Monday, April 15, 2019
Ragi
Daftar Isi:
KECIL: Ragi ; PEDOMAN: Ragi ; GLOSARI AYT: Ragi ; BROWNING: RAGI ; ENSIKLOPEDIA: RAGI ; LAMBANG: Ragi , Tidak Beragi ; YUNANI: 2219 ζυμη zume ; STATISTIK: RAGI ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ;
Ragi
Ragi: segumpal adonan yang sudah agak lama dalam keadaan khamir, dengan maksud untuk meragikan gumpalan yang besar yang sudah tersedia. Ragi dilarang disimpan dalam rumah selama masa raya Paskah dan dilarang pula untuk dipakai dalam segala korban persembahan kepada Tuhan, mungkin karena dalam iklim yang panas gumpalan (ragi) yang disimpan itu untuk maksud-maksud, tertentu tidak bersih; mengkiaskan pengajaran busuk. Matius 16:6; 1Korintus 5:7 (Kamus Gering)
Ke atas
Ragi [Kamus Kecil]
BIS- Bahan yang dipakai dalam adonan roti atau kue untuk mengkhamirkan atau mengembangkan adonan itu.
Ke atas
Ragi [Kamus Pedoman]
1. Digunakan untuk membuat roti.
Hos 7:4
2. Bersifat mengembang.
1Kor 5:6
3. Dilarang:
3.1 Selama hari raya Paskah.
Kel 12:15-20
3.2 Dipersembahkan dengan darah.
Kel 34:25
3.3 Dipersembahkan dengan korban sajian.
Im 2:11; 10:12
3.4 Digunakan bersama dengan korban syukur.
Im 7:13; Am 4:5
3.5 Hasil gandum pertama dipersembahkan dengan - .
Im 23:17
4. Melukiskan:
4.1 Cepatnya penyebaran Injil.
Mat 13:33; Luk 13:21
4.2 Pengajaran orang Farisi.
Mat 16:6,12
4.3 Orang yang mengaku Kristen, tetapi tidak beribadah.
1Kor 5:6,7
4.4 Guru-guru palsu.
Gal 5:8,9
4.5 Niat jahat atau kejahatan.
1Kor 5:8
Ke atas
Ragi [Glosari AYT]
Zat yang digunakan dalam pengolahan bahan makanan yang menyebabkan fermentasi. Secara kiasan, ragi dipakai untuk menggambarkan sesuatu yang kecil atau tidak terlihat tetapi memiliki pengaruh yang besar.
Ke atas
RAGI [Kamus Browning]
Adonan ragi. Dalam --> Alkitab ragi mempunyai dua arti yang saling bertentangan. Sebagai adonan khamir yang tersisa dari gumpalan adonan yang terpakai, biasanya dicampurkan pada tepung untuk mengkhamirkannya lebih lanjut lagi. Oleh karena itu, adonan ragi itu dapat dipandang sebagai sesuatu yang hidup yang tidak boleh ikut dibakar dengan --> korban bakaran di atas --> mezbah. Atau adonan ragi itu dipandang memiliki pengaruh merusak yang menyebabkan pembusukan. Para --> rabi Yahudi terutama mempunyai pengertian terakhir ini. Ragi melambangkan perusakan wujud manusia. Demikianlah Yesus mengutuk ragi orang --> Farisi dan lain-lain (Mrk. 8:15) dan begitu pula Paulus mencela kecongkakan orang --> Korintus (1Kor. 5:6-8) dan tipu muslihat lawan-lawannya di --> Galatia (Gal. 5:9). Pada lain pihak, ragi sebagai pemberi hidup digunakan pada --> perumpamaan tentang ragi dalam Mat. 13:33 dan Luk. 13:20-21.Pada perayaan Roti tidak Beragi yang digabungkan dengan perayaan --> Paskah, orang Yahudi hanya makan roti yang tidak beragi (Kel. 13:7-8).
Ke atas
RAGI [Ensiklopedia]
(se'or, 'ragi', 'roti beragi' di Ul 16:4; hamesy, 'sesuatu yg diragikan', bnd masysya, 'tanpa ragi', Im 10:12; Yunani zume). Dalam kehidupan orang Ibrani ragi memainkan peranan penting, tidak hanya dalam pembuatan roti, tapi juga di bidang hukum, upacara dan agama. Ragi dibuat dari dedak halus putih di remas dengan bibit ragi, dari tepung tumbuhan seperti kacang polong, atau dari jelai dicampur air yg tinggal diam hingga menjadi asam. Karena cara membuat roti makin maju, ragi dibuat dari tepung roti di remas tanpa garam, disimpan sampai timbul peragian.
a. Dalam pembuatan roti
Dalam pembuatan roti, ragi mungkin segumpal adonan terambil dari adonan terdahulu, dibiarkan beragi menjadi asam. Ini larut dalam air di tempat meremas sebelum tepung gandum dimasukkan, atau dicampur dengan tepung (Mat 13:33) dan di remas bersamanya. Roti yang dibuat dengan cara itu disebut roti beragi, dibedakan dari roti tidak beragi (Kel 12:15, dst). --> ROTI. Tidak jelas apakah ragi jenis lain dipakai, walaupun sering dikatakan bahwa orang Yahudi menggunakan endapan anggur sebagai ragi.
b. Dalam hukum dan upacara agama
Peraturan Musa (Kel 23:18; 34:2) melarang pemakaian ragi selama --> Paskah dan hari raya Roti Tidak Beragi (Yunani azumos) (Kel 23:15; Mat 26:17, dst). Hal ini mengingatkan Israel tentang keberangkatan buru-buru dari Mesir, tatkala tidak ada waktu untuk memanggang roti beragi. Mereka membawa adonan dan tempat meremas tepung dan memanggang roti sambil berkelana (Kel 12:34 dst; Ul 16:3 dst). Orang Bedouin modern masih berbuat demikian.
Larangan memakai ragi dan madu (Im 2:11), mungkin dibuat karena peragian melibatkan penghancuran dan pembusukan, dan bagi Israel keadaan membusuk menimbulkan kesan kenajisan. Para penulis rabi sering menggunakan ragi sebagai lambang kejahatan dan kebusukan manusia turun temurun (bnd Kel 12:8, 15-20). Plutarkhus mengulangi pendapat kuno ini tatkala menggambarkan ragi sebagai 'benih kebusukan yg membusukkan adonan yg dicampurinya'. Istilah fermentum digunakan Persius (Sat. 1:24) untuk 'kebusukan'. Mungkin dengan alasan ini pula ragi tidak dipakai dalam korban di mezbah Yahweh; yg diizinkan hanya roti dibuat dari tepung tanpa ragi (masysyot, Im 10:12). Ada dua kekecualian terhadap peraturan ini (Im 7:13; bnd Am 4:5). Roti bundar beragi menyertai korban syukur, roti batangan beragi dipersembahkan sebagai persembahan unjukan pada Hari Raya Pentakosta.
c. Dalam ajaran keagamaan
Dalam PB ragi dipakai dengan arti kiasan yg mencerminkan pendapat lama tentang 'busuk dan menimbulkan kebusukan'. Yesus memperingatkan murid mengenai ragi orang Farisi, Saduki dan Herodes (Mat 16:6; Mrk 8:15). MaksudNya, kemunafikan Farisi dan pemahaman yg berlebihan akan yg lahiriah (Mat 23:14, 16; Luk 12:1), skeptisisme dan ketidaktahuan Saduki (Mat 22:23, 29), kebencian dan tipu daya politik Herodes (Mat 22:16-21; Mrk 3:6).
Pengertian yang sama terdapat dalam 1 Kor 5:6 dst dan Gal 5:9. Yg pertama menonjolkan pertentangan antara 'ragi keburukan dan kejahatan' dengan 'roti yg tak beragi kemurnian dan kebenaran', tapi mengingat arti baru dari pesta lama yaitu bahwa 'Kristus, Paskah kita telah dipersembahkan bagi kita'.
Tapi maksud ragi lain dalam perumpamaan Yesus yg membandingkan Kerajaan Allah dengan 'ragi yg diambil seorang wanita, dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya' (Mat 13:33; Luk 13:21). Perumpamaan ini mengikuti perumpamaan biji sesawi kecil dan lambat tumbuhnya. Makna dari perumpamaan ragi menunjuk pada 'pengaruh ragi dalam tepung, tersembunyi, diam-diam, penuh rahasia tapi mempengaruhi seluruhnya secara merata' (ISBE, 3, hlm 1862).
KEPUSTAKAAN. ISBE; J Lightfoot, Horse Hebraicae, 1659, 2, hlm 232-233; O. T Allis, 'The Parable of the Leaven', EQ 19, 1947, hlm 254-273; R. S Wallace, Many Things in Parables, 1955, hlm 22-25; H Windisch, TDNT 2, hlm 902-906; G. T. D Angel, NIDNTT 2, hlm 461-463. JDD/SS
Ke atas
Ragi [Kamus Lambang]
LAMBANG pengaruh doktrin, ajaran atau perilaku. Umumnya mengacu pada dampak negatif ajaran-ajaran sesat, tapi kadang-kadang juga untuk dampak positif Injil, seperti dalam Mat 13:33 dan Luk 13:21. Kel 12:15-39; 13:3, 7; Im 2:11; 6:17; 10:12; 23:17; Hos 7:4; Am 4:5; Mat 13:33; 16:6, 11, 12; Mrk 8:15; Luk 12:2; 13:21; 1 Kor 5:6, 7; Gal 5:9. Lihat juga TIDAK BERAGI.
Ke atas
Tidak Beragi [Kamus Lambang]
LAMBANG kekudusan, yakni mereka yang melindungi dirinya sehingga bebas dari pengaruh ajaran-ajaran sesat dan hal-hal buruk. Hari Raya Paskah juga disebut Hari Raya Roti Tidak Beragi. Dalam arti ini, roti tidak beragi menggambarkan kemanusiaan Kristus yang tidak berdosa. Kel 12:20; 13:7; Ul 16:3-16; 1 Kor 5:7, 8.
Ke atas
Yunani
Strongs #2219 ζυμη zume
ζυμη zumh:
ragi (Kamus Yoppi)
ης [feminin] ragi (Kamus Barclay)
Ke atas
Ragi [Statistik]
Jumlah dalam TB : 20 dalam 18 ayat (dalam OT : 7 dalam 7 ayat) (dalam NT : 13 dalam 11 ayat)
Strong dalam PL : [<02556> חמץ 1x] [<02557> חמץ 1x] [<07603> שאר 5x]
Strong dalam PB : [<2219> ζυμη 13x]
Ke atas
Dalam Versi-Versi Alkitab:
Ragi: BIS TB
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment