Tuesday, April 9, 2019

ANAK MANUSIA

Daftar Isi: KECIL: Anak Manusia ; GLOSARI AYT: Anak Manusia ; BROWNING: ANAK MANUSIA ; ENSIKLOPEDIA: ANAK MANUSIA ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Anak Manusia Ke atas Anak Manusia [Kamus Kecil] TB- Ungkapan ini dalam Perjanjian Lama berarti: manusia. Tetapi sejak Dan 7:13 ungkapan ini menunjuk pada tokoh penyelamat di zaman yang akan datang. Yesus sering menyebut diri-Nya Anak Manusia, baik untuk menyatakan kerendahan-Nya (Mat 8:20) dan penderitaan-Nya (Mr 8:31), maupun kebangkitan-Nya (Mat 17:9) dan kedatangan-Nya sebagai Hakim (Mat 25:31). Dialah yang datang untuk melayani dan memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang (Mat 20:18). BIS- Gelar yang dipakai oleh Yesus untuk menunjukkan bahwa Ialah Penyelamat yang diutus oleh Allah (Mr 10:45). Yesus memakai gelar ini untuk menunjukkan kerendahan-Nya pada waktu Ia di dunia (Mr 8:31; Luk 9:58) dan untuk menunjukkan kebesaran-Nya sesudah itu (Mat 25:31; Mr 8:38). Ke atas Anak Manusia [Glosari AYT] Nama yang dipakai Yesus untuk menyebut diri-Nya sendiri berdasarkan nubuatan Kitab Daniel. Dalam Dan. 7:13-14, nama ini merujuk kepada Mesias yang dijanjikan oleh Allah untuk menyelamatkan umat manusia. Gelar “Anak Manusia” di Daniel 7 menunjukkan pembedaan yang sangat jelas antara penguasa-penguasa dunia (yang memerintah dengan kejam dan digambarkan sebagai binatang buas) dengan Mesias sebagai penguasa yang adil dan benar. Ke atas ANAK MANUSIA [Kamus Browning] Ungkapan yang biasa dipakai oleh Yesus, sering kali dalam semua Injil, tetapi tidak terdapat di tempat lain dalam PB (kecuali Kis. 7:56, dan Why. 1:13). Dalam bahasa Yunani merupakan suatu terjemahan yang aneh dari kata Aram: bar nasha = Ibrani: ben aram. Dalam PL ungkapan ini adalah sapaan Allah kepada Nabi --> Yehezkiel dan dalam Mzm. 8 digunakan untuk umat manusia pada umumnya, sebagai yang terutama dalam seluruh. ciptaan. Dalam Dan. 7:13 dst. ungkapan ini dipakai untuk umat Israel, yang dipertentangkan dengan 'binatang', yang adalah simbol dari --> bangsa-bangsa --> bukan Yahudi. Lebih kemudian dalam *Perumpamaan-perumpamaan Henokh, Anak Manusia adalah tokoh supranatural, pelaksana --> keselamatan dan --> penghakiman.Dalam sekian banyak perdebatan dikemukakan bahwa istilah Anak Manusia ini oleh Yesus tidak dipakai untuk menunjuk pada diri-Nya sendiri dan bahwa gelar ini dikenakan pada Yesus oleh Gereja pasca --> kebangkitan. Tetapi, kenyataan bahwa istilah ini tidak dipakai di luar Injil-injil dianggap sebagai petunjuk juga bahwa sebutan Anak Manusia itu dianggap suci sebagai ucapan Yesus sendiri. Para ahli lain ingin membedakan perkataan Yesus yang menunjuk pada kehidupan-Nya kini dan kematian-Nya segera dari perkataan-Nya yang menantikan kerajaan yang akan datang dan kedudukan Anak Manusia di dalamnya. Banyak ahli Jerman berpendapat bahwa 'Anak Manusia' hanya dapat mempunyai arti apokalyptis, dan adalah bagian dari penantian masa depan dari Yesus. Ucapan-ucapan yang tidak termasuk dalam kerangka ini adalah berasal dari Gereja. Namun, masih ada pandangan lain yang kian diterima, yaitu bahwa Yesus memang menggunakan istilah itu dan dengan itu menunjuk kepada diri-Nya sendiri, tetapi istilah Anak Manusia itu adalah suatu ungkapan yang sulit, tidak langsung, sengaja membingungkan, yang man mengatakan, 'Aku, yaitu manusia seperti Aku ini.' Injil Matius jelas mengartikan 'Anak Manusia' itu Yesus, karena ia kadang-kadang mengganti 'Anak Manusia' dengan 'Aku' (Mat. 10:32 sebagai ganti Mrk. 8:38). Bagi Matius, 'Anak Manusia' itu adalah jelas kehormatan khusus. Yesus bukanlah seorang manusia biasa (Mat. 16:13) dan apabila masa --> penderitaan Yesus selesai ('mulai sekarang', Mat. 26:64) Anak Manusia itu dinobatkan.Pandangan seperti itu mempertahankan keaslian dari perkataan Yesus untuk kini, sementara ungkapan apokalyptik Yang menyatakan kemuliaan Anak Manusia yang akan datang adalah berasal dari Gereja sebagai bagian dari interpretasi Kristen terpenting. Ke atas ANAK MANUSIA [Ensiklopedia] Lihat YESUS KRISTUS. Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Anak Manusia: TB BIS

Anak DOMBA

Daftar Isi: KECIL: Anak Manusia ; GLOSARI AYT: Anak Manusia ; BROWNING: ANAK MANUSIA ; ENSIKLOPEDIA: ANAK MANUSIA ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Anak Manusia Ke atas Anak Manusia [Kamus Kecil] TB- Ungkapan ini dalam Perjanjian Lama berarti: manusia. Tetapi sejak Dan 7:13 ungkapan ini menunjuk pada tokoh penyelamat di zaman yang akan datang. Yesus sering menyebut diri-Nya Anak Manusia, baik untuk menyatakan kerendahan-Nya (Mat 8:20) dan penderitaan-Nya (Mr 8:31), maupun kebangkitan-Nya (Mat 17:9) dan kedatangan-Nya sebagai Hakim (Mat 25:31). Dialah yang datang untuk melayani dan memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang (Mat 20:18). BIS- Gelar yang dipakai oleh Yesus untuk menunjukkan bahwa Ialah Penyelamat yang diutus oleh Allah (Mr 10:45). Yesus memakai gelar ini untuk menunjukkan kerendahan-Nya pada waktu Ia di dunia (Mr 8:31; Luk 9:58) dan untuk menunjukkan kebesaran-Nya sesudah itu (Mat 25:31; Mr 8:38). Ke atas Anak Manusia [Glosari AYT] Nama yang dipakai Yesus untuk menyebut diri-Nya sendiri berdasarkan nubuatan Kitab Daniel. Dalam Dan. 7:13-14, nama ini merujuk kepada Mesias yang dijanjikan oleh Allah untuk menyelamatkan umat manusia. Gelar “Anak Manusia” di Daniel 7 menunjukkan pembedaan yang sangat jelas antara penguasa-penguasa dunia (yang memerintah dengan kejam dan digambarkan sebagai binatang buas) dengan Mesias sebagai penguasa yang adil dan benar. Ke atas ANAK MANUSIA [Kamus Browning] Ungkapan yang biasa dipakai oleh Yesus, sering kali dalam semua Injil, tetapi tidak terdapat di tempat lain dalam PB (kecuali Kis. 7:56, dan Why. 1:13). Dalam bahasa Yunani merupakan suatu terjemahan yang aneh dari kata Aram: bar nasha = Ibrani: ben aram. Dalam PL ungkapan ini adalah sapaan Allah kepada Nabi --> Yehezkiel dan dalam Mzm. 8 digunakan untuk umat manusia pada umumnya, sebagai yang terutama dalam seluruh. ciptaan. Dalam Dan. 7:13 dst. ungkapan ini dipakai untuk umat Israel, yang dipertentangkan dengan 'binatang', yang adalah simbol dari --> bangsa-bangsa --> bukan Yahudi. Lebih kemudian dalam *Perumpamaan-perumpamaan Henokh, Anak Manusia adalah tokoh supranatural, pelaksana --> keselamatan dan --> penghakiman.Dalam sekian banyak perdebatan dikemukakan bahwa istilah Anak Manusia ini oleh Yesus tidak dipakai untuk menunjuk pada diri-Nya sendiri dan bahwa gelar ini dikenakan pada Yesus oleh Gereja pasca --> kebangkitan. Tetapi, kenyataan bahwa istilah ini tidak dipakai di luar Injil-injil dianggap sebagai petunjuk juga bahwa sebutan Anak Manusia itu dianggap suci sebagai ucapan Yesus sendiri. Para ahli lain ingin membedakan perkataan Yesus yang menunjuk pada kehidupan-Nya kini dan kematian-Nya segera dari perkataan-Nya yang menantikan kerajaan yang akan datang dan kedudukan Anak Manusia di dalamnya. Banyak ahli Jerman berpendapat bahwa 'Anak Manusia' hanya dapat mempunyai arti apokalyptis, dan adalah bagian dari penantian masa depan dari Yesus. Ucapan-ucapan yang tidak termasuk dalam kerangka ini adalah berasal dari Gereja. Namun, masih ada pandangan lain yang kian diterima, yaitu bahwa Yesus memang menggunakan istilah itu dan dengan itu menunjuk kepada diri-Nya sendiri, tetapi istilah Anak Manusia itu adalah suatu ungkapan yang sulit, tidak langsung, sengaja membingungkan, yang man mengatakan, 'Aku, yaitu manusia seperti Aku ini.' Injil Matius jelas mengartikan 'Anak Manusia' itu Yesus, karena ia kadang-kadang mengganti 'Anak Manusia' dengan 'Aku' (Mat. 10:32 sebagai ganti Mrk. 8:38). Bagi Matius, 'Anak Manusia' itu adalah jelas kehormatan khusus. Yesus bukanlah seorang manusia biasa (Mat. 16:13) dan apabila masa --> penderitaan Yesus selesai ('mulai sekarang', Mat. 26:64) Anak Manusia itu dinobatkan.Pandangan seperti itu mempertahankan keaslian dari perkataan Yesus untuk kini, sementara ungkapan apokalyptik Yang menyatakan kemuliaan Anak Manusia yang akan datang adalah berasal dari Gereja sebagai bagian dari interpretasi Kristen terpenting. Ke atas ANAK MANUSIA [Ensiklopedia] Lihat YESUS KRISTUS. Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Anak Manusia: TB BIS

ANAK DAUD

Daftar Isi: KECIL: Anak Daud ; GLOSARI AYT: Anak Daud ; BROWNING: ANAK DAUD , DAUD, ANAK ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Anak Daud Ke atas Anak Daud [Kamus Kecil] TB- Gelar untuk Mesias (Almasih) yang dinantikan dari keturunan raja Daud, bandingkan 2Sam 7:1-29. BIS- Gelar yang dipakai oleh orang-orang Yahudi untuk raja yang mereka harap-harapkan, yaitu Raja yang dijanjikan oleh Allah, dari keturunan Raja Daud. Ke atas Anak Daud [Glosari AYT] Secara umum, digunakan untuk menyebut setiap orang yang berasal dari keturunan Raja Daud, tetapi kemudian penyebutan ini dikhususkan menjadi gelar bagi Kristus karena menurut nubuatan ia akan berasal dari keturunan Raja Daud. Ke atas ANAK DAUD [Kamus Browning] Suatu gelar mesianik yang untuk pertama kalinya dipakai dalam Mazmur Salomo (17:21); dikenakan kepada Yesus (mis. Mrk. 10:47; Mat. 1:1; 21:9). Menurut pengharapan Yahudi, --> Mesias ini adalah keturunan --> Daud, raja Israel yang paling sempurna. Matius mengukuhkan pengharapan ini: Yesus menerima sambutan orang banyak sebagai Anak Daud itu pada waktu Yesus memasuki Yerusalem. Dan Yesus mengejutkan orang-orang yang melawan-Nya dalam persoalan Mesias ini pada puncak perbantahan mereka di Yerusalem (Mat. 22:41-46). Gelar ini digunakan Matius sembilan kali dan agaknya merupakan jawabannya atas keberatan orang-orang Yahudi pada saat Injil Matius dituliskan, terhadap pengakuan Gereja bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Daud: Kanak-kanak Yesus itu adalah Anak Daud (Mat. 2:2); sebagai Anak Daud, Yesus memasuki Yerusalem (Mat. 21:9), tetapi orang --> Farisi tidak pernah menyebut Yesus demikian. Dia tidak cocok dengan penantian Anak Daud yang ada pada waktu itu. Pelepasan yang Yesus tawarkan bukan seperti yang dibawakan Raja Daud, hanya pelepasan dari penyakit dan untuk mengasihi. Jelas ini menekankan kemesiasan dari Yesus, tetapi dalam Injil Matius kemesiasan itu merupakan suatu perubahan dari pengharapan Israel. Memang gelar ini bagi Yesus digunakan oleh seorang perempuan --> bukan Yahudi (Mat. 15:22). Lihat juga --> Daud, Anak. Ke atas DAUD, ANAK [Kamus Browning] Baik dalam Injil-injil (Mat. 1:17), maupun oleh Paulus (Rm. 1:3), di klaim bahwa dari sisi manusiawi-Nya Yesus adalah keturunan keluarga Raja Daud. Namun, biasanya gelar Anak Daud diberikan oleh orang-orang di luar lingkaran --> murid-murid Yesus, misalnya oleh dua orang buta (Mat. 9:27). Bagi sementara orang beriman, ' --> Anak Daud' harus diberi sifat atau dilengkapi dengan pembenaran bahwa Ia juga ' --> Anak Allah', sekalipun penegasan itu secara ironis diletakkan di bibir para pengolok (Mat. 27:40, dan 43).Merupakan standar kepercayaan Yahudi bahwa --> Mesias akan diturunkan dari Daud. Hal ini dikutip oleh --> Petrus dalam Kis. 2:30-31 dan 2Tim. 2:8 sebagai bukti kemesiasan Yesus. Namun, sebutan Yesus Anak Daud jarang sekali digunakan oleh jemaat, yang tersebar ke wilayah bukan Yahudi, yang bagi mereka masalah tersebut (bahwa Yesus Anak Daud) tidak begitu berarti. Dalam kontroversi yang dicatat dalam Mrk. 12:15-17, Yesus sendiri tampaknya meremehkan gelar tersebut. Mungkin karena gelar tersebut mengandung nada yang tidak diakui-Nya. Namun, pada saat yang sama Ia selalu mengatakan bahwa Mesias lebih besar daripada Raja Daud. Kemungkinan, ini lebih merupakan --> perikop yang mencerminkan situasi Markus daripada situasi Yesus menjelang *penyaliban-Nya. para pembaca Injil Markus tidak hanya mengakui kemesiasan Yesus sebagai penggenapan pengharapan Yahudi, tetapi bahwa Ia adalah benar-benar Tuhan. Hal inilah sang mendorong Mrk. 12:36 mengutip Mzm. 110:1 (teks bukti yang populer di kalangan umat Kristen). Daud sendiri, dengan anggapan bahwa pada waktu itu ia telah menulis mazmur, menyebut Mesias 'Tuhan', sehingga Ia mesti lebih besar daripada Anak Daud. Ayat ini secara signifikan mendahului ungkapan --> kepala pasukan --> bukan Yahudi dalam Mrk. 15:39. Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Anak Daud: TB BIS

ANAK DAUD

Daftar Isi: KECIL: Anak Daud ; GLOSARI AYT: Anak Daud ; BROWNING: ANAK DAUD , DAUD, ANAK ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Anak Daud Ke atas Anak Daud [Kamus Kecil] TB- Gelar untuk Mesias (Almasih) yang dinantikan dari keturunan raja Daud, bandingkan 2Sam 7:1-29. BIS- Gelar yang dipakai oleh orang-orang Yahudi untuk raja yang mereka harap-harapkan, yaitu Raja yang dijanjikan oleh Allah, dari keturunan Raja Daud. Ke atas Anak Daud [Glosari AYT] Secara umum, digunakan untuk menyebut setiap orang yang berasal dari keturunan Raja Daud, tetapi kemudian penyebutan ini dikhususkan menjadi gelar bagi Kristus karena menurut nubuatan ia akan berasal dari keturunan Raja Daud. Ke atas ANAK DAUD [Kamus Browning] Suatu gelar mesianik yang untuk pertama kalinya dipakai dalam Mazmur Salomo (17:21); dikenakan kepada Yesus (mis. Mrk. 10:47; Mat. 1:1; 21:9). Menurut pengharapan Yahudi, --> Mesias ini adalah keturunan --> Daud, raja Israel yang paling sempurna. Matius mengukuhkan pengharapan ini: Yesus menerima sambutan orang banyak sebagai Anak Daud itu pada waktu Yesus memasuki Yerusalem. Dan Yesus mengejutkan orang-orang yang melawan-Nya dalam persoalan Mesias ini pada puncak perbantahan mereka di Yerusalem (Mat. 22:41-46). Gelar ini digunakan Matius sembilan kali dan agaknya merupakan jawabannya atas keberatan orang-orang Yahudi pada saat Injil Matius dituliskan, terhadap pengakuan Gereja bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Daud: Kanak-kanak Yesus itu adalah Anak Daud (Mat. 2:2); sebagai Anak Daud, Yesus memasuki Yerusalem (Mat. 21:9), tetapi orang --> Farisi tidak pernah menyebut Yesus demikian. Dia tidak cocok dengan penantian Anak Daud yang ada pada waktu itu. Pelepasan yang Yesus tawarkan bukan seperti yang dibawakan Raja Daud, hanya pelepasan dari penyakit dan untuk mengasihi. Jelas ini menekankan kemesiasan dari Yesus, tetapi dalam Injil Matius kemesiasan itu merupakan suatu perubahan dari pengharapan Israel. Memang gelar ini bagi Yesus digunakan oleh seorang perempuan --> bukan Yahudi (Mat. 15:22). Lihat juga --> Daud, Anak. Ke atas DAUD, ANAK [Kamus Browning] Baik dalam Injil-injil (Mat. 1:17), maupun oleh Paulus (Rm. 1:3), di klaim bahwa dari sisi manusiawi-Nya Yesus adalah keturunan keluarga Raja Daud. Namun, biasanya gelar Anak Daud diberikan oleh orang-orang di luar lingkaran --> murid-murid Yesus, misalnya oleh dua orang buta (Mat. 9:27). Bagi sementara orang beriman, ' --> Anak Daud' harus diberi sifat atau dilengkapi dengan pembenaran bahwa Ia juga ' --> Anak Allah', sekalipun penegasan itu secara ironis diletakkan di bibir para pengolok (Mat. 27:40, dan 43).Merupakan standar kepercayaan Yahudi bahwa --> Mesias akan diturunkan dari Daud. Hal ini dikutip oleh --> Petrus dalam Kis. 2:30-31 dan 2Tim. 2:8 sebagai bukti kemesiasan Yesus. Namun, sebutan Yesus Anak Daud jarang sekali digunakan oleh jemaat, yang tersebar ke wilayah bukan Yahudi, yang bagi mereka masalah tersebut (bahwa Yesus Anak Daud) tidak begitu berarti. Dalam kontroversi yang dicatat dalam Mrk. 12:15-17, Yesus sendiri tampaknya meremehkan gelar tersebut. Mungkin karena gelar tersebut mengandung nada yang tidak diakui-Nya. Namun, pada saat yang sama Ia selalu mengatakan bahwa Mesias lebih besar daripada Raja Daud. Kemungkinan, ini lebih merupakan --> perikop yang mencerminkan situasi Markus daripada situasi Yesus menjelang *penyaliban-Nya. para pembaca Injil Markus tidak hanya mengakui kemesiasan Yesus sebagai penggenapan pengharapan Yahudi, tetapi bahwa Ia adalah benar-benar Tuhan. Hal inilah sang mendorong Mrk. 12:36 mengutip Mzm. 110:1 (teks bukti yang populer di kalangan umat Kristen). Daud sendiri, dengan anggapan bahwa pada waktu itu ia telah menulis mazmur, menyebut Mesias 'Tuhan', sehingga Ia mesti lebih besar daripada Anak Daud. Ayat ini secara signifikan mendahului ungkapan --> kepala pasukan --> bukan Yahudi dalam Mrk. 15:39. Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Anak Daud: TB BIS

ANAK ALLAH

Daftar Isi: KECIL: Anak ...; Gelar untuk Yesus , Anak Allah ; BROWNING: ANAK ALLAH ; ENSIKLOPEDIA: ANAK ALLAH ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Anak Allah Ke atas Anak ...; Gelar Untuk Yesus [Kamus Kecil] KS.- [PB] Manusia, Mat 8:20; 9:6; 10:23; 11:19; 12:8,32,40; 13:37,41; Mat 16:13,27,28; 17:9,12,22; 19:28; 20:18,28; 24:27,30,37,39,44; Mat 25:31; 26:2,24,45,64; Luk 18:8; Yoh 1:51; 3:13-14; 5:27; Yoh 6:27,53,62; 8:28; 9:35; 12:23,34; 13:31; Kis 7:56 Allah, Mat 3:17; 4:3,6; 14:33; 16:16; 17:5; 26:63; 27:40,43; Mr 1:1; 15:39; Luk 1:32; Yoh 1:34,49; 5:19-26; 10:36; 11:4,27; Kis 9:20; 13:33; Rom 1:3,4,9; 5:10; 8:3; 1Kor 1:9; Gal 2:20; 4:4,6; Ef 4:13; 1Tes 1:10; Ibr 1:2,5,8; 4:14; 5:5,8; 10:29; 1Yoh 2:22-24; 3:8; 4:9,10,14,15; 5:9-13 Daud, Mat 1:1; 9:27; 12:23; 15:22; 20:30-31; 21:9,15; 22:42,45 Ke atas Anak Allah [Kamus Kecil] TB- Israel disebut anak Allah atau anak sulung Allah (Kej 4:22-23; Hos 11:1). Demikian juga raja Israel, keturunan Daud (2Sam 7:14; Mazm 2:7). Tetapi kemudian terutama gelar untuk Yesus Kristus yang menyatakan bahwa Ia berasal dari Allah dan melakukan kehendak Bapa-Nya, sehingga Ia adalah orang kesayangan Allah. BIS- Dahulu kala seluruh bangsa Israel digelar "Anak Allah" (Kel 4:22), begitu juga raja Israel keturunan Daud (2Sam 7:14; Mazm 2:7), karena ia memerintah sebagai wakil Allah. Tetapi kemudian gelar ini diberikan terutama sekali kepada Raja yang dijanjikan oleh Allah; Ialah raja yang diharapkan datang pada akhir zaman. Dalam kitab Roma Rom 1:3-4 yang dimaksud dengan Anak Allah ialah Yesus, karena Yesus hidup kembali dari kematian dan karena sejak Paskah, Yesus memerintah bersama-sama dengan Allah. Dalam Markus Mr 1:9-11, pada waktu Yesus dibaptis, Ia diakui sebagai Anak Allah, ketika suara dari surga mengatakan kepada-Nya, "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi." Kata-kata itu sesuai dengan kata-kata dalam Mazmur Mazm 2:7. Matius Mat 1:18 dan Lukas Luk 1:35 menyatakan bahwa Yesus berada dalam kandungan Maria, seorang perawan, karena kuasa Roh Allah. Ke atas ANAK ALLAH [Kamus Browning] Suatu gelar untuk raja dalam Pt. (mis. Mzm. 2:7). Dalam bentuk jamak, yang dimaksud adalah orang-orang Yahudi yang setia (Keb. 7:9). Dalam --> Gulungan Laut Mati dan 4 Ezra 7:28, anak Allah adalah suatu gelar mesianik. Sekalipun orang Kristen mengakui keanakan Allah Yesus sesudah *kebangkitan-Nya, tetapi ada kecenderungan untuk mendorong pengakuan ini ke depan pada *baptisannya oleh --> Yohanes Pembaptis (Mrk. 1:11) dan pada saat Yesus dimuliakan (Mrk. 9:7), atau bahkan sebelum kelahiran-Nya. Menurut Paulus (Rm. 1:4; dan juga Yoh. 1:18), Yesus ditentukan sebagai 'Anak Allah'. Ini dapat berarti bahwa ada makhluk ilahi yang praeksisten masuk ke dalam kehidupan manusia dan berdaya dalam diri Yesus. Bagaimanapun, menurut Mat. 1:18-25, awal kehidupan Yesus adalah suatu peristiwa di mana Allah yang berprakarsa. Ada perkataan dari Yesus yang menyebut Allah sebagai Bapa-Nya (Mrk. 13:32). Pada bagian akhir Injil (Mat. 27:54 yang mengikuti Mrk. 15:39), seorang --> kepala pasukan membuat pengakuan --> iman Kristen. Jika sesungguhnya ia mengucapkan perkataan seperti itu, mestinya ia berkata, 'Ia adalah seorang Anak Allah' (tidak ada kata sandang tertentu dalam bahasa Yunani), yang berarti seorang yang berasal ilahi dalam pengertian kafir. Kaisar --> Agustus mempunyai gelar 'anak Allah' setelah Julius Caesar, ayahnya diilahkan dengan dekrit senat pada 42 sM. Bagi pembaca Kristen dari Injil-injil, kepentingannya terletak pada perkataan itu, yang adalah saksi yang tidak dicari atas apa yang mereka sendiri percaya. Dalam surat-surat Paulus 'anak Allah' adalah suatu gelar Kristologi (mis. Gal. 4:4), dan Ibr. 1:5 mengutip Mzm. 2:7. Kedudukan ilahi yang pasti diberikan kepada Yesus oleh Konsili Nicaea (325 M). Ke atas ANAK ALLAH [Ensiklopedia] Lihat YESUS KRISTUS. Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Anak Allah: TB BIS

ANAK DOMBA

Daftar Isi: KECIL: Anak Domba ; PEDOMAN: Anak Domba , Teladan, Gambaran Dari Anak Domba Paskah ; GLOSARI AYT: Anak Domba ; LAMBANG: Anak Domba ; YUNANI: 721 αρνιον arnion ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Anak Domba Anak Domba: dipakai untuk korban persembahan, Kel 12:5; sebab itu Kristuspun dinamakan Anak Domba Allah, Yoh 1:29 (Kamus Gering) Ke atas Anak Domba [Kamus Kecil] BIS- Di dalam agama Yahudi, domba yang muda sekali biasanya dipakai sebagai kurban kepada Allah. Itu sebabnya Yesus kadang-kadang disebut "Domba Allah" (Yoh 1:29) atau "Domba yang dikurbankan kepada Allah" (1Pet 1:18-19), karena Ia menyerahkan diri-Nya untuk mati sebagai kurban untuk seluruh umat manusia. Dalam kitab Wahyu, Yesus diberi gelar "Anak Domba". KS.- Kurban, sebelum hukum Musa [PL] Kej 4:4; 22:7-8; kurban bakaran Im 9:3; kurban perdamaian Im 23:19 Paskah [PL] Kel 12:3,5; 2Taw 35:11 [PB] Mr 14:12; Luk 22:7 Kiasan [PL] Yes 53:7; Yer 11:19 kiasan atau gelar untuk Kristus [PB] Yoh 1:29,36; 1Kor 5:7; 1Pet 1:19; Wahy 5:6,8,12,13; 7:9,10,14,17; 12:11; Wahy 17:14; 19:7,9; 21:9,14,22,23,27; 22:1,3 Ke atas Anak Domba [Kamus Pedoman] 1. Kawanan domba yang masih muda. Kel 12:5; Yeh 45:15 2. Dilukiskan dengan sifat: 2.1 Sabar. Yes 53:7 2.2 Suka bermain. Mazm 114:6 3. Mudah diserang oleh binatang buas. 1Sam 17:34 4. Pemeliharaan gembala terhadap - . Yes 40:11 5. Digunakan untuk: 5.1 Makanan. Ul 32:14; 2Sam 12:4 5.2 Pakaian. Ams 27:26 5.3 Korban. 1Taw 29:21; 2Taw 29:32 6. Dianggap sebagai makanan yang sedap. Am 6:4 7. Dipersembahkan sebagai korban: 7.1 Yang betina. Bil 6:14 7.2 Yang jantan. Kel 12:5 7.3 Sejak zaman purbakala. Kej 4:4; 22:7,8 7.4 Yang berumur setahun. Kel 12:5; Bil 6:14 7.5 Yang masih menyusu. 1Sam 7:9 7.6 Pada hari Paskah. Kel 12:3,6,7 7.7 Tiap pagi dan petang. Kel 29:38,39; Bil 28:3,4 7.8 Oleh orang fasik, tetapi tidak diterima. Yes 1:11; 66:3 8. Banyak - yang diberikan oleh Yosia kepada orang untuk dipersembahkan. 2Taw 35:7 9. Semua anak sulung keledai harus ditebus dengan - . Kel 13:13; 34:20 10. Diperdagangkan secara besar-besaran. Ezr 7:17; Yeh 27:21 11. Diberikan sebagai upeti atau pajak kepada raja. 2Raj 3:4; Yes 16:1 12. Perjanjian-perjanjian diteguhkan dengan memberi - . Kej 21:28-30 13. Gambar - , adalah cap pertama kali pada mata uang. Kej 33:19; Yos 24:32 14. Melukiskan: 14.1 Kesucian Kristus. 1Pet 1:19 14.2 Kristus sebagai korban. Yoh 1:29; Wahy 5:6 14.3 Sesuatu yang disayangi atau dikasihi. 2Sam 12:3,9 14.4 Umat Tuhan. Yes 5:17; 11:6 14.5 Orang percaya yang lemah imannya. Yes 40:11; Yoh 21:15 14.6 (Kesabaran - ) kesabaran Kristus. Yes 53:7; Kis 8:32 14.7 (Di tengah-tengah serigala) hamba-hamba Tuhan di antara orang yang tidak mengenal Dia. Luk 10:3 14.8 (Ditinggalkan di tempat yang sunyi dan berbahaya) orang Israel yang tidak dilindungi oleh Allah lagi. Hos 4:16 14.9 (Yang disembelih) orang jahat yang mendapat hukuman. Yer 51:40 14.10 (Habis terbakar di dalam api pengorbanan) kebinasaan orang fasik. Mazm 37:20 Ke atas Teladan, Gambaran Dari Anak Domba Paskah [Kamus Pedoman] 1. Suatu teladan Kristus. Kel 12:3; 1Kor 5:7 2. Jantan, berumur setahun. Kel 12:5; Yes 9:6 3. Tidak bercela. Kel 12:5; 1Pet 1:19 4. Diambil dari kawanan domba. Kel 12:5; Ibr 2:14,17 5. Dipilih sebelumnya. Kel 12:3; 1Pet 2:4 6. Dikurung selama empat hari sehingga dapat diperiksa. Kel 12:6; Yoh 8:46; 18:38 7. Disembelih oleh orang-orang Israel. Kel 12:6; Kis 2:23 8. Disembelih di tempat yang dipilih Tuhan untuk kediaman nama-Nya. Ul 16:2,5-7; 2Taw 35:1; Luk 13:33 9. Disembelih pada waktu senja. Kel 12:6; Mr 15:34,37 10. Darah - ditumpahkan. Kel 12:7; Luk 22:20 11. Darah - disapukan pada ambang atas dan pada kedua tiang pintu. Kel 12:22; Ibr 9:13,14; 10:22; 1Pet 1:2 12. Darah - tidak dipercikkan pada ambang pintu. Kel 12:7; Ibr 10:29 13. Satu tulangnya pun tidak boleh dipatahkan. Kel 12:46; Yoh 19:36 14. Tidak dimakan mentah. Kel 12:9; 1Kor 11:28,29 15. Dipanggang. Kel 12:8; Mazm 22:15,16 16. Dimakan dengan sayur yang pahit. Kel 12:8; Za 12:10 17. Dimakan dengan roti bundar yang tidak beragi. Kel 12:39; 1Kor 5:7,8; 2Kor 1:12 18. Dimakan dengan buru-buru. Kel 12:11; Ul 16:3 19. Dimakan dengan pinggang berikat. Kel 12:11; Luk 12:35; Ef 6:14; 1Pet 1:13 20. Dimakan dengan tongkat di tangan. Kel 12:11; Mazm 23:4 21. Dimakan dengan kasut pada kaki. Kel 12:11; Ef 6:15 22. Tidak dibawa keluar dari dalam rumah. Kel 12:46; Ef 3:17 23. Apa yang tinggal sampai pagi, harus dibakar habis dengan api. Kel 12:10; Mat 7:6; Luk 11:3 Ke atas Anak Domba [Glosari AYT] Di dalam agama Yahudi, anak domba biasanya dipakai sebagai kurban kepada Allah. Itu sebabnya Yesus kadang-kadang disebut "Anak Domba Allah" (Yoh 1:29) atau "Domba yang dikurbankan kepada Allah" (1Pet 1:18-19) karena Ia menyerahkan diri-Nya untuk mati sebagai kurban untuk seluruh umat manusia. Dalam kitab Wahyu, Yesus diberi gelar "Anak Domba". Ke atas Anak Domba [Kamus Lambang] (1) LAMBANG Kristus yang lemah lembut dan rendah hati. Sebagai binatang pilihan yang digunakan untuk korban persembahan, anak domba menandakan Kristus sebagai Oknum yang rela menyerahkan diriNya menjadi tebusan dosa-dosa kita. Domba yang dikorbankan itu haruslah yang terbaik, tanpa cacat cela, dan ini sekaligus menandakan kekudusan Kristus. Kemenangan Kristus yang dicapai melalui perendahan diriNya dan kematian-Nya itu sangat bertentangan dengan pengertian manusiawi. Maka LAMBANG anak domba dalam literatur apokaliptik sering dipakai sebagai gambaran yang tepat untuk Kristus yang dimuliakan dan bertakhta dalam Kitab Why. Kej 22:7; Kel 12:3; Bil 6:14; 1 Sam 7:9; Yes 53:7; Yer 11:19; Yeh 46:13; Yoh 1:29, 36; Kis 8:32; Why 5:6-13; 6:1, 16; 7:9-17; 12:11; 13:8; 14:1-10; 15:3; 17:14; 19:7, 9; 21:9-27; 22:3. (2) METAFORA orang-orang percaya, kadang-kadang khusus untuk orang yang baru percaya. Yes 40:11; Luk 10:3. (3) SIMILE bagi mereka yang akan mati tersembelih di bawah huku man Allah. Yes 34:6; Yeh 39:18. (4) SIMILE nabi palsu. Why 13:11. Ke atas Yunani Strongs #721 αρνιον arnion arnion {ar-nee'-on}: anak domba, domba (Kamus Yoppi) ου [neuter] anak domba, biri-biri (Kamus Barclay) Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Anak Domba: BIS TB