Monday, April 15, 2019

Roti Tidak Beragi

Daftar Isi: KECIL: Hari Raya Roti Yang Tidak Beragi , Roti yang Tidak Beragi ; HAAG: Roti Tak Beragi ; BROWNING: ROTI SAJIAN ATAU ROTI TAK BERAGI , ROTI TIDAK BERAGI ; Hari Raya Roti Tidak Beragi Ke atas Hari Raya Roti Yang Tidak Beragi [Kamus Kecil] TB- Perayaan selama tujuh hari sehabis Paskah, di mana roti dibakar tanpa memakai ragi sebagai peringatan akan malam pembebasan orang Ibrani dari perbudakannya di Mesir (Kel 12:14-20, bandingkan Mat 26:17). BIS- Perayaan ini berlangsung tujuh hari lamanya sesudah Hari Raya Paskah. Hari ini dirayakan juga sebagai peringatan akan pembebasan orang Ibrani dari perbudakan di Mesir. Pada perayaan ini roti dibuat tanpa memakai ragi (Kel 12:14-20), itu sebabnya hari raya ini bernama Hari Raya Roti Tidak Beragi. Perayaan ini jatuh pada tanggal 15-20 bulan Nisan, yaitu waktu yang berdekatan dengan minggu pertama dalam bulan April. Ke atas Roti Yang Tidak Beragi [Kamus Kecil] KS.- Lihat --> Hari Raya --> 20093 Ke atas Roti Tak Beragi [Kamus Haag] Roti Tak Beragi. Lempengan bunder roti yang tipis dan tidak diberi ragi. Roti itu digunakan pada kesempatan mendadak (Kej 18:6; 19:3), dalam saat panen (Yos 5:11; Rut 2:14), dalam kurban (Im 23:18; Im 2:4,11 dbtl.), sebagai roti unjukkan dan digunakan selama tujuh hari pada perayaan roti tak beragi (Kel 12:15-20; 23:15; Ul 16:1-8). Di dalam Kel 23:15 hari raya Roti tak beragi adalah hari raya pertama dari ketiga perayaan utama, yang mewajibkan setiap orang Isr. menampakkan diri di depan Yahwe (bdk.: Kel 34:23; Ul 16:16). Seperti kedua pesta lainnya (: pesta panen dan pesta pengumpulan hasil), maka pesta pertama inipun rupanya termasuk dalam bilangan perayaan panen. Pada mulanya boleh dikatakan, bahwa pesta ini merupakan perayaan panen jelai yang pertama. Bangsa Isr. mengambil-alih perayaan ini dari bangsa Kanaan. Di kemudian harinya pesta ini diberi kerangka sejarah dan dihubungkan dengan -- pesta Paskah. -- Roti yang dipakai dalam ibadat harus tanpa ragi, sebab orang memandang ragi sebagai gejala kebusukan. Oleh karena itu di dalam arti kiasan ragi berarti: pengaruh yang buruk (Mat 16:6,12 dsj.) atau keburukan dari kepercayaan kafir (1Kor 5:7-8). Ke atas ROTI SAJIAN ATAU ROTI TAK BERAGI [Kamus Browning] Dalam PL ada petunjuk (Im. 24:5-9) bagi --> dua belas Roti Tak Beragi yang harus ditempatkan di Bait Suci sebagai sajian kepada Tuhan. Pada hari --> Sabat para imam memperbarui roti-roti itu dan memakan roti yang lama. --> Daud, dalam keadaan terpaksa, makan dari roti itu di --> Nob (1Sam. 21:4-6); suatu kejadian yang diangkat oleh Yesus untuk membela suatu pelanggaran hari --> Sabat oleh *murid-murid-Nya (Mat. 12:3-4). Ke atas ROTI TIDAK BERAGI [Kamus Browning] Roti yang dibuat tanpa menggunakan ragi dan dipesan untuk persembahan dari gandum dalam Bait Allah (Im. 2:4, 11). Teorinya ialah bahwa proses fermentasi oleh ragi itu adalah semacam perusakan dari kondisi semula yang murni (1Kor. 5:8). Selama pesta roti tak beragi pada awal masa panen, hanya roti yang tidak beragilah yang dimakan. Adat kebiasaan ini dicangkokkan pada sejarah Israel khususnya masa --> keluaran dari --> Mesir yang menurut tradisi terjadi dengan sangat terburuburu, sehingga para perempuan tidak berkesempatan menunggu sehingga adonan roti itu menguak (Kel. 12: 14-20). Dengan demikian, maka peringatan roti tak beragi dan --> Paskah menjadi satu pesta peringatan.

No comments:

Post a Comment