Saturday, July 25, 2020

Rabbi Yosef

💤 *Lebih Banyak Cerita Pengantar Tidur Yahudi* 💤

🧺 *Cucian Kotor* 🧺
RABBI YOSEF SHOLOM ELIASHIV

Waktu itu adalah hari mencuci untuk Sheina. Dia dan suaminya tinggal sendiri di sebuah apartemen kecil di Yerusalem. Mereka tidak memiliki anak.

Ketika Sheina menggantungkan seprai putih bersihnya di tali, Beila, tetangganya, melihat ke luar jendela. "Tentu saja seprai Sheina sangat putih dan bersih," pikir Beila. "Tanpa anak di rumah, apa yang dilakukannya sepanjang hari?"

Sheina selesai menggantungkan seprainya dan masuk kembali ke dalam rumah.

"Aku akan menunjukkan kepadanya apa artinya memiliki pekerjaan untuk dilakukan," gumam Beila. Dia mengambil gunting dari lacinya dan memotong tali jemuran Sheina. Cucian putih Sheina jatuh ke dalam lumpur.

Sheina dengan sedih melihat hal ini dari pintunya. Setelah Beila pulang, Sheina mengangkat cucian kotornya tanpa mengucapkan sepatah kata pun.

Ketika Beila sedang memberikan makan siang kepada anak-anaknya, dia memperhatikan bahwa Shloime, putranya yang berusia tiga tahun, tidak memiliki nafsu makan. Perlahan, dia menyeret dirinya sendiri ke tempat tidur. Beberapa menit kemudian, Beila memeriksanya dan melihat bahwa dia demam tinggi. "Tolong. Hubungi dokter," teriaknya. "Shloime-ku sangat sakit."

Dokter datang dan memeriksanya. "Anak ini sakit, tetapi aku tidak tahu apa yang salah dengannya."

Ketika dokter meninggalkan rumah itu, dia berkata, "Tidak ada yang bisa saya lakukan untuk Anda. Bicaralah dengan rabbi Anda. Beliau adalah orang yang bijaksana. Mungkin dia bisa membantu."

Beila bergegas ke rabbi dan memberitahu rabbi tentang penyakit misterius putranya. "Beritahu aku semua yang kamu lakukan hari ini," desak rabbi. "Semuanya."

Dia menceritakan kejadian hari itu, termasuk kisah tentang tali jemuran.

"Itulah penyebab masalahmu," kata rabbi dengan tegas. "Kamu harus pergi dan meminta maaf kepada Sheina segera."

Beila berlari ke rumah Sheina. "Maafkan aku," dia memohon. "Tadi aku melakukan hal yang buruk kepadamu. Aku tidak tahu apa yang merasukiku."

"Kamu tidak perlu meminta maaf," jawab Sheina. "Kamu jelas merasakan banyak stres dan tekanan. Tentu saja aku memaafkanmu."

"Diberkatilah kamu," kata Beila. "Dan kiranya kamu segera diberkati dengan seorang anak." Ketika Beila kembali ke rumah, Shloime-nya sedang duduk di tempat tidur, tersenyum.

Dan pada tahun yang sama, Sheina melahirkan seorang anak lelaki. Anak lelaki ini tumbuh menjadi Rabbi Yosef Sholom Eliashiv, seorang pemimpin besar orang-orang Yahudi.

No comments:

Post a Comment