Saturday, April 13, 2019

Talmud

Buka menu utama  Cari Talmud Baca dalam bahasa lain Pantau halaman ini Sunting  Halaman pertama dari Talmud Babilonia, Traktat Berachot, folio 2a Talmud (bahasa Ibrani: תלמוד) adalah catatan tentang diskusi para rabi yang berkaitan dengan hukum Yahudi, etika, kebiasaan dan sejarah. Talmud mempunyai dua komponen: Mishnah, yang merupakan kumpulan Hukum Lisan Yudaisme pertama yang ditulis; dan Gemara, diskusi mengenai Mishnah dan tulisan-tulisan yang terkait dengan Tannaim yang sering membahas topik-topik lain dan secara luas menguraikan Tanakh. Istilah Talmud dan Gemara seringkali digunakan bergantian. Gemara adalah dasar dari semua aturan dari hukum rabinik dan banyak dikutip dalam literatur rabinik yang lain. Keseluruhan Talmud biasanya juga dirujuk sebagai bahasa Ibrani: ש״ס (Shas; baca: Syas), singkatan bahasa Ibrani untuk shishah sedarim, atau "enam tatanan" Mishnah. Asal usul Sunting Studi keyahudian pada mulanya tidak tertulis (lisan). Para rabbi menguraikan dan memperdebatkan hukum serta membahas Alkitab Ibrani tanpa bantuan karya-karya tertulis (selain dari kitab-kitab di dalam Kitab Suci sendiri.) Namun, situasi ini berubah secara drastis terutama sebagai akibat penghancuran komunitas Yahudi pada tahun 70 M, dan pergolakan norma-norma sosial dan hukum Yahudi yang ditimbulkannya. Karena para rabi dituntut menghadapi realitas yang baru—yang utamanya Yudaisme tanpa Bait Suci dan Yudea tanpa otonomi—membanjirlah wacana hukum dan sistem studi oral yang lama tidak dapat lagi dipertahankan. Pada masa inilah wacana rabinik mulai dicatat secara tertulis. Hukum lisan tertua yang dicatat kemungkinan dalam bentuk midrashi. Di sini diskusi halakhik disusun sebagai tafsiran eksegetis terhadap Pentateukh. Tetapi sebuah bentuk alternatifnya, yang disusun menurut topiknya dan bukan menurut ayat-ayat Alkitab, menjadi dominan pada sekitar tahun 200 M., ketika Rabi Judah haNasi meredaksi Mishnah (משנה). Mishnah Sunting Mishnah (משנה) adalah kompilasi pandangan dan perdebatan hukum. Namanya sendiri berarti "redaksi", dari kata kerja shanah שנה, yang berarti "mengulangi" atau "meninjau". Nama ini mungkin merupakan petunjuk pada metode studi wacana rabinik dengan cara mengulang-ulang secara lisan. Pernyataan-pernyataan dalam Mishnah biasanya singkat dan padat, mencatat pandangan-pandangan singkat dari para rabi yang memperdebatkan sebuah topic, atau mencatat sebuah peraturan yang tidak disebutkan sumbernya, yang tampaknya mewakili sebuah pandangan consensus. Para rabi Mishnah dikenal sebagai Tannaim (tunggal: Tanna תנא). Berbeda dengan Midrash, Mishna hanyalah sebuah catatan dari kumpulan halakha (yang lainnya adalah Tosefta), namun demikian, penataannya menurut topic menjadi kerangka bagi Talmud secara keseluruhan. Struktur dan isi Sunting Mishna terdiri atas enam tatanan (sedarim, tunggal: seder סדר). Masing-masing dari tatanannya mengandung antara 7 dan 12 traktat, yang disebut masechtot (tunggal: masechet מסכת; harafiah: "jaringan"). Masing-masing masechet dibagi menjadi bab-bab (peraqim) yang terdiri dari unit-unit yang lebih kecil yang disebut mishnayot (tunggal: mishnah). Tidak setiap traktat dalam Mishnah mempunyai padanan Gemaranya. Selain itu, tatanan traktat dalam Talmud berbeda dalam kasus-kasus tertentu dengan tatanan di dalam Mishnah; lih. diskusi pada masing-masing Seder. Tatanan Pertama: Zeraim ("Benih"). 11 traktat. Membahas doa dan berkat, tithes, dan hukum-hukum pertanian . Tatanan Kedua: Moed ("Hari-hari Raya"). 12 traktat. Berkaitan dengan hukum-hukum Sabat dan Hari-hari Raya. Tatanan Ketiga: Nashim ("Perempuan"). 7 traktat. Berkaitan dengan pernikahan dan perceraian, beberapa bentuk sumpah dan hukum-hukum tentang orang Nazir. Tatanan Keempat: Nezikin ("Ganti rugi"). 10 traktat. Berkaitan dengan hukum sipil dan kriminal, cara kerja pengadilan dan sumpah. Tatanan Kelima: Kodashim ("Hal-hal yang suci"). 11 traktat. Berkaitan dengan ritus-ritus korban, Bait Suci, dan hukum-hukum yang mengatur apa yang boleh dan tak boleh dimakan . Tatanan Keenam: Tohorot ("Kesucian"). 12 traktat. Berkaitan dengan hukum-hukum ritual kesucian. Keenam Tatanan Mishnah (ששה סדרי משנה) lihatbicarasunting Zeraim (זרעים) Moed (מועד) Nashim (נשים) Nezikin (נזיקין) Kodashim (קדשים) Tohorot (טהרות) Berakhot • Pe'ah • Demai • Kil'ayim • Shevi'it • Terumot • Ma'aserot • Ma'aser Sheni • Hallah • Orlah • Bikkurim Shabbat • Eruvin • Pesahim • Shekalim • Yoma • Sukkah • Beitzah • Rosh Hashanah • Ta'anit • Megillah • Mo'ed Katan • Hagigah Yevamot • Ketubot • Nedarim • Nazir • Sotah • Gittin • Kiddushin Bava Kamma • Bava Metzia • Bava Batra • Sanhedrin • Makkot • Shevu'ot • Eduyot • Avodah Zarah • Avot • Horayot Zevahim • Menahot • Hullin • Bekhorot • Arakhin • Temurah • Keritot • Me'ilah • Tamid • Middot • Kinnim Keilim • Oholot • Nega'im • Parah • Tohorot • Mikva'ot • Niddah • Makhshirin • Zavim • Tevul Yom • Yadayim • Uktzim Beraita Sunting Selain Mishnah, karya-karya Tannaim lainnya dicatat pada kira-kira waktu yang bersamaan atau tak lama sesudah itu. Gemara seringkali merujuk kepada pernyataan-pernyataan Tannaim untuk membandingkannya dengan apa yang terdapat di dalam Mishna dan mendukung atau membantah proposisi-proposisi dari Amoraim. Semua sumber Tannaim non-Mishna disebut beraitot (harafiah: bahan-bahan luar, "Karya-karya di luar Mishna"; tunggal: beraita ברייתא). Beraita mencakup Tosefta, sebuah kumpulan Tannaim dari halakha yang sejajar dengan Mishna; dan Midrash Halakha, khususnya Mekhilta, Sifra dan Sifre. Gemara Sunting Lihat Gemara untuk diskusi lebih lanjut. Dalam tiga abad setelah peredaksian Mishna, para rabi di seluruh Palestina dan Babilonia menganalisis, memperdebatkan, dan mendiskusikan karya itu. Diskusi-diskusi ini membentuk Gemara (גמרא). Gemara terutama terpusat pada upaya menjelaskan dan menguraikan pandangan-pandangan dari Tannaim. Para rabi Gemara dikenal sebagai Amoraim (tunggal: Amora אמורא). Gemara berarti “kesempurnaan,” dari gamar גמר : bahasa Ibrani menyelesaikan, menyempurnakan; bahasa Aram mempelajari. Metodologi Sunting Banyak dari Gemara terdiri atas analisis hukum. Titik tolak untuk analisis ini biasanya adalah suatu pernyataan legal yang ditemukan di dalam sebuah Mishna. Pernyataan ini kemudian dianalisis dan dibandingkan dengan pernyataan-pernyataan lain dalam dialog dialektis di antara kedua pihak yang bertikai (yang seringkali anonim dan kadang-kadang metaforik), yang diistilahkan sebagai makshan (penanya) dan tartzan (penjawab). Tanya jawb ini membentuk "bangunan" gemara; nama dari sebuah paragraf gemara adalah sugya (סוגיא; jamak:: sugyot). Sugya biasanya terdiri atas sebuah uraian yang terinci dan didasarkan bukti tentang sebuah pernyataan mishnah. Dalam sebuah sugya tertentu, pernyataan-pernyataan Kitab Suci, Tannaim dan Amoraim diangkat untuk mendukung berbagai pandangan. Dengan demikian, gemara akan menghasilkan ketidaksepakatan semantik antara Tannaim dan Amoraim (yang seringkali menyebutkan bahwa suatu pandangan dikeluarkan oleh seseorang yang berwibawa dan tentang bagaimana ia mestinya akan menjawab suatu pertanyaan), dan membandingkan padnangan-pandangan Mishna dengan bagian-bagian dari beraita. Jarang sekali perdebatan-perdebatan itu ditutup dengan resmi. Dalam banyak kasus, kata yang terakhir menentukan hukum praktisnya, meskipun ada banyak pengecualian terhadap prinsip ini. Lihat Gemara untuk pembahasan lebih lanjut. Halakha dan Haggadah Sunting Talmud terdiri dari banyak sekali bahan dan menyinggung banyak sekali topik. secara tradisional pernyataan-pernyataan talmudik dapat digolongkan ke dalam dua kategori besar, pernyataan-pernyataan Halakha dan Hagaddah. Pernyataan-pernyataan Halakha adalah yang berkaitan langsung dengan soal-soal hukum dan praktik Yahudi (Halakha). Pernyataan-pernyataan Haggadah adalah yang tidak terkait secara legal, melainkan yang bersifat eksegetis, homiletis, etis, atau historis. Lihat Haggadah untuk pembahasan lebih lanjut. Versi Talmud Sunting Proses "Gemara" berlangsung di dua pusat Studi Yahudi yang utama, Israel dan Babilonia. Sejalan dengan itu, dua kumpulan analisis berkembang, dan dua karya Talmud pun terbentuk. Kompilasi yang lebih tua disebut Talmud Palestina atau Talmud Yerushalmi. Talmud ini dikompilasi sekitar abad keempat di Palestina. Talmud Babilonia disusun sekitar tahun 500 M., meskipun ia terus disunting di kemudian hari. Kata "Talmud", ketika digunakan tanpa keterangan, biasanya merujuk kepada Talmud Babilonia. Talmud Yerushalmi (Talmud Yerusalem) Sunting  Satu halaman dari naskah Talmud Yerusalem yang dibuat pada abad pertengahan, dari Cairo Genizah. Artikel utama: Talmud Yerusalem Gemara di sini adalah sinopsis dari hampir 200 tahun analisis atas Mishna di Akademi-akademi di Israel (terutama Tiberias dan Kaisarea.) Karena lokasi Akademi-akademi ini, hukum-hukum agrikultur Tanah Israel dibahas secara sangat terinci. Menurut tradisi, Gemara diredaksi pada tahun 350 M oleh Rav Muna dan Rav Yossi di Israel. Gemara dirujuk secara tradisional sebagai Talmud Yerushalmi (Talmud Yerusalem). Namun nama ini sebetulnya keliru, karena Gemara tidak ditulis di Yerusalem. Karena itu Gemara juga dikenal secara lebih akurat sebagai Talmud negeri Israel. Gemara ditulis dalam bahasa Ibrani dan dialek Aram barat yang berbeda dengan padanan Babilonianya. Talmud Bavli (Talmud Babel) Sunting  Sebuah salinan lengkap Talmud Babilonia. Talmud Bavli ("Talmud Babel" atau "Talmud Babilonia") terdiri dari Mishnah dan Gemara Babilonia. Gemara ini adalah sinopsis dari analisis selama 300 tahun lebih atas Mishna di Akademi-akademi Babilonia. Menurut tradisi, Talmud ini diedit oleh dua orang bijak Babilonia, Rav Ashi dan Ravina. Pertanyaan tentang kapan Gemara akhirnya muncul dalam bentuknya yang sekarang belum terjawab oleh para ilmuwan modern. Sebagian dari teksnya baru mencapai bentuk finalnya setelah sekitar tahun 700. Menurut tradisi, para rabi yang menyunting talmud setelah akhir periode Amora disebut Saboraim atau Rabanan Saborai. Para sarjana modern juga menggunakan istilah Stammaim (bahasa Ibrani = sumber tertutup, kabur atau tidak disebutkan) untuk para pengarang pernyataan-pernyataan yang tidak disebutkan sumbernya dalam Gemara. (Lihat era dalam hukum Yahudi.) Lihat pula Sunting Talmud Yerusalem Mishnah Minor Tractates Tosefta Beraita Gemara Ein Yaakov Sastra Rabbinik The Kallah Month Yeshiva Referensi Sunting Umum Sunting Maimonides Introduction to the Mishneh Torah (English translation) Maimonides Introduction to the Commentary on the Mishnah (Hebrew Fulltext), transl. Zvi Lampel (Judaica Press, 1998). ISBN 1-880582-28-7 Adin Steinsaltz The Talmud: A Reference Guide (Random House, 1996). ISBN 0-679-77367-3 Adin Steinsaltz The Essential Talmud (Basic Books, 1984). ISBN 0-465-02063-1; see also here Zvi Hirsch Chajes "Mevo Hatalmud", transl. Jacob Shachter: The Students' Guide Through The Talmud (Yashar Books, 2005). ISBN 1-933143-05-3 Shmuel Hanaggid Introduction to the Talmud, in Aryeh Carmell Aiding Talmud Study (Philipp Feldheim, 1986). ISBN 0-87306-428-3 Nathan T. Lopes Cardozo The Infinite Chain : Torah, Masorah, and Man (Philipp Feldheim, 1989). ISBN 0-944070-15-9 D. Landesman A Practical Guide to Torah Learning (Jason Aronson, 1995). ISBN 1-56821-320-4 Aaron Parry The Complete Idiot's Guide to The Talmud (Alpha Books, 2004). ISBN 1-59257-202-2 R. Travers Herford Christianity in Talmud and Midrash (Ktav Pub Inc, 1975). ISBN 0-87068-483-3 Studi Sejarah Sunting Shalom Carmy (Ed.) Modern Scholarship in the Study of Torah: Contributions and Limitations Jason Aronson, Inc. Louis Jacobs, "How Much of the Babylonian Talmud is Pseudepigraphic?" Journal of Jewish Studies 28, No. 1 (1977), pp. 46–59 Richard Kalmin Sages, Stories, Authors and Editors in Rabbinic Babylonia Brown Judaic Studies David C. Kraemer, On the Reliability of Attributions in the Babylonian Talmud, Hebrew Union College Annual 60 (1989), pp. 175–90 Lee Levine, Ma'amad ha-Hakhamim be-Erez Yisrael (Jerusalem: Yad Yizhak Ben-Zvi, 1985), (=The Rabbinic Class of Roman Palestine in Late Antiquity) Saul Lieberman Hellenism in Jewish Palestine (New York: Jewish Theological Seminary, 1950) John W McGinley " 'The Written' as the Vocation of Conceiving Jewishly". ISBN 0-595-40488-X Jacob Neusner Sources and Traditions: Types of Compositions in the Talmud of Babylonia (Atlanta: Scholars Press, 1992). David Weiss Halivni Mekorot u-Mesorot: Eruvin-Pesahim (Jerusalem: Jewish Theological Seminary, 1982) David Bigman, Finding A Home for Critical Talmud Study, Pranala luar Sunting Wikiquote memiliki koleksi kutipan yang berkaitan dengan: Talmud Umum Sunting Talmud, jewishencyclopedia.com Talmud Commentaries, jewishencyclopedia.com Jewish History: Talmud, aish.com Talmud/Mishna/Gemara, jewishvirtuallibrary.org Jewish Law Research Guide, University of Miami Law Library A survey of rabbinic literature, Ohr Somayach Sumber teks lengkap Sunting Mishna Tosefta Talmud Yerushalmi Talmud Bavli Rodkinson English translation (1903, parts only). Images of each page of the Babylonian Talmud. Talmud computerized synopsis of multiple manuscripts Layout Talmudik Sunting "A Page from the Babylonian Talmud" image map from Prof. Eliezer Segal Talmud and its Shape: colour coded daf, upenn.edu A page of Talmud from the World Union of Jewish Students (WUJS) A Tour of the English-language Steinsaltz Edition of the Talmud page point by point summary and discussion by daf Berkaitan dengan program "Daf Yomi" Sunting Sephardic Rabbi Eli Mansour's Daily Gemara Page - Daf Yomi A general resource for Daf Yomi Calendar for this Daf Yomi cycle Mishnah corresponding to the daily Daf Daf-A-Week: A project to study a daf per week Rabbi Adin Steinsaltz's Daily Insights on Daf Yomi Bantahan terhadap tuduhan bahwa Talmud bersifat anti-Semit Sunting The Talmud in Anti-Semitic Polemics, Anti-Defamation League. The Real Truth about the Talmud Mishpocha Pemalsu Talmud Suara Sunting Shiurim on the Talmud, mp3shiur.com Terakhir disunting 7 bulan yang lalu oleh AABot HALAMAN TERKAIT Gemara Halakha Yudaisme Rabinik  Konten tersedia di bawah CC BY-SA 3.0 kecuali dinyatakan lain. PrivasiTampilan PC

Hilel a Jewish Rabbi of Yeshua

Buka menu utama  Cari Hilel Baca dalam bahasa lain Pantau halaman ini Sunting Hilel (bahasa Ibrani: הלל; bahasa Inggris: Hillel the Elder, "Hilel yang Tua"; lahir di Babilon menurut tradisi ~ tahun 110 SM, mati tahun 10 M[1] di Yerusalem) adalah seorang pemimpin agama Yahudi yang termasyhur, salah satu tokoh paling penting dalam sejarah orang Yahudi. Ia dikaitkan dengan pengembangan Mishnah dan Talmud. Terkenal di dalam Yudaisme sebagai orang bijak (sage) dan pakar kitab, ia menjadi pendiri "Bet Hilel" ("Rumah Hilel") sekolah untuk "Tannaïm" (Sages of the Mishnah) dan pendiri dinasti orang-orang bijak yang memimpin orang-orang Yahudi di tanah Israel sampai sekitar abad ke-5 M. Seorang cucunya bernama Gamaliel adalah seorang Farisi dan ahli Taurat terkenal yang merupakan guru Paulus dari Tarsus serta turut hadir dalam persidangan untuk mengadili para rasul Yesus Kristus.[2] Pengajaran Sunting Ia tersohor sebagai pengarang dua pepatah: (1) "Jika aku bukan aku sendiri, siapa yang akan menjadi aku? Dan bila aku untuk aku sendiri, siapa 'aku'? Dan jika bukan sekarang, kapan?"[3] (2) pernyataan etika timbal-balik (ethic of reciprocity), atau "Aturan Emas" (Golden Rule): "Bahwa apa yang merupakan kebencian bagimu, jangan lakukan terhadap sesamamu. Itulah seluruh Taurat; sisanya adalah penjelasan; pergi dan pelajarilah."[4] "Sebagaimana Hilel yang Tua menyatakan, barangsiapa menghancurkan satu jiwa, dianggap seakan ia menghancurkan seluruh dunia. Dan barangsiapa menyelamatkan satu nyawa, dianggap seakan ia menyelamatkan seluruh dunia."[5] 'Olam' dapat secara alternatif diterjemahkan sebagai 'zaman' atau 'dunia'.[6] Riwayat hidup Sunting Hilel lahir di Babilon dan, menurut Iggeret Rav Sherira Gaon (sejarah komprehensif penyusunan Talmud dari abad ke-10 M), Hilel berasal dari keturunan suku Benyamin dari pihak ayahnya, dan dari keluarga yang memiliki garis keturunan Daud (suku Yehuda) dari pihak ibunya. Tidak ada yang dapat dipastikan mengenai asal usulnya dan ia juga tidak pernah disebut dengan nama ayahnya, yang diyakini bernama Gamliel. Hilel hidup di Yerusalem dalam zaman raja Herodes Agung dan Kaisar Romawi Augustus. Dalam kompilasi Midrash Sifre (Deut. 357), periode kehidupan Hilel diparalelkan dengan kehidupan Musa. Keduanya hidup selama 120 tahun (Ulangan 34:7), dan pada usia 40 tahun, Hilel berangkat ke tanah Israel; 40 tahun berikutnya dilewatkan dengan belajar; dan periode 40 tahun yang ketiga dalam hidupnya ia menjadi pemimpin rohani orang Yahudi. Sbuah sketsa biografis dapat dikonstruksi; bahwa Hilel pergi ke Yerusalem pada masa puncak kehidupannya dan mencapai usia lanjut. Aktivitasnya selama 40 tahun diyakini adalah dari tahun 30 SM sampai 10 M. Lihat pula Sunting Farisi Gamaliel Referensi Sunting ^ Jewish Encyclopedia: Hillel: "His activity of forty years is perhaps historical; and since it began, according to a trustworthy tradition (Shab. 15a), one hundred years before the destruction of Jerusalem, it must have covered the period 30 B.C.E. - 10 C.E." ^ Kisah Para Rasul 5, 22 ^ Pirkei Avot 1:14 ^ Babylonian Talmud, tractate Shabbat 31a. Lihat pula Aturan Emas." ^ Jerusalem Talmud Sanhedrin 4:1 (22a) membuktikan bahwa Talmud telah ditulis sebelum Koran is Emperor Justinian's banning and burning of completed Talmuds, recorded by the Romans in the early 6th Century. ^ The slightly changed Islamic verses: "On that account: We [Allah or God] had ordained for the Children of Israel that if any one slew a person — with the exception for murder or for spreading mischief in the land — it would be as if he slew the whole world: and if any one saved a life from the people, it would be as if he saved the life of the whole world." terjemahan Yusuf Ali 5:32. Pustaka tambahan Sunting Hertz, J.H. (1936). The Pentateuch and Haftoras. Deuteronomy. London: Oxford University Press. Attribution Artikel ini memadukan teks dari Jewish Encyclopedia 1901–1906 , sebuah terbitan yang kini berada di ranah publik. Pranala luar Sunting "Hillel: Foundations of Rabbinic Culture," Video Lecture by Dr. Henry Abramson Jewish Encyclopedia: Hillel Jewish Encyclopedia: Bet Hillel and Bet Shammai  Karya di Wikisource: "Hillel". New International Encyclopedia. 1905. Chisholm, Hugh, ed. (1911). "perlu nama artikel ". Encyclopædia Britannica (edisi ke-11). Cambridge University Press. Teks "Hillel" akan diabaikan (bantuan) Herbermann, Charles, ed. (1913). "Hillel". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. "Hillel". Encyclopedia Americana. 1920. "Hillel the Elder". Collier's New Encyclopedia. 1921. Mishnah ¨23 Jan,2012: U.S Politician Ron Paul get boo´ed in South Carolina for mentioning the Golden Rule¨ di Wikisource Didahului oleh: Sh'maya Nasi c. 31 SM–9 M Diteruskan oleh: Shimon ben Hillel Templat:Mishnah tree Templat:Zugot Templat:Tannaim  Portal Yahudi  Portal Kristen Terakhir disunting 6 bulan yang lalu oleh JohnThorne HALAMAN TERKAIT Gamaliel Mishnah Shamai  Konten tersedia di bawah CC BY-SA 3.0 kecuali dinyatakan lain. PrivasiTampilan PC

Friday, April 12, 2019

Cherubim or Cheraph

Cherubim Dalam Kitab Tanakh Yahudi

Oleh: Aspenas Warkey Cohen

Kerub atau Kerubim (Ibrani כרוב, pl. כרובים, trans kruv, pl. kruvim, dual kruvayim lat.

Cherub[us], pl cherubi[m]; bahasa Inggris "cherub") adalah sebuah istilah yang muncul dalam Alkitab, misalnya pada Keluaran 25:18-22 dan Yehezkiel 28:12-15, dan Wahyu 4: 6-11. 

Yang artinya adalah kedudukan yang sangat tinggi atau "diurapi" dalam pemerintahan Elohim  dalam (Kerajaan Surga).

Kedudukannya sangat tinggi bahkan dari para Malaikat.

Kerub (jamak: Kerubim) Mahluk surgawi yang bersayap.

Mereka menjaga Firdaus (Kejadian 3:24); mendukung kendaraan takhta kemuliaan Tuhan (Yehezkiel 9:3; 10:1).

Di atas tutup pendamaian tabut perjanjian YHVH   terdapat dua kerub (Keluaran 25:18-20).

Karena itu timbullah sebutan Tuhan yang bersemayam di atas para Kerub (1Samuel 4;4  dan Keluaran 25:22).

Bentuk atau wujud Kerub/Kerubim

Dari penjelasan Alkitab baik dalam Perjanjian Lama maupun dalam Perjanjian Baru, memiliki empat rupa/bentuk/wujudnya (Yehezkiel 10 dan Wahyu 4 :6-11)

Rupa pertama sama seperti singa,
Rupa kedua sama seperti anak lembu/atau muka kerub
Rupa yang ke tiga, mempunyai muka seperti muka manusia
dan rupa yang ke empat sama dengan seperti burung nazar yang sedang terbang/atau muka rajawali.

Disamping kerub-kerub itu terdapat empat roda (roda-roda ini kelihatannya seperti permata yaspis), dan ke empat mahluk tersebut masing-masing bersayap enam (dua sayap terdepan mirip seperti ke dua tangan).

Ke empat mahluk itu menyokong takhta Anak Domba dan tujuh obor/tujuh Roh YHVH .Omeyn

Shalom
AW Cohen 🇮🇱

13 & Hari Kelima Belas

Keluaran 16:1
Dan mereka berangkat dari Elim, seluruh jemaat bani Israel, lalu tiba di Padang Gurun Sin, yang terletak di antara Elim dan Sinai, pada hari yang kelima belas bulan yang kedua sejak mereka keluar dari Tanah Mesir.

Imamat 23:6
Dan pada hari kelima belas pada bulan itu, itulah perayaan hari raya Roti Tidak Beragi bagi YAHWEH; selama tujuh hari, kamu harus makan roti tidak beragi.

Imamat 23:34
“berbicaralah kepada bani Israel, dengan mengatakan: Pada hari kelima belas bulan ketujuh, itulah hari raya Pondok Daun, tujuh hari bagi YAHWEH.

Imamat 23:39
Demikian pula, pada hari kelima belas dalam bulan ketujuh, ketika kamu mengumpulkan hasil ladangmu, kamu harus mengadakan perayaan bagi YAHWEH tujuh hari lamanya; pada hari pertama adalah Sabat perhentian dan pada hari ke delapan adalah Sabat perhentian juga.

Bilangan 28:17
Dan pada hari kelima belas bulan itu adalah suatu hari raya, tujuh hari lamanya roti-roti tidak beragi haruslah dimakan.

Bilangan 29:12
Dan pada hari kelima belas dari bulan ketujuh, haruslah ada pertemuan kudus bagimu; janganlah kamu melakukan segala pekerjaan seorang pekerja, tetapi haruslah kamu memelihara perayaan bagi YAHWEH selama tujuh hari.

Bilangan 29:26
Dan pada hari yang kelima: sembilan ekor lembu jantan muda, dua ekor domba jantan, empat belas ekor anak domba berumur setahun, yang sempurna;

Bilangan 33:3
Dan mereka berangkat dari Rameses pada bulan pertama pada hari yang kelima belas dari bulan yang pertama pada hari sesudah Paskah, bani Israel keluar dengan tangan yang dinaikkan, di depan mata semua orang Mesir.

1 Raja-Raja 12:32
Kemudian Yerobeam menentukan suatu hari raya pada hari yang kelima belas bulan kedelapan, sama seperti hari raya yang ada di Yehuda dan dia menaikkan persembahan pada mezbah itu. Demikianlah dia melakukannya di Betel untuk berkurban kepada anak-anak lembu yang telah dia buat itu, dan dia menugaskan di Betel, para imam mezbah di bukit-bukit pengurbanan yang telah dia buat.

1 Raja-Raja 12:33
Dan dia menaikkan persembahan pada mezbah yang telah dia buat di Betel, pada hari yang kelima belas, bulan kedelapan, dalam bulan yang telah ia rencanakan dalam hatinya sendiri. Dan dia menentukan suatu hari raya bagi bani Israel dan menaikkan persembahan pada mezbah itu sambil membakar dupa.

Ester 9:18
Dan orang Yahudi di Susan berkumpul pada hari yang ketiga belas dan pada hari yang keempat belas dalam bulan itu, dan beristirahat pada hari yang kelima belas dalam bulan yang sama, dan menjadikan hari itu sebagai hari perayaan dan kegembiraan.

Ester 9:21
untuk mewajibkan mereka merayakan hari yang keempat belas dan yang kelima belas bulan yang sama setiap tahun,

Yehezkiel 45:25
Dan pada bulan ketujuh, pada hari yang kelima belas bulan itu, pada hari raya, dia akan mengolah seperti ketujuh hari itu, sebagaimana persembahan penghapus dosa, sebagaimana persembahan bakaran, sebagaimana persembahan sajian dan sebagaimana minyak.”

18 & Hari Keempat Belas

Keluaran 12:6
Dan haruslah dia menjadi seperti simpanan bagi kamu sampai hari keempat belas bulan ini. Dan seluruh tumpahan jemaat Israel harus menyembelihnya pada waktu senja.

Keluaran 12:18
Pada bulan pertama, pada hari keempat belas bulan itu, pada waktu petang, kamu harus makan roti tidak beragi sampai hari kedua puluh satu bulan itu, pada waktu petang.

Imamat 23:5
Pada bulan pertama, pada hari keempat belas bulan itu, di antara sore dengan petang, itulah Paskah bagi YAHWEH.

Bilangan 9:3
Pada hari keempat belas bulan ini, di antara waktu petang, engkau harus merayakannya pada waktu yang telah ditetapkan, engkau harus merayakannya menurut segala ketetapannya dan menurut segala peraturannya.”

Bilangan 9:5
Dan mereka merayakan Paskah pada bulan yang pertama hari keempat belas bulan itu, di antara waktu petang, di Padang Gurun Sinai sesuai dengan segala yang telah YAHWEH perintahkan kepada Musa; demikianlah bani Israel melakukannya.

Bilangan 9:11
Pada bulan yang kedua, hari yang keempat belas di antara waktu petang, haruslah mereka merayakannya; mereka harus memakannya dengan roti tidak beragi dan sayur pahit.

Bilangan 28:16
Dan pada bulan yang pertama pada hari keempat belas bulan itu, adalah Paskah bagi YAHWEH.

Bilangan 29:23
Dan pada hari yang keempat: sepuluh ekor lembu jantan muda, dua ekor domba jantan, empat belas ekor anak domba berumur setahun, yang sempurna;

Yoshua 5:10
Dan bani Israel berkemah di Gilgal, dan menyiapkan Paskah pada hari yang keempat belas pada bulan itu, pada waktu malam, di Dataran Yerikho.

1 Tawarikh 26:11
Hilkia yang kedua, Tebalya yang ketiga, Zakharia yang keempat. Semua anak dan saudara-saudara Hosa berjumlah tiga belas orang.

Ester 9:15
Dan orang Yahudi di Susan berkumpul pada hari yang keempat belas, bulan Adar itu juga, dan mereka membunuh tiga ratus orang di Susan, tetapi mereka tidak menjamah barang rampasan dengan tangan mereka.

Ester 9:17
Pada hari yang ketiga belas dalam bulan Adar dan pada hari yang keempat belas di bulan yang sama, mereka beristirahat dan menjadikannya sebagai hari perayaan dan kegembiraan.

Ester 9:18
Dan orang Yahudi di Susan berkumpul pada hari yang ketiga belas dan pada hari yang keempat belas dalam bulan itu, dan beristirahat pada hari yang kelima belas dalam bulan yang sama, dan menjadikan hari itu sebagai hari perayaan dan kegembiraan.

Ester 9:19
Oleh sebab itu, orang Yahudi di pedesaan, yang tinggal di perkampungan, menjadikan hari yang keempat belas bulan Adar itu sebagai hari kegembiraan, hari perayaan, dan hari yang baik, dan hari untuk saling mengantar makanan.

Ester 9:21
untuk mewajibkan mereka merayakan hari yang keempat belas dan yang kelima belas bulan yang sama setiap tahun,

Yehezkiel 40:1
Pada tahun kedua puluh lima sesudah pembuangan kami, pada permulaan tahun, pada tanggal sepuluh bulan itu, pada tahun keempat belas sesudah kota itu ditaklukkan, pada hari yang sama itu tangan YAHWEH ada di atasku dan membawaku ke sana.

Yehezkiel 45:21
Pada bulan pertama, pada hari yang keempat belas bulan itu, Paskah akan berlangsung bagimu, pesta tujuh hari Roti Tidak Beragi akan dimakan.

Kisah Para Rasul 27:33
Dan ketika hari akan segera menjadi siang, Paulus menasihati agar semua orang mengambil makanan, sambil berkata, “Setelah menunggu, inilah hari keempat belas kamu terus berpuasa dengan tidak makan apa pun.

61 - Kata Lima Belas

Kejadian 5:10
Dan setelah memperanakkan Kenan, Enos masih hidup delapan ratus lima belas tahun, dan dia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.

Kejadian 7:20
Air itu telah menjadi tinggi lima belas hasta ke atas, dan gunung-gunung telah ditutupinya.

Keluaran 16:1
Dan mereka berangkat dari Elim, seluruh jemaat bani Israel, lalu tiba di Padang Gurun Sin, yang terletak di antara Elim dan Sinai, pada hari yang kelima belas bulan yang kedua sejak mereka keluar dari Tanah Mesir.

Keluaran 27:14
Dan layar-layar pada bahunya haruslah lima belas hasta, tiang-tiangnya ada tiga dan alas-alas tumpuannya ada tiga.

Keluaran 27:15
Dan pada bahu yang kedua, haruslah ada layar-layar lima belas hasta, tiang-tiangnya ada tiga, dan alas-alas tumpuannya ada tiga.

Keluaran 38:14
Layar-layar pada bahunya adalah lima belas hasta, tiang-tiangnya ada tiga dan alas-alas tumpuannya ada tiga.

Keluaran 38:15
Jadi pada kedua bahu, baik dari sini maupun dari sana ke gerbang pelataran, ada layar-layar lima belas hasta, tiang-tiangnya ada tiga dan alas-alas tumpuannya ada tiga.

Imamat 23:6
Dan pada hari kelima belas pada bulan itu, itulah perayaan hari raya Roti Tidak Beragi bagi YAHWEH; selama tujuh hari, kamu harus makan roti tidak beragi.

Imamat 23:34
“berbicaralah kepada bani Israel, dengan mengatakan: Pada hari kelima belas bulan ketujuh, itulah hari raya Pondok Daun, tujuh hari bagi YAHWEH.

Imamat 23:39
Demikian pula, pada hari kelima belas dalam bulan ketujuh, ketika kamu mengumpulkan hasil ladangmu, kamu harus mengadakan perayaan bagi YAHWEH tujuh hari lamanya; pada hari pertama adalah Sabat perhentian dan pada hari ke delapan adalah Sabat perhentian juga.

Imamat 27:7
Dan jika itu dari yang berumur enam puluh tahun dan di atasnya, jika dia laki-laki, maka taksiranmu harus lima belas shikal, dan atas perempuan sepuluh shikal.

Bilangan 28:17
Dan pada hari kelima belas bulan itu adalah suatu hari raya, tujuh hari lamanya roti-roti tidak beragi haruslah dimakan.

Bilangan 29:12
Dan pada hari kelima belas dari bulan ketujuh, haruslah ada pertemuan kudus bagimu; janganlah kamu melakukan segala pekerjaan seorang pekerja, tetapi haruslah kamu memelihara perayaan bagi YAHWEH selama tujuh hari.

Bilangan 29:26
Dan pada hari yang kelima: sembilan ekor lembu jantan muda, dua ekor domba jantan, empat belas ekor anak domba berumur setahun, yang sempurna;

Bilangan 31:52
Dan seluruh emas persembahan hunjukan yang mereka hunjukkan kepada YAHWEH, ada enam belas ribu tujuh ratus lima puluh shikal, dari kepala-kepala pasukan seribu dan dari kepala-kepala pasukan seratus,

Bilangan 33:3
Dan mereka berangkat dari Rameses pada bulan pertama pada hari yang kelima belas dari bulan yang pertama pada hari sesudah Paskah, bani Israel keluar dengan tangan yang dinaikkan, di depan mata semua orang Mesir.

Hakim-Hakim 8:10
Sementara itu, Zebah dan Salmuna ada di Karkor bersama-sama dengan tentara mereka, kira-kira lima belas ribu orang banyaknya, yakni semua orang yang masih hidup dari seluruh tentara orang sebelah timur. Dan mereka yang tewas ada seratus dua puluh ribu orang yang bersenjatakan pedang.

2 Samuel 9:10
Dan engkau harus mengerjakan tanah baginya, engkau dan anak-anakmu dan hamba-hambamu. Dan engkau harus membawa masuk dan bagi anak tuanmu harus tersedia roti agar ia dapat memakannya. Namun Mefiboset, anak tuanmu, akan makan roti di mejaku terus-menerus.” Dan Ziba mempunyai lima belas orang anak laki-laki dan dua puluh orang hamba.

2 Samuel 19:17
Dan seribu orang bersamanya dari suku Benyamin, dan Ziba, hamba keluarga Saul dan kelima belas anaknya serta dua puluh hamba yang bersama dengannya. Dan mereka bergegas ke Yordan mendahului raja.

1 Raja-Raja 7:3
Dan di atasnya ditutup dengan kayu aras, pada balok-balok melintang yang disangga oleh empat puluh lima pilar, yakni lima belas, dalam setiap barisnya.

1 Raja-Raja 12:32
Kemudian Yerobeam menentukan suatu hari raya pada hari yang kelima belas bulan kedelapan, sama seperti hari raya yang ada di Yehuda dan dia menaikkan persembahan pada mezbah itu. Demikianlah dia melakukannya di Betel untuk berkurban kepada anak-anak lembu yang telah dia buat itu, dan dia menugaskan di Betel, para imam mezbah di bukit-bukit pengurbanan yang telah dia buat.

1 Raja-Raja 12:33
Dan dia menaikkan persembahan pada mezbah yang telah dia buat di Betel, pada hari yang kelima belas, bulan kedelapan, dalam bulan yang telah ia rencanakan dalam hatinya sendiri. Dan dia menentukan suatu hari raya bagi bani Israel dan menaikkan persembahan pada mezbah itu sambil membakar dupa.

2 Raja-Raja 14:17
Dan Amazia, anak Yoas, raja Yehuda, masih hidup lima belas tahun lamanya sesudah kematian Yoas, anak Yoahas, raja Israel.

2 Raja-Raja 14:23
Pada tahun kelima belas zaman Amazia anak Yoas, raja Yehuda, Yerobeam anak Yoas, raja Israel, memerintah di Samaria, selama empat puluh satu tahun.

2 Raja-Raja 15:2
Dia berumur enam belas tahun pada waktu ia mulai memerintah dan dia memerintah selama lima puluh dua tahun di Yerusalem. Nama ibunya ialah Yekholya, dari Yerusalem.

2 Raja-Raja 15:33
Dia berumur dua puluh lima tahun pada waktu ia mulai memerintah, dan dia memerintah selama enam belas tahun di Yerusalem; nama ibunya ialah Yerusa, anak perempuan Zadok.

2 Raja-Raja 20:6
Aku akan menambah umurmu lima belas tahun lagi, dan Aku akan melepaskan engkau dan kota ini dari tangan raja Ashur, dan akan melindungi kota ini demi Aku dan demi Daud, hamba-Ku.”

2 Raja-Raja 21:1
Manashe berumur dua belas tahun pada waktu mulai memerintah, dan dia memerintah selama lima puluh lima tahun di Yerusalem; dan nama ibunya ialah Hefzibah.

2 Raja-Raja 23:36
Yoyakim berumur dua puluh lima tahun pada waktu ia memerintah, dan dia memerintah di Yerusalem selama sebelas tahun. Nama ibunya ialah Zebuda, anak Pedaya, dari Ruma.

2 Raja-Raja 25:8
Dalam bulan yang kelima pada tanggal tujuh bulan itu --itulah tahun kesembilan belas zaman Raja Nebukadnezar, raja Babilon-- Nebuzaradan kepala para pengawal, pegawai raja Babilon, datang ke Yerusalem.

2 Raja-Raja 25:17
Satu pilar tingginya delapan belas hasta, dan di atasnya ada mangkuk penyangga dari tembaga. Dan tinggi mangkuk penyangga itu tiga hasta serta kisi-kisi dan buah-buah delima berada pada sekeliling mangkuk penyangga itu --semuanya itu tembaga; dan pilar yang kedua, sama dengan yang pertama disertai kisi-kisi.

1 Tawarikh 24:14
yang kelima belas kepada Bilga; yang keenam belas kepada Imer;

1 Tawarikh 25:12
Yang kelima kepada Netanya, anak-anaknya dan saudara-saudaranya sebanyak dua belas orang.

1 Tawarikh 25:22
Yang kelima belas kepada Yeremot, anak-anaknya dan saudara-saudaranya sebanyak dua belas orang.

1 Tawarikh 29:7
Dan mereka mempersembahkan untuk ibadah di bait Elohim, lima ribu talenta emas, dan sepuluh ribu dirham, sepuluh ribu talenta perak, dan delapan belas ribu talenta perunggu, serta seratus ribu talenta besi.

2 Tawarikh 15:10
Dan mereka dikumpulkan di Yerusalem pada bulan ketiga tahun kelima belas pada pemerintahan Asa.

2 Tawarikh 25:25
Amazia anak Yoas, raja Yehuda, masih hidup lima belas tahun lamanya sesudah Yoas anak Yoahas, raja Israel, mati.

2 Tawarikh 26:3
Uzia berumur enam belas tahun ketika dia mulai memerintah, dan lima puluh dua tahun lamanya dia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Yekolya, dari Yerusalem.

2 Tawarikh 27:1
Yotam berumur dua puluh lima tahun pada waktu ia menjadi raja, dan dia memerintah selama enam belas tahun di Yerusalem, dan nama ibunya ialah Yerusa, anak perempuan Zadok.

2 Tawarikh 27:8
Dia berumur dua puluh lima tahun ketika menjadi raja dan dia memerintah selama enam belas tahun di Yerusalem.

2 Tawarikh 33:1
Manashe berumur dua belas tahun ketika mulai menjadi raja, dan dia memerintah selama lima puluh lima tahun di Yerusalem.

2 Tawarikh 36:5
Yoyakim berumur dua puluh lima tahun pada waktu ia menjadi raja, dan dia memerintah selama sebelas tahun di Yerusalem. Ia melakukan apa yang jahat di mata YAHWEH, Elohimnya.

Ester 9:18
Dan orang Yahudi di Susan berkumpul pada hari yang ketiga belas dan pada hari yang keempat belas dalam bulan itu, dan beristirahat pada hari yang kelima belas dalam bulan yang sama, dan menjadikan hari itu sebagai hari perayaan dan kegembiraan.

Ester 9:21
untuk mewajibkan mereka merayakan hari yang keempat belas dan yang kelima belas bulan yang sama setiap tahun,

Yesaya 38:5
“Pergi, dan kamu harus mengatakan kepada Hizkia: Beginilah YAHWEH, Elohim leluhurmu Daud, berfirman: Aku telah mendengar doamu, Aku telah melihat air matamu. Lihatlah, Aku akan menambahkan lima belas tahun pada umurmu.

Yeremia 1:3
Hal itu terjadi juga pada zaman Yoyakim anak Yosia, raja Yehuda, sampai berakhirnya tahun kesebelas bagi Zedekia anak Yosia, raja Yehuda, pada masa pembuangan Yerusalem pada bulan kelima.

Yeremia 52:12
Pada bulan kelima, pada tanggal sepuluh bulan itu, pada tahun kesembilan belas pemerintahan Nebukadnezar, raja Babilon. Nebuzaradan, kepala pasukan pengawal, yang mengawal raja Babilon, datang ke Yerusalem.

Yeremia 52:31
Dan terjadilah, pada tahun ketiga puluh tujuh dari masa pembuangan Yoyakhin, raja Yehuda, pada bulan kedua belas, tanggal dua puluh lima, Evil-Merodakh, raja Babilon, pada tahun pemerintahannya, melepaskan Yoyakhin, raja Yehuda, dan mengeluarkannya dari rumah penjara.

Yehezkiel 32:17
Dan terjadilah, pada tahun kedua belas, pada tanggal lima belas bulan itu, datanglah firman YAHWEH kepadaku, yang mengatakan,

Yehezkiel 33:21
Dan terjadilah pada tahun yang kedua belas, dalam bulan kesepuluh, pada tanggal kelima bulan itu, di tempat pembuangan kami, salah seorang yang terluput dari Yerusalem datang kepadaku dan berkata, “Kota itu sudah dihempaskan.”

Yehezkiel 40:1
Pada tahun kedua puluh lima sesudah pembuangan kami, pada permulaan tahun, pada tanggal sepuluh bulan itu, pada tahun keempat belas sesudah kota itu ditaklukkan, pada hari yang sama itu tangan YAHWEH ada di atasku dan membawaku ke sana.

Yehezkiel 45:12
Satu shikal harus sama dengan dua puluh gera; dua puluh shikal, dua puluh lima shikal, lima belas shikal akan menjadi satu mina bagimu.

Yehezkiel 45:25
Dan pada bulan ketujuh, pada hari yang kelima belas bulan itu, pada hari raya, dia akan mengolah seperti ketujuh hari itu, sebagaimana persembahan penghapus dosa, sebagaimana persembahan bakaran, sebagaimana persembahan sajian dan sebagaimana minyak.”

Hosea 3:2
Maka aku membeli dia bagiku dengan lima belas keping perak dan satu setengah homer jelai.

Markus 8:19
Ketika Aku memecah-mecahkan lima roti untuk lima ribu orang, berapa keranjang penuh potongan-potongan makanan yang kamu kumpulkan?” Mereka berkata kepada-Nya, “Dua belas!”

Lukas 3:1
Dan pada tahun kelima belas pemerintahan Kaisar Tiberius, ketika Pontius Pilatus menjadi gubernur di Yudea, dan Herodes menjadi raja wilayah di Galilea, dan Filipus, saudaranya, menjadi raja wilayah Iturea dan wilayah Trakhonitis, dan Lisanias menjadi raja wilayah Abilene,

Yohanes 6:13
Kemudian mereka mengumpulkan dan mengisi dua belas keranjang dengan potongan-potongan dari lima roti jelai itu, yaitu apa yang berlebih seusai makan.

Yohanes 11:18
Dan Betania berada di dekat Yerusalem, kira-kira lima belas stadia jaraknya.

Kisah Para Rasul 27:28
Dan setelah mengukur kedalaman air, mereka mendapatinya dua puluh depa. Dan dengan maju sedikit serta mengukur lagi, mereka mendapati lima belas depa.

Galatia 1:18
Kemudian, setelah tiga tahun, aku pergi ke Yerusalem untuk menemui Petrus dan tinggal bersamanya selama lima belas hari.

Wahyu 21:20
yang kelima oniks, yang keenam sardis, yang ketujuh krisolit, yang kedelapan beril, yang kesembilan topas, yang kesepuluh krisopras, yang kesebelas turkuois, yang kedua belas ametis.

Perintah-Perintah or Mitzvot

Daftar Isi: KECIL: Perintah ; GLOSARI AYT: Firman ; BROWNING: FIRMAN , LOGIA , LOGOS , PEMERINTAH , PERINTAH , PERINTAH-PERINTAH ; ENSIKLOPEDIA: FIRMAN , LOGOS , PERINTAH, PEMERINTAHAN ; LAMBANG: Firman ; YUNANI: 3048 λογια logia or λογεια logeia ; 3056 λογος logos ; 4487 ρημα rhema ; STATISTIK: PERINTAH ; FIRMAN ; Perintah, Firman, Logos Ke atas Perintah [Kamus Kecil] KS.- Musa, [PL] Kel 20:2-17 (Ul 5:6-21); pasal Ul 4:1-28:68; Yos 22:5 [PB] Mat 5:18,19,21,27,31,33,38,43; 19:7,17; Mr 1:44; 12:28-34; Yoh 8:5; Rom 7:7-13; 13:8-10; Yak 2:8 Kristus [PB] Mat 5:22,28,32,34-37,39-42,44-45,48; Yoh 12:49-50; 13:34; 15:10-14,17; 1Yoh 2:7-8; 3:21-24; 2Yoh 5:6 Ke atas Firman [Glosari AYT] Perkataan (perintah) Tuhan. Ke atas FIRMAN [Kamus Browning] --> Penyataan. Suatu pengertian sentral dan dinamis dalam PL dan PB. 1) Oleh firman Allah 'langit' dan 'bumi' dijadikan (Kej. 1:3, 6, 9). 2) '*Dasa Titah', adalah firman-Nya (Kel. 20:1). Sering disebut 'Sepuluh Firman'. Para --> nabi menyampaikan firman Tuhan (Yer. 1:2), yang adalah penyataan kehendak dan maksud-Nya. 3) Dalam PB Yesus memberitakan firman (Mrk. 2:2). 4) Dalam Injil Yohanes Yesus identik dengan firman Allah -- penyataan atau artinya (Yoh. 1:1, 14). Firman dalam arti ini tidak disamakan dengan perkataan tertulis dari kitab manapun. 5) Dalam surat-surat Paulus dan Kitab Kisah Para Rasul, firman itu berarti pemberitaan Kristen. Ke atas LOGIA [Kamus Browning] Kata benda bahasa Yunani dalam bentuk jamak (neuter plural) yang dipakai dalam --> LXX untuk perkataan dari Tuhan dan juga dalam PB (firman Allah, Rm. 3:21) untuk perkataan dari Tuhan dalam PL. Logia menjadi istilah khusus untuk ucapan-ucapan Yesus di lingkungan Gereja Perdana. Pada sekitar tahun 100 M *Papias dari Hierapolis menyusun suatu karya tulis yang sekarang sudah tidak ada lagi, dengan judul Eksposisi dari Logia Tuhan. Sejumlah ahli PB mempertimbangkan kemungkinan bahwa karya Papias ini adalah apa yang biasa disebut sumber hipotetis --> Q. Sumber Q yang merupakan himpunan perkataan Yesus. yang dalam berbagai bentuk dipakai oleh Injil Matius dan Injil Lukas untuk melengkapi bahan yang mereka ambil alih dari Injil Markus. Ke atas LOGOS [Kamus Browning] Kata benda bahasa Yunani yang biasa diterjemahkan dengan 'perkataan', tetapi juga 'pertimbangan/nalar', atau 'arti'. Lazim digunakan dalam filsafat Yunani sejak Heraklitos (abad ke-6 sM) sampai ahli filsafat Yahudi, *Philo dari Aleksandria (abad pertama M) untuk prinsip pengikat yang mendasari jagat raya. Dalam --> LXX, logos adalah terjemahan dari kata Ibrani dabar, yang adalah firman kreatif Allah dan sejajar dengan sofia (hikmat), yaitu pengantara Allah dalam hubungan dengan *ciptaannya (Kej. 9:1-2). Dalam Injil Yohanes (Yoh. 1:14) dan dalam Kitab Wahyu (Why. 19:13), Yesus disebut --> Firman Allah. Ini adalah perkembangan penting dalam Kristologi: ini suatu pernyataan tegas bahwa firman yang adalah pengantara Allah dalam penciptaan itu adalah sama dengan manusia Yesus dari Nazaret (Yoh. 1:46). Ke atas PEMERINTAH [Kamus Browning] Dalam Alkitab Allah dianggap sebagai penguasa tertinggi atas dunia ini, dan dikatakan bahwa pelaksana-pelaksana kuasa-Nya memperoleh kekuasaan itu karena dipercaya Allah (Mzm. 72:1-4; Rm. 13:1-2; Yoh. 19:11) untuk memastikan bahwa keadilan ditegakkan (1Raj. 10:9). Mungkin diperlukan pendelegasian fungsi-fungsi pengadilan, seperti dilakukan Musa (Kel. 18:17-23), dan diyakini bahwa, meskipun Israel lebih merupakan negara teokrasi daripada demokrasi, umat tersebut, demikian pula rajanya, harus ambil bagian dalam hak dan tanggung jawab terhadap perjanjian dengan Allah (2Raj. 11:17).Bahkan, ketika umat Yahudi merupakan rakyat jajahan, orang-orang --> Saduki mengharapkan agar ketaatan terhadap merintah harus dilaksanakan. Dalam PB umat Kristen diperingatkan agar tidak melakukan subversi atau pelanggaran (1Ptr. 2:13-17), meskipun sikap patuh menerima pemerintah ini ditinggalkan ketika terjadi api siksaan (Why. 17 dan 18). Ke atas PERINTAH [Kamus Browning] 1) Dalam PB terdapat perintah-perintah --> Kaisar (mis. Luk. 2:1) atau ketetapan-ketetapan kaisar (Kis. 17:7).2) Untuk berbagai kata Yunani digunakan istilah 'ordinances' bahasa Inggris, khususnya AV, KJV seperti perintah hukum --> Taurat (Ef. 2:15); perintah dalam arti ketetapan ilahi (Rm.13:2) dan tuntutan hukum secara umum (1Ptr. 2:13). Ke atas PERINTAH-PERINTAH [Kamus Browning] Umat Israel sering kali didesak untuk memelihara perintah-perintah Tuhan, bukan sebagai beban yang tidak disenangi, melainkan sebagai jawaban atas kasih-Nya, yang dilakukan dengan sukacita (Mzm. 119:47). Kata ini juga digunakan dalam hubungannya dengan kewajiban untuk tunduk terhadap raja (2Raj. 18:36) dan anak-anak terhadap orang tuanya (Yer. 35:14).Perintah-perintah tersebut diringkas menjadi dua oleh Yesus, yang merupakan penggabungan dari Ul. 6:5 dan Im. 19:18 (Mrk. 12:29-31), dan diperluas maknanya dalam Yoh. 13:34 dyb. Ke atas FIRMAN [Ensiklopedia] 1. Ibrani davar. Akar kata ini berarti 'hal yg ada di belakang'. Jadi dalam suatu pengertian menunjuk kepada 'kamar di belakang rumah', yaitu Tempat Yg Malta Kudus di Bait Suci. Dalam psikologi Ibrani, ucapan seseorang dianggap dalam pengertian tertentu sebagai sebagian dari kedirian si pembicara yg mempunyai keberadaan sendiri yg nyata. Maka ucapan atau Firman Allah dalam Alkitab ialah pernyataan diriNya sendiri, dan kata davar bisa menunjuk kepada berita-berita tersendiri yg diberikan kepada para nabi, atau kepada isi penyataan dalam keseluruhannya. Kata itu dipakai 394 kali tentang komunikasi dari Allah kepada manusia. Davar mengandung kuasa yg serupa dengan kuasa Allah yg mengucapkannya (Yes 55:11), melaksanakan kehendak-Nya tanpa halangan, harus diperhatikan oleh para malaikat dan manusia (Mzm 103:20; Ul 12:32), tetap untuk selama-lamanya (Yes 40:8), dan tak akan kembali kepada Allah tanpa digenapi lebih dahulu (Yes 55:11). Dalam Mzm 119 davar lebih menunjuk kepada firman Allah yg tertulis. 2. Yunani logos. (i) Latar belakang. Kata ini dipakai dalam LXX untuk menerjemahkan davar (lih di atas). Dalam bh Yunani pada dasarnya logos berarti 'kata', tapi kemudian berkembang dengan berbagai arti: dalam tata bh logos mengartikan kalimat yg lengkap; dalam logika mengartikan suatu pernyataan yg berdasarkan kenyataan; dalam retorika mengartikan pidato yg tersusun secara tepat. Dalam dunia filsafat istilah logos dipakai oleh aliran Stoa dengan mengikuti Herakleitos, untuk mengartikan kekuasaan atau tugas ilahi yg memberi kesatuan, pertalian dan makna pada alam semesta. Mereka menyebutnya logos spermatikos. Manusia dijadikan selaras dengan dasar yg sama, dan manusia itu sendiri dikatakan mempunyai logos, baik sebagai budi atau rasio (logos endiathetos) maupun sebagai kemampuan berbicara (logos proforikos). Istilah logos banyak sekali dipakai oleh ahli filsafat Filo. Ia beranggapan bahwa pikiran Yunani sudah dibayangkan dalam PL, dan ia memakai ay-ay seperti Mzm 33:6 untuk menerangkan bagaimana Allah yg transenden dapat menjadi Pencipta alam semesta dan menyatakan diriNya sendiri kepada Musa dan Bapak-bapak leluhur Israel. Ia menyamakan Logos dengan pikiran Plato tentang dunia ide-ide, sehingga kata itu mengartikan dua-duanya, baik rencana Allah maupun kuasa Allah untuk mencipta. Ia menjabarkan Logos menjadi Malaikat Yahweh dan juga Nama Yahweh dalam PL, dan menyebutnya suatu Allah yg kedua serta Manusia Idaman, pola ilahi bagi manusia yg diciptakan Allah di bumi. (ii) Dalam PB. Logos dipakai baik dalam arti kata biasa, maupun dengan pengertian pesan Injil Kristen (Mrk 2:2; Kis 6:2; Gal 6:6). Dalam Surat-surat Kiriman kita baca tentang Firman kehidupan (Flp 2:16), Firman kebenaran (Ef 1:13), kabar keselamatan (Kis 13:26), berita pendamaian (2 Kor 5:19), dan pemberitaan tentang salib (1 Kor 1:18): dalam bh Yunani semuanya disebut logos. Logos ialah amanat dari pihak Allah yg dinyatakan dalam Yesus Kristus, yg wajib diberitakan dan ditaati. Pada tiga tempat kata logos dipakai secara teknis, yaitu Yoh 1:1,14; 1 Yoh 1:1-2; Why 19:13, Yoh 1:1 adalah satu-satunya kasus yg tidak meragukan. Di sini pendahuluan Injil bersifat sangat metafisis, dimana pentingnya Kristus ditafsirkan secara teologis. Silang pendapat di kalangan sarjana hanya pada masalah penentuan sumber-sumber primer dari ay-ay tersebut, dan arti logos yg paling pokok di sini. Upaya Yoh terutama hanya pada penggunaan kata davar dalam PL, atau pada ajaran para rabi mengenai Kitab Taurat. Upaya ini gagal karena konsep-konsep ini tidak jelas dibedakan dari Allah Yg Mahatinggi sehingga tetap berdiri tanpa perubahan pada ay 14. Tokoh Hikmat menyediakan lebih banyak kesejajaran, tapi tidak cukup dipersamakan dengan Firman itu dalam sumber-sumber yg diteliti: ajaran mengenai Manusia Pertama atau Manusia Sorgawi yg dikemukakan oleh beberapa ahli kurang meyakinkan. Hanya ajaran Filo tentang Logos yg menyajikan kerangka teologis yg jelas, dimana Firman memiliki suatu kesatuan yg mirip dengan Allah dan sekaligus memiliki perbedaan dengan-Nya, mengandung kegiatan mencipta dan memelihara semesta alam, dan juga memiliki kegiatan yg bersifat menyatakan diri kepada manusia. Lebih lanjut konsep khas mengenai inkarnasi, setidak-tidaknya merupakan pengembangan yg tepat dari penyamaan Logos menurut Filo dengan Manusia Sejati. Jadi mungkin sekali di balik ini semua dijumpai penggunaan langsung dari konsep Filo atau pemikiran dari kelompok cendekiawan Yahudi yg menganut Helenisme. Dalam Surat 1 Yoh 1:1 istilah 'Firman Hidup' tidak mungkin mengandung arti Logos secara teknis teologis, baik konteks maupun susunannya bertentangan dengan itu. Bahkan jika surat ini berasal dari penulis yg sama dengan penulis Injil Yoh (yg diragukan oleh beberapa ahli) surat ini mungkin berasal dari waktu yg lebih dini daripada saat diterimanya ajaran Logos yg telah berkembang penuh. Pemahaman 'Injil Kristen' adalah paling cocok untuk konteks ini. Dalam Why 19:13 pernahaman 'Injil' mungkin berada di balik pengenaan gelar Firman Allah kepada sang Pemenang (bnd 6:2 menurut beberapa penafsir tokoh yg berkuda harus diartikan Injil yg sedang berkembang dim kemenangan). Kita boleh membandingkannya dengan gambaran dalam Kebijaksanaan Salomo 18:15, 16. Tapi karena dalam Why tokoh itu jelas disebut Raja segala raja dan Tuhan segala tuan, pastilah ada lebih banyak makna metafisis yg terkandung di sini. Sifat sastra yg khas dari Why menjelaskan mengapa arti itu tidak dikembangkan di sini seperti halnya dalam Injil ke-4. Tiga bagian PB tersebut menggambarkan bagaimana kepenuhan Kristus secara tetap menyita semua gambaran dan pemikiran manusia; dan bagaimana bagian-bagian lain PB menuntut tafsiran berdasarkan banyak sumber, guna menyajikan keterangan terpadu. Yesus memberi makna segar terhadap istilah-istilah yg pada waktu sebelum Dia' mengandung makna lebih terbatas. (iii) Dalam bentuk jamak (ta logia) istilah logos berarti seluruh PL atau suatu bagiannya yg khas. Dalam Kis 7:38 'firman-firman yg hidup' menunjuk kepada Dasa Titah atau kepada seluruh isi Taurat Musa. Dalam Rm 3:2 artinya ialah PL, khususnya janji-janji Allah kepada Israel. Dalam 1 Ptr 4:11 pemberitaan 'firman' berarti pengkhotbah wajib menjaga beritanya sedemikian rupa sehingga ia seolah-olah; mengucapkan Kitab Suci yg diilhamkan. Ta Logia tampil pula dalam Ibr 5:12, di situ diterjemahkan 'penyataan Allah'; artinya tulang punggung ajaran Kristen, yg berhubungan dengan dasar-dasar pada PL maupun penyataan Allah yg terakhir melalui AnakNya (Ibr 1:1). Makna teologis dari to logia ditekankan oleh 13.13 Warfield: 'Ta logic ialah pengumuman-pengumuman Allah yg mempunyai kekuasaan, dan di hadapannya manusia berdiri dengan hormat dan menyembah dengan merendahkan diri' (The Inspiration and Authority of the Bible, 1948, hlm 403). 3. Yunani rhema. Kata ini berarti kata yg diucapkan, lalu menjadi inti ucapan, dan kenyataan. Kata ini juga memperoleh pengertian 'firman Allah', seperti logos, dan dengan demikian berarti 'Injil Kristen'. Dalam perkembangannya timbul juga arti lain, yaitu pengakuan Kristen, yg membawa kepada keselamatan (Ef 5:26). Rhema diterjemahkan 'firman' dalam mis Mat 4:4; Luk 2:29; Yoh 3:34; Rm 10:8; Ef 6:17; Ibr 1:3; 1 Ptr 1:25. JNB/RHM/JBTr/MBD/MHS Ke atas LOGOS [Ensiklopedia] Lihat FIRMAN. Ke atas PERINTAH, PEMERINTAHAN [Ensiklopedia] I. Dalam PL Pada zaman PL umat Allah hidup di bawah beberapa macam pemerintahan. Para leluhur dapat disebut semi pengembara (semi-nomad). Ayah adalah kepala keluarga sekaligus imam keluarga. Wawasan yuridis sang ayah tidak terbatas pada seluruh anggota keluarga dekat, tapi juga meliputi semua orang yg bekerja padanya atau orang-orang yg tunduk kepadanya. Jenis pemerintahan seperti ini sama dengan pemerintahan pengembara-pengembara Badui dari Arabia. Pada kepala keluarga (yaitu dari marga) terletak kuasa kehidupan, kematian dan juga kuasa untuk membuat berbagai keputusan (bnd Hak 11:11 dab). Di Mesir keturunan Yakub berada dalam perbudakan sampai mereka dibawa keluar dari negeri itu oleh Musa. Musa bertindak sebagai wakil Allah, dan bangsa itu mendengarkan dia. Pada waktu itu ada petugas (pegawai) khusus Israel, meskipun sulit mengatakan dengan tepat bagaimana bangsa Israel diorganisir dalam hubungannya dengan Mesir. Organisasi Sinai adalah unik, terbentuk dari kesatuan-kesatuan suku menjadi suatu teokrasi (yaitu 'pemerintahan Allah' -- theos, 'Allah'; kratos, 'kuasa', 'pemerintahan'). Jenis pemerintahan ini tidak mempunyai persamaan dengan pemerintahan apa pun, karena pemerintahan ini diatur oleh penyataan Allah. Intinya dinyatakan dalam Kel 19:5-6. Keunikan utama pemerintahan ini, adalah pemerintahan Allah atas suatu bangsa yg harus kudus sebagai suatu kerajaan imamat. Waktu di padang gurun, beberapa orang tua bangsa itu ditugasi membantu Musa melakukan tugas-tugasnya. Rencana teokrasi diberikan kepada mereka dan mereka menerimanya. Allah akan memerintah dan memerintah melalui pemerintahan seorang raja manusiawi. Raja ini harus 'memerintah dengan kebenaran', yaitu bahwa ia harus memberikan keputusan sesuai keadilan yg benar dan menyatakan dalam pemerintahannya kebenaran Allah. Bangsa itu harus berbeda dari bangsa-bangsa lain di dunia, karena mereka adalah suci, milik Allah sendiri. Selama suatu kurun waktu bangsa itu belum siap menerima pelaksanaan teokrasi sepenuhnya. Di bawah pimpinan Yosua mereka perlu memperoleh pemilikan atas tanah yg sudah dijanjikan kepada mereka. Dan selama beberapa waktu mereka dipimpin oleh pemerintah-pemerintah atau hakim-hakim, tapi belum ada satu organisasi pusat. Keadaan ini membuat mereka sadar bahwa mereka harus mempunyai seorang raja. Tapi permintaan mereka untuk diberikan raja didasari semangat yg bukan teokratis, mereka hanya ingin menjadi sama dengan bangsa lain. Atas dasar ini Samuel mempersalahkan mereka menolak Tuhan sendiri (1 Sam 8:7). Karena itu Israel disamping harus belajar akan perlunya seorang raja, juga harus belajar mempunyai raja yg benar. Raja pertama yg dipilih adalah laki-laki yg tidak mengikuti Tuhan, dan karena itu ditolak. Tapi raja Daud adalah pribadi yg diperkenan Allah. Daud memutuskan hal besar dan penting, tapi keputusan atas hal-hal kecil ia percayakan kepada bawahannya. Beberapa di antara petugas ini disebut dalam Alkitab, yaitu imam-imam, petugas rumah tangga, juru minuman, kepala gudang pakaian (2 Raj 10:22), kepala istana (1 Raj 4:6), panitera negara, juru catat, penasihat, panglima, dan kepala pengawal raja (2 Sam 8:18). Para pembantu raja menangani administrasi urusan negara (1 Raj 4:2 dab). Salomo membagi kerajaan itu menjadi 12 daerah. Di setiap daerah ia tempatkan seorang kepala daerah, yg juga bertanggung jawab menyediakan kebutuhan raja dan seisi istananya (1 Raj 4:7 dab). Masa pembuangan mengakibatkan teokrasi berakhir, yg memang lama sebelumnya teokrasi itu tidak lagi merupakan fakta nyata. Sesudah Pembuangan bangsa Yahudi takluk di bawah Persia, dan Yudea menjadi negara kuil dikepalai seorang imam besar. Raja Persia diwakili oleh gubernur, kadang-kadang seorang Yahudi, mis Nehemia. Susunan pemerintahan seperti ini berlangsung sampai zaman Yunani, meskipun pada saat itu dewan tua-tua diperkenalkan. Undang-undang negara kuil dibuang oleh Antiokhus IV pada thn 168 sM. kemudian dipulihkan oleh keluarga Hasmonean, yg menggenggam imamat besar dengan kepemimpinan sipil dan militer dalam tangan mereka sendiri. Kekuasaan mereka berakhir oleh penaklukan Romawi thn 63 sM, tapi pemerintah Romawi mengakui imam besar sebagai kepala administratif atas negeri Yahudi (kecuali waktu pemerintahan Herodes Agung dan Arkhelaus). Dalam hal ini sebenarnya imam besar menjadi pemimpin bangsa Yahudi. Pusat pemerintahan teokrasi adalah Bait Allah, yg mengacu pada kediaman dan kehadiran Allah di tengah-tengah umat-Nya. Demikianlah Yerusalem tempat Bait Allah didirikan dikenal sebagai kota suci. Kehancuran teokrasi secara formal terjadi pada waktu Bait Allah dihancurkan thn 70 M. EJY/FFB/JMP/HAO II. Dalam PB 1. Situasi Palestina Negeri Palestina sebagian besar terbagi dalam beberapa negara republik (mis Kaisarea dan kota-kota Dekapolis). Pembagian ini adalah taktik para penguasa yg berturut-turut menguasai dan mengawasi negeri itu, terutama Romawi, untuk men-Yunani-kan penduduknya dan dengan demikian memacu nasionalisme Yahudi. Daerah-daerah yg kurang taat (mis Galilea) dipercayakan kepada pangeran-pangeran Herodian, sedangkan Yerusalem dan sekitarnya berada di bawah pemerintahan Sanhedrin, suatu dewan yg anggotanya diambil dari aristokrasi keagamaan. Seluruh kegiatan pemerintahan diatur dan diawasi oleh Kaisar demi kepentingan keamanan perbatasan Romawi, yg bertindak pada tahap yg berbeda, apakah melalui seorang raja Herodian yg dia tunjuk atau melalui seorang wakil pribadi, yaitu prokurator (pemerintah wilayah). Nasionalisme Yahudi melahirkan beberapa sekte agama yg sikapnya terhadap pemerintah berbeda-beda, mulai dari terorisme (golongan Zelot) sampai kepada memisahkan diri (golongan Esen) pada satu pihak, dan kerjasama (golongan Saduki) pada pihak lain. Semua sekte ini dengan cara sendiri bertujuan untuk memulihkan kerajaan. a. Karir Yesus Yesus tidak mungkin lepas dari pemerintahan yg rumit ini. Ia diserang pada waktu kelahiran-Nya (Mat 2:16) karena dianggap mengancam takhta Herodes. Pada saat kematianNya Ia dituduh mengaku diriNya raja (Yoh 19:21). Ia ditekan oleh semua pihak supaya benar-benar tampil menjadi pemerintah. Godaan Iblis (Mat 4:9), entusiasme populer yg ingin mengangkat Dia menjadi raja kerajaan duniawi (Yoh 6:15), keangkuhan yg bodoh dari murid-murid (Mat 16:22 dab), dan kekuatiran mereka yg mempercepat penangkapan-Nya (Yoh 11:50). Menghadapi banyak salah pengertian, maka Yesus selalu menghindari luapan tuntutan atas diriNya sebagai raja, tapi Ia tidak menyembunyikan itu kepada murid-murid-Nya (Luk 22:29-30) dan pada akhirnya Ia menyatakannya di depan umum (Yoh 18:36-37). b. Pengajaran Yesus Tiga pernyataan utama tentang beda kerajaan sorgawi dari pemerintahan duniawi disebut sebagai: (i) Kodrat kerajaan Yesus tidak sama dengan kekuasaan duniawi. Kerajaan-Nya tidak didirikan oleh tindakan politik (Yoh 18:36). (ii) Kekuasaan duniawi tidak otonom: itu diperoleh hanya dengan izin Allah (Yoh 19:11). (iii) Kekuasaan duniawi oleh karenanya memiliki hak-haknya, sebagaimana juga Allah (Luk 20:25): keduanya harus diakui. c. Gereja di Yerusalem Setelah kebangkitan Yesus, murid-murid diberi lagi petunjuk tentang sifat kerajaan Allah (Kis 1:3). Tapi pandangan mereka tentang hal itu masih berdasarkan politik yg cetek (Kis 1:6). Dan sesudah kenaikan Yesus, khotbah tentang pemuliaan Yesus di sebelah kanan Allah (mis Kis 2:32-36) bernada politik (Kis 5:3 1), justru Sanhedrin menganggapnya provokasi politik (Kis 5:33 dab). Para rasul menentang perintah pengadilan agama yg melarang mereka berkhotbah karena mereka wajib mendahulukan tugas mereka kepada Allah (Kis 5:29). Pengusutan terhadap Petrus dan Yakobus (Kis 12:2, 3) bukan tidak mungkin berdasarkan politik, tapi serangan dalam kasus Stefanus (Kis 6:11) dan Paulus (Kis 21:28) jelas berlatar belakang keagamaan, dan mengacu pada perpindahan orang-orang Nasrani (Kristen) ke suatu sekte agama Yahudi, yg dibedakan mungkin terutama oleh hormat yg lebih unggul yg diberikan kerajaan Yesus kepada hukum (Yak 2:5, 8). 2. Negara-negara Helenistis Seluruh wilayah di luar Palestina di mana gereja-gereja didirikan, bersama Roma sendiri, merupakan negara-negara republik, baik sebagai satelit Roma ataupun sebagai koloni Roma yg sebenarnya. Dengan demikian orang Kristen terkait dengan administrasi setempat (mis Kis 16:19-21; 17:6, 22) maupun dengan gubernur-gubernur Roma yg memimpin daerah-daerah itu (mis Kis 13:7; 18:12). Kecenderungan untuk menyerahkan kasus-kasus berat kepada kewenangan Roma, menunjukkan bahwa sikap pemerintah Roma adalah yg menentukan dalam ihwal 'gereja dan negara'. a. Dukungan terhadap pemerintah Satu-satunya kasus dimana orang Kristen dituduh menentang Kaisar secara langsung ialah kasus Yason (Kis 17:7): tapi penguasa setempat tidak menentukan soalnya. Pada semua kasus lainnya yg kita kenal, tuntutan-tuntutan tidak bersifat politik, dan penguasa setempat menunjukkan keengganan menindaknya. Para penulis Kristen menanggapi positif laissez-faire ini (sikap tidak campur tangan) (Rm 13:1-7; 1 Tim 2:2; Tit 3:1); yg mengacu pada ajaran Yesus bukan hanya berarti bahwa 'segala kuasa yg ada' (exousiai) memiliki kekuasaan yg diizinkan oleh Allah, tapi secara positif mereka adalah 'pelayan-pelayan Allah' untuk menghukum yg jahat sehingga menentang mereka berarti menentang Allah. Sikap seperti ini dipertahankan juga (terjadi pada rezim Kaisar Nero) ketika pengadilan diperalat untuk melancarkan tuntutan-tuntutan yg dibuat-buat; hak kekuasaan (legitimasi) pemerintah dipertahankan dengan sangat hati-hati, sementara para korban dihibur dengan menunjuk kepada sengsara dan penderitaan Kristus, yg menanggungnya kendati tanpa kesalahan apa pun (1 Ptr 2:11-25). Ada yg berpendapat bahwa yg dimaksud dengan 'yg menahan anti-kristus' (2 Tes 2:6-8) ialah pemerintah Romawi. b. Kritik pemerintah Tapi Paulus juga mempunyai beberapa keberatan. Yg bertanggung jawab atas penyaliban Yesus adalah 'penguasa-penguasa dunia ini' (1 Kor 2:8). Orang-orang kudus tidak boleh menyelesaikan perselisihan-perselisihan mereka di pengadilan sipil, sebab justru mereka yg 'menghakimi dunia' (1 Kor 6:2). Berulang kali perhatian diarahkan kepada pemerintahan dari Penguasa yg satu-satunya, Raja di atas segala raja (1 Tim 6:15), dan kewargaan persaudaraan yg melampaui segala batasan negara-negara duniawi (mis Ef 2:19). Kuasa-kuasa jahat (archai atau exousiai) yg atasnya Yesus telah menang (Kol 2:15) dan terhadapnya kita sekarang bergumul melawannya (Ef 6:12), dapat juga dianggap sebagai kuasa-kuasa yg berada di belakang pemerintahan manusia. Tema ini diuraikan panjang lebar dalam Why, di mana digambarkan pertarungan untuk memerintah dunia ini antara Allah dan kuasa-kuasa setan. Hunjukan pada pemujaan penguasa (Why 13:15) agaknya jelas menyatakan bahwa musuh yg dimaksud adalah kaisar-kaisar Romawi. Kita mengetahui dari Pliny (Ep 10, 96) bahwa usaha-usaha membujuk orang Kristen supaya dapat lolos dari penghukuman penguasa dengan menyerahkan persembahan formal kepada penguasa itu, tidak digubris dengan ketetapan hati yg tidak tergoyahkan. Mereka tahu jelas bahwa mereka diminta untuk mempersembahkan kepada Kaisar apa yg sebenarnya kepunyaan Allah. KEPUSTAKAAN. A. H. M Jones, The Herods of Judaea, 1938; The Greek City from Alexander to Justinian, 1940; A. N Sherwin-White, Roman Society and Roman Law in the New Testament, 1963; 0 Cullmann, The State in the New Testament, 1957; E. A Judge, The Social Pattern of the Christian Groups in the First Century, 1960; M Avi-Yonah, The Holy Land from the Persian to the Arab Conquest; a Historical Geography, 1966; D. R Griffiths, The New Testament and the Roman State, 1970; A Richardson, The Political Christ, 1973; E. M Smallwood, The Jews under Roman Rule, 1976. EAJ/JMP/HAO Ke atas Firman [Kamus Lambang] METAFORA salah satu gelar Tuhan Yesus Kristus. Sebagaimana kata-kata memberi kita informasi mengenai hal-hal yang diperkatakan oleh kata-kata tersebut, demikian pula Yesus sebagai Firman menyatakan jelas sifat Allah yang sebenarnya. Dengan kata lain, melalui diri Kristus-lah Allah menyatakan diriNya. Namun bh Ibrani untuk gelar ini mengandung arti aktif (lih mis Mzm 33:6), sehingga kita harus mengakui secara lengkap bahwa dalam Kristus Allah menyatakan diriNya, terutama dalam karya penciptaan, penyataan dan penyelamatan. Yoh 1:1, 14; 1 Yoh 1:1; Why 19:13. Ke atas Yunani Strongs #3048 λογια logia or λογεια logeia λογια logia: ων [neuter] firman (-firman) (Kamus Barclay) Strongs #3056 λογος logos λογος logov: kata, Firman, berita, nilai, perkara (Kamus Yoppi) ου [maskulin] sesuatu yang dikatakan (misalnya; perkataan, firman, ajaran. pertanyaan sesudah ερωταω ; khotbah 1Tim 5.16; πολυς ημιν ο λογον banyak yang harus kami katakan Ibr 5.11); firman (dalam Kristologi Yohanes); pertanggung jawaban ( προς ον ημενι ο λογος kepadaNya kita harus memberikan tanggung jawab Ibr 4.13); nilai (Kis 20.24); sebab, alasan ( κατα λογον sepatutnya, dengan sabar Kis 18.14); dakwaan Kis 19.38); perkara (Kis 8.21); buku (Kis 1.1) (Kamus Barclay) Strongs #4487 ρημα rhema ρημα rhma: kata, perkataan, firman, hal (Kamus Yoppi) τος [neuter] ucapan, firman, kata, pernyataan; hal, perkara, peristiwa (Kamus Barclay) Ke atas Perintah [Statistik] Jumlah dalam TB : 268 dalam 257 ayat (dalam OT : 207 dalam 200 ayat) (dalam NT : 61 dalam 57 ayat) Strong dalam PL : [<0559> אמר ‎9x] [<0560> אמר ‎3x] [<0561> אמר ‎1x] [<0565> אמרח ‎1x] [<01697> דבר ‎11x] [<01881> דת ‎1x] [<02940> טים ‎1x] [<02941> טעם ‎3x] [<02942> טעם ‎15x] [<03027> יד ‎3x] [<03792> כתב ‎3x] [<03982> מאמר ‎1x] [<04687> מצוח ‎167x] [<06030> ענח ‎1x] [<06310> פח ‎5x] [<06485> פקד ‎1x] [<06680> צוח ‎55x] [<07971> שלח ‎1x] Strong dalam PB : [<846> αυτος ‎11x] [<1291> διαστελλομαι ‎1x] [<1297> διατγμα ‎1x] [<1378> δογμα ‎1x] [<1699> εμος ‎1x] [<1778> ενταλμα ‎3x] [<1781> εντελλομαι ‎3x] [<1785> εντολη ‎50x] [<2003> επιταγη ‎6x] [<2004> επιτασσω ‎3x] [<2753> κελευω ‎2x] [<3450> μου ‎1x] [<3739> ος ‎1x] [<3778> ουτος ‎1x] [<3852> παραγγελια ‎1x] [<4169> ποιος ‎1x] Ke atas Firman [Statistik] Jumlah dalam TB : 1465 dalam 1371 ayat (dalam OT : 1280 dalam 1198 ayat) (dalam NT : 185 dalam 173 ayat) Strong dalam PL : [<0559> אמר ‎597x] [<0561> אמר ‎5x] [<0565> אמרח ‎3x] [<01696> דבר ‎7x] [<01697> דבר ‎420x] [<01699> דבר ‎1x] [<01703> דברח ‎1x] [<01870> דרך ‎1x] [<03068> יחוח ‎1x] [<04405> מלח ‎1x] [<04941> משפט ‎1x] [<05002> נאם ‎361x] [<06310> פח ‎3x] [<06963> קול ‎11x] [<08052> שמואח ‎1x] Strong dalam PB : [<846> αυτος ‎5x] [<1699> εμος ‎4x] [<2036> επω ‎8x] [<2046> ερεω ‎2x] [<2097> ευαγγελιζω ‎1x] [<2316> θεος ‎1x] [<2980> λαλεω ‎1x] [<3004> λεγω ‎22x] [<3051> λογιον ‎3x] [<3056> λογος ‎132x] [<3450> μου ‎6x] [<4483> ρεω ‎6x] [<4487> ρημα ‎18x] [<4674> σος ‎1x] [<4675> σου ‎5x] [<5101> τις ‎1x] [<5346> φημι ‎1x] [<5537> χρηματιζω ‎1x] [<5538> χρηματισμος ‎1x]