Daftar Isi:
HAAG: Darah ; KECIL: Darah ; PEDOMAN: Darah ; BROWNING: DARAH ; ENSIKLOPEDIA: DARAH ; LAMBANG: Darah ; YUNANI: 129 αιμα haima ; STATISTIK: DARAH ;
Darah
Darah: (yang mengalir). Darah ditentukan dan disediakan Allah dalam kitab suci, sebab itu mengandung kuasa untuk mengadakan korban penenbusan, dan menjadi laknat bagi orang itu yang menumpahkannya dengan tidak senonoh, Kej 9:4; Ima 7:26; 17:11-13. pembalasan terhadap seorang pembunuh ialah menuntut darahnya. Bil 35:27; Ula 24:16. seorang yang menumpahkan darah dengan tak disengaja boleh melrikan diri kesalah satu kota perlindungan yang telah tersedia. Bil 35:22-23; Ula 19:4-6. (Kamus Gering)
Darah [Kamus Haag]
Darah.
(1) ~D di dalam PL dianggap (seperti dalam semua agama purba) sebagai tempat adanya hidup (Kej 9:5; Im 17:11dan lain-lain). Oleh karena hidup adalah milik Allah, maka penggunaan darah dilarang keras (1Sam 14:31-34; Kej 9:3-4; mengenai tata-hukumnya lihat Im 3:17; Ul 12:23 dan lain-lain). Dari sudut lain dikenal adanya berbagai ritus ~D di Isr.: Pada saat memerciki altar, ~D. dinyatakan sebagai milik Yahwe. ~D dipakai untuk mengadakan perdamaian (Ibr 9:22) dan mengukuhkan ikatan --> perjanjian antara Yahwe dengan umatNya (Kel 24:3-8). Kedua pihak menjadi semacam kerabat se ~D (anggota keluarga). Adapun ~D yang dicurahkan itu berteriak kepada Tuhan untuk menuntut balas (Kej 4:10: --> Pembalasan ~D).(2) ~D di dalam PB. Ungkapan PL "Daging dan D" menunjukkan hakiki manusiawi dalam kelemahan dan kedosaannya (Mat 16:17; 1Kor 15:50; Gal 1:16 dan lain-lain). Salah satu theologumenon PB yang paling utama adalah ~D Kristus yang telah dicurahkan (Ef 2:13; Ibr 9:14 dan lain-lain). Seperti dulu PL dikukuhkan dengan ~D binatang kurban, demikian pula kini PB dikukuhkan dengan ~D Kristus (Mark 14:24 dsj; 1Kor 11:25). ~D merupakan beaya yang dipakai Kristus untuk membebaskan orang dari dosa-dosa (Ef 1:7), beaya untuk mendamaikannya dengan Tuhan (Rom 3:25), menguduskannya (Ibr 13:12) dan membenarkannya (Rom 5:9). Persekutuan dalam ~D Kristus (Yoh 6:54-56; 1Kor 10:16) adalah suatu ungkapan tentang hubungan orang dengan Kristus yang akrab sekali (Perjamuan malam). Di situlah pandangan PL tentang persaudaraan oleh ~D antara Allah dengan manusia menemukan kenyataannya yang terakhir.
Darah [Kamus Kecil]
KS.-
binatang
[PL] Kej 9:4; Kel 12:7,13; 24:8; Im 16:18,19; 17:11 1Sam 14:31-34
[PB] Kis 15:29; Ibr 9:12,13,18-22,25; 11:28manusia
[PL] Kej 4:1-11; 9:6; Ul 19:4-10; 1Taw 28:3; Yeh 35:6
[PB] Mat 23:30,35; Wahy 6:10; 16:6; 17:6; 18:24; 19:2Kristus
[PB] Mat 26:28; Mr 14:24; Luk 22:20; Yoh 6:53-56; 19:34; 1Kor 10:16; 11:25,27; Ibr 9:12,14; 10:29; 12:24; 13:12; 1Pet 1:2; 1Yoh 1:7; 5:6,8; Wahy 7:14; 12:11; 19:13
Darah [Kamus Pedoman]
1. Nyawa (kehidupan) binatang.Kej 9:4; Im 17:11,14
2. Cair.Ul 12:16
3. Merah.2Raj 3:22; Yoel 2:31
4. Sama saja di dalam tubuh semua manusia.Kis 17:26
5. Dilarang dimakan oleh:5.1 Manusia setelah air bah pada zaman Nuh.Kej 9:4
5.2 Orang Israel yang tunduk kepada Taurat Allah.Im 3:17; 17:10,12
5.3 Orang Kristen pada zaman dahulu.Kis 15:20,29
6. Orang Yahudi seringkali bersalah karena makan - .1Sam 14:32,33; Yeh 33:25
7. - binatang yang disembelih harus ditutup dengan tanah.Im 17:13; Ul 12:16,24
8. Burung-burung buas suka - .Ayub 39:33
9. Binatang-binatang buas suka - .Bil 23:24; Mazm 68:24
10. Penumpahan - manusia:10.1 Dilarang.Kej 9:5
10.2 Dibenci Tuhan.Ams 6:16,17
10.3 Mencemarkan tanah.Mazm 106:38
10.4 Mencemarkan orang.Yes 59:3
10.5 Sering kali dilakukan oleh orang Yahudi.Yer 22:17; Yeh 22:4
10.6 Selalu dihukum.Kej 9:6
11. Cara mengadakan pendamaian terhadap orang yang bersalah karenamenumpahkan - .
Ul 21:1-9
12. Uang - tidak boleh digunakan untuk keperluan yang kudus.Mat 27:6
13. - korban persembahan menurut Taurat:13.1 Untuk pendamaian (penebusan).Kel 30:10; Im 17:11
13.2 Untuk penyucian.Ibr 9:13,19-22
13.3 Bagaimana dicurahkan.Kel 29:12; Im 4:7
13.4 Tidak dipersembahkan dengan ragi.Kel 23:18; 34:25
13.5 Tidak dapat menghapuskan dosa.Ibr 10:4
14. Penyembah berhala mengadakan persembahan minuman - .Mazm 16:4
15. Air yang berubah menjadi - sebagai tanda.Kel 4:9,30
16. Air di negeri Mesir berubah menjadi - sebagai hukuman.Kel 7:17-21
17. Melukiskan:17.1 (Membasuh kaki dalam - ) kemenangan-kemenangan.Mazm 58:11; 68:24
17.2 ( - sebagai dasar bangunan) penganiayaan dan kekejaman.Hab 2:12
17.3 (Mencurahkan) suatu hukuman.Yeh 35:6
17.4 (Atas diri sendiri) kesalahan.Im 20:9; 2Sam 1:16; Yeh 18:13
17.5 (Diberikan untuk diminum) hukuman yang hebat.Yeh 16:38; Wahy 16:6
DARAH [Kamus Browning]
Dalam pemikiran Ibrani darah adalah tempat pusat --> kehidupan, atau bahkan diidentikkan dengan kehidupan itu sendiri. Karena itu, darah memiliki peran mendasar dalam persembahan --> korban, yang dalam masyarakat Ibrani sangat fundamental. Imam-imam dikuduskan dengan darah (Kel. 29:19-21); darah dipercikkan ke atas --> mezbah untuk menebus --> dosa (Im.17:6); darah dipercikkan kepada seluruh umat Israel untuk menegakkan --> perjanjian dengan Tuhan (Kel. 24:8).Dalam PB darah Yesus menandakan kuasa *kematian-Nya untuk menebus dosa. Dengan demikian, ketaatan dalam kehidupan dan kematian-Nya menjadi dasar bagi perjanjian baru (1Kor. 11:23-29). Perkataan Yesus pada ayat 25, 'Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku', merupakan catatan tertua dalam PB mengenai apa yang dilakukan dan dijelaskan Yesus pada --> Perjamuan Tuhan. Pemberitaan Paulus kemudian menambahkan perintah Yesus agar upacara itu selalu diulangi. Hal ini diterima sebagai perintah untuk perayaan *Ekaristi Gereja secara reguler. Dalam doktrin Katolik --> anggur di dalam cawan, begitu pula dengan --> roti, ketika diberkati dengan cara-cara yang tepat oleh imam yang benar-benar berwenang, atau uskup yang memiliki hak untuk itu, menjadi hakikat tubuh dan darah Kristus, meskipun wujudnya tetap roti dan anggur. Doktrin-doktrin Ekaristi lainnya, yang berasal dari Reformasi, berpegang pada pendapat bahwa kata 'adalah' tidak lebih berarti 'melambangkan': Perjamuan Kudus adalah peringatan bagi pengorbanan Kristus. Namun, kemungkinan kata 'adalah' lebih bersifat performatif ketimbang deskriptif. Kata tersebut mengubah kedudukan roti dan anggur. Minum dari cawan perjanjian baru berarti dipersekutukan dengan domba --> Paskah yang telah dibunuh bagi kita (1Kor. 5:7). Hal ini diberikan Yesus kepada para pengikut-Nya untuk memelihara hubungan dengan Dia yang telah mati di atas --> salibdan *bangkit dalam kehidupan baru pada hari raya Paskah.
DARAH [Ensiklopedia]
Pernah dipermasalahkan apakah dalam Alkitab 'darah' menunjuk kepada hidup atau maut. Ada yg mengatakan bahwa dalam rangka korban PL 'darah' menunjukkan hidup yg telah dibebaskan dari segala keterbatasan tubuh dan dimerdekakan untuk tujuan-tujuan lain. Tata upacara persembahan darah menunjukkan kepasrahan yg khidmat kepada Allah akan hidup yg diserahkan, dipersembahkan dan berubah. Maut hanya mempunyai tempat yg lebih rendah atau tidak mempunyai tempat sama sekali. Dalam pandangan ini 'darah Kristus' berarti 'hidup Kristus'. Tapi bukti tidak menyokong pandangan itu.
Pertama, bukti statistik. Dari 362 tempat yg memuat kata Ibrani dam dalam PL, 203 menunjuk kepada maut karena kekerasan. Hanya 7 tempat yg menghubungkan hidup dengan darah (17 menghunjuk pada makan daging dgn darah). Karena itu cukup terang, bahwa hubungan dengan mautlah yg muncul dalam pikiran bila 'darah' disebut.
Kedua, tidak ada bukti yg dapat diberikan untuk menyokong teori tentang hidup itu. Penganut pandangan ini menganggapnya cukup terang dalam ay seperti Im 17:11, 'nyawa makhluk ada di dalam darahnya'. Tapi ay ini juga bisa ditafsirkan sebagai hidup yg diserahkan dalam maut, tidak melulu sebagai hidup yg telah dilepaskan.
Tak dapat disangkal, bahwa penebusan dari hukuman dosa dikatakan diperoleh karena maut, mis Bil 35:33, 'sebab darah itulah yg mencemarkan negeri itu, maka bagi negeri itu tidak dapat diadakan pendamaian oleh karena darah yg tertumpah di sana, kecuali dengan darah orang yg telah menumpahkannya' (lih juga Kel 29:33; Im 10:17). Jadi PL kadang-kadang tidak memberikan dasar bagi pernyataan-pernyataannya yg ekstrim. Pendamaian diperoleh dengan kematian korban, bukan oleh hidupnya. Arti ini dilanjutkan dalam PB. Di sini seperti dalam PL darah lebih sering dipakai dengan arti kematian karena kekerasan ketimbang arti lain. Dan berbicara tentang darah Kristus ada beberapa ay yg dengan jelas sekali menunjuk kepada kematian. Misalnya 'dibenarkan oleh darah-Nya' (Rm 5:9, sejajar dgn 'diperdamaikan ... oleh kematian AnakNya' ay 10), 'darah salib-Nya' (Kol 1:20), ay-ay tentang 'datang dengan air dan darah' (1 Yoh 5:6) dll.
Kadang-kadang kematian Kristus dianggap sebagai korban (mis darah perjanjian). Tapi kalau ay-ay ini disimak lebih teliti maka yg ditunjukkannya adalah, bahwa kata-kata ini dipakai dengan arti yg sama seperti di PL. Jadi korban-korban mencapai maksudnya oleh karena kematian korbannya. Dengan demikian 'darah Kristus' harus diartikan sebagai kematian yg mendamaikan oleh Juruselamat ( --> DAMAI, PENDAMAIAN).
KEPUSTAKAAN. TDNT 1, hlm 172-177; S. C Gayford, Sacrifice and Priesthood, 1953; Leon Morris, The Apostolic Preaching of the Cross', 1965; F. J Taylor dalam TWBR; H. C Trumbull, The Blood Covenant, 1887; A. M Stibbs, The Meaning of the Word 'Blood' in Scripture, 1947. LM/RS
Darah [Kamus Lambang]
(1) METONIMIA nyawa suatu makhluk, khususnya nyawa yang dibunuh untuk dijadikan korban (mis korban binatang). Pemercikan darah korban dalam PL menjadi TIPE penyucian kita dari segala dosa melalui kematian Kristus. Kej 9:4-6; Im 17:11; Ul 12:23; Ibr 9:7-25.(2) LAMBANG pencemaran karena dosa. Im 20:18; Yeh 16:6-22.
Yunani
haima {hah'-ee-mah}:darah, kematian (Kamus Yoppi)ατος [neuter] darah;
σαρξ manusia (Kamus Barclay)
Darah [Statistik]
Jumlah dalam TB : 379 dalam 312 ayat (dalam OT : 299 dalam 247 ayat) (dalam NT : 80 dalam 65 ayat)
Strong dalam PL : [<0639> אף 1x] [<01320> בשר 1x] [<01818> דם 276x] [<01931> חוא 1x] [<02873> טבח 1x] [<02874> טבח 2x] [<02875> טבח 1x] [<04046> מגפח 1x] [<05306> נפך 2x] [<05332> נצח 2x] [<05601> ספיר 2x] [<06106> עצם 5x]
Strong dalam PB : [<129> αιμα 84x] [<130> αιματεκχυσια 1x] [<846> αυτος 4x] [<1699> εμος 1x] [<3450> μου 6x] [<4675> σου 1x]