Tuesday, February 5, 2019

Bulan Baru

Daftar Isi:

HAAG: Bulan Baru ; KECIL: Hari Raya Bulan Baru ;

PEDOMAN: Raya, Perayaan Bulan Baru ;

LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Bulan Baru Ke atas Bulan Baru [Kamus Haag] BULAN BARU --> BULAN.

Lih. Kata/Topik 19878 Ke atas Hari Raya Bulan Baru [Kamus Kecil] BIS- Upacara keagamaan yang dilakukan bangsa Israel pada permulaan setiap bulan baru. KS.-

Lihat --> Hari Raya --> 20093 Ke atas Raya,

Perayaan Bulan Baru [Kamus Pedoman]

1. Diadakan pada hari pertama bulan itu. Bil 10:10

2. Dirayakan dengan meniup sangkakala. Bil 10:10; Mazm 81:4,5

3. Pengorbanan pada - . Bil 28:11-15

4. Waktu untuk:
4.1 Bertanya kepada pesuruh-pesuruh Allah. 2Raj 4:23
4.2 Beribadah di rumah Allah. Yes 66:23; Yeh 46:1
4.3 Jamuan. 1Sam 20:5,18

5. Dirayakan dengan khidmat. 1Taw 23:31; 2Taw 2:4; 8:13; 31:3

6. Dipulihkan setelah pembuangan. Ezr 3:5; Neh 10:33

7. Jika hanya secara lahiriah saja dibenci Allah. Yes 1:13,14

8. Tidak disukai oleh orang yang tidak beribadah. Am 8:5

9. Dihilangkan dari orang Yahudi karena dosa. Hos 2:10

10. Perhatian terhadap - oleh orang Kristen disalahkan. Kol 2:16; Gal 4:10 Ke atas

Dalam Versi-Versi Alkitab: Bulan Baru: BIS TB Hari Raya Bulan Baru: BIS

Hari Raya Purim

Daftar Isi: HAAG: Purim ; KECIL: Purim ; PEDOMAN: Raya, Perayaan Purim Atau Undi ; BROWNING: PURIM ; ENSIKLOPEDIA: PURIM ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Hari Raya Purim Pur: undi. Ester 3:7 (Kamus Gering) Purim: undi-undi. Ester 9:26 (Kamus Gering) Ke atas Purim [Kamus Haag] Purim. (Dari bhs. Akkad: undi). Sebuah pesta Yahudi yang dirayakan pada tanggal 14 dan 15 Adar. Pesta itu mengadakan peringatan atas pembebasan bangsa Yahudi oleh Mordekhai dan Ester di bawah raja Persia Ahasyweros (485-465). (Pesta ~P menurut 2Mak 15:36 disebut sebagai hari Mordekhai; --> Ester). Cerita pembebasan itu semula tidak ada hubungannya dengan nama pesta atau tanggalannya. Barangkali orang-orang Yahudi dari diaspora di daerah timur ikut merayakan sebuah pesta Persia di musim semi dalam bulan Adar. Di kemudian hari pesta itu di "Yahudi"kan dan diberi arti baru pada namanya (: sebetulnya berarti "yang pertama"; bdk. Primavera). Pesta ~P adalah sebuah pesta yang penuh kegembiraan dan disertai perjamuan-perjamuan serta pemberian hadiah kepada para sahabat maupun kepada para fakir miskin (Est 9:19,22). Sumber-sumber yang lebih muda bahkan memberitakan tentang kebiasaan pesta dengan topeng-topeng dan semacam karnaval. Di dalam sinagoga dibacakan Kitab Ester pada perayaan itu. Ke atas Purim [Kamus Kecil] BIS- Perayaan keagamaan Yahudi yang diselenggarakan pada tanggal 14 bulan Adar (kira-kira 1 Maret) untuk menperingati pembebasan orang Yahudi dari Haman. Cerita itu ada dalam Buku Ester. Ke atas Raya, Perayaan Purim Atau Undi [Kamus Pedoman] 1. Diadakan oleh Mordekhai. Est 9:20 2. Untuk merayakan kekalahan niat jahat Haman. Est 3:7-15; 9:24-26 3. Mulai pada hari keempat belas dari bulan kedua belas. Est 9:17 4. Selama dua hari. Est 9:21 5. Cara merayakan - . Est 9:17-19,22 6. Ditanggungkan ke atas orang Yahudi sendiri. Est 9:27,28 7. Disahkan dengan kekuasaan raja. Est 9:29-32 Ke atas PURIM [Kamus Browning] Suatu pesta keramaian Yahudi. Menurut Est. 3:6, semua orang Yahudi man dimusnahkan pada suatu pembantaian manusia besar-besaran. Tanggalnya harus ditentukan dengan undi (purim dalam bahasa Ibrani). Tetapi, sebelum hal itu terlaksana, Ratu --> Ester seorang perempuan Yahudi, berhasil menggagalkan rencana-rencana dari kepala perwakilan, Haman, yang anti-semitik itu. Purim diperingati pada suatu hari libur tahunan. Ke atas PURIM [Ensiklopedia] Pesta Yahudi yg dirayakan pada hari 13-15 bulan Adar. Pada perayaan ini Kitab Est dibaca, dan biasanya jemaat sinagoge berteriak jika nama Haman disebut. Kitab Est menceritakan asal mula Purim. Pada zaman pemerintahan Ahasyweros, barangkali Xerxes (485-465 sM) tapi mungkin juga Artaxerxes II (404-359 sM), Haman, perdana menteri, memutuskan untuk membunuh orang Yahudi secara massal. Karena Haman mempercayai takhayul, maka ia membuang undi untuk mendapatkan hari yg baik. Kata pur dalam Est 3:7; 9:24, 26 yg dikatakan berarti 'undi' bukanlah kata Ibrani, tapi hampir pasti kata Asyur, puru, yg artinya kerikil, atau batu kecil, yg nampaknya dipakai untuk mengundi. Acuan paling dini pada Purim di luar PB ialah 2 Makabe 15:36. Di situ keputusan dibuat pada thn 161 sM untuk merayakan tiap tahun penaklukan Nikanor oleh Yudas Makabe, pada 'hari ketiga belas dari bulan kedua belas, yg dalam bh Aram disebut Adar -- hari sebelum hari Mordekhai'. Jika 2 Makabe diberi penanggalan pada salah satu waktu dari pertengahan abad pertama sM, itu akan berarti bahwa menjelang thn 50 sM Purim dirayakan pada tgl 14 Adar. Bagian yg sejajar, 1 Makabe 7:49, berbicara tentang penetapan apa yg kemudian disebut Hari Nikanor, tgl 13 Adar, tapi tidak menunjuk kepada Purim tgl 14. Tak ada kesimpulan yg dapat ditarik dari kesepian berita ini. Yosefus, pada akhir abad pertama M, berkata bahwa Hari Nikanor dirayakan pada 13 Adar (Ant. 12. 412) dan Purim pada tgl 14 dan 15 Adar (Ant. 11. 295). Cukup aneh bahwa Yosefus tidak memakai istilah Purim, tapi berkata bahwa orang Yahudi menyebut kedua hari itu foureas (bacaan yg lain ialah frouraias, froureous, frouraios). Kata Yunani ini agaknya didasarkan atas kata froureo yg artinya 'penjagaan', 'perlindungan'. Hari Nikanor tidak dirayakan setelah abad 7 M, tapi 13 Adar pada akhirnya menjadi bagian Purim. Lain dari 14 dan 15 Adar sebagai hari raya yg penuh gairah hidup, ialah 13 Adar sebagai hari puasa. Pendapat bahwa perayaan Purim diperoleh orang Yahudi dari dongeng tentang perselisihan dewa-dewa Babel atau Persia, tidaklah masuk akal. Mustahil Yahudi memakai legenda kafir menjadi hari besar nasional mereka (lih J. C Rylaarsdam, IB, 3, hlm 968 dst). KEPUSTAKAAN. J. H Greenstone, Jewish Feasts and Fasts, 1946; B. M Edidin, Jewish Holidays and Festivals, 1940. JSW/HH Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Purim: BIS TB

Haman & Against Jews

Daftar Isi: TOKOH: Haman ; BROWNING: HAMAN ; ENSIKLOPEDIA: HAMAN ; BIOTOKOH PL: HAMAN ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Haman bin Hamedata Haman: Ester 3:1. (Kamus Gering) Hamedata: dikaruniakan oleh bulan. Est 3:1. (Kamus Gering) Ke atas Haman [Kamus Tokoh] Haman Orang bangsa Agag yang diberi hormat oleh Ahasyweros (Est 3:1-2). Merancang untuk memusnahkan orang Yehudi karena Mordekhai (Est 3:3-15). Dipaksa untuk memberi hormat kepada Mordekhia (dalam Est 5:1-6:14). Rancangan Haman digagalkan (Est 5:1-8; 7:1-8). Digantung (Est 7:9-10). Ke atas HAMAN [Kamus Browning] Politikus Persia di lingkungan istana --> Ahasyweros. Setelah menderita penghinaan yang dituduhkan --> Mordekhai, si orang Yahudi itu, --> Haman mereka-reka pembalasan, namun melalui campur tangan Ratu --> Ester dan Ahasyweros, Haman harus mati di tiang gantungan yang didirikan untuk Mordekhai (Est. 7:10). Cerita yang secara dramatis ditenun ke dalam Kitab Ester ini merupakan kreasi sastra yang disusun untuk membenarkan pesta --> Purim orang Yahudi. Ke atas HAMAN [Ensiklopedia] Penjahat dalam Kitab Est. Ia merencanakan untuk membunuh orang Yahudi secara masal, karena hatinya yg penuh kesombongan terluka oleh penolakan Mordekhai untuk menyembah dia. Pada akhirnya ia digantung di tiang gantungan yg ia siapkan sendiri untuk Mordekhai. Ia disebut 'orang Agag' ( --> AGAG). Namanya mungkin diperoleh dari dewa orang Elam, Hum(b)an. --> ESTER, KITAB. JSW/JMP Ke atas HAMAN [Biotokoh Pl] Arti nama : DIRAYAKAN Ayah :  Hammedata - Ester 3:1 Istri :  Zeresy - Ester 5:14 Disebut pertama :  Ester 3:1 Namanya disebut :  52 kali Pekerjaan :  Kepala pemimpin di bawah Ahasweros - Ester 3:1 Tempat kematian :  Di tiang gantungan di kota Susan - Ester 7:10 Keadaan kematian :  Dijatuhi hukuman mati oleh raja Ahas - Weros Terakhir disebut :  Ester 9:24 Fakta penting :  IA MENCOBA MEMBUNUH UMAT ISRAEL DI SELURUH KERJAAN AHASWEROS PADA ZAMAN ESTER MENJADI PERMAISURI (ESTER 3:8,9). Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Haman: BIS TB Hamedata: BIS TB

Mordekhai

Daftar Isi: HAAG: Mordekhai ; TOKOH: Mordekhai ; BROWNING: MORDEKHAI ; ENSIKLOPEDIA: MORDEKHAI ; BIOTOKOH PL: MORDEKHAI ; STATISTIK: MORDEKHAI ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Mordekhai Mordekhai: penyembah (pengabdi) dari --> Merodakh. Ester 2:5. (Kamus Gering) Ke atas Mordekhai [Kamus Haag] Mordekhai. (Bhs. Ibr.: termasuk milik --> Marduk). Bapak angkat --> Ester (Est 2:5,7). Ia seorang Yahudi dari suku Benyamin, yang dibuang ke Babilon bersama raja Yoyakhin. Penolakannya untuk menghormati Haman mengakibatkan timbulnya dekrit terhadap orang Yahudi. Atas dasar permohonan Ester, ~M diberi hadiah untuk menempati kedudukan Haman (Est 3:1-10:3), sebab ~M telah berhasil membongkar sebuah persekongkolan pemberontakan di istana (Est 2:21-23). Ke atas Mordekhai [Kamus Tokoh] Mordekhai Orang Benyamin buangan yang membesarkan Ester (Est 2:5-15). Mengetahui suatu komploton untuk membunuh Ahasyweros (Est 2:19-23). Tidak sujud kepada Haman (Est 3:1-6; 5:9-14). Minta bantuan Ester untuk menggagalkan rancangan Haman terhadap orang Yahudi (dalam Est 4:1-17). Ahasyweros memaksa Haman memberi hormat kepada Mordekhai (dalam Est 6:1-14). Diangkat menjadi kuasa (Est 8:1-2). Menggagalkan rancangan Haman (Est 8:3-17). Menetapkan hari raya Purin (dalam Est 9:20-23). Ke atas MORDEKHAI [Kamus Browning] Pahlawan Yahudi di dalam cerita --> Ester, yang menggambarkan kebalikan dari nasib baik. Hukuman mati atas dirinya yang dijatuhkan karena ia kurang menghormati --> Haman, yaitu orang kesayangan dalam istana raja Persia, --> Ahasyweros, sudah disahkan raja bersama dengan rencana pemusnahan orang Yahudi di seluruh kerajaan. Mordekhai akan digantung dan tiang gantungan sudah didirikan. Tetapi Ratu Ester yang Yahudi menghalangi: ada catatan resmi yang memperlihatkan bahwa Mordekhai pernah menyelamatkan raja dari suatu usaha pembunuhan atas dirinya (Est. 2:22). Dengan diberi keterangan seperti itu, raja menarik kembali perintah pembunuhan atas Mordekhai dan sebaliknya Hamanlah yang digantung pada tiang gantungan.Sekalipun suatu cerita buatan, namun kemungkinan ada suatu peristiwa historis yang mendasarinya, yang dirayakan di dalam perayaan kurang penting, yaitu pesta --> Purim. Ke atas MORDEKHAI [Ensiklopedia] (Ibrani mordekhay; mordokhay; Ezr 2:2). 1. Pemimpin orang-orang buangan, yg kembali ke Palestina bersama Zerubabel (Ezr 2:2; Neh 7:7; 1 Esdras 5:8). 2. Seorang Yahudi buangan yg pindah ke Susan, ibukota kerajaan Persia ( --> SUSAN). Di Susan dia dipekerjakan di istana. Dia dari suku Benyamin, anak Yiar dan keturunan Kisy, yg diangkut ke Babel oleh Nebukadnezar (Est 2:5-6). Ia membesarkan Hadasa ( --> ESTER) anak yatim piatu, adiknya dari saudara bapaknya, dan mendapat pahala (namanya disebut kitab sejarah kerajaan) karena membuka tabir persekongkolan terhadap raja Ahasyweros. Ada ahli yg menyamakannya dengan seorang pegawai keuangan di Susan. Ia menentang Haman, wali raja, yg berkomplot hendak membunuh semua orang Yahudi (Est 3). Tatkala niat jahat itu dibalikkan kepada Haman, Mordekhai mengganti dia dalam jabatannya, dan menjadi orang kedua di bawah raja (5-6; 10). Ia gunakan kedudukan ini mendorong orang Yahudi mempersenjatai diri menghadapi rencana pembunuhan massa yg diilhami oleh Haman. Sebagai penghormatan terhadap Mordekhai, penguasa-penguasa propinsi Persia, yg menerima surat dari Mordekhai, melindungi orang Yahudi. Peringatan akan peristiwa ini melalui surat hari raga tahunan ( --> PURIM), di kemudian hari dihubungkan dengan 'hari Mordekhai' (2 Makabe 15:36). Mordekhai mungkin merupakan terjemahan Ibrani dari nama diri Mardukaia, nama Babel yg biasa. Nama ini ditemui dalam tulisan zaman itu, termasuk suatu naskah kr 485 sM (Afo 19, 1959-1960, hlm 79-81) dan naskah lain tentang seorang pegawai Ushtannu, gubernur Babel (ZAW 58, 1940-1941, hlm 243 dst; bnd S. H Horn, Bib Res 9, 1964, hlm 14-25). DJW/MHS/HAO Ke atas MORDEKHAI [Biotokoh Pl] Arti nama : DIPERSEMBAHKAN KEPADA MURS' Ayah :  Yair - Ester 2:5 Disebut pertama :  Ester 2:5 Namanya disebut :  56 kali Kitab yang menyebut :  1 buku : Ester Pekerjaan :  Perdana Menteri - Ester 10:3 Terakhir disebut :  Ester 10:3 Fakta penting :  IA SEPUPU ESTER YANG MEMBERI TAHU TENTANG RENCANA HAMAN UNTUK MEMBUNUH ORANG ISRAEL (ESTER 2:7. 10:3). Ke atas Mordekhai [Statistik] Jumlah dalam TB : 62 dalam 52 ayat (dalam OT : 62 dalam 52 ayat) Strong dalam PL : [<01931> חוא ‎1x] [<04782> מרדכי ‎59x] Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Mordekhai: BIS TB

Ester & Kitabnya

Daftar Isi: BROWNING: ESTER, KITAB ; ENSIKLOPEDIA: ESTER, KITAB ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Kitab Ester Ke atas ESTER, KITAB [Kamus Browning] Kitab ketujuh belas PL dalam urutan tradisional. Politik harem, `anti-semitisme, dan kepahlawanan perempuan Yahudi yang gagah berani diramu menjadi sebuah kisah dari periode Persia akhir (awal abad ke-4 sM), yang dibentangkan dengan penuh ketegangan. Ester yang cantik itu berhasil memohon kepada Raja --> Ahasyweros, suaminya, bagi bangsanya dan *Mordekhal, ayah angkatnya, agar ia menentang kemarahan --> Haman, yang memandang hina mereka. Nasib berbalik, dan Haman sendirilah yang digantung (Est. 7:10).Dalam cerita ini -- yang biasanya dianggap sebagai legenda untuk mengesahkan perayaan Purim pada bulan Maret -- Allah tidak disebut. Namun, tambahan pada Kitab Ester dalam --> LXX memberi warna religius, yang sebelumnya tidak ada, kepada seluruh cerita dan perayaan Purim itu. Keberuntungan yang diperoleh Ester, yang dalam kitab ini dikaitkan dengan kecantikan dan keberaniannya, dalam tambahannya dihubungkan dengan kesalehannya. Tambahan-tambahan yang ditulis oleh beberapa tangan antara abad kedua sM dan abad pertama M ini dalam Alkitab Protestan terdapat dalam bagian apokrif, namun Gereja Katolik Roma menyisipkannya di tempat yang tepat dalam teks. Untuk memperjelas bahwa bagian-bagian ini bukanlah bagian dari naskah Ibrani, NJB Katolik mencetaknya dengan huruf miring. Ke atas ESTER, KITAB [Ensiklopedia] Kitab ini menceritakan bagaimana Ester, seorang perempuan Yahudi, menjadi istri raja Persia, sehingga ia dapat mencegah bangsa Yahudi dibantai secara menyeluruh di seluruh kerajaan Persia. I. Garis besar isi a. Est 1:1-22 Ahasyweros menurunkan kedudukan istrinya, Wasti, karena tidak mau hadir pada perjamuan besar yg diadakan raja. b. Est 2:1-18 Ester, adik sepupu Mordekhai, orang Ya hudi, terpilih mengganti Wasti. c. Est 2:19-23 Mordekhai memberitahukan kepada Ester mengenai persekongkolan untuk membunuh raja. d. Est 3:1-15 Mordekhai menolak sujud menghormati Haman, pembesar kesayangan raja. Karena itu Haman merencanakan untuk membantai semua Yahudi pada suatu tanggal tertentu. e. Est 4:1-17 Mordekhai membujuk Ester supaya mensyafaati bangsanya di hadapan raja. f. Est 5:1-14 Ester mengundang raja Ahasyweros dan Haman ke suatu perjamuan. g. 6:1-14 Raja memerintahkan Haman supaya menghormati Mordekhai di muka umum, sebagai upah karena sudah mengungkapkan persekongkolan terhadap raja itu. h. Est 7:1-10 Pada perjamuan kedua Ester mengungkapkan rencana Haman untuk membantai orang-orang Yahudi, dan Haman digantung di tiang gantungan yg ia persiapkan sendiri untuk menggantung Mordekhai. i. Est 8:1-17 Karena maklumat untuk membantai orang-orang Yahudi tak boleh dicabut, maka raja mengeluarkan maklumat kedua yg mengizinkan orang-orang Yahudi mempertahankan diri. j. Est 9:1-19 Orang Yahudi mengambil kesempatan untuk membunuh musuh-musuh mereka. k. Est 9:20-32 Kelepasan itu diperingati pada hari raya Purim. l. Est 10:1-3 Mordekhai diangkat menjadi penguasa. II. Penulis dan tarikh Kitab ini ditulis beberapa waktu kemudian sesudah kematian Ahasyweros (Est 1:1), jika Ahasyweros memang adalah Xerxes, jadi sesudah thn 465 sM. Ada orang Yahudi yg menganggap Mordekhai penulisnya, dan singgungan dalam 9:20,22 bisa mengarah ke situ. Mungkin banyak dari isinya disisipkan ke dalam catatan-catatan tahunan raja, seperti yg disebut dalam 10:2 dan barangkali 6:1, dan hal ini dapat menerangkan tidak terdapatnya nama Allah dalam kitab ini, walau singgungan mengenai puasa bagi Ester dalam 4:16 tentu menggenggam doa, dan ajaran tentang pemeliharaan ilahi diungkapkan dalam 4:14. Perlu diperhatikan bahwa Kitab Est terjemahan Yunani mengandung 107 ay tambahan, yg menggenggam singgungan mengenai Allah dan memakai nama-Nya. Ini terkumpul di dalam bagian Apokrifa dan biasanya diberi nomor ay seolah-olah ay-ay itu menyambung 10:3. Urutan bagian-bagian tambahan ini dalam bh Yunani adalah sbb: Est 9:2; 12:6; 1:1; 3:13; 13:1-7; 3:14; 4:17; 13:8; 15:16; 5:1; 8:12; 16:1-24; 8:13; 10:3; 10:4; 11:1. Tarikh yg diberikan dalam Est 11:1 (thn 114 sM) mungkin merupakan tarikh pembuatan terjemahan Yunani atau pembuatan versi yg diperluas. III. Keaslian Ester Walaupun beberapa ahli, seperti Pfeiffer, memandang kitab ini khayal belaka, namun ahli-ahli lainnya setuju dengan H. H Rowley, bahwa penulis kitab ini 'agaknya sudah membaca suatu sumber informasi yg tepat mengenai kejadian-kejadian di Persia, dan inti pati ceritanya bisa saja lebih tua dari kitab ini' (Growth of the Old Testament, hlm 155). Cerita Ester belum dikukuhkan oleh satu pun data sejarah Persia, dan sering dikatakan cerita ini tidak dapat dicocokkan dengan apa yg diketahui tentang sejarah kerajaan Persia. Ahasyweros biasanya dijabarkan dengan Xerxes (486-465 sM) walaupun beberapa ahli (mis J Hoschander dan A. T Olmstead) menjabarkan dia dengan Artaxerxes 11(404-359 sM). Jika dia memang Xerxes, maka jurang yg ganjil antara 'tahun ketiga' yg disebut dalam Est 1:3 dan 'tahun ketujuh' dalam 2:16 dapat dijawab; keterangannya ialah bahwa antara thn 483 dan 480 dia sedang merencanakan dan melaksanakan penyerbuan yg gagal total untuk menghancurkan Yunani. Nama istri Xerxes menurut Herodotus ialah Amestris, tapi data sejarah tidak melaporkan apakah dia mempunyai istri lebih dari satu atau tidak. Menurut Herodotus (3:84) raja Persia seharusnya mengambil istri dari salah satu ketujuh keluarga bangsawan (bnd Est 1:14), tapi aturan-aturan seperti ini pada umumnya gampang disingkirkan. Xerxes tidak menghadapi suatu halangan pun untuk mengambil perempuan mana pun yg diingininya. Ada yg mengatakan bahwa penulis kitab ini sama sekali salah pada 2:5-6, karena ia berkata bahwa Mordekhai diangkut dari Yerusalem sebagai seorang buangan, pada thn 597 sM. Andaikata demikian umurnya sudah lebih 120 thn. Tapi kita boleh menghubungkan 'yg' dalam ay 6 dengan moyang Mordekhai yaitu Kisy; Kisy-lah yg diangkut dari Yerusalem ke Babel, bukan Mordekhai sendiri. Ahli lain mengemukakan beberapa ihwal dalam Est yg menurut mereka adalah mustahil, tapi kebanyakannya melulu pendapat pribadi saja. Misalnya, ada yg berkata kita tidak boleh menerima bahwa Haman berusaha membantai semua orang Yahudi melulu gara-gara satu orang Yahudi menentang dia, dan bahwa raja Ahasyweros tidak akan mengizinkannya. Atau lagi, apakah Haman akan menentukan hari pembantaian begitu lama sebelumnya? Tapi orang yg mengeluarkan kecaman-kecaman demikian, menunjukkan bahwa mereka tidak mengerti watak manusia. Sudah berkali-kali pembantaian dan peperangan tersulut melalui rasa kebanggaan dari satu atau dua orang yg terluka. Para raja Persia juga mudah dipengaruhi oleh petugas-petugas kepercayaannya, dan dalam hal ini orang Yahudi digambarkan oleh Haman sebagai pengkhianat. Haman dilukiskan sebagai orang yg berilmu gaib tidak tanggung-tanggung, dan hari pembantaian itu ia pilih berdasarkan pembuangan undi yg menunjukkan bahwa hari itu akan menjadi hari keberuntungan (3:7). Tiang-tiang gantungan yg 50 hasta tingginya (7:9) bukan mustahil, tapi merupakan pertunjukan boros dari pihak satu yg kekuasaannya telah terganjal, sedang uang yg jumlahnya besar yg diajukan sebagai suap kepada raja dalam 3:9, pasti bukanlah tawaran yg sungguh-sungguh; dengan sopan santun gaya Timur Tengah, raja menjawab bahwa Haman boleh memegang uang itu bagi dirinya (3:11). Apa yg dimengerti oleh raja ialah, bahwa bagian terbesar dari harta milik orang Yahudi akan masuk ke dalam kas negara. Kedua pihak mengerti bahwa selama raja menerima bagian terbesar dari jarahan itu, maka raja akan menutup mata terhadap apa pun yg diambil Haman untuk dirinya sendiri. Kita dapat menyebut satu tafsiran Kitab Est yg ganjil, yaitu teori Zimmern dan Jensen, bahwa asal usul cerita Ester adalah suatu dongeng tentang dewa dewi Persia: Ester ialah dewa perempuan Isytar, Mordekhai ialah Marduk, Haman ialah Human dewa bangsa Elam, Wasti ialah Masyti dewa perempuan bangsa Elim. Melawan teori ini, sangat ganjil sekali jika orang Yahudi menggunakan cerita atau upacara ibadah politeis untuk menerangkan asal usul suatu hari raya Yahudi. Seandainya Purim mula-mula adalah upacara kafir, tapi kemudian suatu cerita yg sama sekali baru ditulis atas dasar itu, maka dalam hal ini tidak masuk akal bahwa nama-nama dewa dewi tetap dipertahankan. Masih boleh juga benar bahwa nama-nama para tokoh dalam Kitab Est mempunyai hubungan dengan nama-nama dewa dan dewi, karena ada contoh-contoh lain tentang orang Yahudi yg diberi nama tambahan, yg barangkali mengandung nama suatu dewa atau dewi (lih Dan 1:7; Ezr 1:8). Dikatakan dalam 2:7 bahwa Ester adalah nama kedua. Tambahan lagi, ada seorang Mordekhai lain yg disebut dalam Ezr 2:2. KEPUSTAKAAN. L. B Paton, Ester, ICC, 1908; J Hoschanser The Book of Esther in the Light of History, 1923; B. W Anderson, The Book of Esther, Introduction and Exegesis IB 3, 1951; J. S Wright, 'The Historicity of the Book of Esther', dalam New Perspectives on the Old Testament, red J. B Payne; C. A Moore, Esther, AB, 1971. JSW/MHS Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Kitab Ester: TB

Ester

Daftar Isi: HAAG: Ester ; TOKOH: Ester ; ENSIKLOPEDIA: ESTER ; BIOTOKOH PL: ESTER ; STATISTIK: ESTER ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Ester Ester: bintang. Est 2:7. (Kamus Gering) Ke atas Ester [Kamus Haag] Ester. (I). (Bhs. Ibr.: Istar? [Dewi bangsa Babilon]). Ia juga dipanggil dengan nama Hadasa. Ia adalah anak puteri Abihail, kemenakan anak-pungut --> Mordekhai. ~E adalah pahlawan dari Kitab yang menggunakan namanya selaku judul. (II). KITAB ~E. (1) Isi kitab. Setelah raja Persia Ahasyweros (Sasta 485-465) mengusir permaisuri Wasti karena tidak taat padanya, maka raja memilih seorang puteri Yahudi ~E menjadi ratu puteri. Bapak angkat ~E yang bernama Mordekhai mengetahui adanya sebuah komplotan melawan raja. Mordekhai menolak untuk menghormati Haman, seorang pejabat tinggi raja. Dengan persetujuan raja, Haman bermaksud memusnahkan bangsa Yahudi. ~E mengaku dirinya seorang puteri Yahudi. Ia memperoleh kemurahan raja, agar bangsa Yahudi memperjuangkan hidup dan hari-depannya. Mereka lalu membalas para musuhnya di seluruh daerah kerajaan. Haman dihukum gantung dan Mordekhai menggantikan kedudukannya. Untuk memperingati peristiwa tersebut, bangsa Yahudi mengadakan --> Pesta Purim. (2) Sifat Kitab ~E. Naskah Kitab ~E yang berbahasa Ibr. termasuk golongan prosa seperti -- Megilot yang lain. Tulisan itu bermaksud memberikan landasan tentang pesta Purim. Pesta itu rupanya diambil-alih bangsa Yahudi dari - Diaspora di Persia. Barangkali pesta itu mengingatkan kembali penyelamatan para moyang Yahudi dari suatu penganiayaan di negeri Persia. Tambahan pula cerita itu menggunakan perenese kebijaksanaan dengan melukiskan tokoh-tokoh tertentu. Ajaran theologinya tetap terselubung. Kata "Tuhan" tidak muncul sama sekali. Meskipun demikian, penulis tetap yakin akan adanya penyelenggaraan Allah di dalam sejarah. Di dalam persamaan: musuh bangsa = musuh Allah terbukti akan adanya sikap nasional, yang sama seperti kejiwaan mereka yang hidup dalam perang suci di Isr. kuno. -- Boleh jadi kitab itu timbul pada waktu antara tahun 300 dan 80 sebelum Masehi. Pendapat tersebut dapat dilihat dari gaya bahasa umum yang ditemukan di dalam kitab ~E. Di samping itu dapat dilihat pula dari laporan 2Mak 15:36 yang memberikan kesaksian tentang hari peringatan Mordekhai pada tahun 50 sebelum Masehi. Pada zaman perang Makabe timbul kesadaran nasionalisme yang meluap-luap secara luar biasa. Hal semacam itu sebagian barangkali disebabkan oleh kitab ~E. Ke atas Ester [Kamus Tokoh] Ester Orang Yahudi, nama sebelumnya Hadasa; berasal dari Persia; saudara sepupu Mordekhai (Est 2:7). Diangkat menjadi ratu Ahasyweros (Est 2:8-18). Didorong oleh Mordekhai untuk menggagalkan rancangan Haman untuk memusnahkan orang-orang Yahudi (dalam Est 3:1-4:17). Membukakan rancangan Haman kepada Ahasyweros, sehingga Haman dihukum mati (dalam Est 7:1-10). Pemeliharaan orang-orang Yahudi (dalam Est 8:1-9:17). Mordekhai diangkat (Est 8:15; 9:4,10). Penetapan Hari Raya Purim (Est 9:18-32). Ke atas ESTER [Ensiklopedia] Menurut Est 2:7 nama Yahudi dari Ester ialah Hadasa ('pohon murad'). Nama Ester barangkali adalah padanan dari kata Persia stara ('bintang') walau ada yg menghubungkannya dengan Isytar, dewa perempuan Babel. Ester menikah dengan Ahasyweros atau Xerxes (486-465 sM). Menurut Herodotus istri Ahasyweros ialah Amestris. Tak ada alasan untuk menjabarkan Amestris dengan Ester. Ester mungkin menjadi istri kedua, kesayangan untuk beberapa waktu. Mungkin inilah yg tergenggam dalam kata-kata penutup Est 4:11, walaupun 2:17 nampaknya mengisyaratkan kedudukan yg lebih tinggi dari itu. Atau mungkin Amestris menggantikan Ester sebagai istri raja sesudah Ester mati. Singgungan pertama dalam Herodotus (7.14) adalah mengenai usia tua Amestris, dan tidak ada tanggalnya. Yg kedua (9.108-109) yg tanggalnya ditentukan Herodotus tidak lama sesudah penyerangan Persia ke Yunani, bisa mengenai tanggal yg lebih kemudian. Ester memang perempuan berani, yg mempertaruhkan jiwanya demi keselamatan orang Yahudi (4:11-17). Tindakannya yg mendorong orang Yahudi untuk membantai musuh mereka (ps 9) dicatat tapi tidak dipuji dalam Alkitab. Dalam hal ini Ester mengikuti kebiasaan zamannya. Menurut catatan Amestris juga bertindak bengis. JSW/MHS Ke atas ESTER [Biotokoh Pl] Arti nama : PLANET VENUS, BINTANG YANG BERCAHAYA Ayah :  Abihail - Ester 2:15 Suami :  Ahasweros - Ester 2:17 Disebut pertama :  Ester 2:7 Namanya disebut :  55 kali Kitab yang menyebut :  1 buku : Ester Pekerjaan :  Permaisuri/Ratu Medi-persi (Ester 1:1-3, 2:17) Tempat kelahiran :  Susan Terakhir disebut :  Ester 9:32 Fakta penting :  IA MENYELAMATKAN BANGSANYA DARI PENCOBAAN PEMBUNUHAN MASAL (ESTER 7:3-6; 8:3-8). Ke atas Ester [Statistik] Jumlah dalam TB : 56 dalam 44 ayat (dalam OT : 56 dalam 44 ayat) Strong dalam PL : [<0635> אסתר ‎54x] Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Ester: BIS TB

Hari Raya Purim

Daftar Isi: HAAG: Purim ; KECIL: Purim ; PEDOMAN: Raya, Perayaan Purim Atau Undi ; BROWNING: PURIM ; ENSIKLOPEDIA: PURIM ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Hari Raya Purim Pur: undi. Ester 3:7 (Kamus Gering) Purim: undi-undi. Ester 9:26 (Kamus Gering) Ke atas Purim [Kamus Haag] Purim. (Dari bhs. Akkad: undi). Sebuah pesta Yahudi yang dirayakan pada tanggal 14 dan 15 Adar. Pesta itu mengadakan peringatan atas pembebasan bangsa Yahudi oleh Mordekhai dan Ester di bawah raja Persia Ahasyweros (485-465). (Pesta ~P menurut 2Mak 15:36 disebut sebagai hari Mordekhai; --> Ester). Cerita pembebasan itu semula tidak ada hubungannya dengan nama pesta atau tanggalannya. Barangkali orang-orang Yahudi dari diaspora di daerah timur ikut merayakan sebuah pesta Persia di musim semi dalam bulan Adar. Di kemudian hari pesta itu di "Yahudi"kan dan diberi arti baru pada namanya (: sebetulnya berarti "yang pertama"; bdk. Primavera). Pesta ~P adalah sebuah pesta yang penuh kegembiraan dan disertai perjamuan-perjamuan serta pemberian hadiah kepada para sahabat maupun kepada para fakir miskin (Est 9:19,22). Sumber-sumber yang lebih muda bahkan memberitakan tentang kebiasaan pesta dengan topeng-topeng dan semacam karnaval. Di dalam sinagoga dibacakan Kitab Ester pada perayaan itu. Ke atas Purim [Kamus Kecil] BIS- Perayaan keagamaan Yahudi yang diselenggarakan pada tanggal 14 bulan Adar (kira-kira 1 Maret) untuk menperingati pembebasan orang Yahudi dari Haman. Cerita itu ada dalam Buku Ester. Ke atas Raya, Perayaan Purim Atau Undi [Kamus Pedoman] 1. Diadakan oleh Mordekhai. Est 9:20 2. Untuk merayakan kekalahan niat jahat Haman. Est 3:7-15; 9:24-26 3. Mulai pada hari keempat belas dari bulan kedua belas. Est 9:17 4. Selama dua hari. Est 9:21 5. Cara merayakan - . Est 9:17-19,22 6. Ditanggungkan ke atas orang Yahudi sendiri. Est 9:27,28 7. Disahkan dengan kekuasaan raja. Est 9:29-32 Ke atas PURIM [Kamus Browning] Suatu pesta keramaian Yahudi. Menurut Est. 3:6, semua orang Yahudi man dimusnahkan pada suatu pembantaian manusia besar-besaran. Tanggalnya harus ditentukan dengan undi (purim dalam bahasa Ibrani). Tetapi, sebelum hal itu terlaksana, Ratu --> Ester seorang perempuan Yahudi, berhasil menggagalkan rencana-rencana dari kepala perwakilan, Haman, yang anti-semitik itu. Purim diperingati pada suatu hari libur tahunan. Ke atas PURIM [Ensiklopedia] Pesta Yahudi yg dirayakan pada hari 13-15 bulan Adar. Pada perayaan ini Kitab Est dibaca, dan biasanya jemaat sinagoge berteriak jika nama Haman disebut. Kitab Est menceritakan asal mula Purim. Pada zaman pemerintahan Ahasyweros, barangkali Xerxes (485-465 sM) tapi mungkin juga Artaxerxes II (404-359 sM), Haman, perdana menteri, memutuskan untuk membunuh orang Yahudi secara massal. Karena Haman mempercayai takhayul, maka ia membuang undi untuk mendapatkan hari yg baik. Kata pur dalam Est 3:7; 9:24, 26 yg dikatakan berarti 'undi' bukanlah kata Ibrani, tapi hampir pasti kata Asyur, puru, yg artinya kerikil, atau batu kecil, yg nampaknya dipakai untuk mengundi. Acuan paling dini pada Purim di luar PB ialah 2 Makabe 15:36. Di situ keputusan dibuat pada thn 161 sM untuk merayakan tiap tahun penaklukan Nikanor oleh Yudas Makabe, pada 'hari ketiga belas dari bulan kedua belas, yg dalam bh Aram disebut Adar -- hari sebelum hari Mordekhai'. Jika 2 Makabe diberi penanggalan pada salah satu waktu dari pertengahan abad pertama sM, itu akan berarti bahwa menjelang thn 50 sM Purim dirayakan pada tgl 14 Adar. Bagian yg sejajar, 1 Makabe 7:49, berbicara tentang penetapan apa yg kemudian disebut Hari Nikanor, tgl 13 Adar, tapi tidak menunjuk kepada Purim tgl 14. Tak ada kesimpulan yg dapat ditarik dari kesepian berita ini. Yosefus, pada akhir abad pertama M, berkata bahwa Hari Nikanor dirayakan pada 13 Adar (Ant. 12. 412) dan Purim pada tgl 14 dan 15 Adar (Ant. 11. 295). Cukup aneh bahwa Yosefus tidak memakai istilah Purim, tapi berkata bahwa orang Yahudi menyebut kedua hari itu foureas (bacaan yg lain ialah frouraias, froureous, frouraios). Kata Yunani ini agaknya didasarkan atas kata froureo yg artinya 'penjagaan', 'perlindungan'. Hari Nikanor tidak dirayakan setelah abad 7 M, tapi 13 Adar pada akhirnya menjadi bagian Purim. Lain dari 14 dan 15 Adar sebagai hari raya yg penuh gairah hidup, ialah 13 Adar sebagai hari puasa. Pendapat bahwa perayaan Purim diperoleh orang Yahudi dari dongeng tentang perselisihan dewa-dewa Babel atau Persia, tidaklah masuk akal. Mustahil Yahudi memakai legenda kafir menjadi hari besar nasional mereka (lih J. C Rylaarsdam, IB, 3, hlm 968 dst). KEPUSTAKAAN. J. H Greenstone, Jewish Feasts and Fasts, 1946; B. M Edidin, Jewish Holidays and Festivals, 1940. JSW/HH Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Purim: BIS TB