Saturday, July 25, 2020

The Nature of Messiah Part 1: Andrew Gabriel Roth

The Name of the Father - 2018 Update Part 1

Parashat Devarim @

Ulangan 1 Summary

Defile not.

Deu 5:3Lev 20:24-26 (refs2)

I dwell.

Psa 135:21Isa 57:15Hos 9:32Co 6:162Co 6:17Rev 21:3Rev 21:27 (refs7)

dwell among.

Deu 5:3Exo 25:8Exo 29:45Exo 29:461Ki 6:13Psa 132:14Isa 8:12 (refs7)

Ulangan 1:1

The Fifth Book of Moses, called Deuteronomy.

1 Moses' speech in the end of the fortieth year;

6 briefly rehearsing the history of God's sending them from Horeb;

14 of giving them officers;

19 of sending the spies to search the land;

34 of his anger for their incredulity;

41 and disobedience.

on this.

Num 32:5Num 32:19Num 32:32Num 34:15Num 35:14Josh 9:1Josh 9:10Josh 22:4Josh 22:7 (refs9)

Red sea. or, Zuph. Or rather, Suph.This could not have been the Red Sea, not only because the word yam, "sea," is not joined with it as usual, but because they were now east of Jordan, and farther from the Red Sea than ever. It seems to be the same which is called Suphah in Nu 21:14; which must necessarily signify some place in or adjoining to the plains of Moab, and not far from the Jordan and Arnon. Ptolemy mentions a people called Sophonites that dwelt in Arabia Petrea, who may have taken their name from this place.

Paran. Paran, Tophel, Laban, Hazeroth, and Dizahab, seem to have been either places or cities not far from the plains of Moab; for it is evident that Paran and Hazeroth could not have been those near the Red sea, and not far from Horeb.

Deut 33:2Gen 21:21Num 10:12Num 12:16Num 13:3Num 13:261Sam 25:1Hab 3:3 (refs8)

Hazeroth.

Num 11:35Num 33:17Num 33:18 (refs3)

Parshat Devarim

*📒Terjemahan📒*

*Parshat Devarim*
*⭐Teguran yang Tepat⭐*

MOSHE, PEMIMPIN YANG PENUH KASIH , guru, dan orangtua dari bangsa Yahudi memberikan wasiat dan kesaksian terakhirnya kepada orang-orangnya dalam Kitab Devarim. Parsha dimulai dengan Moshe membahas berbagai peristiwa yang terjadi di midbar (padang gurun) dan tempat-tempat di mana mereka menetap. Pasuk (ayat) menggunakan ungkapan unik yang mengatakan, "Ini adalah perkataan Moshe  kepada seluruh Israel ... Biasanya dikatakan" Dan Moshe berbicara kepada seluruh bangsa dan mengatakan ... "Moshe mendaftar berbagai lokasi di mana bangsa itu berdosa terhadap Hashem, tanpa penjelasan tentang apa yang terjadi di setiap tempat. Kenapa dia tidak memberi lebih lanjut secara detail?

Rashi menjelaskan bahwa karena kata-kata ini adalah kata-kata teguran, Moshe menghindari menggunakan bahasa langsung untuk melindungi kehormatan dan martabat B'nei Israel. Moshe hanya mengisyaratkan berbagai dosa, dilambangkan atas nama tempat (beberapa yang tidak ada) daripada daftar dosa itu sendiri. Bangsa itu yakin bahwa mereka tidak akan dipengaruhi oleh cara-cara asing dan godaan Kanaan, jadi dia mulai dengan mengingatkan mereka akan banyaknya dosa mereka. Jika mereka bisa berbuat dosa ketika dikelilingi oleh mujizat-mujizat, pasti bahayanya akan lebih besar tanpa megingat kehadiran Hashem yang konstan. 

Sebagai ibu kita menemukan diri kita dalam posisi perlu untuk menegur anak-anak kita. Torah memberi kita pedoman penting bagaimana melakukan tugas penting ini. Menegur anak-anak kita adalah penting jika kita benar-benar mencintai mereka. Namun, ini adalah tugas yang sulit. Torah menunjukkan kepada kita bahwa ketika mengkritik, kita harus memilih kata-kata kita dengan bijak dan berhati-hati untuk tidak mempermalukan anak-anak kita. Kita harus cermat menggunakan kata-kata lembut yang akan membiarkan anak mempertahankan martabatnya.

Selain itu, kita melihat bagaimana Moshe mengenang pengalaman di masa lalu dan menyampaikan pesannya. Ada saatnya dimana kita tidak bisa dengan segera menuding kesalahan anak karena ia mungkin berada dalam pergolakan pemberontakan atau kemarahan, dan tidak terbuka untuk teguran. Mungkin lebih baik menunggu waktu yang lebih tenang dan berhasil menunjukkan kesalahan tersebut.

Yang menarik, Torah memberi tahu kita bahwa hanya "setelah mengalahkan Sichon, raja orang Amori, dan (raksasa) Og, raja Bashan, Moshe mulai menjelaskan Torah (teguran) ini kepada mereka" (Devarim/Ulangan I: 4). Rashi menjelaskan: "Orang-orang Yahudi mungkin berkata. Apa yang telah dilakukan Moshe bagi kita? Bagaimana dia memiliki hak untuk menegur kami! ' Moshe dengan demikian menunggu hingga kekalahan dari dua musuh utama yang terakhir sebelum menegur bangsa itu.

"Sebagai orang tua, anak-anak kita perlu melihat kita memperluas diri kita untuk mereka, yang membuat mereka merasa dicintai. Ketika mereka merasa dicintai mereka menerima teguran kita, karena mereka mengerti itu untuk keuntungan mereka. Namun Torah sedang mengajarkan sesuatu yang lebih dalam sehubungan dengan memberi tochachah (teguran). Moshe menunggu sampai bangsa mengalami kemenangan sebelum menegur mereka. Dia memilih waktu ketika moral mereka tinggi dan mereka berada dalam pola pikir percaya diri. Kita tidak boleh menegur anak-anak kita ketika mereka merasa sedih tentang diri mereka sendiri karena mereka tidak dalam kerangka pikiran yang sehat untuk menerima kritik.

Jika kita menunggu sampai mereka telah merasakan beberapa keberhasilan, mencapai prestasi kecil, atau bahkan mencapai tujuan kecil, mereka akan berada dalam tingkat kepercayaan diri yang tinggi dan terbuka untuk menerima kata-kata kita. 

Seluruh Sefer (kitab) yang kita baca disebut Devarim - kata-kata. Kata-kata kami membuat semua perbedaan; melalui mereka kita dapat membangun atau menghancurkan seseorang. Mari kita gunakan kata-kata kita untuk membangun orang lain dengan kepekaan, kasih, dan waktu yang tepat. Melalui perbuatan baik tersebut, kiranya kita diberikan tanah Israel sepenuhnya, dengan Moshe sebagai pemimpin kita.