Sunday, March 5, 2017

Atiokhia dipisidia

antiokhia di pisidia Daftar Isi: HAAG: Antiokhia ; KECIL: Antiokhia ; BROWNING: ANTIOKHIA ; ENSIKLOPEDIA: ANTIOKHIA DI PISIDIA , ANTIOKHIA DI SIRIA ; YUNANI: 490 Αντιοχεια Antiocheia ; STATISTIK: ANTIOKHIA ; LAIN: PETA ; Dalam Versi-Versi Alkitab ; Antiokhia Antiokhia: (1) dinamakan sebagai penghormatan kepada --> Antiokhus (secepat kereta perang), Kis 6:5; (2) ibukota Syria di Zaman raja-raja Yunani; letak di pegunungan Libanon; sesudah Yerusalem jatuh, menjadi kota yang paling bersejarah di Zaman Rasuli; sidang Jemaat pertama yang terdiri dari orang-orang kafir terbentuk di sana, Kis 11:10-26; disanalah mereka disebut untuk pertama kalinya orang-orang Kristen; kota ini didirikan oleh --> Seleucus Nicator Th. 300 D.K. dan mempunyai penduduk yang amat banyak serta menjadi kota indah karena bentuk bangunan dan keindahan alam. (3) kota yang ditanah Pisidia, didirikan juga oleh Nicator. Kis 13:14; dari sinilah terjadi permulaan penganiayaan yang amat kejam dan ngeri atas diri Paulus dan pengejaran terus berlaku ke seluruh Asia Kecil. Kis 14. (Kamus Gering) Ke atas Antiokhia [Kamus Haag] Antiokhia. Dalam Kitab Suci (??) ada dua buah kota yang diberi nama demikian. (1) ~A. di Siria pada bagian hilir sungaiOrontes. Didirikan oleh Seleukus I Nikator pada tahun 300 seb. Mas. Sebuah kota perdagangan yang kaya. Pusat kebudayaan Helenis ( --> Helenisme). Tempat kediaman para --> Seleukid. Sejak 64 seb. Mas. menjadi ibu-kota propinsi Romawi Siria. Penghuni campuran dari bangsa Siria, Yunani dan bangsa Yahudi (Bangsa Yahudi ini kebanyakan kaya dan giat dalam bidang agama. Bdk. Kis 6:5). Murid-murid dari Palestina, Siprus dan Kirene yang berkumpul di ~A. sesudah suatu waktu pengejaran, merupakan suatu umat dari orang Yunani dan Yahudi, yang pertama kali disebut orang Kristen. (Kis 11:19-26). Tempat ini dikunjungi Barnabas dan Paulus. Menjadi tempat tolak dan tempat akhir perjalanan misi pertama dan kedua. Jemaat ~A. merupakan sebab timbulnya --> Konsili para rasul. Sejak abad 3 berkembanglah di situ sebuah sekolah Alkitab yang terkenal (Yoh Krisostomus; Theodorus dari Mopsvestia dan lain-lain). Dewasa ini adalah Antakya di negara Turki paling Selatan.(2) ~A. di Pisidia. Sebuah kota perbatasan dekat sungai Meander. Sejak maharaja Agustus menjadi Koloni Romawi. Jemaat Yahudi dikunjungi Barnabas dan Paulus pada perjalanan misi yang pertama. Pentobatan di situ tidak memberikan hasil yang bertahan lama (Kis 13:50 dan seterusnya). Jemaat serani (Kis 14:21) terdiri dari orang kafir yang bertobat. Ke atas Antiokhia [Kamus Kecil] KS.- [PB] di Siria, Kis 6:5; 11:19-30; 13:1-3; 14:26-15:2; 15:35; Gal 2:11di Pisidia, Kis 13:14-50; 14:19,21 Ke atas ANTIOKHIA [Kamus Browning] 1) Kota dagang yang makmur di atas sungai Orontes, bagian utara --> Siria, provinsi Romawi, dengan penduduk Yahudi yang cukup besar dan toleran. Setelah pembunuhan --> Stefanus, orang-orang Kristen datang ke sana dari Yerusalem untuk memulai pekerjaan misioner (Kis. 11:19-20). Orang-orang --> Helenis dari --> Siprus dan --> Kirene menerima orang-orang --> bukan Yahudi ke dalam jemaat tanpa harus melakukan ritus --> sunat, dan --> Barnabas sendiri, sebagai orang Siprus, diutus untuk mengawasi perkembangan tersebut. Namun, jauh dari yang digariskan, Barnabas justru membawa Paulus ke sana (Kis. 11:22-26). Kebijakan mereka yang liberal menyebabkan mereka dicurigai. Pada 49 M, Paulus dan Barnabas bertemu dengan para pemimpin jemaat di Yerusalem dan (menurut Kisah Para Rasul) suatu kompromi dibicarakan dengan tuntas (Kis. 15:1-19). Namun, ketika Petrus kemudian mengunjungi Antiokhia, ia berbalik dari kesepakatan itu dan mengundurkan diri dari makan bersama-sama dengan orang-orang --> bukan Yahudi (Gal. 2:11-21). Paulus segera meninggalkan Antiokhia. Kini ia melakukan perjalanan tanpa Barnabas yang telah mendukung --> Petrus. Setelah keruntuhan Yerusalem (70 M), tidak ada informasi yang pasti tentang jemaat Antiokhia, namun cukup beralasan untuk menduga bahwa Injil Matius disusun di sana atau di dekatnya. Injil ini menggambarkan penghargaannya terhadap akar-akar keyahudian jemaat, yang banyak berisi perintah etis khas Yahudi, namun juga komitmen yang kuat terhadap misi bagi orang-orang bukan Yahudi. Serangan tajam terhadap orang-orang --> Farisi, terutama dalam Mat. 23, mencerminkan bahwa pemisahan *komunitas Matius dari --> sinagoga agaknya baru saja terjadi. Persekutuan Kristen harus menarik garis batas terhadap kebangkitan kembali Yudaisme. Matius memuat cerita tentang astrolog-astrolog penyembah --> berhala yang mengunjungi bayi Yesus (Mat. 2), dan pada bagian akhir (Mat. 28:19) memuat berita tentang kebangkitan Kristus yang memberi otoritas untuk misi universal. Pada 117 M, *Ignatius dari Antiokhia memberikan bukti bahwa jemaat di sana telah memperoleh struktur yang jelas, dengan kepemimpinan yang dipersatukan dalam pribadi uskup sebagai ketua.2) Antiokhia Pisidia, di perbatasan Pamfilia di Turki modern, dijadikan koloni oleh Kaisar --> Agustus. Di sana diselenggarakan perayaan untuk menyembah dewa bulan Frigia, namun pemerintah Romawi memberangus pemujaan itu. Di kota itu terdapat sekelompok orang Yahudi yang dikunjungi oleh Paulus dan Barnabas (Kis. 13:14-52; 14:19-21), namun sambutan baik pada awalnya ini kemudian diikuti dengan kampanye pengejaran dan pengusiran mereka. Ke atas ANTIOKHIA DI PISIDIA [Ensiklopedia] Menurut ahli ilmu bumi, Strabo, kota Antiokhia terletak di Frigia menghadap ke Pisidia. Kota ini satu di antara beberapa kota yg disebut Antiokhia. Didirikan oleh Seleukus I Nikator (312-280 sM), pemimpin pasukan berkuda dari Makedonia, untuk menghormati ayahnya. Karena letaknya di jalur lintas perdagangan penting antara Efesus dan Sisilia, maka kota itu merupakan pusat kebudayaan Yunani. Orang-orang Seleukus telah mendorong pendatang-pendatang Yahudi untuk menetap di seluruh Frigia karena alasan-alasan politik dan perdagangan. Keturunan mereka yg lebih toleran, menerima Paulus dengan ramah pada perjalanan penginjilan yg pertama (Kis 13:14). Di bawah pemerintahan kerajaan Roma, Antiokhia Pisidia menjadi bagian dari propinsi --> Galatia, dan daerahnya disebut Frigia Galatika. Kaisar Agustus memberikan kota itu kedudukan sebagai koloni Roma. Di Frigia wanita sangat dihormati dan kadang-kadang menduduki jabatan pemerintahan. Lawan-lawan Paulus mengerahkan beberapa wanita berpengaruh di daerah itu (Kis 13:50) untuk menguatkan pengusirannya dari Antiokhia. Reruntuhan Antiokhia terletak dekat Yalovakh di Turki modem dan telah didapati inskripsi, tugu setengah rusak dan barang-barang lain berhubungan dengan ibadah ilah Men yg menjadi penting di Antiokhia pada abad 1 sM. KEPUSTAKAAN. B Levick, JHS 91, 1971, hlm 80-84. RKH/NY WBS Ke atas ANTIOKHIA DI SIRIA [Ensiklopedia] Kota termasyhur ini, sering dikenal sebagai Antiokhia S Orontes, didirikan kr 300 sM oleh Seleukus I Nikator, sesudah kemenangannya atas Antigones di Isus (310 sM). Kota ini paling terkenal dari 16 kota Antiokhia yg didirikan oleh Seleukus untuk menghormati ayahnya. Dibangun di kaki G Silfus, kota ini menguasai S Orontes yg dapat dilayari dan mempunyai sebuah pelabuhan yg indah bernama Seleukia Pieria. Penduduk Antiokhia selalu campur baur. Yosefus mencatat bahwa pemerintah Seleukus mendorong sejumlah besar masyarakat Yahudi untuk menetap di sana, dan memberi mereka hak kewarganegaraan yg penuh. Orang-orang Yahudi lainnya mungkin lari ke Antiokhia selama peperangan Makabe. Antiokhia jatuh ke tangan Pompeius pada thn 64 sM, dan ia membuat kota itu kota bebas. Di kemudian hari Antiokhia menjadi ibukota propinsi Siria, dan merupakan kota terbesar ketiga di kerajaan Roma. Pemerintahan Seleukus dan Roma mendirikan kuil-kuil yg sangat indah dan bangunan-bangunan lain, yg menambah semaraknya pemandangan kota yg sudah mengagumkan itu. Di bawah pemerintahan Seleukus penduduk Antiokhia telah memperoleh julukan orang bersemangat, tak mengenal malu dan tidak mantap, sifat-sifat yg nyata dalam serentetan pemberontakan terhadap pemerintahan Roma. Sekalipun demikian, Antiokhia termasyhur karena kebudayaannya, yg mendapat pujian dari Tullius Cicero yg terkenal itu. Dekat ke kota itu terdapat Rimba Dafne yg tersohor, dan sebuah tempat suci kepada Apolo, di mana upacara-upacara mesum dirayakan. Kendatipun bernada moral yg bejat, namun kehidupan di Antiokhia pada permulaan zaman Kristen adalah kaya dan aneka ragam. Di luar Yerusalem, tidak ada kota lain kecuali Antiokhia yg begitu erat berhubungan dengan masa awal agama Kristen. Kis 6:5 mencatat, bahwa seorang bernama Nikolaus, yg telah menjadi penganut agama Yahudi di Antiokhia, dipilih menjadi 'diaken' di Yerusalem. Selama masa pengejaran sesudah kematian Stefanus, beberapa orang Kristen pergi jauh ke utara ke Antiokhid' (Kis 11:19),lk 500 km dari Yerusalem, dan memberitakan Injil kepada orang Yahudi di sana. Pendatang yg kemudian juga mengabarkan Injil kepada penduduk Yunani, dan karena banyak yg bertobat maka gereja Yerusalem mengirim Barnabas ke Antiokhia. Setelah menilai keadaan, Barnabas pergi ke Tarsus dan membawa Saulus kembali bersamanya. Keduanya mengajar di sana selama setahun. Sifat penuh semangat masyarakat Kristen Antiokhia nampak dalam sumbangan keuangan yg mereka kirim ke gereja induk di Yerusalem ketika terjadi bahaya kelaparan (Kis 11:27-30). Tepat bahwa kota itu, di mana gereja pertama non-Yahudi didirikan, dan di mana orang-orang Kristen mungkin secara sarkastis pertama kalinya diberi nama Kristen, menjadi tempat lahirnya misi Kristen pertama ke luar negeri (Kis 13:1). Paulus dan Barnabas berangkat dari pelabuhan Antiokhia dan berlayar ke Siprus. Perjalanan pertama ini di Asia Kecil, selesai ketika Paulus dan Barnabas kembali ke Antiokhia dan melapor ke persekutuan gereja. Ada pengungsi-pengungsi akibat penganiayaan yg timbul di Yerusalem sesudah kematian Stefanus, yg mula-mula memberitakan Injil baik kepada orang Yahudi maupun kepada non-Yahudi (Kis 11:20). Keadaan menjadi tegang ketika beberapa orang Yahudi mengunjungi Antiokhia, dan mengumumkan keharusan sunat bagi non-Yahudi sebagai syarat mutlak menjadi Kristen. Untuk menentang pandangan ini, gereja Antiokhia mengirim utusan dipimpin Paulus dan Barnabas ke Yerusalem. Dalam pertemuan yg diketuai oleh Yakobus, persoalan itu dibahas dengan seksama. Petrus telah menjumpai kesulitan lain disamping hubungan dagang antara Yahudi dan non-Yahudi, yaitu kesulitan di bidang pergaulan (Kis 10:28). Karena Petrus nampaknya berkenan terhadap hubungan-hubungan demikian dan telah makan bersama orang-orang yg tidak bersunat, ia dicela oleh gereja Yerusalem (Kis 11:3; bnd Gal 2:12). Petrus mengakui bahwa Allah tidak membedakan mereka sesudah Pentakosta. Sesudah Paulus menceritakan berkat-berkat yg diterima oleh orang-orang Kristen non-Yahudi, Yakobus membuat peraturan, bahwa hanya beberapa hal, yakni: menjauhkan diri dari makanan yg telah dicemarkan berhala-berhala, dari percabulan, dari daging binatang yg mati dicekik, dan dari darah, yg akan diwajibkan pada Kristen non-Yahudi. Paulus kembali ke Antiokhia dan diakui sebagai 'rasul kepada masyarakat non-Yahudi' (Kis 15:22-26). Perjalanan penginjilan Paulus yg kedua mulai dan berakhir di Antiokhia, dan perjalanan penginjilan yg ketiga juga bertolak dari sana. Giatnya orang Antiokhia dalam penginjilan membuat kota itu memperoleh kedudukan besar dalam sejarah gereja berikutnya. Penggalian di sana (nama mod Antakya) telah menemukan lebih 20 gereja yg hancur bertarikh abad 4 M. KEPUSTAKAAN. G Downey, Ancient Antioch, 1963. RKH/CJH/NY WBS Ke atas Yunani Strongs #490 Αντιοχεια Antiocheia Antiocheia {an-tee-okh'-i-ah}:Antiokhia (Kamus Yoppi)ας [feminin] Antiokhia: (1) di Siria; (2) di Pisidia (Kamus Barclay) Ke atas Antiokhia [Statistik] Jumlah dalam TB : 20 dalam 20 ayat (dalam NT : 20 dalam 20 ayat) Strong dalam PB : [<490> Αντιοχεια ‎16x] [<491> Αντιοχευς ‎1x] Ke atas Peta Peta Google: Antiokhia (1) (36° 12´, 36° 9´); Antiokhia (2) (38° 18´, 31° 10´); OpenBible: (Flickr/Panoramio) Antiokhia (1);  Antiokhia (2);  Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Antiokhia: BIS TB Sent from Kamus Alkitab: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.sabda.kamus

No comments:

Post a Comment