranan penting, tidak hanya dalam pembuatan roti, tapi juga di bidang hukum, upacara dan agama. Ragi dibuat dari dedak halus putih di remas dengan bibit ragi, dari tepung tumbuhan seperti kacang polong, atau dari jelai dicampur air yg tinggal diam hingga menjadi asam. Karena cara membuat roti makin maju, ragi dibuat dari tepung roti di remas tanpa garam, disimpan sampai timbul peragian. a. Dalam pembuatan roti Dalam pembuatan roti, ragi mungkin segumpal adonan terambil dari adonan terdahulu, dibiarkan beragi menjadi asam. Ini larut dalam air di tempat meremas sebelum tepung gandum dimasukkan, atau dicampur dengan tepung (Mat 13:33) dan di remas bersamanya. Roti yang dibuat dengan cara itu disebut roti beragi, dibedakan dari roti tidak beragi (Kel 12:15, dst). --> ROTI. Tidak jelas apakah ragi jenis lain dipakai, walaupun sering dikatakan bahwa orang Yahudi menggunakan endapan anggur sebagai ragi. b. Dalam hukum dan upacara agama Peraturan Musa (Kel 23:18; 34:2) melarang pemakaian ragi selama --> Paskah dan hari raya Roti Tidak Beragi (Yunani azumos) (Kel 23:15; Mat 26:17, dst). Hal ini mengingatkan Israel tentang keberangkatan buru-buru dari Mesir, tatkala tidak ada waktu untuk memanggang roti beragi. Mereka membawa adonan dan tempat meremas tepung dan memanggang roti sambil berkelana (Kel 12:34 dst; Ul 16:3 dst). Orang Bedouin modern masih berbuat demikian. Larangan memakai ragi dan madu (Im 2:11), mungkin dibuat karena peragian melibatkan penghancuran dan pembusukan, dan bagi Israel keadaan membusuk menimbulkan kesan kenajisan. Para penulis rabi sering menggunakan ragi sebagai lambang kejahatan dan kebusukan manusia turun temurun (bnd Kel 12:8, 15-20). Plutarkhus mengulangi pendapat kuno ini tatkala menggambarkan ragi sebagai 'benih kebusukan yg membusukkan adonan yg dicampurinya'. Istilah fermentum digunakan Persius (Sat. 1:24) untuk 'kebusukan'. Mungkin dengan alasan ini pula ragi tidak dipakai dalam korban di mezbah Yahweh; yg diizinkan hanya roti dibuat dari tepung tanpa ragi (masysyot, Im 10:12). Ada dua kekecualian terhadap peraturan ini (Im 7:13; bnd Am 4:5). Roti bundar beragi menyertai korban syukur, roti batangan beragi dipersembahkan sebagai persembahan unjukan pada Hari Raya Pentakosta. c. Dalam ajaran keagamaan Dalam PB ragi dipakai dengan arti kiasan yg mencerminkan pendapat lama tentang 'busuk dan menimbulkan kebusukan'. Yesus memperingatkan murid mengenai ragi orang Farisi, Saduki dan Herodes (Mat 16:6; Mrk 8:15). MaksudNya, kemunafikan Farisi dan pemahaman yg berlebihan akan yg lahiriah (Mat 23:14, 16; Luk 12:1), skeptisisme dan ketidaktahuan Saduki (Mat 22:23, 29), kebencian dan tipu daya politik Herodes (Mat 22:16-21; Mrk 3:6). Pengertian yang sama terdapat dalam 1 Kor 5:6 dst dan Gal 5:9. Yg pertama menonjolkan pertentangan antara 'ragi keburukan dan kejahatan' dengan 'roti yg tak beragi kemurnian dan kebenaran', tapi mengingat arti baru dari pesta lama yaitu bahwa 'Kristus, Paskah kita telah dipersembahkan bagi kita'. Tapi maksud ragi lain dalam perumpamaan Yesus yg membandingkan Kerajaan Allah dengan 'ragi yg diambil seorang wanita, dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya' (Mat 13:33; Luk 13:21). Perumpamaan ini mengikuti perumpamaan biji sesawi kecil dan lambat tumbuhnya. Makna dari perumpamaan ragi menunjuk pada 'pengaruh ragi dalam tepung, tersembunyi, diam-diam, penuh rahasia tapi mempengaruhi seluruhnya secara merata' (ISBE, 3, hlm 1862). KEPUSTAKAAN. ISBE; J Lightfoot, Horse Hebraicae, 1659, 2, hlm 232-233; O. T Allis, 'The Parable of the Leaven', EQ 19, 1947, hlm 254-273; R. S Wallace, Many Things in Parables, 1955, hlm 22-25; H Windisch, TDNT 2, hlm 902-906; G. T. D Angel, NIDNTT 2, hlm 461-463. JDD/SS Ke atas Ragi [Kamus Lambang] LAMBANG pengaruh doktrin, ajaran atau perilaku. Umumnya mengacu pada dampak negatif ajaran-ajaran sesat, tapi kadang-kadang juga untuk dampak positif Injil, seperti dalam Mat 13:33 dan Luk 13:21. Kel 12:15-39; 13:3, 7; Im 2:11; 6:17; 10:12; 23:17; Hos 7:4; Am 4:5; Mat 13:33; 16:6, 11, 12; Mrk 8:15; Luk 12:2; 13:21; 1 Kor 5:6, 7; Gal 5:9. Lihat juga TIDAK BERAGI. Ke atas Tidak Beragi [Kamus Lambang] LAMBANG kekudusan, yakni mereka yang melindungi dirinya sehingga bebas dari pengaruh ajaran-ajaran sesat dan hal-hal buruk. Hari Raya Paskah juga disebut Hari Raya Roti Tidak Beragi. Dalam arti ini, roti tidak beragi menggambarkan kemanusiaan Kristus yang tidak berdosa. Kel 12:20; 13:7; Ul 16:3-16; 1 Kor 5:7, 8. Ke atas Yunani Strongs #2219 ζυμη zume ζυμη zumh: ragi (Kamus Yoppi) ης [feminin] ragi (Kamus Barclay) Ke atas Ragi [Statistik] Jumlah dalam TB : 20 dalam 18 ayat (dalam OT : 7 dalam 7 ayat) (dalam NT : 13 dalam 11 ayat) Strong dalam PL : [<02556> חמץ ‎1x] [<02557> חמץ ‎1x] [<07603> שאר ‎5x] Strong dalam PB : [<2219> ζυμη ‎13x] Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Ragi: BIS TB