Tuesday, October 30, 2018
YESUS-Kamus 1
Daftar Isi:
HAAG: Yesus ; TOKOH: Yesus ; KECIL: Yesus Kristus ; BROWNING: YESUS ; BIOTOKOH PB: YESUS KRISTUS ; STATISTIK: YESUS ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ;
Yesus
Yesus: juru selamat. Mat 1:21. (Kamus Gering)
Ke atas
Yesus [Kamus Haag]
Yesus.
Berbagai laporan dari masing-masing --> Injil tidak bisa dipersatukan untuk membentuk keseluruhan biografi Yesus dari Nasaret. Di dalam Injil-injil tidak diberikan ungkapan-ungkapan bersejarah oleh orang-orang pengamat yang netral, melainkan selalu diberikan berita-berita yang ditafsirkan oleh orang yang percaya dan yakin, bahwa di dalam Diri Yesus itu keselamatan dunia telah datang. Meskipun demikian dari Injil-Injil itu masih juga mungkin untuk tiba pada laporan-laporan tertentu yang memuat sejarah tentang pribadi dan pekerjaan Yesus.
(1) Akhir karya Yesus di masyarakat dilukiskan dengan wafatNya yang dipaksakan pada salib. Oleh karena kenyataan itu "menjadi suatu batu sandungan bagi orang Yahudi dan dipandang sebagai kebodohan oleh orang-orang kafir" (1Kor 1:23), maka tidak mungkin bahwa hal itu adalah sebuah berita isapan jempol dari jemaat yang percaya. Kematian Yesus diakibatkan oleh kelakuanNya yang luar-biasa dan oleh tuntutanNya yang istimewa, yang diajukanNya terhadap bangsaNya: (a) Sikap Yesus itu luar-biasa, sebab Beliau menjalankan hal-hal yang berlawanan dengan segala keyakinan religius pada saat itu (Bdk.: Mark 1:4-5: Karya Yohanes Pembaptis): Yesus tidak terlebih dahulu menuntut bertobatnya orang berdosa, para pemungut pajak dan wanita tuna-susila, melainkan langsung memanggil mereka untuk memasuki persekutuanNya (Mark 2:13-17 dsj; Luk 15:1-32). Dengan demikian mereka dibuat menikmati pengampunan Tuhan (Luk 7:36-50) yang harus dijawab dengan kelanjutan hidup yang baik (Mat 18:23-35). Luar-biasa pula mukjizat (: khususnya penyembuhan orang yang kerasukan roh dan orang kusta), karena dengan karya itu ~Y mengumumkan mendekatnya Kerajaan Allah di dalam mengalahkan semua kejahatan (Mark 3:22-27 dsj.), dan Yesus memaklumkan kehendak keselamatan Allah Bapa tanpa syarat, yang tanpa pamrih menghendaki kesejahteraan semua orang (bdk.: Mark 1:21-28,40-45. Dengan penyembuhan di waktu Sabat, ~Y menolak pandangan, bahwa Tuhan menuntut orang-orang untuk mengkhususkan suatu tertentu baginya, di mana manusia tidak boleh mengurusi kesejahteraannya sendiri Luk 13:10-17). Akhirnya boleh dikatakan luar-biasa kebebasan yang dianjurkan ~Y kepada para pengikutNya, apabila ~Y mengajar mereka, supaya memandang dan menggunakan ciptaan ini selalu sebagai pemberian Bapa Surgawi yang penuh pemeliharan (Mat 12:1-8). Itulah kebaikan tanpa syarat dari Allah Bapa yang ditujukan oleh ajaran dan kelakuan ~Y. Pemberian Bapa yang " menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar" (Mat 5:45). Kebaikan Allah di dalam kelakuan dan ajaran ~Y membuat timbulnya konflik yang mematikan dengan bangsaNya, yang secara radikal harus mempersoalkan imannya yang tradisional. (b) Sikap Yesus tidak terlepas dari tuntutannya: Bahwa Beliau diutus dan disyahkan oleh Allah dengan cara yang sampai saat itu tidak dikenal. ~Y diutus BapaNya (Mat 11:25 dst.), dan diberi kuasa (Mark 1:21-22; 2:10; 12:1-12) untuk menjelaskan kehendakNya secara sempurna dan definitip (Mat 5:21-22,27-28,31-34,38-39,43-44).
(2) Meskipun ada hasil (pada waktu awal) yang tersebar (Luk 6:20-21; 10:1,13-14; 13:25-29; 14:15 dst.), akhirnya ~Y gagal di dalam usahanya meyakinkan bangsaNya untuk memperoleh "kebebasan anak-anak Allah" (Roma 8:21) yang dimaklumkan dan dihayatiNya. ~Y meninggal terasing sendirian di luar kota Yerusalem (Mark 15:40-41) dengan ditinggalkan secara memalukan oleh para murid dan para rasulNya. Tetapi menurut kesaksian para rasul dan muridNya, ~Y telah dibangkitkan dari kematian oleh Allah (1Kor 15:3-8).
(3) Tumpah darah Yesus adalah Nasaret yang terletak di Galilea. Menurut ungkapan orang dikatakan bahwa tempat itu terhina dan menjadi bahan penghinaan (Yoh 1:46). Yusuf seorang tukang kayu, suami Maria, dipandang sebagai bapak ~Y (Mark 6:1-6). Karya ~Y boleh jadi berlangsung dua sampai tiga tahun. Pekerjaan itu dilakukan dalam lingkungan orang Yahudi. Injil-injil yang berwarna tertentu memberitakannya. Berita itu dikuatkan oleh sumber-sumber sejarah lain (tulisan-tulisan --> Kumran, Flavius Yosefus, Talmud).
(4) Kesaksian-kesaksian dari kalangan bukan Kristen tentang ~Y hanya sedikit sekali: sebuah catatan dalam berita tahunan dari sejarahwan Romawi Tacitus (awal abad 2) menyebut Yesus dalam hubungan dengan pengejaran para pengikut-Nya di bawah pimpinan Nero (Ann. 15:44). Ada sebuah singgungan sambil lalu mengenai proses dan pengrajaman "Yakobus, saudara ~Y, yang disebut Kristus" pada Flavius Yosefus (Ant 20:9,1). Mengenai berita tentang ~Y di kemudian harinya oleh Telmud boleh dikatakan tidak berharga, sebab di sini hanya menyangkut pengubahan tendensius dari tradisi kristen.
Ke atas
Yesus [Kamus Tokoh]
Yesus KEHIDUPAN: Silsilah (Mat 1:1-17; Luk 3:21-37). Kelahiran diberitahukan (Mat 1:18-25; Luk 1:26-45). Kelahiran-Nya (Mat 2:1-12; Luk 2:1-7). Diserahkan di Bait Allah (Luk 2:22-38). Dikunjungi oleh orang-orang majus (Mat 2:1-12). Lari ke Mesir (Mat 2:13-23). Dibawa pulang ke Nazaret (Mat 2:19-23; Luk 2:39). Di Bait Allah pada umur 12 tahun (Luk 2:41-52). Dibaptis (Mat 3:13-17; Mr 1:9-11; Luk 3:21-22; Yoh 1:32-34). Dicobai oleh Iblis (Mat 4:1-11; Mr 1:12-13; Luk 4:1-13). Pelayanan di Galilea (dalam Mat 4:12-18:35; Mr 1:14-9:50; Luk 4:14-13:9; Yoh 1:35-2:11; 4:1-54; 6:1-71). Memanggil murid-murid (Mat 4:18-22; 9:9; Mr 1:16-20; 2:13-14; Luk 5:1-11,27-28; Yoh 1:35-51). Khotbah di bukit (dalam Mat 5:1-7:29). Dimuliakan atas gunung (Mat 17:1-8; Mr 9:2-8; Luk 9:28-36). Pada perjalanan ke Yerusalem (dalam Mat 19:1-20:34; Mr 10:1-52; Luk 13:10-19:27). Di Yerusalem (dalam Mat 21:1-25:46; Mr 11:1-13:37; Luk 19:28-21:38; Yoh 2:12-3:36; 5:1-47; 7:1-12:50). Makan Paskah dengan murid-murid-Nya (Mat 26:17-35; Mr 14:12-31; Luk 22:1-38; Yoh 13:1-17:26). Ditangkap, diadili (Mat 26:36-27:31; Mr 14:43-15:20; Luk 22:39-23:25; Yoh 18:1-19:16). Disalibkan (Mat 27:32-66; Mr 15:21-47; Luk 23:26-55; Yoh 19:28-42). Kebangkitan dan penampakan diri (dalam Mat 28:1-20; Mr 16:1-20; Luk 24:1-53; Yoh 20:1-21:25; Kis 1:1-11; 1Kor 15:1-8; Wahy 1:1-20). Terangkat ke sorga (Luk 24:50-53; Kis 1:9-12). MUKJIZAT-MUKJIZAT: Penyembuhan-penyembuhan: anak pegawai istana (Yoh 4:43-54), orang yang kerasukan roh jahat di Kapernaum (Mr 1:23-26; Luk 4:33-35), ibu mertua Petrus (Mat 8:14-17; Mr 1:29-31; Luk 4:38-39), orang sakit kusta (Mat 8:2-4; Mr 1:40-45; Luk 5:12-16), orang lumpuh (Mat 9:1-8; Mr 2:1-12; Luk 5:17-26), orang sakit di kolam Betesda (Yoh 5:1-9), seorang yang mati sebelah tangan (Mat 12:10-13; Mr 3:1-5; Luk 6:6-11), hamba seorang perwira (Mat 8:5-13; Luk 7:1-10), orang yang kerasukkan setan (Mat 12:22-23; Luk 11:14), orang-orang kerasukkan setan di Gadara (Mat 8:28-34; Mr 5:1-20; Luk 8:26-29), perempuan yang sakit pendarahan dan anak perempuan Yairus (Mat 9:18-26; Mr 5:21-43; Luk 8:40-56), orang buta (Mat 9:27-31), orang bisu (Mat 9:32-33), anak perempuan ibu dari Kanaan (Mat 15:21-28; Mr 7:24-30), orang tuli (Mr 7:31-37), orang buta (Mr 8:22-26), anak laki-laki yang kerasukkan setan (Mat 17:14-18; Mr 9:14-29; Luk 9:37-43), 10 orang kusta (Luk 17:11-19), orang buta sejak lahir (Yoh 9:1-7), ibu sakit bungkuk (Luk 13:11-17), orang sakit busung air (Luk 14:1-6), 2 orang buta (Mat 20:29-34; Mr 10:46-53; Luk 18:35-43), telinga Malkhus (Luk 22:50-51). Mukjizat-mukjizat lain: anak janda dibangkitkan (Luk 7:11-17), Lazarus dibangkitkan (dalam Yoh 11:1-57), air menjadi anggur (Yoh 2:1-11), menangkap ikan (Luk 5:1-11), angin ribut diredakan (Mat 8:23-27; Mr 4:37-41; Luk 8:22-25),
5.000 orang diberi makan (Mat 14:15-21; Mr 6:35-44; Luk 9:10-17; Yoh 6:1-14), berjalan di atas air (Mat 14:25-33; Mr 6:48-52; Yoh 6:15-21),
4.000 orang diberi makan (Mat 15:32-39; Mr 8:1-9), uang dari dalam ikan (Mat 17:24-27), pohon ara dikutuk (Mat 21:18-22; Mr 11:12-14), penangkapan ikan (Yoh 21:1-14). AJARAN UTAMA: Khotbah di bukit (dalam Mat 5:48-7:29; Luk 6:17-49), kepada Nikodemus (dalam Yoh 3:1-36), kepada wanita Samaria (dalam Yoh 4:1-54), Roti Hidup (Yoh 6:22-59), pada hari raya Pondok Daun (dalam Yoh 7:1-8:59), pengecaman terhadap orang Farisi (dalam Mat 23:1-39; Luk 11:37-54), Gembala yang Baik (Yoh 10:1-18), ajaran di Bukit Zaitan (dalam Mat 24:1-25:46; Mr 13:1-37; Luk 21:5-36), ajaran di ruang atas (dalam Yoh 13:1-16:33). PERUMPAMAAN: Penabur (Mat 13:3-23; Mr 4:3-25; Luk 8:5-18), benih yang tumbuh (Mr 4:26-29), lalang antara gandum (dalam Mat 13:24-30,36-43), biji sesawi (Mat 13:31-32; Mr 4:30-32), ragi (Mat 13:33; Luk 13:20-21), harta terbenam (Mat 13:44), mutiara yang berharga (Mat 13:45-46), pukat (Mat 13:47-51), tuan rumah (Mat 13:52), orang Samaria yang murah hati (Luk 10:25-37), hamba yang jahat (Mat 18:15-35), domba yang hilang (Mat 18:10-14; Luk 15:4-7), dirham yang hilang (Luk 15:8-10), anak yang hilang (Luk 15:11-32), bendahara yang tidak jujur (Luk 16:1-13), orang kaya dan Lazarus (Luk 16:19-31), ibu janda yang bertekun (Luk 18:1-8), orang Farisi dan pemungut cukai (Luk 18:9-14), pembayaran orang-orang upahan (Mat 20:1-16), penggarap-penggarap dan kebun anggur (Mat 21:28-46; Mr 12:1-12; Luk 20:9-19), perjamuan kawin (Mat 22:1-14), hamba yang setia (Mat 24:45-51), 10 anak dara (Mat 25:1-13), talenta-talenta (Mat 25:1-30; Luk 19:12-27). MURID-MURID: lih. RASUL-RASUL Mereka dipanggil (Yoh 1:35-51; Mat 4:18-22; 9:9; Mr 1:16-20; 2:13-14; Luk 5:1-11,27-28). Diberi nama Rasul (Mr 3:13-19; Luk 6:12-16). Kedua belas rasul diutus (dalam Mat 10:1-42; Mr 6:7-11; Luk 9:1-5). Ketujuh puluh murid diutus (Luk 10:1-24). Murid-murid mengundurkan diri (Yoh 6:60-71; Mat 26:56; Mr 14:50-52). Pengutusan terakhir (Mat 28:16-20; Yoh 21:15-23; Kis 1:3-8).
Ke atas
Yesus Kristus [Kamus Kecil]
KS.- [PB]
nama, Mat 1:21,25; Luk 1:31; 2:21
asal-usul, Mat 1:1-17; Luk 3:23-38
kelahiran dan masa muda, Mat 1:18-2:23; Luk 1:26-38; 2:1-40
duabelas tahun, Luk 2:41-52
baptisan dan cobaan, Mat 3:13-4:11; Mr 1:9-13; Luk 3:21-22; 4:1-13
pekerjaan di Galilea, Mat 4:12-18:35; Mr 1:14-9:50; Luk 4:14-9:50; khotbah di Bukit, Mat 5:1-7:29; Luk 6:17-49; pengakuan Petrus di Kaisarea-Filipi, Mat 16:13-28; Mr 8:27-9:1; Luk 9:18-27; dimuliakan di atas sebuah gunung, Mat 17:1-13; Mr 9:2-13; Luk 9:28-36
hari terakhir di Yerusalem, Mat 21:1-27:66; Mr 11:1-15:47; Luk 19:28-23:56; Yoh 12:1-19:42; masuk Yerusalem dengan jaya, Mat 21:1-11; Mr 11:1-11; Luk 19:29-44; Yoh 12:12-19; dalam Rumah Tuhan, Mat 21:12-17; Mr 11:15-19; Luk 19:45-48; ajaran-ajaran tentang peristiwa yang akan datang, Mat 24:1-25:46; Mr 13:1-37; Luk 21:5-36; Perjamuan Terakhir, Mat 26:17-35; Mr 14:12-31; Luk 22:7-38; Yoh 13:1-17:26; 1Kor 11:23-26; Getsemani, Mat 26:36-46; Mr 14:32-42; Luk 22:39-46; ditangkap, diadili, disalibkan, mati dan dikuburkan, Mat 26:47-27:66; Mr 14:43-15:47; Luk 22:47-23:56; Yoh 18:1-19:42
kebangkitan, penampakan diri, kenaikan, Mat 28:1-20; Mr 16:1-20; Luk 24:1-53; Yoh 20:1-21:25; Kis 1:1-11; 1Kor 15:4-8
Ke atas
YESUS [Kamus Browning]
Merupakan fokus ibadah Kristen. Ia dilahirkan sebagai seorang Yahudi Palestina pada 4 sM.1) Tentang nama-Nya. Telah berabadabad sM Yesus merupakan nama pribadi yang lazim digunakan untuk pria Yahudi. Yesus merupakan bentuk Latin terjemahan Yunani atas kata --> Yosua atau Yehosua dalam bahasa Ibrani, yang berarti ' --> Keselamatan itu adalah Yahweh'. Yosua adalah pengganti Musa, yang memimpin pasukan Israel ketika mereka menduduki --> Kanaan. Nama itu juga digunakan oleh penulis Kitab Ben Sirakh. (Ketika nama Yosua disebut dalam Kis. 7:45, dan Ibr. 4:8, dalam AV tampaknya disalah-mengerti oleh para pembaca modern sebagai Yesus.) *Josephus menyebut empat orang --> Imam Besar dengan nama Yesus, dan nama kawan sekerja Paulus disebut Yesus Yustus (Kol. 4:11). Kemudian umat Kristen tidak lagi menggunakan nama ini karena rasa hormatnya, dan orang-orang Yahudi tidak lagi menggunakannya karena kebencian yang amat sangat. Meskipun demikian, pada zaman modern, di Spanyol dan Filipina, 'Yesus' digunakan sebagai nama --> baptis untuk anak-anak.Nama Yesus, yang mengisi banyak kolom dalam konkordansi PB, sering kali dengan tambahan 'orang Nazaret'. Namun, 'Yesus Kristus' hanya dua kali terdapat dalam Injil-injil Sinoptik, meskipun dalam surat-surat lazim disebut, dan Paulus hanya 18 kali menyebut 'Yesus' saja.2) Kehidupan Yesus: petunjuk pada sejarawan purba. Di luar PB hanya sedikit terdapat catatan mengenai 'Yesus dari Nazaret'. Petunjuk dalam Antiquities karya Josephus (XVIII, 63) melukiskanYesus sebagai orang bijaksana, yang melakukan perbuatan-perbuatan mengherankan, dan seorang guru. Tacitus (kira-kira 110 M) menyebut kematian-Nya, dan *Plinius (sekitar 110 M) menunjuk pada umat Kristen yang menyembah 'Kristus sebagai Allah'. Suetonius (sekitar 120 M) menyatakan tentang pengusiran orang-orang Yahudi dari Roma pada 49 M, ketika mereka melakukan kerusuhan karena nama 'Khrestos' (kemungkinan kesalahan dalam menyebut 'Khristos'). Dalam tulisan-tulisan rabinik terdapat beberapa petunjuk mengenai Yesus, namun hanya memberi sedikit sekali bukti historis. Mereka menolak pengakuan-Nya sebagai --> Anak Manusia, dan terdapat berbagai petunjuk mengenai --> penyaliban dan tandatanda dalam hubungannya dengan *mukjizat-mukjizat dan --> kebangkitan, bahwa Yesus adalah seorang ahli sihir. Namun, penemuan dalam --> gulungan Laut Mati dan dalam undang-undang --> Nag Hammadi memungkinkan adanya penilaian baru terhadap asal-usul umat Kristen dan prakiraan yang lebih dapat dipercaya mengenai keyahudian Yesus serta *ajaran-Nya.3) Kehidupan Yesus: petunjuk PB. Dari dalam Kitab-kitab Injillah petunjuk-petunjuk mengenai kehidupan Yesus dan pengajaran-Nya harus diangkat. Injil-injil itu ditulis dari dalam *persekutuan Kristen, dalam rangka menjawab kebutuhan internalnya; karena itu, Injil-injil tersebut harus diuji (sebagaimana telah dilakukan) dengan semua sumber secara ilmiah. Pengakuan-pengakuannya diuji dengan kriteria koherensi (pertautan) dan metodologi yang tepat, dalam terang keadaan sosial, politis, dan intelektual abad pertama M, yang diketahui.Penelitian mengenai Yesus historis telah memiliki banyak pengaruh dan konsekuensi, bahkan dalam hubungan-hubungan politis dan internasional. Dalam Injil Barnabas (abad ke-15 M) diyakini bahwa Yesus telah menubuatkan kedatangan Muhammad, dan bahwa Yudaslah yang disalibkan -- meskipun karya ini kemungkinan merupakan pemalsuan Abad Pertengahan oleh seseorang yang berpindah ke agama Islam. Pada zaman modern Yesus digambarkan sebagai seorang reformator ekonomis (seorang Marxis mula-mula), sebagai seorang Mesias-Hitam yang anti Romawi, sebagai pembebas kaum miskin, sebagai seorang pasifis, sosialis, dan anggota perkumpulan kebatinan. Diduga bahwa Yesus tidak disalibkan oleh penguasa Romawi, tetapi dirajam oleh orang-orang Yahudi. Dalam prakiraan-prakiraan atas berbagai petunjuk yang saling tidak cocok ini, Yesus sejarah menjadi kabur. Beberapa orang mengatakan bahwa Ia sama sekali tidak dapat diangkat ke permukaan lagi. Namun, terdapat alasan-alasan pula untuk suatu harapan yang lebih menjanjikan.Dalam studi ini telah lama diakui bahwa dalam menyaring intisari historis dari penafsiran, ketiga Injil Sinoptik pasti lebih memiliki keunggulan, ketimbang Injil Yohanes yang menyuguhkan penafsiran teologis, dengan mempertahankan garis besar ceritanya. Terdapat cerita-cerita lain mengenai kehidupan guru-guru dalam dunia purba yang mirip-mirip Injil-injil Sinoptik. Namun, sebagai biografi, Injil-injil tersebut telah menghilangkan banyak hal yang lazim digunakan dan diangan-angankan oleh seorang penulis modern. Tetapi, Matius dan Lukas masih mencatat kelahiran Yesus, dan keduanya sepakat bahwa hal itu terjadi ketika --> Herodes Agung berkuasa. Lukas juga menyebutkan bahwa Kaisar --> Agustus (27 sM-14 M) adalah kaisar Romawi yang sedang memerintah, dan bahwa suatu --> sensus dilaksanakan ketika --> Kirenius menjadi wali negeri --> Siria, yang mengharuskan --> Yusuf dan --> Maria pergi ke --> Betlehem. Pernyataan-pernyataan ini menimbulkan pertanyaan historis yang sulit -- seperti halnya ketika kedua Injil ini mengatakan bahwa Yesus secara ajaib dikandungkan oleh --> Roh Kudus, dan bahwa Ia adalah keturunan Raja --> Daud. Kedua pernyataan tersebut telah menjadi hal yang penting dalam Kristologi PB. Ketika Herodes wafat pada 4 M, maka waktu kelahiran Yesus adalah pada waktu itu atau beberapa tahun sebelumnya (perhitungan tahun 1 --> M adalah suatu perhitungan yang keliru dari abad ke-6).Keluarga Yesus tinggal di Nazaret, tempat Yusuf bekerja sebagai seorang tukang kayu. Itu adalah pekerjaan rendah, yang menyiratkan bahwa Yesus pasti tidak memiliki pendidikan intelektual sebagaimana dipuji oleh Ben Sirakh (Sir. 38:24), namun Ia benar-benar memiliki --> karunia untuk berbicara secara gamblang dan populer.Di kalangan sarjana-sarjana modern banyak yang menekankan bahwa Yesus harus dimengerti dalam kerangka --> Yudaisme sezamannya. Sebagai seorang --> guru dan juru sembuh, Ia dikenal sebagai pemimpin kharismatik yang berkelana, atau orang kudus dari --> Galilea. Bukti ini bertentangan dengan *Doketisme mana pun, dan jelas menyatakan keadaan Yesus sebagai manusia, dalam tatanan sosial dan religius Palestina abad pertama M.Pelayanan Yesus di tengah masyarakat dimulai ketika ia memihak pada pekerjaan --> Yohanes Pembaptis. Ia kemudian memanggil dua betas orang untuk segera menjadi *murid-murid-Nya -- bukan karena mereka laki-laki, dan bukan perempuan [Ia tidak menjauhkan diri dari perempuan (Luk. 8:2-3), tidak seperti guru-guru Yahudi pada umumnya], tetapi karena mereka dikaitkan dengan dua betas leluhur keduabelas suku Israel; dan karena itu merupakan dasar bagi persekutuan yang baru, 'Israel baru'. Sebagai seorang guru keliling, Yesus memiliki kepribadian kharismatik, yang kuasa-Nya menciptakan kesan kuat dan periawanan sengit, ditambah lagi karena hubungan-Nya dengan orang-orang yang terbuang dan kaum hina (Luk. 15:2). Ia tidak bermaksud merusak --> Taurat atau mengejek prinsip-prinsip --> Yudaisme. Sebaliknya, tidak ada catatan mengenai penolakan-Nya terhadap satu pun ketetapan --> Torah, yang merupakan kerangka kehidupan yang heradab. Ia berbicara di --> sinagoga (Mrk. 6:2) dan mengenakan 'jumbai-jumbai' (Mrk. 6:56). Empat jumbai-jumbai berwarna biru dikenakan oleh seorang Yahudi sesuai dengan Taurat (Bil. 15:38). Namun, Ia berkata bahwa untuk membebaskan penderitaan seseorang boleh mengesampingkan ketaatan pada hari --> Sabat (Mrk. 3:4; Mat. 12:3-14). Intisari Taurat dapat diringkas dengan singkat (Mat. 22:37-39) dalam kewajiban untuk mengasihi Allah dan sesama kita, serta dalam '*kaidah utama' untuk berbuat kepada orang lain seperti yang kita harapkan orang lain perbuat kepada kita (Mat. 7:12). Namun, Ia menuntut lebih dari orang-orang sezaman-Nya: tidak hanya sesama, tetapi musuh-musuh pun harus dikasihi (Mat. 5:44); orang muda yang kaya harus menjual harta miliknya dan mengikut Dia (Luk. 18:22). Ini adalah etika dalam pandangan --> Kerajaan Allah, karena pesan yang diberitakan Yesus adalah bahwa Kerajaan Allah sudah datang. Karena itu, beberapa kewajiban tradisional hams ditinggalkan (Mat. 8:21-22). Tidak pernah sekalipun Yesus menjelaskan Kerajaan Allah ini, namun diperkirakan bahwa yang Ia maksudkan sebagai Kerajaan itu adalah zaman pembebasan, ketika kesalahan-kesalahan manusia dibenahi, dan masa keadilan serta kedamaian dihantarkan. Kerajaan Allah digambarkan sebagai sesuatu yang akan datang -- bahkan akan segera datang (Mrk. 1:15) -- dan akan menjadi saat --> penghakiman (Mat. 20:1-16; Luk. 12:16-21; 18:1-6). Karena itu, Ia menyerukan pertobatan, yang berarti 'tidak sekadar menyesal', tetapi mengubah cara pandang. Yesus juga menekankan bahwa penghakiman yang akan datang itu telah dimulai (Luk. 11:20). Pelayanan Yesus sendiri termasuk dalam rencana --> keselamatan Allah. Misi-Nya adalah menunjukkan bahwa Pencipta yang kekal dan Bapa itu dekat, dan Dia adalah Allah yang dapat didekati serta dikenal sebagai Allah yang berbelas kasih dan murah hati. Orang yang mengakui bahwa dirinya membutuhkan *anugerah-Nya disambut baik ke dalam --> perjanjian Allah. Yesus adalah wahana Allah untuk menghadirkan zaman baru, yang di dalamnya syarat-syarat ritual dan etnik, yang dituntut oleh orang-orang --> Saduki dan orang-orang --> Farisi, diabaikan.Metode pengajaran Yesus meliputi *perumpamaan-perumpamaan yang luas (dalam Injil-injil Sinoptik terdapat 39 perumpamaan), amsal-amsal singkat, metafora dan kiasan-kiasan serta nubuat-nubuat. Ia tidak membuat pengakuan eksplisit mengenai kemesiasan diri-Nya, namun gelar 'Anak Manusia' yang biasa digunakan-Nya tidak menyangkal pengakuan itu. Pernyataan-Nya yang tidak ortodoks mengenai Bait Suci telah membenarkan kebencian yang didorong oleh kepentingan pribadi (Mrk. 14:58). Penyucian Bait Allah (Mrk. 11:15) yang diikuti dengan kutukan atas pohon ara (yang melambangkan umat Israel) dapat dipahami sebagai tindakan mesianik.Seperti kebanyakan guru-guru Helenistik periode itu, Yesus dilukiskan sebagai juru sembuh dan *pengusir setan. Namun, tidak seperti guru-guru sezaman-Nya, Ia berbicara dengan sederhana dalam bahasa Aram, bahasa ibunya, dan tidak menggunakan obat bius atau memakai anting-anting dan gelang. Penyembuhan dilakukan-Nya dalam konteks --> doa (Mrk. 1:23) dan dengan latar belakang PL. Sebagai seorang nabi eskhatologis, Yesus dipengaruhi terutama oleh Yes. 40-66 (mis. Luk. 4:18-19). --> Iman dapat dianggap sebagai akibat atau syarat penyembuhan, dan bagi orang-orang yang melihatnya sangat mengherankan (Mrk. 5:1-20). Orang-orang, yang karena penyakitnya, dianggap 'najis' disambut baik dalam *persaudaraan dengan Yesus. Hal ini merupakan bagian dari pembenahan Yesus atas sikap-sikap zaman-Nya.4) Minggu terakhir. Tidak mengherankan, sejak awal --> pelayanan publik-Nya Yesus membangkitkan semangat perlawanan (Mrk. 2:6-7), dan pertentangan fatal pada akhirnya tak terhindarkan. Pada jamuan malam perpisahan bersama murid-murid-Nya, dengan berbagi --> roti dan --> anggur, Yesus memberikan interpretasi dalam terminologi --> perjanjian baru atas kematian-Nya yang akan segera terjadi. Namun, Yesus tidak pergi ke Yerusalem untuk menyongsong kematian-Nya dengan sengaja, Ia pergi dengan harapan dapat memberi kesempatan terakhir kepada orang-orang sezamanNva untuk berubah pikiran, karena janji Kerajaan Allah yang telah lama dinantikan sudah dekat. Bait Allah, tempat istimewa di mana Allah hadir di tengah umat-Nya, akan dihancurkan (Mrk. 13:1-4) dan umat baru yang setia akan ditegakkan oleh perjanjian baru (Mrk. 12:1-9). Karena itu, seandainya maut merupakan akhir perjalanannya, maka maut itu akan menjadi sarana keselamatan, 'menjadi tebusan bagi banyak orang.' (Mrk. 10:45). Para penguasa takut terhadap popularitas-Nya, tidak percaya pada pesan eskhatologis-Nya mengenai Kerajaan Allah, dan ngeri terhadap kekacauan besar oleh-Nya di Bait Allah ketika Yerusalem penuh sesak dengan para peziarah untuk merupakan hari --> Paskah (Mrk. 11:15). Para pemimpin Yahudi, yang juga marah karena tertantang oleh pengakuan-pengakuan eksplisit-Nya, memutuskan untuk mengajukan tuntutan terhadap-Nya, dengan tuduhan telah menghasut pemberontakan, yang tidak mungkin diabaikan oleh penguasa Romawi. Jadi, direkayasalah kematian Yesus dengan --> penyaliban cara Romawi (29/30 M), berdasar pengakuan, yang Yesus sendiri menyangkalnya, bahwa Ia ingin menjadi 'raja' secara politis.Injil-injil bukanlah tulisan yang paling awal dalam PB. Surat-surat Paulus ditulis paling tidak 10 tahun sebelum Injil Markus; dan karena itu 1Kor. 15:3-7 merupakan kesaksian penting mengenai kepercayaan umat Kristen pertama bahwa Yesus telah bangkit dari kematian dan telah menampakkan diri kepada banyak pengikut-Nya. Banyak rincian cerita --> kebangkitan sulit dipadukan, namun apa yang terjadi di hari Paskah pada tahun itu telah melahirkan kepercayaan baru, persekutuan baru, dan masa depan baru.
Ke atas
YESUS KRISTUS [Biotokoh Pb]
Ayah : Bapa di sorga: Pribadi pertama Tri Tunggal. Luk 2:49. DikandungNya oleh Roh Kudus, Mat 1:20; Luk 1:35.
Ibu : Maria. Luk 2:7
Saudara laki-laki : Yakobus, Yusuf, Simon, dan Yudas. Mat 13:55
Saudara perempuan : Beberapa orang tak disebut namanya. anak Maria dan Yusuf. Mat 13:56
Nenek moyang : Abraham dan Daud. Mat 1:1
Disebut pertama : Benih dari perempuan Kej 3:15
Namanya disebut : "Yesus" "Kristus" dan "Tuhan" ± hampir 2000 kali di Perjanjian Baru, ditambah secara harfiah ratusan gelar/titel di semua Kitab.
Kitab yang menyebut : 66 Kitab dengan berbagai sebutan.
Pekerjaan : Pencipta. Yoh 1:3
Penebus. I Pet 1:18,19
Nabi. Mat 13:57
Imam Besar. Ibr 3:1; 4:14
Raja. Wah 19:16
Gembala. Yoh 10:11
Hakim. Yoh 5:22
Tempat kelahiran : Betlehem Luk 2:4-7
Tempat kematian : Di luar Yerusalem, di sebuah bukit. Mat 27:33
Keadaan kematian : Disalib. Yoh 19:18
Terakhir disebut : Tuhan Yesus Kristus Wah 22:21
Fakta penting : Dia adalah Anak Allah yang suci, sepenuhnya menjadi Anak Manusia, supaya kita anak manusia dapat menjadi anak Allah.
Ringkasan :
I. Ditinjau secara luas - Kehidupan Yesus.
Diungkapkan secara harmonis, oleh Kitab: Matius, Markus, Lukas dan Yohanes, pada setiap penulisan mencatat aspek yang berbeda.
A. Kata pengantar dari kehidupan Yesus.
1. Dua silsilah. Mat 1:1-17; Luk 3:3:23-38
2. Dua prawacana. Luk 1:1-41; Yoh 1:1-5
3. Tiga pengumuman:
a. Kepada Zakharia. Luk 1:5-25
b. Kepada Maria. Luk 1:26-28
c. Kepada Yusuf. Luk 1:67-79
4. Tiga nyanyian pujian:
a. Dari Elizabet. Luk 1:39-45
b. Dari Maria. Luk 1:46-55
c. Dari Zakharia. Luk 1:67-79
B. Manifestasi kehidupan Yesus di bumi.
1. Kelahiran Yesus. Luk 2:1-20
2. Penyunatan Yesus. Luk 2:21
3. Pengabdian Yesus. Luk 2:22-39
4. Kunjungan orang majus. Mat 2:1-12
5. KepergianNya ke Mesir. Mat 2:13-20
6. Tahun pertama di Nazaret. Mat 2:21-23; Luk 2:40-52
7. Umur 12 tahun pergi ke Bait Allah. Luk 2:41-51
8. Pendahulu Yohanes Pembaptis Mat 3:1-12; Luk 1:80; 3:1-18; Yoh 1:6-34; 3:25-30
9. Yesus dibaptis. Mat 3:13-17;Mark 1:9-11; Luk 3:21-22; Yoh 1:32-34
10. Yesus dicobai. Mat 4: 1-11; Mark 1: 12-13; Luk 4:1-13
11. Anak Domba Allah. Yoh 1: 29
12. Pertama memilih 5 murid:
a. Yohanes, Andreas dan Petrus. Yoh 1:35-42
b. Filipus, dan Natanael. Yoh 1:43-51
13. Yesus menyucikan Bait Allah yang pertama. Yoh 2:13-25
14. Yesus dan Nikodemus. Yoh 3:1-21
15. Yesus dan perempuan Samaria. Yoh 4:1-42
16. Khotbah pertama di Galilea. Mat 4;17;Mark 1:14,15; Luk 4:14,15
17. Kembali ke Nazaret yang pertama. Luk 4:16-30
18. Pindah ke Kapernaum. Mat 4:13-16
19. Yesus memilih 4 nelayan. Mat 4:18-22; Mark 1:16-20
20. Khotbah kedua di Galilea Mat 4:23-25; Mark 1:35-39;
21. Yesus memilih Matius. Mat 9:9-13; Mark 2:13-17; Luk 5:17-32
22. Perjumpaan Yesus dan Yohanes. Mat 9:14-17; Mark 2:18-22
23. Perdebatan pertama Yesus dengan orang-orang Farisi tentang hari Sabat. Mat 12:1-8; Mark 2:23-28; Luk 6:1-5
24. Yesus memilih 12 RasulNya. Mat 10:2-4; Mark 3:13-19; Luk 6:12-16
25. Khotbah ketiga di Galilea. Mat 9:35-38
26. Yesus mengutus 12 Rasul. Mat 10:1-42; Mark 6:7-13; Luk 9:1-6
27. Khotbah keempat di Galilea. Mat 11:1
28. Yesus mengecam kota permai di Galelia. Mat 11:20-24
29. Undangan Yesus bagi yang letih. Mat 11: 28-30
30. Yesus di urapi di rumah Simon. Luk 7: 36-50
31. Khotbah kelima di Galilea. Luk 8:1-3
32. Yesus menolak memperlihatkan dua tanda kepada orang-orang Farisi.
a. Tanda yang pertama. Mat 12:39-41
b. Tanda yang kedua. Mat 16:1-4; Mark 8:11-12
33. Penjelasan Yesus, siapa saudaraNya. Mat 12:46-50; Mark 3:31-35
34. Kembali kedua ke Nazaret. Mat 13:54-58; Mark 6:1-6
35. Yohanes dibunuh Herodes. Mat 14:1-12; Mark 6:14-29
36. Yesus menolak jadi raja. Yoh 6:14-15
37. Pengakuan Petrus. Mat 16:13-21; Mark 8:27-31; Luk 9:18-22
38. Yesus memarahi Petrus. Mat 16:22-23
39. Yesus dimuliakan (berubah). Mat 17:1-8; Mark 9:28; Luk 9:28-36
40. Yesus menegur Yakubus dan Yohanes dalam tiga peristiwa.
a. Teguran yang pertama. Mark 9:38-41; Luk 9:49-50
b. Teguran yang kedua. Luk 9:51-56
c. Teguran yang ketiga. Mat 20:20-28;.Mark 10:35-45
41. Yesus menjawab tentang perbantahan siapa yang terlebih besar di antara para murid. Mat 18:1-5; Mark 9:33-37; Luk 9:46-48
42. Yesus memperingatkan, tentang tindakan terhadap anak-anak kecil. Mat 18:6,10; Mark 9:42
43. Yesus didekati tiga calon murid:
a. Calon pertama. Luk 9:57-58
b. Calon kedua. Luk 9:59-60
c. Calon ketiga. Luk 9:61-62 44.
44. Yesus ditegur oleh saudara-saudaraNya. Yoh 7:2-9
45. Yesus mengampuni orang perempuan yang berbuat zinah. Yoh 8:1-11
46. Yesus mengutus ke 70 murid. Luk 10:1-24
47. Yesus mengunjungi Maria dan Marta. Luk 10:38-42
48. Yesus memerintahkan supaya orang-orang bertobat. Luk 13:1-5
49. Yesus mengajar pokok-pokok sebagai murid. Mat 16:24-27; Mark 8:34-38; Luk 9:23-26; 14:25-33
50. Yesus mengajar pokok-pokok pengampunan. Mat 18:21-22
51. Yesus mengajar pokok-pokok tentang neraka. Mat 18:8-9; Mark 9:43-48; Luk 12:4-5
52. Yesus mengajar pokok-pokok disiplin Gereja. Mat 18:15-20
53. Yesus mengajar pokok-pokok perceraian. Mat 5:31-32; 19:3-12; Mark 10:2-12
54. Yesus mengajar pokok-pokok Pahala. Mat 19: 27-30; Mark 10: 28-31 Luk 18:28-30
55. Yesus mengajar pokok-pokok iman Mat 21:21-22; Mark 11:22-24
56. Yesus menghadiri pesta Tabernakel. Yoh 7:14-39
57. Yesus menghadiri pesta pentahbisan Bait Allah. Yoh 10:22-23
58. Yesus menerangkan tentang kedatanganNya ke dalam dunia. Mat 20:28; Mark 10:45; Yoh 10:10
59. Yesus memberkati anak-anak. Mat 19:13-15; Mark 10:13-17; Luk 18:15-17
60. Yesus dengan anak muda yang kaya Mat 19:16- 26; Mark 10:17-27 Luk 18:18-27
61. Yesus bertemu dengan Zakheus Luk 19:1-10
C. Penjelasan kehidupan Tuhan Yesus di dunia.
1. Periode 8 hari.
a. Hari pertama: Sabtu.
(1). Komplotan pembunuh Yesus berkumpul di Istana Imam Besar Kayafas Mat 26:3-5; Mark 4:1-2; Luk 22:2
(2). Yesus diurapi Maria di rumah Simon si kusta. Mat 26:6-13; Mark 14:3-9; Yoh 21:1-8
b. Hari yang kedua: Minggu.
Yesus masuk ke Yerusalem dengan sorak-sorai kemenangan. Mat 21:1-11,14-17; Mark 11:1-11; Luk 19:29-44.
c. Hari ketiga: Senin.
(1). Yesus mengutuk pohon ara yang tidak ada buahnya. Mat 21:18-19; Mark 11:12-14
(2). Yesus menyucikan Bait Allah yang kedua. Mat 21:12-13; Mark 11:15-17; Luk 19:45-46
(3). Yesus dicari orang Yunani. Yoh 12:20-29
d. Hari keempat: Selasa
(1). Yesus berhadapan dengan orang Farisi dan Saduki. Mat 21:23-27; 22:15-46; Mark 11:27-33; 12:13-37; Luk 20:1-8,20-44
(2). Yesus mengecam orang-orang Farisi dan Saduki. Mat 23:1-36; Mark 12:38-40; Luk 20:45-47
(3). Yesus mengamati Janda yang memberi persembahan dua peser. Mark 12:41-44; Luk 21:1-4
(4). Yesus menangisi Yerusalem pada saat-saat terakhir. Mat 23:37-39
(5). NasihatNya di bukit Zaitun Mat 24; Mark 13; Luk 21:5-36
(6). Perumpamaan Yesus tentang 10 gadis, talenta dan domba dengan kambing. Mat 25:1-46
e. Hari yang kelima: Rabu.
Yesus dengan diam-diam dikhianati oleh Yudas. Mat 26:14-16; Mark 14:10-11; Luk 22:3-6
f. Hari keenam: Kamis.
(1). Yesus mengutus Petrus dan Yohanes masuk Yerusalem, untuk makan Paskah. Mat 26: 17-19; Mark 14:12-16; Luk 22:7-13
(2). Yesus berkumpul dengan para muridNya di kamar atas. Mat 26:20-29; Mark 14:17-25; Luk 22:14-38; Yoh 13:1-30
(3). Yesus mengajar dalam khotbahNya; mengenai rumah Bapa. Yoh 14:1-30
g. Hari yang ketujuh: Jumat.
(1). Yesus mengajar tentang berbuah. Yoh 15-16
(2). Doa Yesus untuk murid-muridNya. Yoh 17
(3). Yesus tiba di Taman Getsemani di mana Ia ditangkap. Mat 26:36-56; Mark 14:32-52; Luk 22:39-53; Yoh 18:1-13
(4). Penderitaan Yesus saat Ia dibawa ke pengadilan pertama. Yoh 18:13,14,19-23
(5). Penderitaan Yesus saat Ia dibawa ke pengadilan kedua. Mat 26:57,59-68; Mark 14:53-65; Yoh 18:24
(6). Yesus disangkal oleh Simon Petrus.Mat 26:58,69-75; Mark 14:54,66-72; Luk 22:54-62; Yoh 18:15-18,25-27
(7). Penderitaan Yesus saat dihadapkan ke pengadilan ketiga. Mat 27; 1; Mark 15: 1; Luk 22: 66-71
(8). Penyesalan Yudas atas kejahatannya. Mat 27:3-10; Kis 1:18
(9). Penderitaan Yesus saat dihadapkan ke pengadilan keempat Mat 27:2,11-14; Mark 15:1-5 Luk 23:1-5; Yoh 18:28-38
(10). Penderitaan Yesus saat dihadapkan ke pengadilan kelima. Luk 23:6-12
(11). Penderitaan Yesus saat dihadapkan ke pengadilan keenam. Mat 27:15-26; Mark 15:6-15; Luk 23:13-25; Yoh 18:39;19:16
(12). Penderitaan Yesus saat dihadapkan ke pengadilan ketujuh. Mat 27:27-31; Mark 15:16-19; Yoh 19:2-3
(13). Yesus berjalan pada jalan yang menuju Golgota. Mat 27:31-32; Mark 15:20-21; Luk 23:26-32; Yoh 19:16
(14). Yesus disalib. Mat 27:33-50; Mark 15:22-37; Luk 23:33-46; Yoh 19:17-30
(15). Peristiwa kematianNya menunjukkan hal-hal yang ajaib. Mat 27:51-54; Mark 15:33-38; Luk 23:45
(16). Kristus di kubur. Mat 27:57-61; Mark 15:42-47; Luk 23:50-56; Yoh 19:31-42
h. Hari yang kedelapan: Sabtu.
Kubur Yesus dimeterai. Mat 27:62-66.
2. Periode 40 hari.
a. Hari pertama: Minggu.
Yesus bangkit dari kematian Mat 28; Mark 16; Luk 24; Yoh 20-21.
(1). Kelihatan kepada Maria Magdalena. Mark 16:9-11; Yoh 20:11-18
(2). Kelihatan kepada beberapa perempuan. Mat 28:5-10
(3). Kelihatan kepada Simon Petrus. Luk 24:34; I Kor 15:5
(4). Kelihatan kepada dua orang murid yang sedang berjalan menuju Emaos. Mark 16:12-13; Luk 24:13-35
(5). Kelihatan kepada para Rasul di kamar atas. Mark 16:14; Luk 24:36-48; Yoh 20:19-23
b. Hari kedua: dalam periode 40 hari itu.
Yesus selalu menampakkan diriNya. Kis 1:3. Selama periode tersebut, Yesus menampakkan diriNya 5 kali. Menampakkan diriNya:
(1). Kepada Tomas Yoh 20:24-31
(2). Kepada 7 Rasul. Yoh 21
(3). Kepada para Rasul dan 500 murid yang lain. Mat 28:16-20; Mark 16:15-18; I Kor 15:6
(4). Kepada Yakobus saudara Yesus. I Kor 15:7
(5). Kepada kesebelas Rasul di bukit Zaitun. Luk 24:49-53; Kis 1:3-11
Sedang mereka menatap ke langit, tiba-tiba berdirilah dua malaikat dan berkata: "Hai, orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama, seperti kamu lihat Dia naik ke sorga." Kis 1:10-11.
II. Tinjauan secara luas
A. Keajaiban yang dilakukan Yesus:
1. Mengubah air menjadi anggur. Yoh 2:1-11
2. Penyembuhan anak bangsawan. Yoh 4:46-54
3. Penyembuhan orang yang kerasukan setan. Mrk 1:21-28; Luk 4:31-37
4. Penyembuhan ibu mertua Petrus. Mat 8:14-17; Mrk 1:29-34; Luk 4:38-41
5. Penjala ikan terbesar. Luk 5:1-11
6. Penyembuhan penyakit kusta. Mat 8:2-4; Mrk 1:20-23; Luk 5:12-15
7. Penyembuhan penyakit lumpuh. Mat 9:1-14; Mrk 2:1-12; Luk 5:17-26
8. Penyembuhan tangan yang mati. Mat 12:9-14; Mrk 3:1-6; Luk 6:6-11
9. Penyembuhan hamba penghulu laskar. Mat 8:5-13; Luk 7:1-10.
10. Membangkitkan anak janda yang mati. Luk 7:11-17
11. Menghardik angin ribut dan gelombang. Mat 8:18, 23-27; Mrk 4:35-41; Luk 8:22-25
12. Penyembuhan orang Gadara. Mat 8:28-34; Mrk 5:1-20; Luk 8:26-39
13. Penyembuhan perempuan pendarahan. Mat 9:20-22; Mrk 5:25-34; Luk 8:43-48
14. Membangkitkan anak Yairus yang mati Mat 9:18,19,23-26; Mrk S 22-24,35-43; Luk 8:41,42, 49-56.
15. Penyembuhan dua orang buta. Mat 9:27-31
16. Penyembuhan orang bisu yang dirasuk setan. Mat 9:32-33
17. Penyembuh orang lumpuh sudah 38 Tahun. Yoh 5:1-16
18. Memberi makan 5000 orang. Mat 14:14-21; Mrk 6:31-44; Luk 9:10-17; Yoh 6:1-13.
19. Berjalan di atas air. Mat 14:24-33; Mrk 6:47-51; Yoh 6:16-21
20. Penyembuhan anak perempuan yang dirasuk setan. Mat 15:21-28; Mrk 7:24-30
21. Penyembuhan tuli dan gagap. Mrk 7:31-37
22. Memberi makan 4000 orang. Mat 15:32-38; Mrk 8:1-9
23. Penyembuhan orang buta di Betsaida. Mrk 8:22-26
24. Penyembuhan orang buta sejak lahir di Yerusalem. Yoh 9:1-41
25. Penyembuhan dan mengusir roh jahat yang merasuk anak yang bisu. Mat 17:14-21; Mrk 9:14-29; Luk 9:37-42
26. Mujizat dari uang persembahan. Mat 17:24-27
27. Penyembuhan orang buta dan bisu. Mat 12:22; Luk 11:14
28. Penyembuhan perempuan yang selama 18 th dirasuk roh jahat sampai bungkuk. Luk 13:10-17
29. Penyembuhan orang yang sakit busung air. Luk 14:1-6
30. Penyembuhan 10 orang kusta. Luk 17:11-19
31. Membangkitkan Lazarus yang mati. Yoh 11:1-46
32. Penyembuhan Bartimeus yang buta. Mat 20: 29-34; Mrk 10: 46-52; Luk 18:35-41
33. Mengutuk pohon ara. Mat 21:17-20; Mar 11:12-14, 20-21.
34. Memulihkan telinga yang putus. Luk 22:49-51.
35. Penangkapan ikan besar-besaran yang kedua. Yoh 21:1-14.
B. Perumpamaan-perumpamaan Yesus:
1. Dua dasar membangun rumah. Mat 7:24-27; Luk 6:47-49
2. Pengampunan hutang yang banyak dan sedikit Luk 7:36-50
3. Menundukkan orang yang kuat Mat 12:22-37 Mrk 5:22-30
4. Penabur Mat 13:1-9,18-23; Mrk 4: 1-9,13-20; Luk 8:4-15
5. Rahasia dari benih. Mrk 4:26-19
6. Lalang di antara gandum. Mat 13:24-30
7. Biji sesawi. Mat 13:31-32; Mrk 4:30-32; Luk 13:18-19
8. Ragi, tentang Kerajaan Allah. Mat 13:33
9. Harta yang terpendam. Mat 13:44
10. Mutiara yang indah. Mat 13:45-46
11. Pukat. Mat 13:47-50
12. Harta yang baru dan yang lama. Mat 13:52
13. Tentang puasa. Mat 9:14-15; Mrk 2:18-20; Luk 5:33-35
14. Menambal kain yang tua. Mat 9:16; Mrk 2:21; Luk 5:36
15. Anggur baru dan kantong yang lama. Mat 9:17; Mrk 2:22; Luk 5:37-39
16. Generasi yang sukar. Mat 11:16-19; Luk 7:29-35
17. Pengampunan. Mat 18:21-37
18. Orang Samaria yang murah hati. Luk 10:30-37
19. Kembalinya roh jahat. Mat 12:43-45; Luk 11: 24-26
20. Orang kaya yang bodoh. Luk 12:13-21
21. Berjaga-jaga. Mat 24:42-51; Luk 12:35-48
22. Pohon ara yang tidak berbuah. Luk 13 :6-9
23. Tempat utama dan yang rendah. Luk 14:7-14
24. Orang-orang yang berdalih. Luk 14:15-24
25. Domba yang hilang. Luk 15:1-32
26. Bendahara yang tidak jujur. Luk 16:1-13
27. Orang kaya dan orang miskin. Luk 16:19-31
28. Tuan dan hamba. Luk 17:7-10
29. Janda dan hakim. Luk 18:1-18
30. Farisi dan pemungut cukai. Luk 18 :9-14
31. Pengenalan tentang kebenaran. Mat 15:10-20;Mrk 7:14-32
32. Dua orang anak. Mat 21:28-32
33. Upah pekerja. Mat 20:1-16
34. Penggarap kebun anggur. Mat 21:33-46; Mrk 12:1-12; Luk 20:9-19
35. Perjamuan kawin. Mat 22:1-14
36. Pohon ara yang bertunas. Mat 24:32-35; Mrk 13:28-31; Luk 21:29-33
37. Gadis-gadis yang bijaksana dan yang bodoh. Mat 25:1-13
38. Uang mina. Luk 19:11-27
39. Talenta. Mat 25:14-30
40. Pemisahan antara domba dan kambing. Mat 25:31-46
C. Khotbah dan pengajaran Yesus.
1. Kitab Yesaya. Luk 4:16-30
2. Khotbah di gunung. Mat 5-7
3. Sumber Kehidupan. Yoh 5: 17-47
4. Roti Hidup. Yoh 6:22-71
5. Air Hidup. Yoh 7:1-53
6. Terang dunia. Yoh 8:12-59
7. Gembala Yang Baik. Yoh 10:1-39
8. Pohon ara. Mat 24-25
9. Jalan dan Kebenaran dan Hidup. Yoh 14:1-31
10. Hidup berkelimpahan. Yoh 15-16
D. Saat-saat doa Tuhan Yesus:
1. Sedang dibaptis. Luk 3:21
2. Sebelum mengajar di Galilea. Mrk 1:35
3. Sesudah menyembuhkan orang kusta. Luk 5:16
4. Sebelum memilih 12 muridNya. Luk 6:12
5. Memberi makan 5000 orang. Mat 14:23; Mrk 6:46
6. Sebelum jawaban Petrus. Luk 9:18
7. Sebelum di muliakan. Luk 9:28-29
8. Setelah mendengar laporan dari ke 70 murid yang diutus. Mat 11:25-27; Luk 10: 21-22
9. Sesudah mengunjungi Maria dan Marta. Luk 11:1
10. Sesudah menerima anak-anak. Mat 19:13-15; Mrk 10:13-16
11. Sebelum Lazarus dibangkitkan. Yoh 11:41-42
12. Sebelum orang Yunani bertemu. Yoh 12:27-28
13. Sesudah meninggalkan kamar diatas. Yoh 17:1-26
14. Di Taman Getsemani (1) Mat 26:39; Mrk 14:35-36; Luk 22:41-42
15. Di Taman Getsemani (2) Mat 26:42; Mrk 14:39; Luk 22:44-45
16. Di Taman Getsemani (3) Mat 26:44
17. Di atas Salib (1) Luk 23:34
18. Di atas Salib (2) Mat 27:46-47; Mrk 15:34-35
19. Di atas Salib (3) Luk 23:46
Ke atas
Yesus [Statistik]
Jumlah dalam TB : 1460 dalam 1362 ayat (dalam NT : 1460 dalam 1362 ayat)
Strong dalam PB : [<377> αναπιπτω 1x] [<649> αποστελλω 2x] [<756> αρχομαι 3x] [<846> αυτος 175x] [<879> αφυπνοω 1x] [<907> βαπτιζω 1x] [<1096> γινομαι 2x] [<1163> δει 1x] [<1279> διαπορευομαι 1x] [<1299> διατασσω 1x] [<1325> διδωμι 1x] [<1330> διερχομαι 1x] [<1448> εγγιζω 1x] [<1492> ειδω 1x] [<1510> ειμι 4x] [<1806> εξαγω 1x] [<1905> επερωταω 1x] [<2010> επιτρεπω 1x] [<2036> επω 27x] [<2323> θεραπευω 1x] [<2424> Ιησους 887x] [<2621> κατακειμαι 1x] [<2668> καταπλεω 1x] [<3004> λεγω 7x] [<3199> μελω 1x] [<3739> ος 2x] [<3778> ουτος 4x] [<3853> παραγελλω 1x] [<4198> πορευομαι 2x] [<4369> προστιθημι 1x] [<4521> σαββατον 1x] [<4815> συλλαμβανω 1x] [<5455> φωνεω 1x] [<5547> Ξριστος 1x]
Ke atas
Dalam Versi-Versi Alkitab:
Yesus: BIS TB
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment