Sunday, December 2, 2018

Hari Raya Hanukah by Sarapan Pagi Biblika

SarapanPagi Biblika

Menu

Bible Study / Christian Library

Board index

/

BELAJAR ALKITAB

/

Agama

/

Taurat, Yudaisme, Adat Yahudi

HARI RAYA HANUKKAH

POST A REPLY

1 post • Page 1 of 1

BP
Merdeka dlm Kristus

HARI RAYA HANUKKAH

by BP » Tue Nov 24, 2015 8:35 am

Reff: Hari Raya Hanukkah, di hari-hari-raya-dalam-alkitab-vt219.html#p44980

HARI RAYA HANUKKAH


HARI RAYA HANUKKAH/ HARI RAYA PENAHBISAN (Yunani: ο εγκαινισμος του θυσιαστεριου - ho enkainismos tou thusiasteriou, 1 Makabe 4:47-59; τα εγκαινια - ta egkainia, Yohanes 10:22, dari Ibrani חֲנֻכָּה‎ - KHANUKAH dari kata חָנַךְ - KHANAKH atau bentuk Infinitive-nya dalah: לַחֲנוךְ - LAKHANOKH yang berarti: menguduskan, meresmikan, inagurasi/menahbiskan, mendidik dan melatih. Kita bisa melihat hubungan ini dalam kata Ibrani untuk pendidikan :חִנּוּךְ - KHINUKH, yang berkonotasi makna: pembelajaran khusus. 

Hari Raya Hanukkah merupakan peringatan terhadap pembersihan Bait Allah, ketika Yudas Makkabeus dan para pengikutnya menang dalam membebaskan kota itu dari penjajahan Siria. Dan di dalam pentahbisan kembali dan meresmikan Bait Allah, mereka memiliki minyak suci hanya untuk persediaan satu hari. Tetapi di dalam kemurahan Allah, demikian yang disampaikan dalam kitab Deuterokanonika 2 Makabe, minyak yang tersisa itu, yang untuk persediaan satu hari itu, bertahan hingga delapan hari (2 Makabe 10:5-7). Jadi di dalam masa hari raya Lampu, atau hari raya Peresmian (Hanukkah), lampu menyala selama delapan hari. Dan kemudian di dalam merayakan hari raya Hanukkah, mereka menyalakan satu lilin/ lampu setiap hari hingga hari kedelapan. 

* 2 Makabe 10:5-7
10:5 LAI TB, Maka terjadilah bahwa tepat pada hari yang sama seperti waktu Bait Allah telah dicemarkan oleh kaum asing pentahiran Bait Allah dapat dilaksanakan, yaitu pada tanggal dua puluh lima bulan yang sama, yakni bulan Kislew.
The New American Bible, On the anniversary of the day on which the temple had been profaned by the foreigners, that is, the twenty-fifth of the same month Kislev, the purification of the temple took place. 
LXX_WH, ἐν ᾗ δὲ ἡμέρᾳ ὁ νεὼς ὑπὸ ἀλλοφύλων ἐβεβηλώθη συνέβη κατὰ τὴν αὐτὴν ἡμέραν τὸν καθαρισμὸν γενέσθαι τοῦ ναοῦ τῇ πέμπτῃ καὶ εἰκάδι τοῦ αὐτοῦ μηνός ὅς ἐστιν χασελευ
Translit, en hê de hêmera ho neôs hupo allophilôn ebebêlôthê sunebê kata tên autên hêmera to katharismon genesthai tou naou tê pemptê kai eikadi tou autou mênos hos estin khaseleu

10:6 LAI TB, Kedelapan hari itu mereka rayakan dengan sukacita seperti hari raya Pondok Daun dirayakan. Merekapun ingat juga bagaimana sejurus sebelumnya bertepatan dengan hari raya Pondok Daun mereka diam di pegunungan dalam gua-gua seperti binatang-binatang liar.
The New American Bible, The Jews celebrated joyfully for eight days as on the feast of Booths, remembering how, a little while before, they had spent the feast of Booths living like wild animals in the mountains and in caves. 
LXX_WH, καὶ μετ' εὐφροσύνης ἦγον ἡμέρας ὀκτὼ σκηνωμάτων τρόπον μνημονεύοντες ὡς πρὸ μικροῦ χρόνου τὴν τῶν σκηνῶν ἑορτὴν ἐν τοῖς ὄρεσιν καὶ ἐν τοῖς σπηλαίοις θηρίων τρόπον ἦσαν νεμόμενοι
Translit, kai met euphrosunês êgon hêmeras oktô skênômatôn tropon mnêmoneuontes hôs pro mikrou khronou tên tôn skênôn heortên en tois horesin kai en tois spêlaiois thêriôn pronon hêsan nemomenoi

10:7 LAI TB, Dari sebab itu sambil membawa dahan cemara dan ranting-ranting hijau serta daun-daun palem mereka melagukan berbagai nyanyian bagi Dia yang telah memperkenankan mereka untuk mentahirkan Tempat-Nya sendiri.
The New American Bible, Carrying rods entwined with leaves, beautiful branches and palms, they sang hymns of grateful praise to him who had successfully brought about the purification of his own place. 
LXX_WH, διὸ θύρσους καὶ κλάδους ὡραίους ἔτι δὲ καὶ φοίνικας ἔχοντες ὕμνους ἀνέφερον τῷ εὐοδώσαντι καθαρισθῆναι τὸν ἑαυτοῦ τόπον
Translit, diô thursous kai kladous hôraious epi phonikas ekhontes humnous anepgeron tô euidôsanti katharisthênai tov heautou topon

Hari Raya Hanukah ada disebut dalam Kitab Deuterokanonika: 2 Makabe 10:5-7 namun tidak pernah disebut dalam Alkitab Perjanjian Lama Ibrani. Karena peristiwa Yudas Makabe ini terjadi pada abad 2 sM - periode intertestamental - yang mengapa Hari Raya Hanukkah ini tidak disebutkan dalam Tanakh-Ibrani (Alkitab Perjanjian Lama). Dan menariknya, di dalam Perjanjian Baru Perayaan Hari Raya Hanukkah ada disebut, dimana pada hari itu Tuhan Yesus berjalan-jalan di Serambi Salomo:

* Yohanes 10:22-23
10:22 LAI TB, Tidak lama kemudian tibalah hari raya Pentahbisan Bait Allah di Yerusalem; ketika itu musim dingin.
Messianic Bible, And it was at Yerushalayim Hannukah (feast of dedication), and it was winter. 
TR, εγενετο δε τα εγκαινια εν τοις ιεροσολυμοις και χειμων ην
Translit interlinear, egeneto {tiba} de {kemudian} ta egkainia {perayaan penahbisan kembali bait Allah (hanukah)} en {di} tois ierosolumois {yerusalem} kai {dan} kheimôn {musim dingin} ên {(itu) adalah}
Ha-Berit
וַיְהִי חֲנֻכָּה בִּירוּשָׁלָיִם וְהָעֵת סְתָיו׃
Translit interlinear, VAYEHI {dan tibalah} KHANUKAH {hari raya hanukah} BIRUSHALAYIM {di yerusalem} VEHA'ET {dan ketika itu adalah} SETAV {musim gugur}

10:23 LAI TB, Dan Yesus berjalan-jalan di Bait Allah, di serambi Salomo.
Messianic Bible, And Yeshua (ישוע) walked in the Beit Ha Mikdash in ulam (porch) Shlomo. 
TR, και περιεπατει ο ιησους εν τω ιερω εν τη στοα του σολομωντος
Translit interlinear, kai {lalu} periepatei {sedang berjalan} ho iêsous {Yesus} en {di dalam} tô hierô {bait suci} en {di} tê stoa {serambi} tou solomôntos {salomo}
Ha-Berit
וְיֵשׁוּעַ מִתְהַלֵךְ בַּמִּקְדָּשׁ בְּאוּלָם שֶׁל־שְׁלֹמֹה׃
Translit interlinear, VEYESHUA {dan Yesus} MIT'HALEKH {Ia berjalan-jalan} BAMIQ'DASH {di Bait Allah} BE'ULAM {di serambi} SHEL-SHELOMOH {milik Salomo}


Bait Allah di Yerusalem


Tuhan Yesus berjalan-jalan di Bait Allah, di serambi Salomo pada Hari Raya Hanukkah (Yohanes 10:22-23).

Injil Yohanes menulis hari penahbisan kembali Bait Suci di Yerusalem, hari Raya ini dilatar belakangi oleh sejarah heroik Yudas Makabeus pada tahun 164 sM, 3 tahun persis sesudah berakhir penajisan Bait Suci itu oleh Antiokhus Epifanes

Hari Raya Hanukkah dirayakan pada tanggal 25 bulan Kislev, selama 8 hari. Dalam Kitab Deuterokanonika, kita dapat temukan informasi mengenai hari raya ini. Bahwa cara merayakannya sangat serupa dengan cara merayakan hari raya Pondok Daun (2 Makabe 10:6), dilakukan dengan sadar, walaupun hari besar ini dapat dirayakan di luar Yerusalem, tidak seperti hari-hari raya besar lainnya. Lampu-lampu penerangan sebagai ciri khasnya memberikan kepada hari raya ini nama "Hari Raya Terang" (Josephus, Antiquities of the Jews, 12. 325). Yohanes 10:22 menunjukkan musim yang sedang berjalan pada saat Hari Raya itu.

Peraturan tentang חֲנֻכָּה‎ - KHANUKAH di kalangan Yahudi Rabinik, dicatat di Babylonian Talmud Shabbat 21b:


Reff: https://www.sefaria.org/Shabbat.21b 
http://www.on1foot.org/text/shabbat-21b 
https://www.myjewishlearning.com/articl ... nd-better/

Kata Ibrani חֲנֻכָּה‎ - KHANUKAH ada dapat dicarikan di Alkitab, yaitu pada peristiwa penahbisan tembok Yerusalem, saat itu dikumpulkan orang-orang Lewi, khususnya para penyanyi, dari desa-desa di sekitar itu. Dua prosesi besar yang bergerak dari sudut barat daya tembok lalu mengelilingi kota tersebut, yang satu dipimpin oleh Ezra dan yang kedua di belakangnya dipimpin oleh Nehemia. Ketika bertemu di Bait Allah, mereka mempersembahkan kurban dan bersukacita luar biasa sebab ibadah-ibadah di Bait Allah telah dipulihkan kembali:

* Nehemia 12:27
LAI TB, Pada pentahbisan tembok Yerusalem orang-orang Lewi dipanggil dari segala tempat mereka dan dibawa ke Yerusalem untuk mengadakan pentahbisan yang meriah dengan ucapan syukur dan kidung, dengan ceracap, gambus dan kecapi.
KJV, And at the dedication of the wall of Jerusalem they sought the Levites out of all their places, to bring them to Jerusalem, to keep the dedication with gladness, both with thanksgivings, and with singing, with cymbals, psalteries, and with harps.
Hebrew, 
וּבַחֲנֻכַּת חֹומַת יְרוּשָׁלִַם בִּקְשׁוּ אֶת־הַלְוִיִּם מִכָּל־מְקֹומֹתָם לַהֲבִיאָם לִֽירוּשָׁלִָם לַעֲשֹׂת חֲנֻכָּה וְשִׂמְחָה וּבְתֹודֹות וּבְשִׁיר מְצִלְתַּיִם נְבָלִים וּבְכִנֹּרֹֽות׃ 
Translit interlinear, UVAKHANUKAT {dan pertabisan dari} KHOMAT {tembok dari} YEROUSHALAM {yerusalem} BIK'SHU {yang mereka dipanggil} 'ET-HALEVIYIM {orang2 lewi itu} MIKOL {dari segala} -MEQOMOTAM {tempat mereka} LAHAVI'AM {untuk membawa} LIRO'USHALAM {ke yerusalem} LA'ASHOT {untuk melakukan} KHANUKAH {penahbisan}VESIM'KHAH {dengan meriah} UVETODOT {dan pengucapan2 syukur} UVESHIR {dan di dalam nyanyian2} METSIL'TAYIM {ceracap} NEVALIM {gambus2} UVEKHINOROT {dan kecapi2}

Ada juga dalam Ezra 6:16 (naskah Aramaic):

* Ezra 6:16 
LAI TB, Maka orang Israel, para imam, orang-orang Lewi dan orang-orang lain yang pulang dari pembuangan, merayakan pentahbisan rumah Allahini dengan sukaria. 
KJV, And the children of Israel, the priests, and the Levites, and the rest of the children of the captivity, kept the dedication of this house of God with joy,
Hebrew, 
וַעֲבַדוּ בְנֵֽי־יִשְׂרָאֵל כָּהֲנַיָּא וְלֵוָיֵא וּשְׁאָר בְּנֵי־גָלוּתָא חֲנֻכַּת בֵּית־אֱלָהָא דְנָה בְּחֶדְוָֽה׃ 
Translit interlinear, VA'AVADU {dan mereka beribadah} VENEY-YIS'RA'EL {bani israel} KAHANAYA {para imam} VELEVAYE {para orang lewi} USHE'AR {dan sisa/ segenap yg lain} BENEY-GALUTA {bani (orang2 yg) hidup dalam pembuangan} KHANUKAT {pentabisan} BEIT-'ELAHA {bait Allah}DENA {ini} BEKHED'VAH {dengan suka cita}

Pada hari raya Hanukkah ada lampu khusus yang disebut חֲנֻכִּיָּה - HANUKIYAH, bentuknya mirip dengan Menorah (kaki dian bercabang 7), tetapi jumlah lampu Hanukiyah berbeda. Total berjumlah 9 lampu, dengan formasi: 4 di sebelah kiri dan 4 di sebelah kanan, dan lampu yang berada di tengah memiliki posisi lebih tinggi. Lampu yang di tengah yang diletakkan lebih tinggi dari 8 lampu lainnya, lampu yang di tengah ini disebut "Shamash" שַׁמָּשׁ artinya: "helper" atau "servant"). Hari pertama mereka menyalakan lampu "Shamash" lebih dahulu, baru kemudian menyalakan 1 lampu di barisan paling kanan, hari kedua mereka menyalakan 2 lampu, demikian seterusnya hingga hari ke delapan, bentuk klasik lampu Hanukiyah seperti di bawah ini:


Note:

Secara tradisi Yahudi, cara menyalakan lampu Hanukiyah bisa dibaca di http://www.chabad.org/holidays/chanukah ... -Guide.htm 
Tata cara penyalaan Shamash untuk Hanukiyah, ada ditulis dalam Talmud, Shabbat 21b–23a.

HARI RAYA NATAL & HARI RAYA HANUKKAH:


Sebenarnya Hari Raya Hanukkah bagi Israel adalah Hari Raya yang minor saja, dan sebenarnya hari raya ini sudah tidak relevan lagi dirayakan oleh Israel sebab Bait Allah di Yerusalem telah runtuh pada tahun 70 Masehi

Namun, mengapa Hari Raya Hanukkah ini tetap dirayakan di Israel? Sebab Hari Raya Hanukkah bagi orang Yahudi Rabinik merupakan "pengharapan akan hadirnya Sang Mesias." Sedangkan bagi kalangan Yahudi Mesianik, Hari Raya Hanukkah ini adalah merayakan/ memperingatiיֵשׁוּעַ הַמָּשִׁיחַ - YESHUA HAMASIAKH yang telah hadir di dunia, dan Dia adalah Terang Dunia (אוֹר הָעוֹלָם - 'OR HA'OLAM).

Ada pendapat bahwa Perayaan Hanukkah di kemudian hari ini justru dipopulerkan kembali oleh para Yahudi Kristen (Yahudi yang percaya Kristus). Dekorasi Pohon Terang pada peringatan Kelahiran Kristus adalah pengaruh dari Hanukkah ini. Alkitab menulis bahwa Tuhan Yesus bersabda dalam kalimat keilahian: "Akulah terang dunia" (Yunani, "εγω ειμι το φως του κοσμου - egô eimi to phôs tou kosmou" menjelang hari Raya Hanukkah :

* Yohanes 8:12
LAI TB, Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."
KJV, Then spake Jesus again unto them, saying, I am the light of the world: he that followeth me shall not walk in darkness, but shall have the light of life.
TR, παλιν ουν ο ιησους αυτοις ελαλησεν λεγων εγω ειμι το φως του κοσμου ο ακολουθων εμοι ου μη περιπατησει εν τη σκοτια αλλ εξει το φως της ζωης 
Translit interlinear, palin {pula} oun {lalu} ho iêsous {Yesus} hautois {kepada mereka} elalêsen {mengatakan} legôn {berkata} egô eimi {Akulah} to phôs {Terang} tou kosmou {(manusia di) dunia} ho {orang yang} akolouthôn {mengikuti} emoi {Aku} ou mê {pasti tidak} peripatêsei {akan berjalan} en {di dalam} tê skotia {kegelapan} all {melainkan} exei {ia akan mempunyai} to phôs {terang} tês zôês {yang memberi hidup (kekal)}
Ha-Berit, 
וַיֹּסֶף יֵשׁוּעַ וַיְדַבֵּר אֲלֵיהֶם לֵאמֹר אֲנִי אוֹר הָעוֹלָם כָּל־הַהֹלֵךְ אַחֲרַי לֹא יִתְהַלֵּךְ בַּחֲשֵׁכָה כִּי־אוֹר הַחַיִּים יִהְיֶה־לּוֹ׃
Translit interlinear, VAYOSEF {dan Ia menambahkan} YESHUA {Yesus} VAYEDABER {dan Ia berkata} 'ELEIHEM {kepada mereka} LEMOR {berkata} 'ANI {Akulah} 'OR {terang} HA'OLAM {dunia} KOL-HAHOLEKH {setiap yang berjalan} 'AKHARAI {mengikut Aku} LO {tidak} VIT'HALEKH {dia akan berjalan} BAKHASHEKHEM {di dalam kegelapan} KI {sebab} -'OR {terang} HAKHAYIM {hidup} YIH'YEH {terjadi} LO' {kepadanya}

Dan menarik pula bahwa Rasul Yohanes mencatat dalam Yohanes 10:22-23, dimana Tuhan Yesus pada hari raya Hanukkah, Ia berada di sekitar Bait Allah, tepatnya di Serambi Salomo, yaitu suatu barisan tiang (kolonade), atau mungkin juga berbentuk kebun terbuka (kloster), yang terdapat di sisi sebelah timur Bait Allah. Diperkirakan dahulu bangunan tersebut berada pada lokasi yang saat ini ditempati oleh Masjid Al-Aqsa. Keterangan mengenai Serambi Salomo terdapat pada Alkitab yang lainnya ada juga di Kitab Kisah Para Rasul 3:11; 5:12. Sejarawan Yosefusmenyebutkan adanya sebuah serambi, pada Bait Allah yang dibangun Herodes Agung di Yerusalem


Pohon Terang Christmas - Hanukkah (Chrismukkah) di Ben Gurion Boulevard, kota Haifa, Israel.


Tradisi memasang pohon terang pada saat-saat natal yang memasang lampu-lampu, lilin dan menghias Pohon Cemara ini bermula dari "hari raya Lampu" (Hanukkah). Tradisi perayaan Natal umat Kristiani disamping merupakan tradisi yang diserap dari kebudayaan Romawi juga diserap dari tradisi hari raya Hanukkah. Ada kalangan Yahudi Kristen merayakan Natal sekaligus Hanukkah dengan sebutan "Chrismukkah", bahkan perayaan 'Yahudi campur Kristen' ini sudah dikenal di Jerman sejak tahun 1800an Masehi, disana dikenal dengan istilah "Weihnukkah". Pada tahun ini Hari Raya Hanukkah jatuh pada tanggal 6-14 Dec 2015, sedangkan tahun depan pada 24 Dec 2016 - 1 Jan 2017.

[/list] 

Blessings in Christ,
BP
Nov 24, 2015

Artikel Terkait:

hanukkah-refleksi-untuk-natal-vt8514.html#p49336

Sejarah Hanukkah, baca ulasan II. C. PASUKAN TENTARA, SETELAH PL & MASA KRISTEN AWAL, di prajurit-perwira-panglima-vt6972.html#p30560

pesan-natal-yesus-terang-dunia-vt1724.html#p7051

study-kata-terang-vt6395.html#p27568

uri-terangku-hebrew-song-vt7783.html#p38523

pohon-cemara-pohon-terang-vt1745.html#p7181 

natal-christmas-holiday-season-vt850.html#p2274

POST A REPLY

1 post • Page 1 of 1

Return to Taurat, Yudaisme, Adat Yahudi

Jump to:Select a forum------------------SarapanPagi Biblika   ARTIKEL-SPB   Salam - Etika berdiskusi di SarapanPagi Biblika   Kesan, Kritik, dan Saran      Audio-VisualBELAJAR ALKITAB   Ajaran tentang TUHAN Allah      Kristologi      Nama Allah   Ajaran      Paskah      Keselamatan (Salvation)      Roh      Baptis      Eskatologi      Akhirat      Doa      Mujizat & Nubuat      Dosa      Blessing - Healing   Alkitab      Perjanjian Lama      Perjanjian Baru      Telaah Naskah Aramaic      Ucapan Yesus yang Sulit      Perumpamaan-perumpamaan      Ucapan Paulus yang Sulit      Ucapan yang Sulit dalam PB      Ucapan yang Sulit dalam PL   Belajar Membaca Alkitab Bahasa Asli      Study Kata      Pengertian ayat-ayat Alkitab   Tokoh Sejarah Kristiani      Tokoh Alkitab   Penciptaan      Manusia      Malaikat & iblis   Agama      Taurat, Yudaisme, Adat Yahudi      Cult/ Bidat      New Age & Agama Baru   Budaya & Arkeologi      Natal      Sejarah & Nama Tempat      Bangsa & Suku   Keluarga & Relationship      Pedoman Konseling   GeneralAPOLOGETIK & TANGGAPAN ATAS TUDUHAN (Read Only)   Menjamu Tuduhan dan Salah Paham      Tuduhan Kontradiksi dan Inkonsistensi Alkitab      Alkitab itu Palsu      Pornografi dalam Alkitab      Kebohongan Kristen      Yesus bukan Tuhan      Rasul Paulus      Ajaran   Lain-lain   OtokritikBunga Rampai Gereja Kristen   Teologi/ Aliran/ Denominasi/ Supremasi Gereja      Gereja Katolik      Ortodox      Reformed      Karismatik   Acara & Pelayanan Gereja-gerejaFORUM TERBUKA   Kritik & Pertanyaan dari Non Kristen   Diskusi, Pertanyaan & Tanggapan Artikel di SPB (dr sesama Kristiani)   Diskusi Beda Doktrin & Teologi   Bincang-bincang (umum)   Renungan & Artikel   FORUM TERBUKA   Diskusi SesamaTRASH BIN   TRASH BIN

WHO IS ONLINE

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest

Board index

/

Delete all board cookies

/

All times are UTC + 7 hours

Powered by phpBB & phpBB SEO
Sarapan Pagi (c)2006 by BP & Saxman
Style we_universal created by Inventia.

Board indexFAQSearchThe teamRegisterLogin

2 comments:

  1. Hari Raya Hanukkah merayakan penahbisan bait suci pada musim dingin setelah kerusakan akibat serangan bangsa Yunani

    ReplyDelete