Wednesday, April 24, 2019

Saduki

Daftar Isi: PEDOMAN: Orang Saduki ; KECIL: Saduki ; HAAG: Saduki, Orang ; GLOSARI AYT: Saduki ; BROWNING: SADUKI ; ENSIKLOPEDIA: SADUKI, ORANG ; YUNANI: 4523 σαδδουκαιος Saddoukaios ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Orang Saduki Saduki: asal mana: --> Zadok – pendiri sekte ini. Matius 3:7 (Kamus Gering) Ke atas Orang Saduki [Kamus Pedoman] 1. Suatu mazhab orang Yahudi. Kis 5:17 2. Tidak mengakui adanya kebangkitan dan keadaan yang akan datang. Mat 22:23; Luk 20:27 3. Kebangkitan menjadi suatu perdebatan antara - dan orang Farisi. Kis 23:6-9 4. Yohanes menolak untuk membaptis - . Mat 3:7 5. Kristus: 5.1 Dicobai oleh - . Mat 16:1 5.2 Menasihatkan murid-murid-Nya agar waspada terhadap ajaran - . Mat 6:6,11,12 5.3 Membenarkan hal kebangkitan kepada - . Mat 22:24-32; Mr 12:19-27 5.4 Membuat - bungkam. Mat 22:34 6. Jemaat yang mula-mula dianiaya oleh - . Kis 4:1; 5:7,18,40 Ke atas Saduki [Kamus Kecil] TB- Suatu golongan pemimpin agama Yahudi, yang sebagian besar terdiri dari imam-imam. Mereka mendasarkan pengajarannya pada kelima kitab Musa dan menolak segala adat istiadat yang ditambahkan kemudian. Mereka tidak percaya kepada kebangkitan dan adanya malaikat. Terhadap kebudayaan Yunani golongan ini sangat terbuka. BIS- Suatu golongan pemimpin agama Yahudi yang sebagian besar terdiri dari imam-imam. Mereka mendasarkan kepercayaan mereka hanya atas kelima buku pertama dalam Perjanjian Lama. Itu sebabnya pendirian mereka banyak berlainan dengan golongan Farisi yang percaya adanya hidup sesudah mati dan adanya malaikat. Golongan Farisi adalah golongan yang banyak anggotanya. KS.- [PB] Mat 3:7; 16:1,6,11-12; 22:23,34; Mr 12:18; Luk 20:27; Kis 4:1; 5:17; 23:6-8 Ke atas Saduki, Orang [Kamus Haag] Saduki (Orang ~S). Di samping para orang (--->) Esseni dan Farisi, mereka adalah sebuah partai (sebagian besar berhaluan politik) di dalam Yudaisme. Para pengikutnya ditemukan terutama dikalangan aristokrasi para imam dari ibu-kota (rupanya mereka dipanggil menurut - --> Zadok). Mereka utamakan sebuah sikap hidup yang bebas dan berbau duniawi. Lain dari pada orang-orang Farisi. Mereka akui taurat, tetapi di dalam sikapnya yang konservatif itu, mereka buang "tradisi para nenek-moyang", mereka buang pula penjelasan tradisionil dan perkembangan hukum. Mereka tidak mengakui kebangkitan dan kematian (Mark 12:18 dsj.) dan berbeda pendapat dalam banyak persoalan rituil maupun yuridis dengan para Farisi. Asal mula partai mereka itu terselubung dalam kegelapan, namun sudah sejak perlawanan kelompok mereka terhadap Yonatan, yang memusatkan kekuasaan politik dan religius pada Imam Agung (153 sebelum Mas.), kelompok mereka itu sudah memperoleh bentuk tertentu. Di dalam mahkamah agama ~OS selalu bisa mempertahankan pengaruhnya, tetapi selalu menjadi musuh orang-orang Farisi. ~OS itu di dalam Injil memang jarang disebut (Misalnya: Mat 3:7; 16:1; Mark 12:18; Luk 20:27). Meskipun demikian kekuasannya sangat mantap, sebab Imam Agung selalu diambil dari golongan mereka dan mereka lebih mudah menyesuaikan diri mereka pada bangsa Roma. Pada permulaannya mereka hampir tidak pernah mengadakan pertikaian dengan Yesus, namun demikian mereka di kemudian harinya bergabung dengan orang-orang Farisi di dalam rasa kebenciannya terhadap Yesus (Mark 12:18-27 dsj.). ~OS yang bernama Kayafas akhirnya memutuskan hukuman mati. Setelah tahun 70 sesudah Mas. sumber-sumber tentang ~OS sudah tidak terdengar lagi. Ke atas Saduki [Glosari AYT] Pemimpin kelompok agama Yahudi. Mereka hanya menerima kelima buku pertama dari Perjanjian Lama (Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, dan Ulangan). Mereka menolak adanya kebangkitan dari kematian. Ke atas SADUKI [Kamus Browning] Suatu kelompok minoritas dalam --> Yudaisme abad pertama M. Dalam kepercayaan dan perbuatan, mereka adalah tradisionalis. Di mata mereka penting untuk setia pada ketentuan keanggotaan kebangsaan Yahudi melalui keteguhan memelihara --> Taurat tertulis dan setia mengambil bagian dalam peribadahan di Bait Allah, tetapi mereka beranggapan bahwa hal itu tidak bertentangan dengan ketundukannya kepada kekuasaan penjajah Romawi. Mereka menentang pemberontakan bersenjata dan segala persiapan untuk itu.Orang Saduki menolak pengertian --> Farisi tentang hukum lisan yang sama-sama berlaku dengan hukum tertulis. Oleh sebab itu, mereka adalah penganut setia dari apa yang telah ditetapkan --> Ezra di zaman bangsa Israel kembali dari pembuangan --> Babel (abad ke-5 sM). Kompromi dengan pemerintah Roma berarti bahwa --> Imam Besar ditetapkan oleh pemerintah dan Bait Suci diawasi oleh militer Roma. Maka, kalaupun harus membayar harganya, Israel dimungkinkan memelihara hubungan dengan Allahnya dan menebus dosanya dengan membawa korban. Kepercayaan baru bahwa jiwa manusia itu kekal atau --> kebangkitan tubuh ditolak oleh kaum Saduki. Setelah pemusnahan Bait Suci tahun 70 M, kaum Saduki tidak ada lagi. Menurut satu teori, mereka adalah penganut --> Zadok, yang menguasai Bait Suci berabad-abad. Ke atas SADUKI, ORANG [Ensiklopedia] Semua sumber data yg ada tidak sepakat dan tidak lengkap untuk memberikan gambaran yg tepat. Di antaranya ialah: (1) Josephus, BJ2. 119, 164-166; Ant. 13. 171-173, 293-298; 18. 11, 16-17; 20. 199; Vit. 10-11; (2) Mishnah, 'Erubin 6. 2, Hagigah 2. 4, Makkoth 1. 6, Parah 3. 3, 7, Niddah 4.2, Yadaim 4. 6-8; (3) PB, Mat 3:7; 16:1, 6, 11, 12; 22:23-34; Mrk 12:18-27; Luk 20:27-38; Kis 4:1, 2; 5:17; 23:6-8. Nama dan asal usul golongan Saduki juga diperdebatkan. Nama itu pernah dikatakan berasal dari Zadok, atau yg sezaman dengan Salomo yg keturunannya dipandang sebagai garis keimaman murni (bnd Yeh 44:15 dab; 48:11) atau seorang yg diduga pendiri atau pemimpin mula-mula golongan itu (pernyataan dlm Aboth of Rabbi Nathan 5 bahwa Antigonos dari Soko mempunyai dua murid, Zadok dan Boethus, yg terjerumus ke dlm penyesatan, mungkin sekali tidak mempunyai dasar historis). Tapi keluarga imam besar Hasmonean yg sedang memerintah bukanlah kaum Zadok (1 Makabe 2:1; 14:29), dan 'd' ganda baik dalam bentuk Ibrani maupun Yunani pada nama itu sulit diberi keterangan jika nama itu dijabarkan dari Zadok. T. W Manson menyarankan suatu jabaran dari Yunani syndikoi, 'pengawas fiskal' ('d' ganda itu dijelaskan sebagai akibat dari asimilasi 'n'). Hubungannya dengan kata tsaddiq, 'benar', mungkin merupakan persamaan huruf hidup berdasarkan bunyi. Empat macam teori mengenai asal usul golongan Saduki dengan ringkas digambarkan sebagai berikut. M. H Segal, mengikuti Wellhausen, berpikir bahwa mereka terutama suatu partai politik, berasal dari kaum Helenis Yahudi. G. H Box, mengikuti Geiger, berpendapat bahwa mereka adalah partai agama, dan bahwa beberapa dari ahli Taurat di dalam Kitab-kitab Injil adalah ahli kitab Saduki. L Finkelstein berpendapat, bahwa mereka dulunya adalah suatu badan ningrat pedesaan, sebagai lawan bagi Farisi yg urban. T. W Manson beranggapan, bahwa mereka pada mulanya pejabat-pejabat'negara (lih di atas). Dalam ihwal tingkah laku kaum Saduki agak tidak berbudi. Kasar terhadap bangsawan seperti terhadap orang asing. Dan mereka menganggap kebajikan bila berdebat dengan guru-guru mereka. Mereka tidak mempunyai pengikut di kalangan rakyat, melainkan terbatas pada kaum kaya. Mereka lebih keras dalam penghakiman ketimbang Yahudi lainnya. Banyak, tapi tidak semua, dari para imam berasal Saduki; namun hampir semua orang Saduki ternyata menjadi imam, terutama keluarga-keluarga imam yg amat berkuasa. Di kalangan kaum Hasmonean yg mula-mula, beberapa orang Saduki memegang jabatan di gerousia ('senat' atau Sanhedrin). Yohanes Hirkanus, yg merasa dihina oleh desakan Eliazar, anggota perutusan Farisi, supaya mengundurkan diri dari jabatan imam agung yg dipegangnya, beralih pihak dari Farisi kepada Saduki. Kaum Saduki menikmati dukungan para penguasa Hasmonean sampai masa pemerintahan Salome Aleksandra (76-67 sM), yg lebih menyukai kaum Farisi. Di bawah Herodes dan orang Romawi kaum Saduki menguasai Sanhedrin. Partai itu surut bersamaan dengan penghancuran Bait Allah pada thn 70. Bahkan Yosefus mengatakan, bahwa ketika masih berkuasa, kaum Saduki karena takut terhadap rakyat, terpaksa bekerja sama dengan kaum Farisi. Dalam agama kaum Saduki ditandai oleh konservatisme mereka. Mereka menyangkal keberlakuan yg mantap dari apa pun kecuali hukum-hukum tertulis dari Pentateukh. Mereka menolak ajaran-ajaran yg kemudian tentang jiwa dan kehidupan sesudah kematian, kebangkitan, pahala dan imbalan, malaikat dan setan-setan. Mereka percaya bahwa nasib tidak ada, karena manusia memiliki pilihan bebas tentang baik dan jahat; kemakmuran dan nasib malang merupakan hasil dari perbuatan sendiri. KEPUSTAKAAN. HJP2 2, hlm 404-414; M. H Segal, Expositor serf 8, 13, 1917, hlm 81 dst; G. H Box, Expositor 15, 1918, hlm 19 dst, 401 dst, dan 16, 1918, hlm 55 dst; L Finkelstein, HTR 22, 1929, hlm 185 dst; T. W Manson, BJRL 22, 1938, hlm 144 dst; J. Z Lauterbach, dalam Studies in Jewish Literature in honour of Prof K Kohler, 1913, hlm 180-190; J. W Lightley, Jewish Sects and Parties in the Time of Jesus, 1923, hlm 5-173; lih juga L Finkelstein, The Pharisees, 1938; J Le Moyne, Les Sadduceens, 1972; J Lightstone, 'Sadducees versus Pharisees: the Tannaitic Sources' dalam J Neusner (red.) Christianity, Judaism and other Greco-Roman Cults, 3, 1975, hlm 206-217. AG/S/HAO Ke atas Yunani Strongs #4523 σαδδουκαιος Saddoukaios Σαδδουκαιος Saddoukaiov: Saduki (Kamus Yoppi) ου [maskulin] orang Saduki (anggota suatu aliran agama Yahudi) (Kamus Barclay) Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Orang Saduki: BIS TB Saduki: BIS TB

No comments:

Post a Comment