Tuesday, April 9, 2019

ANAK MANUSIA

Daftar Isi: KECIL: Anak Manusia ; GLOSARI AYT: Anak Manusia ; BROWNING: ANAK MANUSIA ; ENSIKLOPEDIA: ANAK MANUSIA ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Anak Manusia Ke atas Anak Manusia [Kamus Kecil] TB- Ungkapan ini dalam Perjanjian Lama berarti: manusia. Tetapi sejak Dan 7:13 ungkapan ini menunjuk pada tokoh penyelamat di zaman yang akan datang. Yesus sering menyebut diri-Nya Anak Manusia, baik untuk menyatakan kerendahan-Nya (Mat 8:20) dan penderitaan-Nya (Mr 8:31), maupun kebangkitan-Nya (Mat 17:9) dan kedatangan-Nya sebagai Hakim (Mat 25:31). Dialah yang datang untuk melayani dan memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang (Mat 20:18). BIS- Gelar yang dipakai oleh Yesus untuk menunjukkan bahwa Ialah Penyelamat yang diutus oleh Allah (Mr 10:45). Yesus memakai gelar ini untuk menunjukkan kerendahan-Nya pada waktu Ia di dunia (Mr 8:31; Luk 9:58) dan untuk menunjukkan kebesaran-Nya sesudah itu (Mat 25:31; Mr 8:38). Ke atas Anak Manusia [Glosari AYT] Nama yang dipakai Yesus untuk menyebut diri-Nya sendiri berdasarkan nubuatan Kitab Daniel. Dalam Dan. 7:13-14, nama ini merujuk kepada Mesias yang dijanjikan oleh Allah untuk menyelamatkan umat manusia. Gelar “Anak Manusia” di Daniel 7 menunjukkan pembedaan yang sangat jelas antara penguasa-penguasa dunia (yang memerintah dengan kejam dan digambarkan sebagai binatang buas) dengan Mesias sebagai penguasa yang adil dan benar. Ke atas ANAK MANUSIA [Kamus Browning] Ungkapan yang biasa dipakai oleh Yesus, sering kali dalam semua Injil, tetapi tidak terdapat di tempat lain dalam PB (kecuali Kis. 7:56, dan Why. 1:13). Dalam bahasa Yunani merupakan suatu terjemahan yang aneh dari kata Aram: bar nasha = Ibrani: ben aram. Dalam PL ungkapan ini adalah sapaan Allah kepada Nabi --> Yehezkiel dan dalam Mzm. 8 digunakan untuk umat manusia pada umumnya, sebagai yang terutama dalam seluruh. ciptaan. Dalam Dan. 7:13 dst. ungkapan ini dipakai untuk umat Israel, yang dipertentangkan dengan 'binatang', yang adalah simbol dari --> bangsa-bangsa --> bukan Yahudi. Lebih kemudian dalam *Perumpamaan-perumpamaan Henokh, Anak Manusia adalah tokoh supranatural, pelaksana --> keselamatan dan --> penghakiman.Dalam sekian banyak perdebatan dikemukakan bahwa istilah Anak Manusia ini oleh Yesus tidak dipakai untuk menunjuk pada diri-Nya sendiri dan bahwa gelar ini dikenakan pada Yesus oleh Gereja pasca --> kebangkitan. Tetapi, kenyataan bahwa istilah ini tidak dipakai di luar Injil-injil dianggap sebagai petunjuk juga bahwa sebutan Anak Manusia itu dianggap suci sebagai ucapan Yesus sendiri. Para ahli lain ingin membedakan perkataan Yesus yang menunjuk pada kehidupan-Nya kini dan kematian-Nya segera dari perkataan-Nya yang menantikan kerajaan yang akan datang dan kedudukan Anak Manusia di dalamnya. Banyak ahli Jerman berpendapat bahwa 'Anak Manusia' hanya dapat mempunyai arti apokalyptis, dan adalah bagian dari penantian masa depan dari Yesus. Ucapan-ucapan yang tidak termasuk dalam kerangka ini adalah berasal dari Gereja. Namun, masih ada pandangan lain yang kian diterima, yaitu bahwa Yesus memang menggunakan istilah itu dan dengan itu menunjuk kepada diri-Nya sendiri, tetapi istilah Anak Manusia itu adalah suatu ungkapan yang sulit, tidak langsung, sengaja membingungkan, yang man mengatakan, 'Aku, yaitu manusia seperti Aku ini.' Injil Matius jelas mengartikan 'Anak Manusia' itu Yesus, karena ia kadang-kadang mengganti 'Anak Manusia' dengan 'Aku' (Mat. 10:32 sebagai ganti Mrk. 8:38). Bagi Matius, 'Anak Manusia' itu adalah jelas kehormatan khusus. Yesus bukanlah seorang manusia biasa (Mat. 16:13) dan apabila masa --> penderitaan Yesus selesai ('mulai sekarang', Mat. 26:64) Anak Manusia itu dinobatkan.Pandangan seperti itu mempertahankan keaslian dari perkataan Yesus untuk kini, sementara ungkapan apokalyptik Yang menyatakan kemuliaan Anak Manusia yang akan datang adalah berasal dari Gereja sebagai bagian dari interpretasi Kristen terpenting. Ke atas ANAK MANUSIA [Ensiklopedia] Lihat YESUS KRISTUS. Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Anak Manusia: TB BIS

Anak DOMBA

Daftar Isi: KECIL: Anak Manusia ; GLOSARI AYT: Anak Manusia ; BROWNING: ANAK MANUSIA ; ENSIKLOPEDIA: ANAK MANUSIA ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Anak Manusia Ke atas Anak Manusia [Kamus Kecil] TB- Ungkapan ini dalam Perjanjian Lama berarti: manusia. Tetapi sejak Dan 7:13 ungkapan ini menunjuk pada tokoh penyelamat di zaman yang akan datang. Yesus sering menyebut diri-Nya Anak Manusia, baik untuk menyatakan kerendahan-Nya (Mat 8:20) dan penderitaan-Nya (Mr 8:31), maupun kebangkitan-Nya (Mat 17:9) dan kedatangan-Nya sebagai Hakim (Mat 25:31). Dialah yang datang untuk melayani dan memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang (Mat 20:18). BIS- Gelar yang dipakai oleh Yesus untuk menunjukkan bahwa Ialah Penyelamat yang diutus oleh Allah (Mr 10:45). Yesus memakai gelar ini untuk menunjukkan kerendahan-Nya pada waktu Ia di dunia (Mr 8:31; Luk 9:58) dan untuk menunjukkan kebesaran-Nya sesudah itu (Mat 25:31; Mr 8:38). Ke atas Anak Manusia [Glosari AYT] Nama yang dipakai Yesus untuk menyebut diri-Nya sendiri berdasarkan nubuatan Kitab Daniel. Dalam Dan. 7:13-14, nama ini merujuk kepada Mesias yang dijanjikan oleh Allah untuk menyelamatkan umat manusia. Gelar “Anak Manusia” di Daniel 7 menunjukkan pembedaan yang sangat jelas antara penguasa-penguasa dunia (yang memerintah dengan kejam dan digambarkan sebagai binatang buas) dengan Mesias sebagai penguasa yang adil dan benar. Ke atas ANAK MANUSIA [Kamus Browning] Ungkapan yang biasa dipakai oleh Yesus, sering kali dalam semua Injil, tetapi tidak terdapat di tempat lain dalam PB (kecuali Kis. 7:56, dan Why. 1:13). Dalam bahasa Yunani merupakan suatu terjemahan yang aneh dari kata Aram: bar nasha = Ibrani: ben aram. Dalam PL ungkapan ini adalah sapaan Allah kepada Nabi --> Yehezkiel dan dalam Mzm. 8 digunakan untuk umat manusia pada umumnya, sebagai yang terutama dalam seluruh. ciptaan. Dalam Dan. 7:13 dst. ungkapan ini dipakai untuk umat Israel, yang dipertentangkan dengan 'binatang', yang adalah simbol dari --> bangsa-bangsa --> bukan Yahudi. Lebih kemudian dalam *Perumpamaan-perumpamaan Henokh, Anak Manusia adalah tokoh supranatural, pelaksana --> keselamatan dan --> penghakiman.Dalam sekian banyak perdebatan dikemukakan bahwa istilah Anak Manusia ini oleh Yesus tidak dipakai untuk menunjuk pada diri-Nya sendiri dan bahwa gelar ini dikenakan pada Yesus oleh Gereja pasca --> kebangkitan. Tetapi, kenyataan bahwa istilah ini tidak dipakai di luar Injil-injil dianggap sebagai petunjuk juga bahwa sebutan Anak Manusia itu dianggap suci sebagai ucapan Yesus sendiri. Para ahli lain ingin membedakan perkataan Yesus yang menunjuk pada kehidupan-Nya kini dan kematian-Nya segera dari perkataan-Nya yang menantikan kerajaan yang akan datang dan kedudukan Anak Manusia di dalamnya. Banyak ahli Jerman berpendapat bahwa 'Anak Manusia' hanya dapat mempunyai arti apokalyptis, dan adalah bagian dari penantian masa depan dari Yesus. Ucapan-ucapan yang tidak termasuk dalam kerangka ini adalah berasal dari Gereja. Namun, masih ada pandangan lain yang kian diterima, yaitu bahwa Yesus memang menggunakan istilah itu dan dengan itu menunjuk kepada diri-Nya sendiri, tetapi istilah Anak Manusia itu adalah suatu ungkapan yang sulit, tidak langsung, sengaja membingungkan, yang man mengatakan, 'Aku, yaitu manusia seperti Aku ini.' Injil Matius jelas mengartikan 'Anak Manusia' itu Yesus, karena ia kadang-kadang mengganti 'Anak Manusia' dengan 'Aku' (Mat. 10:32 sebagai ganti Mrk. 8:38). Bagi Matius, 'Anak Manusia' itu adalah jelas kehormatan khusus. Yesus bukanlah seorang manusia biasa (Mat. 16:13) dan apabila masa --> penderitaan Yesus selesai ('mulai sekarang', Mat. 26:64) Anak Manusia itu dinobatkan.Pandangan seperti itu mempertahankan keaslian dari perkataan Yesus untuk kini, sementara ungkapan apokalyptik Yang menyatakan kemuliaan Anak Manusia yang akan datang adalah berasal dari Gereja sebagai bagian dari interpretasi Kristen terpenting. Ke atas ANAK MANUSIA [Ensiklopedia] Lihat YESUS KRISTUS. Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Anak Manusia: TB BIS

ANAK DAUD

Daftar Isi: KECIL: Anak Daud ; GLOSARI AYT: Anak Daud ; BROWNING: ANAK DAUD , DAUD, ANAK ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Anak Daud Ke atas Anak Daud [Kamus Kecil] TB- Gelar untuk Mesias (Almasih) yang dinantikan dari keturunan raja Daud, bandingkan 2Sam 7:1-29. BIS- Gelar yang dipakai oleh orang-orang Yahudi untuk raja yang mereka harap-harapkan, yaitu Raja yang dijanjikan oleh Allah, dari keturunan Raja Daud. Ke atas Anak Daud [Glosari AYT] Secara umum, digunakan untuk menyebut setiap orang yang berasal dari keturunan Raja Daud, tetapi kemudian penyebutan ini dikhususkan menjadi gelar bagi Kristus karena menurut nubuatan ia akan berasal dari keturunan Raja Daud. Ke atas ANAK DAUD [Kamus Browning] Suatu gelar mesianik yang untuk pertama kalinya dipakai dalam Mazmur Salomo (17:21); dikenakan kepada Yesus (mis. Mrk. 10:47; Mat. 1:1; 21:9). Menurut pengharapan Yahudi, --> Mesias ini adalah keturunan --> Daud, raja Israel yang paling sempurna. Matius mengukuhkan pengharapan ini: Yesus menerima sambutan orang banyak sebagai Anak Daud itu pada waktu Yesus memasuki Yerusalem. Dan Yesus mengejutkan orang-orang yang melawan-Nya dalam persoalan Mesias ini pada puncak perbantahan mereka di Yerusalem (Mat. 22:41-46). Gelar ini digunakan Matius sembilan kali dan agaknya merupakan jawabannya atas keberatan orang-orang Yahudi pada saat Injil Matius dituliskan, terhadap pengakuan Gereja bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Daud: Kanak-kanak Yesus itu adalah Anak Daud (Mat. 2:2); sebagai Anak Daud, Yesus memasuki Yerusalem (Mat. 21:9), tetapi orang --> Farisi tidak pernah menyebut Yesus demikian. Dia tidak cocok dengan penantian Anak Daud yang ada pada waktu itu. Pelepasan yang Yesus tawarkan bukan seperti yang dibawakan Raja Daud, hanya pelepasan dari penyakit dan untuk mengasihi. Jelas ini menekankan kemesiasan dari Yesus, tetapi dalam Injil Matius kemesiasan itu merupakan suatu perubahan dari pengharapan Israel. Memang gelar ini bagi Yesus digunakan oleh seorang perempuan --> bukan Yahudi (Mat. 15:22). Lihat juga --> Daud, Anak. Ke atas DAUD, ANAK [Kamus Browning] Baik dalam Injil-injil (Mat. 1:17), maupun oleh Paulus (Rm. 1:3), di klaim bahwa dari sisi manusiawi-Nya Yesus adalah keturunan keluarga Raja Daud. Namun, biasanya gelar Anak Daud diberikan oleh orang-orang di luar lingkaran --> murid-murid Yesus, misalnya oleh dua orang buta (Mat. 9:27). Bagi sementara orang beriman, ' --> Anak Daud' harus diberi sifat atau dilengkapi dengan pembenaran bahwa Ia juga ' --> Anak Allah', sekalipun penegasan itu secara ironis diletakkan di bibir para pengolok (Mat. 27:40, dan 43).Merupakan standar kepercayaan Yahudi bahwa --> Mesias akan diturunkan dari Daud. Hal ini dikutip oleh --> Petrus dalam Kis. 2:30-31 dan 2Tim. 2:8 sebagai bukti kemesiasan Yesus. Namun, sebutan Yesus Anak Daud jarang sekali digunakan oleh jemaat, yang tersebar ke wilayah bukan Yahudi, yang bagi mereka masalah tersebut (bahwa Yesus Anak Daud) tidak begitu berarti. Dalam kontroversi yang dicatat dalam Mrk. 12:15-17, Yesus sendiri tampaknya meremehkan gelar tersebut. Mungkin karena gelar tersebut mengandung nada yang tidak diakui-Nya. Namun, pada saat yang sama Ia selalu mengatakan bahwa Mesias lebih besar daripada Raja Daud. Kemungkinan, ini lebih merupakan --> perikop yang mencerminkan situasi Markus daripada situasi Yesus menjelang *penyaliban-Nya. para pembaca Injil Markus tidak hanya mengakui kemesiasan Yesus sebagai penggenapan pengharapan Yahudi, tetapi bahwa Ia adalah benar-benar Tuhan. Hal inilah sang mendorong Mrk. 12:36 mengutip Mzm. 110:1 (teks bukti yang populer di kalangan umat Kristen). Daud sendiri, dengan anggapan bahwa pada waktu itu ia telah menulis mazmur, menyebut Mesias 'Tuhan', sehingga Ia mesti lebih besar daripada Anak Daud. Ayat ini secara signifikan mendahului ungkapan --> kepala pasukan --> bukan Yahudi dalam Mrk. 15:39. Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Anak Daud: TB BIS

ANAK DAUD

Daftar Isi: KECIL: Anak Daud ; GLOSARI AYT: Anak Daud ; BROWNING: ANAK DAUD , DAUD, ANAK ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Anak Daud Ke atas Anak Daud [Kamus Kecil] TB- Gelar untuk Mesias (Almasih) yang dinantikan dari keturunan raja Daud, bandingkan 2Sam 7:1-29. BIS- Gelar yang dipakai oleh orang-orang Yahudi untuk raja yang mereka harap-harapkan, yaitu Raja yang dijanjikan oleh Allah, dari keturunan Raja Daud. Ke atas Anak Daud [Glosari AYT] Secara umum, digunakan untuk menyebut setiap orang yang berasal dari keturunan Raja Daud, tetapi kemudian penyebutan ini dikhususkan menjadi gelar bagi Kristus karena menurut nubuatan ia akan berasal dari keturunan Raja Daud. Ke atas ANAK DAUD [Kamus Browning] Suatu gelar mesianik yang untuk pertama kalinya dipakai dalam Mazmur Salomo (17:21); dikenakan kepada Yesus (mis. Mrk. 10:47; Mat. 1:1; 21:9). Menurut pengharapan Yahudi, --> Mesias ini adalah keturunan --> Daud, raja Israel yang paling sempurna. Matius mengukuhkan pengharapan ini: Yesus menerima sambutan orang banyak sebagai Anak Daud itu pada waktu Yesus memasuki Yerusalem. Dan Yesus mengejutkan orang-orang yang melawan-Nya dalam persoalan Mesias ini pada puncak perbantahan mereka di Yerusalem (Mat. 22:41-46). Gelar ini digunakan Matius sembilan kali dan agaknya merupakan jawabannya atas keberatan orang-orang Yahudi pada saat Injil Matius dituliskan, terhadap pengakuan Gereja bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Daud: Kanak-kanak Yesus itu adalah Anak Daud (Mat. 2:2); sebagai Anak Daud, Yesus memasuki Yerusalem (Mat. 21:9), tetapi orang --> Farisi tidak pernah menyebut Yesus demikian. Dia tidak cocok dengan penantian Anak Daud yang ada pada waktu itu. Pelepasan yang Yesus tawarkan bukan seperti yang dibawakan Raja Daud, hanya pelepasan dari penyakit dan untuk mengasihi. Jelas ini menekankan kemesiasan dari Yesus, tetapi dalam Injil Matius kemesiasan itu merupakan suatu perubahan dari pengharapan Israel. Memang gelar ini bagi Yesus digunakan oleh seorang perempuan --> bukan Yahudi (Mat. 15:22). Lihat juga --> Daud, Anak. Ke atas DAUD, ANAK [Kamus Browning] Baik dalam Injil-injil (Mat. 1:17), maupun oleh Paulus (Rm. 1:3), di klaim bahwa dari sisi manusiawi-Nya Yesus adalah keturunan keluarga Raja Daud. Namun, biasanya gelar Anak Daud diberikan oleh orang-orang di luar lingkaran --> murid-murid Yesus, misalnya oleh dua orang buta (Mat. 9:27). Bagi sementara orang beriman, ' --> Anak Daud' harus diberi sifat atau dilengkapi dengan pembenaran bahwa Ia juga ' --> Anak Allah', sekalipun penegasan itu secara ironis diletakkan di bibir para pengolok (Mat. 27:40, dan 43).Merupakan standar kepercayaan Yahudi bahwa --> Mesias akan diturunkan dari Daud. Hal ini dikutip oleh --> Petrus dalam Kis. 2:30-31 dan 2Tim. 2:8 sebagai bukti kemesiasan Yesus. Namun, sebutan Yesus Anak Daud jarang sekali digunakan oleh jemaat, yang tersebar ke wilayah bukan Yahudi, yang bagi mereka masalah tersebut (bahwa Yesus Anak Daud) tidak begitu berarti. Dalam kontroversi yang dicatat dalam Mrk. 12:15-17, Yesus sendiri tampaknya meremehkan gelar tersebut. Mungkin karena gelar tersebut mengandung nada yang tidak diakui-Nya. Namun, pada saat yang sama Ia selalu mengatakan bahwa Mesias lebih besar daripada Raja Daud. Kemungkinan, ini lebih merupakan --> perikop yang mencerminkan situasi Markus daripada situasi Yesus menjelang *penyaliban-Nya. para pembaca Injil Markus tidak hanya mengakui kemesiasan Yesus sebagai penggenapan pengharapan Yahudi, tetapi bahwa Ia adalah benar-benar Tuhan. Hal inilah sang mendorong Mrk. 12:36 mengutip Mzm. 110:1 (teks bukti yang populer di kalangan umat Kristen). Daud sendiri, dengan anggapan bahwa pada waktu itu ia telah menulis mazmur, menyebut Mesias 'Tuhan', sehingga Ia mesti lebih besar daripada Anak Daud. Ayat ini secara signifikan mendahului ungkapan --> kepala pasukan --> bukan Yahudi dalam Mrk. 15:39. Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Anak Daud: TB BIS

ANAK ALLAH

Daftar Isi: KECIL: Anak ...; Gelar untuk Yesus , Anak Allah ; BROWNING: ANAK ALLAH ; ENSIKLOPEDIA: ANAK ALLAH ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Anak Allah Ke atas Anak ...; Gelar Untuk Yesus [Kamus Kecil] KS.- [PB] Manusia, Mat 8:20; 9:6; 10:23; 11:19; 12:8,32,40; 13:37,41; Mat 16:13,27,28; 17:9,12,22; 19:28; 20:18,28; 24:27,30,37,39,44; Mat 25:31; 26:2,24,45,64; Luk 18:8; Yoh 1:51; 3:13-14; 5:27; Yoh 6:27,53,62; 8:28; 9:35; 12:23,34; 13:31; Kis 7:56 Allah, Mat 3:17; 4:3,6; 14:33; 16:16; 17:5; 26:63; 27:40,43; Mr 1:1; 15:39; Luk 1:32; Yoh 1:34,49; 5:19-26; 10:36; 11:4,27; Kis 9:20; 13:33; Rom 1:3,4,9; 5:10; 8:3; 1Kor 1:9; Gal 2:20; 4:4,6; Ef 4:13; 1Tes 1:10; Ibr 1:2,5,8; 4:14; 5:5,8; 10:29; 1Yoh 2:22-24; 3:8; 4:9,10,14,15; 5:9-13 Daud, Mat 1:1; 9:27; 12:23; 15:22; 20:30-31; 21:9,15; 22:42,45 Ke atas Anak Allah [Kamus Kecil] TB- Israel disebut anak Allah atau anak sulung Allah (Kej 4:22-23; Hos 11:1). Demikian juga raja Israel, keturunan Daud (2Sam 7:14; Mazm 2:7). Tetapi kemudian terutama gelar untuk Yesus Kristus yang menyatakan bahwa Ia berasal dari Allah dan melakukan kehendak Bapa-Nya, sehingga Ia adalah orang kesayangan Allah. BIS- Dahulu kala seluruh bangsa Israel digelar "Anak Allah" (Kel 4:22), begitu juga raja Israel keturunan Daud (2Sam 7:14; Mazm 2:7), karena ia memerintah sebagai wakil Allah. Tetapi kemudian gelar ini diberikan terutama sekali kepada Raja yang dijanjikan oleh Allah; Ialah raja yang diharapkan datang pada akhir zaman. Dalam kitab Roma Rom 1:3-4 yang dimaksud dengan Anak Allah ialah Yesus, karena Yesus hidup kembali dari kematian dan karena sejak Paskah, Yesus memerintah bersama-sama dengan Allah. Dalam Markus Mr 1:9-11, pada waktu Yesus dibaptis, Ia diakui sebagai Anak Allah, ketika suara dari surga mengatakan kepada-Nya, "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi." Kata-kata itu sesuai dengan kata-kata dalam Mazmur Mazm 2:7. Matius Mat 1:18 dan Lukas Luk 1:35 menyatakan bahwa Yesus berada dalam kandungan Maria, seorang perawan, karena kuasa Roh Allah. Ke atas ANAK ALLAH [Kamus Browning] Suatu gelar untuk raja dalam Pt. (mis. Mzm. 2:7). Dalam bentuk jamak, yang dimaksud adalah orang-orang Yahudi yang setia (Keb. 7:9). Dalam --> Gulungan Laut Mati dan 4 Ezra 7:28, anak Allah adalah suatu gelar mesianik. Sekalipun orang Kristen mengakui keanakan Allah Yesus sesudah *kebangkitan-Nya, tetapi ada kecenderungan untuk mendorong pengakuan ini ke depan pada *baptisannya oleh --> Yohanes Pembaptis (Mrk. 1:11) dan pada saat Yesus dimuliakan (Mrk. 9:7), atau bahkan sebelum kelahiran-Nya. Menurut Paulus (Rm. 1:4; dan juga Yoh. 1:18), Yesus ditentukan sebagai 'Anak Allah'. Ini dapat berarti bahwa ada makhluk ilahi yang praeksisten masuk ke dalam kehidupan manusia dan berdaya dalam diri Yesus. Bagaimanapun, menurut Mat. 1:18-25, awal kehidupan Yesus adalah suatu peristiwa di mana Allah yang berprakarsa. Ada perkataan dari Yesus yang menyebut Allah sebagai Bapa-Nya (Mrk. 13:32). Pada bagian akhir Injil (Mat. 27:54 yang mengikuti Mrk. 15:39), seorang --> kepala pasukan membuat pengakuan --> iman Kristen. Jika sesungguhnya ia mengucapkan perkataan seperti itu, mestinya ia berkata, 'Ia adalah seorang Anak Allah' (tidak ada kata sandang tertentu dalam bahasa Yunani), yang berarti seorang yang berasal ilahi dalam pengertian kafir. Kaisar --> Agustus mempunyai gelar 'anak Allah' setelah Julius Caesar, ayahnya diilahkan dengan dekrit senat pada 42 sM. Bagi pembaca Kristen dari Injil-injil, kepentingannya terletak pada perkataan itu, yang adalah saksi yang tidak dicari atas apa yang mereka sendiri percaya. Dalam surat-surat Paulus 'anak Allah' adalah suatu gelar Kristologi (mis. Gal. 4:4), dan Ibr. 1:5 mengutip Mzm. 2:7. Kedudukan ilahi yang pasti diberikan kepada Yesus oleh Konsili Nicaea (325 M). Ke atas ANAK ALLAH [Ensiklopedia] Lihat YESUS KRISTUS. Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Anak Allah: TB BIS

ANAK DOMBA

Daftar Isi: KECIL: Anak Domba ; PEDOMAN: Anak Domba , Teladan, Gambaran Dari Anak Domba Paskah ; GLOSARI AYT: Anak Domba ; LAMBANG: Anak Domba ; YUNANI: 721 αρνιον arnion ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Anak Domba Anak Domba: dipakai untuk korban persembahan, Kel 12:5; sebab itu Kristuspun dinamakan Anak Domba Allah, Yoh 1:29 (Kamus Gering) Ke atas Anak Domba [Kamus Kecil] BIS- Di dalam agama Yahudi, domba yang muda sekali biasanya dipakai sebagai kurban kepada Allah. Itu sebabnya Yesus kadang-kadang disebut "Domba Allah" (Yoh 1:29) atau "Domba yang dikurbankan kepada Allah" (1Pet 1:18-19), karena Ia menyerahkan diri-Nya untuk mati sebagai kurban untuk seluruh umat manusia. Dalam kitab Wahyu, Yesus diberi gelar "Anak Domba". KS.- Kurban, sebelum hukum Musa [PL] Kej 4:4; 22:7-8; kurban bakaran Im 9:3; kurban perdamaian Im 23:19 Paskah [PL] Kel 12:3,5; 2Taw 35:11 [PB] Mr 14:12; Luk 22:7 Kiasan [PL] Yes 53:7; Yer 11:19 kiasan atau gelar untuk Kristus [PB] Yoh 1:29,36; 1Kor 5:7; 1Pet 1:19; Wahy 5:6,8,12,13; 7:9,10,14,17; 12:11; Wahy 17:14; 19:7,9; 21:9,14,22,23,27; 22:1,3 Ke atas Anak Domba [Kamus Pedoman] 1. Kawanan domba yang masih muda. Kel 12:5; Yeh 45:15 2. Dilukiskan dengan sifat: 2.1 Sabar. Yes 53:7 2.2 Suka bermain. Mazm 114:6 3. Mudah diserang oleh binatang buas. 1Sam 17:34 4. Pemeliharaan gembala terhadap - . Yes 40:11 5. Digunakan untuk: 5.1 Makanan. Ul 32:14; 2Sam 12:4 5.2 Pakaian. Ams 27:26 5.3 Korban. 1Taw 29:21; 2Taw 29:32 6. Dianggap sebagai makanan yang sedap. Am 6:4 7. Dipersembahkan sebagai korban: 7.1 Yang betina. Bil 6:14 7.2 Yang jantan. Kel 12:5 7.3 Sejak zaman purbakala. Kej 4:4; 22:7,8 7.4 Yang berumur setahun. Kel 12:5; Bil 6:14 7.5 Yang masih menyusu. 1Sam 7:9 7.6 Pada hari Paskah. Kel 12:3,6,7 7.7 Tiap pagi dan petang. Kel 29:38,39; Bil 28:3,4 7.8 Oleh orang fasik, tetapi tidak diterima. Yes 1:11; 66:3 8. Banyak - yang diberikan oleh Yosia kepada orang untuk dipersembahkan. 2Taw 35:7 9. Semua anak sulung keledai harus ditebus dengan - . Kel 13:13; 34:20 10. Diperdagangkan secara besar-besaran. Ezr 7:17; Yeh 27:21 11. Diberikan sebagai upeti atau pajak kepada raja. 2Raj 3:4; Yes 16:1 12. Perjanjian-perjanjian diteguhkan dengan memberi - . Kej 21:28-30 13. Gambar - , adalah cap pertama kali pada mata uang. Kej 33:19; Yos 24:32 14. Melukiskan: 14.1 Kesucian Kristus. 1Pet 1:19 14.2 Kristus sebagai korban. Yoh 1:29; Wahy 5:6 14.3 Sesuatu yang disayangi atau dikasihi. 2Sam 12:3,9 14.4 Umat Tuhan. Yes 5:17; 11:6 14.5 Orang percaya yang lemah imannya. Yes 40:11; Yoh 21:15 14.6 (Kesabaran - ) kesabaran Kristus. Yes 53:7; Kis 8:32 14.7 (Di tengah-tengah serigala) hamba-hamba Tuhan di antara orang yang tidak mengenal Dia. Luk 10:3 14.8 (Ditinggalkan di tempat yang sunyi dan berbahaya) orang Israel yang tidak dilindungi oleh Allah lagi. Hos 4:16 14.9 (Yang disembelih) orang jahat yang mendapat hukuman. Yer 51:40 14.10 (Habis terbakar di dalam api pengorbanan) kebinasaan orang fasik. Mazm 37:20 Ke atas Teladan, Gambaran Dari Anak Domba Paskah [Kamus Pedoman] 1. Suatu teladan Kristus. Kel 12:3; 1Kor 5:7 2. Jantan, berumur setahun. Kel 12:5; Yes 9:6 3. Tidak bercela. Kel 12:5; 1Pet 1:19 4. Diambil dari kawanan domba. Kel 12:5; Ibr 2:14,17 5. Dipilih sebelumnya. Kel 12:3; 1Pet 2:4 6. Dikurung selama empat hari sehingga dapat diperiksa. Kel 12:6; Yoh 8:46; 18:38 7. Disembelih oleh orang-orang Israel. Kel 12:6; Kis 2:23 8. Disembelih di tempat yang dipilih Tuhan untuk kediaman nama-Nya. Ul 16:2,5-7; 2Taw 35:1; Luk 13:33 9. Disembelih pada waktu senja. Kel 12:6; Mr 15:34,37 10. Darah - ditumpahkan. Kel 12:7; Luk 22:20 11. Darah - disapukan pada ambang atas dan pada kedua tiang pintu. Kel 12:22; Ibr 9:13,14; 10:22; 1Pet 1:2 12. Darah - tidak dipercikkan pada ambang pintu. Kel 12:7; Ibr 10:29 13. Satu tulangnya pun tidak boleh dipatahkan. Kel 12:46; Yoh 19:36 14. Tidak dimakan mentah. Kel 12:9; 1Kor 11:28,29 15. Dipanggang. Kel 12:8; Mazm 22:15,16 16. Dimakan dengan sayur yang pahit. Kel 12:8; Za 12:10 17. Dimakan dengan roti bundar yang tidak beragi. Kel 12:39; 1Kor 5:7,8; 2Kor 1:12 18. Dimakan dengan buru-buru. Kel 12:11; Ul 16:3 19. Dimakan dengan pinggang berikat. Kel 12:11; Luk 12:35; Ef 6:14; 1Pet 1:13 20. Dimakan dengan tongkat di tangan. Kel 12:11; Mazm 23:4 21. Dimakan dengan kasut pada kaki. Kel 12:11; Ef 6:15 22. Tidak dibawa keluar dari dalam rumah. Kel 12:46; Ef 3:17 23. Apa yang tinggal sampai pagi, harus dibakar habis dengan api. Kel 12:10; Mat 7:6; Luk 11:3 Ke atas Anak Domba [Glosari AYT] Di dalam agama Yahudi, anak domba biasanya dipakai sebagai kurban kepada Allah. Itu sebabnya Yesus kadang-kadang disebut "Anak Domba Allah" (Yoh 1:29) atau "Domba yang dikurbankan kepada Allah" (1Pet 1:18-19) karena Ia menyerahkan diri-Nya untuk mati sebagai kurban untuk seluruh umat manusia. Dalam kitab Wahyu, Yesus diberi gelar "Anak Domba". Ke atas Anak Domba [Kamus Lambang] (1) LAMBANG Kristus yang lemah lembut dan rendah hati. Sebagai binatang pilihan yang digunakan untuk korban persembahan, anak domba menandakan Kristus sebagai Oknum yang rela menyerahkan diriNya menjadi tebusan dosa-dosa kita. Domba yang dikorbankan itu haruslah yang terbaik, tanpa cacat cela, dan ini sekaligus menandakan kekudusan Kristus. Kemenangan Kristus yang dicapai melalui perendahan diriNya dan kematian-Nya itu sangat bertentangan dengan pengertian manusiawi. Maka LAMBANG anak domba dalam literatur apokaliptik sering dipakai sebagai gambaran yang tepat untuk Kristus yang dimuliakan dan bertakhta dalam Kitab Why. Kej 22:7; Kel 12:3; Bil 6:14; 1 Sam 7:9; Yes 53:7; Yer 11:19; Yeh 46:13; Yoh 1:29, 36; Kis 8:32; Why 5:6-13; 6:1, 16; 7:9-17; 12:11; 13:8; 14:1-10; 15:3; 17:14; 19:7, 9; 21:9-27; 22:3. (2) METAFORA orang-orang percaya, kadang-kadang khusus untuk orang yang baru percaya. Yes 40:11; Luk 10:3. (3) SIMILE bagi mereka yang akan mati tersembelih di bawah huku man Allah. Yes 34:6; Yeh 39:18. (4) SIMILE nabi palsu. Why 13:11. Ke atas Yunani Strongs #721 αρνιον arnion arnion {ar-nee'-on}: anak domba, domba (Kamus Yoppi) ου [neuter] anak domba, biri-biri (Kamus Barclay) Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Anak Domba: BIS TB

Monday, April 8, 2019

Kudus & Kekudusan

Daftar Isi: KECIL: Kudus ; PEDOMAN: Kudus, Kekudusan ; GLOSARI AYT: Kudus ; BROWNING: KUDUS , MENGUDUSKAN ; ENSIKLOPEDIA: KUDUS, KEKUDUSAN ; YUNANI: 37 αγιαζω hagiazo ; 40 αγιος hagios ; STATISTIK: KUDUS ; KEKUDUSAN ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Kudus, Kekudusan Ke atas Kudus [Kamus Kecil] TB- Allah adalah kudus, artinya Ia bebas terhadap dunia. Ia menguduskan manusia, artinya memilih mereka sehingga menjadi milik-Nya. Orang-orang kudus ialah orang-orang yang dikuduskan oleh --> Roh Kudus --> 20666, sehingga mereka tidak lagi "dari dunia ini" (Yoh 17:14-19). Dalam surat-surat rasul Paulus "orang-orang kudus" berarti: orang-orang Kristen. Ke atas Kudus, Kekudusan [Kamus Pedoman] 1. Diperintahkan. Im 11:45; 20:7; Rom 12:1; Ef 5:8,9; Kol 3:12 2. Kristus: 2.1 Menghendaki - bagi umat-Nya. Yoh 17:17 2.2 Akibat - di dalam umat-Nya. Ef 5:25-27 2.3 Satu contoh - . Ibr 7:26; 1Pet 2:21,22 3. Watak Allah menjadi ukuran - . Im 19:2; 1Pet 1:15,16; Ef 5:1 4. Watak Kristus menjadi ukuran - . Rom 8:29; Fili 2:5; 1Yoh 2:6 5. Injil adalah jalan - . Yes 35:8 6. Perlu untuk beribadah kepada Allah. Mazm 24:3,4 7. Tanpa - tidak seorang pun akan melihat Tuhan. Ef 5:5; Ibr 12:14 8. Orang-orang kudus: 8.1 Dipilih untuk - . Rom 8:29; Ef 1:4 8.2 Dipanggil kepada - . 1Tes 4:7; 2Tim 1:9 8.3 Diciptakan baru di dalam - . Ef 4:24 8.4 Memiliki - . 1Kor 3:17; Ibr 3:1 8.5 Memperoleh buah-buahan yang membawa kepada - . Rom 6:22 8.6 Harus mengejar - . Ibr 12:14 8.7 Harus menyerahkan anggota tubuhnya menjadi senjata-senjata - . Rom 6:13,19 8.8 Harus beribadah kepada Allah di dalam - . Luk 1:74,75 8.9 Harus mempersembahkan tubuhnya kepada Allah di dalam - . Rom 12:1 8.10 Harus menjadi - di dalam seluruh hidupnya. 1Pet 1:15; 2Pet 3:11 8.11 Harus di dalam - seumur hidupnya. Luk 1:75 8.12 Harus berusaha menyempurnakan - . 2Kor 7:1 8.13 Akan dibawa dengan - ke hadapan-Nya. Kol 1:22; 1Tes 3:13 8.14 Akan terus me - kan dirinya. Wahy 22:11 9. Kelakuan perempuan-perempuan tua harus hidup di dalam - . Tit 2:3 10. Janji kepada perempuan-perempuan yang hidup dalam - . 1Tim 2:15 11. Dijanjikan kepada Gereja. Yes 35:8; Ob 1:17; Za 14:20,21 12. Gereja dihiasi dengan - . 1Taw 16:29; Mazm 29:2; 93:5 13. Firman Tuhan adalah jalan untuk mendapat - . Yoh 17:17; 2Tim 3:16,17 14. Adalah hasil dari: 14.1 Kenyataan kasih karunia Allah. Tit 2:3,11,12 14.2 Penyerahan diri kepada Allah. Rom 6:22 14.3 Pemeliharaan Allah. Yoh 17:15 14.4 Persatuan dengan Kristus. Yoh 15:4,5; 17:9,10 15. Perlu di dalam doa. 1Tim 2:8 16. Hamba-hamba Tuhan harus: 16.1 Mendapat - . Tit 1:8 16.2 Menjauhkan diri dari segala sesuatu yang berlawanan dengan - . Im 21:6; Yes 52:11 16.3 Menjadi teladan di dalam - . 1Tim 4:12 16.4 Dinasihatkan agar - . Ibr 12:14; 1Pet 1:14-16 17. Dorongan terhadap - : 17.1 Untuk memuliakan Allah. Yoh 15:8; Fili 1:11 17.2 Kasih Kristus. 2Kor 5:14,15 17.3 Segala kemurahan Allah. Rom 12:1,2 17.4 Kehancuran segala sesuatu. 2Pet 3:11 18. Siksaan terhadap orang-orang kudus bermaksud untuk mengadakan - . Ibr 12:10; Yak 1:2,3 19. Harus memisahkan dari orang-orang fasik. Bil 16:21,26; 2Kor 6:17,18 20. - tidak dimiliki oleh orang dunia. 1Tim 1:9,10; 2Tim 3:2 21. Contoh-contoh - : 21.1 Israel. Yer 2:3 21.2 Isteri-isteri nenek moyang. 1Pet 3:5 21.3 Para nabi. Luk 1:70 21.4 Paulus. 1Tes 2:10 21.5 Yohanes Pembabtis. Mr 6:20 Ke atas Kudus [Glosari AYT] Murni. Umat Allah adalah kudus karena mereka dimurnikan melalui Kristus dan mereka hanya kepunyaan Allah. Dengan bantuan Roh Kudus mereka menjaga dirinya dari dosa, dan hidup hanya untuk Allah. Ke atas KUDUS [Kamus Browning] Segala sesuatu yang terpisahkan (dikhususkan) dari kebiasaan atau hal-hal yang duniawi adalah 'kudus'. Karena itu, di atas semuanya, Allah adalah kudus (Yes. 6:3), dan kekudusan-Nya diperluas kepada manusia yang berada dalam transaksi dengan-Nya (mis. imam-imam di Bait Allah) dan segala peralatan yang mereka gunakan serta perayaan-perayaan yang mereka rayakan (Im. 23). Undang-undang Kekudusan (Im. 17-20) merupakan suatu ikhtisar ketetapan-ketetapan ritual dan moral yang didasarkan pada kekudusan Allah (Im. 19:2). Kemungkinan Undang-undang Kekudusan itu digunakan oleh *imam-imam dan orang Lewi sebagai pengajaran.Dalam PB kekudusan yang dimiliki Bait Yerusalem dianggap sebagai kuali umat Kristen (1Kor. 3:16-17); namun, terutama Yesus disebut kudus (Luk. 1:35), sebagaimana Ia disebut pada awal pemberitaan-Nya (Kis. 3:14), dan seperti Ia menyapa Bapa-Nya (Job. 17:11). --> Gereja juga kudus (Ef. 2:19-22), didiami oleh --> Roh Kudus karena itu, setiap perilaku yang merusak hubungan ini dicela (Rm. 5:5; 2Kor. 6:16-17). Ke atas MENGUDUSKAN [Kamus Browning] Digunakan dalam --> Doa Bapa Kami (Mat. 6:9) dengan anti menghormati sebagai yang kudus. Namun, dalam PL berarti 'menjadikan kudus' (mis. Im. 16:19. mengenai hewan-hewan korban). Ke atas KUDUS, KEKUDUSAN [Ensiklopedia] Istilah-istilah yg prinsipal adalah gadosy dan qodesy (Ibrani) dan hagios (Yunani). Terjemahan yg lazim bagi keduanya adalah kudus, walaupun kadang-kadang keduanya diterjemahkan dengan 'suci'. Perbedaan antara kudus dan suci tidaklah gamblang, justru bisa benar mengatakan bahwa bila yg dipikirkan adalah kualitas hakiki Tuhan dan manusia, maka dipakailah istilah kudus; istilah suci menekankan akibat daripada sikap yg menjurus kepada kesucian. --> SUCI, KESUCIAN --> MURNI. Qadosy dapat berarti 'terpisah' (dikhususkan) atau 'terpotong dari', digunakan terhadap keadaan terlepasnya seseorang atau suatu benda (supaya Tuhan dapat memakainya, dan dgn demikian terhadap keadaan orang atau obyek yg dilepas itu). Hagios mempunyai dasar pemikiran yg sama mengenai keterpisahan dan kesucian terhadap Allah. Kata 'mahakudus' dalam Kis 2:27 dan kata 'kudus' dalam Why 15:4 adalah terjemahan dari kata Yunani hosios (di tempat lain diterjemahkan 'suci' atau 'saleh'), suatu kata yg mengandung arti hubungan yg benar dengan Allah, mungkin juga dalam pengertian kekasih. a. Kekudusan Allah Istilah kudus di PL sama dengan di PB, dipakai dalam pengertian tertinggi terhadap Allah. Istilah itu menunjuk, pertama, kepada keterpisahan Allah dari ciptaan dan bahwa Ia mengungguli ciptaan itu. Demikianlah 'kudus' menggambarkan transendensi Allah. Yahweh, karena 'kekudusan'-Nya berdiri bertentangan dengan ilah-ilah (Kel 15:11) demikian juga dengan seluruh ciptaan (Yes 40:25). --> ALLAH. Istilah itu juga menunjuk kepada hubungan, dan mengandung arti ketentuan Allah untuk memelihara kedudukanNya sendiri terhadap makhluk-makhluk bebas lainnya. Itu adalah pengesahan Allah sendiri, 'sifat dalam mana Yahweh menjadikan diriNya sendiri ukuran mutlak bagi diriNya sendiri' (Godet). Istilah itu tidak hanya menjelaskan perbedaan Allah dan manusia (Hos 11:9), itu adalah sama artinya dengan 'Allah yg tertinggi', dan terutama menekankan sifat Allah yg sangat menakutkan (Mzm 99:3). Karena kekudusan meliputi setiap keistimewaan sifat Allah, maka hal itu dapat disifatkan sebagai: demikianlah Allah adanya. Sebagaimana sinar matahari mencakup semua warna dalam spektrumnya dan menjadi cahaya (terang) demikianlah dalam penyataan diriNya sendiri, semua sifat Allah menjadi satu dalam kekudusan; untuk maksud itu maka kekudusan pernah disebut: 'sifat dari segala sifat' yg kesatuannya mencakup segala sifat Allah. Untuk mengerti keberadaan dan perangai Allah sebagai hanya kumpulan kesempurnaan yg abstrak, berarti membuat Allah tidak riil. Di dalam Allah dari Alkitab, kesempurnaan hidup berfungsi dalam kekudusan. Karena itu dapatlah dimengerti mengapa kekudusan khas disifatkan dalam Kitab Suci untuk setiap Oknum Allah Tritunggal, Bapak (Yoh 17:11), Anak (Kis 4:30) dan khususnya bagi Roh Kudus sebagai yg menyatakan dan yg mengaruniakan kekudusan Allah kepada ciptaan-Nya. b. Kekudusan Allah dalam hubungan dengan umat-Nya PL menggunakan kata 'kudus' atas orang yg dinobatkan bagi maksud-maksud agamawi. Misalnya para imam yg ditahbiskan dalam upacara istimewa, juga seluruh umat Israel sebagai satu bangsa yg disucikan bagi Allah tidak sama dengan bangsa-bangsa lain. Jadi hubungannya dengan Allah menjadikan Israel satu bangsa kudus, dan dalam pengertian ini 'kudus' mengacu kepada pengungkapan tertinggi hubungan perjanjian Israel dan Allah. Jalan pikiran ini tidak terlepas dari PB, sebagaimana dalam 1 Kor 7:14, di mana suami yg tidak beriman dikuduskan karena hubungannya dengan istri yg beriman demikian sebaliknya. Tapi konsepsi mengenai kekudusan berkembang, sejalan dengan penyataan Allah, dari luar ke dalam, dari yg bersifat upacara kepada kenyataan; maka 'kudus' mendapat arti etis yg kuat, dan ini adalah maknanya, yg nyaris satu-satunya makna dalam PB. Para nabi memproklamirkan kekudusan sebagai penyataan sendiri oleh Allah, kesaksian yg Ia terapkan pada diriNya sendiri dan segi yg Ia kehendaki supaya makhluk ciptaan-Nya mengenal Dia demikian. Dan para nabi menyatakan bahwa Allah menghendaki untuk mengkomunikasikan kekudusan-Nya kepada makhluk ciptaan-Nya, dan sebaliknya Ia menuntut kesucian dari mereka. Apabila 'Aku ini kudus adanya', demikianlah pernyataan Allah sendiri yg mengangkat hakikat diriNya mengungguli makhluk ciptaan-Nya, demikianlah 'hendaknya kamu kudus' adalah seruan Allah bagi makhluk ciptaan-Nya, supaya mereka dapat menjadi orang yg mengambil bagian dalam kekudusan-Nya (Ibr 12:10). Kekudusan Allah dikaruniakan kepada jiwa manusia, pada saat ia dilahirkan kembali, dan itulah yg menjadi sumber dan landasan bagi tabiat yg suci. Kristus dalam hidup dan sifat-sifat-Nya adalah teladan tertinggi kekudusan Allah. Dalam Dia keadaan kudus bahkan lebih daripada hanya tidak berdosa: itu adalah penyerahan-Nya yg seutuhnya kepada kehendak dan maksud Allah, dan untuk itu Yesus menguduskan diriNya sendiri (Yoh 17:19). Kekudusan Kristus adalah ukuran bagi sifat orang Kristen dan jaminannya, 'Sebab Ia yg menguduskan dan mereka yg dikuduskan, mereka semua berasal dari Satu' (Ibr 2:11). Dalam PB petunjuk rasuli bagi orang Kristen ialah orang-orang kudus (hagioi). Istilah ini terus dipakai sebagai petunjuk umum, sekurang-kurangnya sampai zaman Ireneus dan Tertulianus (abad 3 sM), kendati sesudah itu dalam pemakaian gerejawi derajatnya merosot menjadi gelar yg diperoleh sebagai kehormatan. Walaupun anti utamanya adalah hubungan dengan pribadi, toh juga menggambarkan sifat, dan terutama sifat seperti sifat Kristus. Di mana-mana dalam PB ditekankan anti kekudusan secara etis bertentangan dengan hal-hal yg kotor. Kekudusan ialah panggilan tertinggi bagi orang Kristen dan tujuan daripada hidupnya. Pada Hari Kiamat, menurut Kitab Suci, ada dua kategori manusia yaitu yg benar dan yg jahat. c. Makna eskatologis mengenai kekudusan Kitab Suci menekankan kemantapan sifat moral (Why 22: 11), juga menekankan segi pembalasan dari kekudusan Allah, yg mencakup dunia dalam penghakiman. Berdasarkan hakikat Allah, hidup diatur sedemikian rupa sehingga dalam kekudusan terdapat 'sejahtera', dalam dosa terdapat 'kutuk'. Karena kekudusan Allah tidak bisa membuat dan mengindahkan suatu alam semesta di mana dosa dapat tumbuh dengan sempurna, maka kualitas pembalasan dalam pemerintahan Allah menjadi jelas. Tapi pembalasan itu bukanlah akhir dari segala sesuatu; kekudusan Allah menjamin bahwa akan ada perbaikan akhir, suatu palingenesia, suatu regenerasi dalam bidang moral. Eskatologi Alkitab berjanji bahwa kekudusan Allah akan membersihkan alam semesta, lalu menciptakan langit baru dan bumi baru dimana terdapat kebenaran (2 Ptr 3:13). KEPUSTAKAAN. A Murray, Holy in Christ, 1888; R Otto (trJ. W Harvey), The Idea of theHoly,1946; ERE, 6, hlm 731-759; W. E Sangster, The Path to Perfection, 1943; H Seebass, C Brown, di NIDNTT 2, hlm 223-238; TDNT 1, hlm 88-115, 122: 3, hlm 221-230; 5, hlm 489-493; 7, hlm 175-185. RAF/P Ke atas Yunani Strongs #37 αγιαζω hagiazo hagiazo {hag-ee-ad'-zo}: menguduskan (Kamus Yoppi) menguduskan, menganggap kudus, mengkhususkan (Kamus Barclay) Strongs #40 αγιος hagios hagios {hag'-ee-os}: kudus, murni; subst.: orang kudus, tempat kudus (Kamus Yoppi) α , ον suci, kudus; οι α umat Allah; το α atau τα α tempat kudus (Ibr. 9.1, 25; 13.11); superlatif αγιωτατος yang paling suci (Yud. 20) (Kamus Barclay) Ke atas Kudus [Statistik] Jumlah dalam TB : 776 dalam 698 ayat (dalam OT : 539 dalam 474 ayat) (dalam NT : 237 dalam 224 ayat) Strong dalam PL : [<0727> ארון ‎1x] [<0899> בגד ‎1x] [<02455> חל ‎5x] [<02623> חסיד ‎1x] [<03303> יפח ‎1x] [<04720> מקדש ‎67x] [<06116> עצרח ‎1x] [<06918> קדוש ‎69x] [<06922> קדיש ‎13x] [<06942> קדש ‎18x] [<06944> קדש ‎441x] Strong dalam PB : [<26> αγαπη ‎1x] [<38> αγιασμος ‎1x] [<39> αγιον ‎12x] [<40> αγιος ‎205x] [<42> αγιωσυνη ‎1x] [<846> αυτος ‎3x] [<1510> ειμι ‎1x] [<3485> ναος ‎1x] [<3739> ος ‎1x] [<3741> οσιος ‎5x] [<4151> πνευμα ‎6x] [<4675> σου ‎3x] [<5130> τουτον ‎1x] Ke atas Kekudusan [Statistik] Jumlah dalam TB : 36 dalam 35 ayat (dalam OT : 29 dalam 29 ayat) (dalam NT : 7 dalam 6 ayat) Strong dalam PL : [<02490> חלל ‎25x] [<06942> קדש ‎13x] [<06944> קדש ‎8x] Strong dalam PB : [<38> αγιασμος ‎1x] [<41> αγιοτης ‎1x] [<42> αγιωσυνη ‎2x] [<846> αυτος ‎1x] [<953> βεβηλοω ‎1x] [<3742> οσιοτης ‎2x] Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Kudus: BIS TB Menguduskan: TB