Saturday, October 27, 2018
Nabia Elia
Daftar Isi:
HAAG: Elia ; KECIL: Elia ; TOKOH: Elia ; GLOSARI AYT: Elia ; BROWNING: ELIA ; ENSIKLOPEDIA: ELIA ; BIOTOKOH PL: ELIA ; YUNANI: 2243 Ηλιας Helias ; STATISTIK: ELIA ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ;
Elia
Elia: Elia itu Yehovah. 1Raj 17:1; 1Taw 8:27. (Kamus Gering)
Ke atas
Elia [Kamus Haag]
Elia. (Bhs. Ibr.: Yahwe adalah Allah).
Ia berasal dari Tisbe di daerah Gilead. Ia seorang pembela ketat tentang pemujaan Yahwe pada zaman raja --> Ahab dan permaisurinya, Izebel, yang berusaha memajukan pemujaan Baal. ~E adalah seorang --> Nabi di daerah kerajaan utara. Ia sangat populer. Perorangan ~E dilukiskan sebagai seorang pemegang peran legendaris. Suatu deretan cerita dan mukjijat ~E dimasukkan ke dalam Kitab Raj (1Raj 17:1-19:21; 21:1-29; 17:1-29:2; 2Raj 1:3-2:12). Di antaranya ada 4 buah cerita yang dikutip di dalam PB: Musim kering tak berkesudahan dan perutusan ke rumah janda di Sarfat (Luk 4:25-26), pengungsian ~E (Rom 11:2-4) dan hukuman Tuhan (Luk 9:54). Ia dipandang sangat tinggi, yang terbukti dari cerita, bahwa ia dinaikkan ke surga dalam angin badai (2Raj 2:11). Bagi tradisi Yahudi ~E dipandang sebagai pembuat mujizat dan penolong. Orang mengharapkan kedatangannya kembali. (/RAPC #Sir 48:10-12; Mat 16:14 dsj.; Mat 17:10-13 dsj.; Luk 9:8) sebagai Mesias atau pendahuluannya. Yoh Pembaptis tidak menempatkan dirinya sejajar dengan ~E (Yoh 1:21,25), namun ia dinyatakan oleh Yesus sebagai ~E yang hidup kembali (Mat 11:14; 17:12 dsj). Di dalam Mark 9:4 dsj. ~E bersama dengan Musa dijadikan saksi kemuliaan Yesus. Tradisi Yahudi pada jaman awalnya memperkembangkan cerita-cerita mujizatnya. Sehingga dinyatakan masuk akal, bahwa ada tiga buah wahyu ~E yang masih tersimpan sampai kini:
(1) Sebelum Paulus. Rupanya Paulus mengutip 1Kor 2:9 (kitab apokrif) dari Wahyu ~E.
(2) Sebuah Why. ~E dari abad 3 sesudah Masehi.
(3) Sebuah Why. ~E yang berasal dari tradisi Yahudi dan kemudian diolah kembali secara kristiani pada abad 4. Pengolahan itu dalam bahasa Koptis.
Ke atas
Elia [Kamus Kecil]
TB- Nabi Israel (bandingkan kitab 1Raj 1:1-22:53) yang menentang penyembahan berhala (bandingkan --> Baal --> 19787). Dalam kepercayaan orang-orang Yahudi ia dinantikan kembali selaku perintis jalan untuk --> Mesias --> 20942 (Mal 4:5-6; Mat 17:9-13), sehingga Yohanes Pembaptis disamakan dengan Elia (Mat 17:13).
BIS- Nabi dari zaman Perjanjian Lama. Bangsa Yahudi mengharapkan kedatangannya kembali ke dunia untuk merintis kedatangan Raja yang dijanjikan oleh Allah (Mal 4:5-6; Mat 17:9-13).
KS.- [PL] 1Raj 17:1-22:53; 2Raj 1:1-2:15; Mal 4:5
[PB] Mat 11:14; 17:3-13; 27:47-49; Luk 1:17; 4:25-26; Yoh 1:21,25; Rom 11:2; Yak 5:17
Ke atas
Elia [Kamus Tokoh]
Elia
Nabi; bernubuat tentang kelaparan di negeri Israel (1Raj 17:1; Yak 5:17).
Diberi makan oleh burung-burung gagak (1Raj 17:2-6).
Menghidupkan anak laki-laki janda Sidon (1Raj 17:7-24).
Mengalahkan nabi-nabi Baal di gunung Karmel (1Raj 18:16-46).
Melarikan diri dari Izebel (1Raj 19:1-9).
Bernubuat tentang kematian Ahazia (dalam 2Raj 1:1-18).
Diganti oleh Elisa (1Raj 19:19-21; 2Raj 2:1-18).
Diangkat ke sorga dalam angin badai (2Raj 2:11-12).
Kedatangan Elia dinubuatkan (Mal 4:5-6); disamakan dengan Yohanis Pembaptis (Mat 17:9-13; Mr 9:9-13; Luk 1:17).
Nampak dengan Musa ketika Yesus dimuliakan (Mat 17:1-8; Mr 9:1-8).
Ke atas
Elia [Glosari AYT]
Seorang nabi dan pemimpin Yahudi yang sangat penting, yang berbicara untuk Allah sekitar tahun 850 Sebelum Masehi. Ia tidak mengalami kematian karena diangkat oleh Allah dengan kereta kuda berapi (2 Raj. 2:11).
Ke atas
ELIA [Kamus Browning]
Nabi ekstatik abad ke-9 sM yang paling terkenal, datang tepat waktu di antara rombongan --> nabi yang hingar bingar menjumpai *Said (1Sam. 10:5 dst.) dan nabi-nabi klasik abad ke-8 sM. Meskipun cerita yang berhubungan dengan tindakan Elia yang gagah berani ini berisi gagasan teologis (seperti gagasan mengenai sisa-sisa yang setia seperti yang ditemukan dalam Yesaya, 1Raj. 19:18) zaman sesudahnya atau bahkan ketetapan-ketetapan --> Taurat pasta --> pembuangan (mis. Bil. 36:7-9), kemungkinan cerita mengenai pertarungan yang diikuti Elia demi tradisi Israel mempunyai dasar historis. Dalam melawan ibadah kepada --> Baal yang diperkenalkan oleh Ratu --> Izebel, orang --> Tirus yang dinikahi oleh Raja --> Ahab itu, Elia dengan berjaya membenarkan Allahnya, ketika api turun menyambar *korbannya di Gunung --> Karmel (1Raj. 18:38). Dikatakan bahwa ia mengurapi --> Yehu untuk mengambil alih kerajaan (1Raj. 19:17), yang dilaksanakan oleh --> Elisa, penggantinya (2Raj. 9:6).Tantangan Elia melawan Baal, yang karenanya kedudukan Baal sebagai dewa kesuburan dikecilkan merupakan hal yang penting. Ketika Elia melawan Ahab karena usahanya merebut kebun anggur --> Nabot (1Raj. 21), ia merujuk pada konsep keadilan Israel purba yang tidak dapat dikesampingkan oleh raja-raja sekalipun. Kedua cerita itu menunjukkan bahwa Elia adalah ksatria Yahweh, satu-satunya Allah dan hakim, yang membela orang-orang lemah, serta penuntut pembalasan.Elia disebut oleh --> Maleakhi (4:5) dalam hubungannya dengan ketaatan pada Taurat. Keyakinan bahwa Elia akan datang sebelum --> hari Tuhan merupakan bagian dari tradisi Yahudi (Sir. 48:10), dan dalam perayaan --> Paskah, biasanya disediakan suatu tempat bagi Elia. Karena itu, dalam PB ia dikenal karena perannya ini (Mat. 17:10-13). --> Yohanes Pembaptis adalah Elia yang baru. Namun, identifikasi ini ditolak oleh Injil Yohanes (1:20-21), yang mempunyai maksud memperkecil arti Yohanes dalam hubungannya dengan Yesus. (Dalam Injil keempat cerita pembaptisan Yesus tidak dicatat.) Pada saat --> transfigurasi Yesus (Mrk. 9:4) Elia, mewakili para nabi, hadir bersama Musa, pemberi Taurat itu. Ia disebut oleh Paulus (Rm. 11:2) dan Yakobus (5:17).
Ke atas
ELIA [Ensiklopedia]
Nabi Israel pada abad 9 sM. Namanya (Ibrani 'eliyyahu atau 'eliyya, Yunani Eleiou (LXX) atau Eleias (PB) berarti 'Yah-lah El' atau 'YHWH-lah Allah'.
Di luar acuan dalam 1 Raj 17:1 yg mengatakan bahwa Elia seorang Tisbe dan Tisbe-Gilead, latar belakang nabi ini tidak diketahui. Acuan ini pun tidak jelas. MT memberi isyarat bahwa walaupun Elia tinggal di Gilead, namun ia lahir di tempat lain, barangkali Tisbe yg di Naftali. LXX membaca ek thesbon tes galaad, yg menyinggung adanya desa Tisbe di Gilead. Agaknya Yosefus menerima pendapat ini (Ant 8.319). Secara tradisi desa ini disamakan dengan suatu tempat kr 13 km di sebelah utara S Yabok.
Cerita-cerita mengenai pelayanan Elia disajikan dalam 1 Raj 17-19; 21; 2 Raj 1-2, ditulis dalam bh Ibrani kuno yg tulen, 'suatu jenis bh Ibrani yg hampir tak mungkin lebih kemudian dari abad ke-8 sM' (W. F Albright, From the Stone Age to Christianity, hlm 307), dan yg pasti tidak berada lama dalam bentuk lisan saja. Pelayanan kenabiannya mengambil tempat di kerajaan utara selama pemerintahan dinasti Omri. Elia sebaya dengan raja Ahab dan Ahazia, dan dari kedudukan cerita kenaikannya ke sorga (2 Raj 2) dan jawab kepada pertanyaan Yosafat dalam 2 Raj 3:11, dapat disimpulkan bahwa kenaikannya mungkin terjadi kr pada waktu Yoram naik takhta Israel. Ada kesukaran yg dihadapkan kepada kesimpulan ini oleh 2 Taw 21:12-15. Ini mungkin dapat diselesaikan, atau dengan cara menafsirkan 2 Raj 8:16 sebagai berarti bahwa Yosafat dan Yoram, kedua raja Yehuda, sama-sama memerintah, atau dengan cara menganggap surat yg disebut dalam ay itu sebagai nubuat yg ditulis sebelum kenaikannya.
Seri cerita tentang Elia mengutarakan enam peristiwa dalam hidupnya: pemberitaan masa kekeringan dan pelariannya yg kemudian, adu kuasa di G Karmel, pelariannya ke Horeb, peristiwa Nabot, nubuat mengenai Ahazia, dan kenaikannya ke sorga.
Kecuali yg terakhir, semua peristiwa ini pada dasarnya berkaitan dengan pelanggaran ibadah Yahweh dengan ibadah Baal Melkar, dewa pelindung Tirus yg resmi. Ahab mengembangkan agama alam Kanaan yg bercorak Fenisia ini sesudah ia kawin dengan Izebel, anak perempuan raja Tirus (1 Raj 16:30-33), tapi Izebel-lah yg terutama bertanggung jawab mengenai pemusnahan ibadah kepada Yahweh secara sistematis dan mengenai penyebaran ibadah kepada Baal di Israel (1 Raj 18:4, 13, 19; 19:10, 14).
Dalam peristiwa pertama (1 Raj ps 17) Elia tampil tanpa pendahuluan, dan sesudah mengucapkan kepada Ahab bahwa akan datang kekeringan 3 thn lamanya, ia mengundurkan diri ke daerah yg di luar kekuasaan Ahab: mula-mula ke S Kerit di sebelah timur Yordan, lalu ke Sarfat (Sarafend modern di sebelah selatan Sidon masih memakai nama yg sama, dan dari situ dapat dilihat sisa-sisa dari bandar kuno). Di kedua tempat itu hidup Elia dipelihara secara mujizat, dan di Sarfat dilakukannya suatu mujizat penyembuhan (1 Raj 17:17-24).
Peristiwa kedua 3 thn kemudian (1 Raj 18; bnd Luk 4:21; Yak 5:17 yg mengikuti tradisi Yahudi) menceritakan berhentinya kekeringan sesudah kemenangan atas ibadah Baal yg teratur di G Karmel. Kekeringan yg didatangkan dan dihentikan berdasarkan firman Yahweh, merupakan tantangan bagi kekuasaan Baal atas alam. Menurut 1 Raj 17 Elia tinggal dalam daerah pusat penyembahan Baal Melkar tapi dilindungi oleh Yahweh, sedang negeri berada dalam keadaan merana (ay 12; bnd Jos., Ant. 8.13.2). Dalam 1 Raj 18 tantangan terhadap Baal menjadi terbuka, dan keunggulan Yahweh dibuktikan secara menakjubkan. Bahwa ibadah kepada Baal tidak dimusnahkan sama sekali di G Karmel, terbukti dari singgungan di kemudian hari (mis 2 Raj 10:18-21). Keil menyarankan bahwa mezbah Tuhan yg sisa-sisanya didapati Elia di Karmel, telah dibangun oleh para penyembah Tuhan di Israel sesudah kerajaan itu terbagi dua. Beberapa orang membuang 1 Raj 18:30b, sedang yg lain membuang ay 31 dan 32a, tapi tidak ada alasan untuk ini.
Peristiwa ketiga (ps 19) yg menerangkan Elia lari ke Horeb untuk menyingkir dari amarah Izebel adalah penting. Horeb ialah gunung yg kudus, di mana Allah Musa, Allah perjanjian, telah menyatakan diriNya, dan kembalinya Elia ke situ menggambarkan kembalinya seorang nabi yg taat, tapi yg sudah putus asa ke sumber asli dari iman yg telah dipertahankannya. Tugas yg diberikan kepadanya dalam 1 Raj 19:15-18 agaknya hanya sebagian dilaksanakan oleh Elia sendiri. Bahwa Hazael dan Yehu menaiki takhta Siria dan Israel, secara berurut tercatat dalam seri cerita tentang Elisa.
Peristiwa Nabot dalam 1 Raj 21 melukiskan dan mempertahankan prinsip yg tertanam dalam kesadaran keagamaan Israel, bahwa tanah yg dimiliki oleh suatu keluarga atau suku adalah pemberian Yahweh, dan jika seseorang tidak mengakui dan menghargai hak perseorangan dan hak keluarga dalam lingkungan persekutuan perjanjian Allah, maka orang itu akan dihukum. Elia tampil sebagai pejuang demi tuntutan susila yg kuat dalam agama yg diajarkan Musa, yg begitu jelas alpa dalam ibadah kepada Baal.
Peristiwa kelima dalam 2 Raj 1 melanjutkan gambaran tentang pertentangan Yahweh dengan Baal. Hal Ahazia minta petunjuk kepada dewa kehidupan Siria, yaitu Baal Zebub (dlm naskah Ras Syamra nama ilah itu ialah Beel Zebul, bnd Mat 10:25; nama Baal Zebub, artinya Tuan lalat, merupakan cemoohan saja) memancing hukuman Allah (ay 6, 16). Hukuman api juga menimpa orang-orang yg bersikeras menolak firman Yahweh dengan jalan mencoba mendatangkan celaka akan nabi-Nya (ay 9-15). Kenaikan Elia ke sorga dalam angin badai (2 Raj 2:11) mengakhiri jalan hidup kenabiannya yg menakjubkan secara menggugah hati. Seman Elisa (2 Raj 2:12) diulangi dalam 2 Raj 13:14 mengenai Elisa sendiri.
Mengenai pentingnya Elia dapat dikatakan dua hal. Pertama, ia berdiri di tengah-tengah barisan nabi PL yg bersifat kesurupan, yg mulai pada zaman Samuel, dan ia juga seorang perintis dari barisan nabi yg menulis pada abad 8. Hubungannya dengan tradisi terdahulu dapat dilihat dalam hal ia seorang yg segera bertindak, dan gerakannya yg dikemudikan Roh Allah tak dapat diduga orang lebih dahulu. Pada zamannya golongan nabi yg mulai pada zaman Samuel masih dilanjutkan (1 Raj 18:4, 13; 2 Raj 2:3, 5, 7). Hubungannya dengan nabi-nabi yg kemudian terletak dalam usahanya yg terus-menerus untuk mengingatkan umatnya kembali kepada agama yg diajarkan Musa, baik supaya menyembah hanya Yahweh saja, maupun dalam mengumumkan ukuran-ukuran keadilbenaran yg diajarkan Musa dalam kehidupan masyarakat. Dalam kedua hal ini ia mendahului ucapan nubuat yg lebih lengkap yg dikembangkan oleh Amos dan Hosea.
Pembelaan Elia akan agama yg diajarkan Musa, ditopang oleh beberapa rincian yg membuat kesejajaran Elia dan Musa. Kembalinya Elia ke Horeb cukup terang, tapi ada juga kenyataan bahwa Elia ditemani dan diganti oleh Elisa, seperti Musa oleh Yosua. Kesejajaran ini mencakup beberapa hal. Kematian Musa mengandung suasana rahasia (Ul 34:6), penggantinya memperoleh ketaatan Israel, karena ia mendapat roh yg sama seperti Musa dan membuktikan kesanggupannya untuk jabatan itu dengan menyeberangi sungai secara mujizat (Ul 34:9; Yos 4:13-14). Cerita kenaikan Elia ke sorga memantulkan kembali pola ini secara tetap. Kenyataan bahwa Allah menjawab Elia dengan api dalam dua peristiwa (1 Raj 18:38; 2 Raj 1:10-12) agaknya menoleh ke belakang ke peristiwa pernyataan kehadiran dan penghukuman Allah dalam api pada saat Keluaran (mis Kel 13:21; 19:18; 24:17; Bil 11:1; 16:35). Tak usah heran jika dalam pikiran Hagada Yahudi, Elia dipandang sebagai teman imbangan Musa.
Kedua, dikatakan bahwa pelayanan kenabiannya akan tampak kembali 'menjelang datangnya hari Yahweh yg besar dan dahsyat itu' (Mal 4:5-6). Pokok ini sangat terkenal dalam Misyna Yahudi dan menjadi pokok pembicaraan umum pada waktu Yesus (Mrk 8:28). Yesus menjelaskan bahwa nubuat Maleakhi itu menunjuk kepada pelayanan Yohanes Pembaptis (Mat 11:14; 17:12 dab). Elia tampil kembali di gunung Pemuliaan (Mrk 9:4) dan disinggung juga di tempat lain dalam PB (Luk 4:25-26; Rm 11:2-4; Yak 5:17-18).
PL menyebut tiga orang lagi yg bernama Elia.
1. Seorang imam suku Benyamin (1 Taw 8:27). 2-3. Seorang imam dan seorang awam, yg kawin dengan perempuan-perempuan asing (Ezr 10:21, 26).
KEPUSTAKAAN. E Fohrer, Eliaz, 1957; H. H Rowley, Men of God, 1963, ps 2; J Lindblom, Prophecy in Ancient Israel, 1963, ps 2; ICC 1951, tafsiran 1 Raj dan 2 Raj; dalam ICC dan Old Testament Library; F James, Personalities of the Old Testament, 1939, ps 9; R. S Wallace, Elijah and Elisha, 1957. BLS/MHS
Ke atas
ELIA [Biotokoh Pl]
Arti nama : ALLAH SENDIRI
Disebut pertama : 1 Raja-raja 17:1
Kitab yang menyebut : 10 buku : 1 Raja-raja, 2 Raja-raja, 2 Tawarikh, Maleakhi, Matius, Markus, Lukas, Yohanes, Roma, Yakobus.
Pekerjaan : Nabi - 1 Raja-raja 19:14
Tempat kelahiran : Di sebelah timur sungai Yordan
Tempat kematian : Tidak mati - 2 Raja-raja 2:11-12
Terakhir disebut : Yakobus 5:17
Fakta penting : IA MENGALAHKAN MUSUH-MUSUHNYA DI G. KARMEL DAN KEMUDIAN IA DIANGKAT KE SORGA (1 Raja-raja 18:16-45, 2 Raja-raja 2:1-18).
Ke atas
Yunani
Strongs #2243 Ηλιας Helias
ηλιας hliav:
Elia (Kamus Yoppi)
ου [maskulin] Elias (Kamus Barclay)
Ke atas
Elia [Statistik]
Jumlah dalam TB : 117 dalam 104 ayat (dalam OT : 88 dalam 75 ayat) (dalam NT : 29 dalam 29 ayat)
Strong dalam PL : [<0452> אליח 71x]
Strong dalam PB : [<2243> Ηλιας 29x]
Ke atas
Dalam Versi-Versi Alkitab:
Elia: BIS TB
Subscribe to:
Posts (Atom)