Thursday, October 18, 2018

Teknologi Israel

🇮🇱❤️👉Teknologi Israel 🛐✡️🇮🇱

Sebuah penelitian ilmiah menemukan bahwa menggunakan "phylacteries/tefillin Yahudi" melindungi jantung dari serangan jantung.wow-luarbiasa.

👍🇮🇱❤️🇮🇱❤️🇮🇱❤️🇮🇱❤️🇮🇱❤️🇮🇱❤️🇮🇱☝️✍️

Tahukah saudara..Sebuah penelitian ilmiah menemukan bahwa menggunakan "phylacteries Yahudi" melindungi jantung dari serangan jantung.

👉✍️(Baca Ulasan 6: 8.)✍️🛐..........................................................
Karena itu setiap perintahMu bagi bangsa Yahudi ada maksud dan Tujuan HaShem yg sangat dahsyat dan indah bagi bangsa Israel 🛐✡️🕎🇮🇱❤️

🇮🇱❤️Am Yisrael Chai 🇮🇱❤️

Sebuah penelitian baru dari Universitas Cincinnati menunjukkan bahwa tindakan mengikat erat sabuk kulit dari tefillin di sekitar lengan hampir setiap hari dapat mencegah serangan jantung.

"Orang yang memakai tefilin memiliki efek positif pada aliran darah.

Yang telah dikaitkan dengan hasil yang lebih baik dalam penyakit jantung, "kata Dr Jack Rubinstein, seorang ahli jantung dan profesor di Universitas Cincinnati, dan rekan penulis studi.

Hasil penelitian ini dipublikasikan bulan lalu di American Journal of Physiology-Heart and Circulatory Physiology dan dapat menjelaskan studi Israel sebelumnya yang menunjukkan bahwa pria religius (tetapi tidak wanita) menderita serangan jantung lebih sedikit daripada populasi umum.

Studi ini meneliti 20 pria Yahudi di dan sekitar Cincinnati, sembilan di antaranya memakai tefillin setiap hari.

Tanda-tanda vital dari para peserta diukur sebelum dan sesudah menggunakannya selama 30 menit setiap hari.

Para pengamat pria memakai tefilin, atau phylacteries, selama sekitar setengah jam selama sholat subuh, kecuali pada Shabbat, membungkus lengan kiri dengan satu set tali kulit yang memegang kotak kecil dengan tulisan perkamen.

Yang lain ditempatkan di dahi, suatu penafsiran literal dari mandat alkitabiah yang secara eksplisit disebutkan dalam Ulangan 6: 8 - "Kamu harus mengikatnya sebagai tanda di lenganmu, dan itu akan menjadi pengingat di antara matamu".

Yudaisme Ortodoks menganggap bahwa penggunaan tefilin adalah sebuah perintah yang berlaku untuk pria saja, meskipun beberapa wanita feminis ortodoks, dan yang lainnya termasuk gerakan konservatif dan non-ortodoks telah mengadopsi ritual tersebut.

Pengukuran tanda vital peserta, analisis sitokin dan fungsi monosit yang bersirkulasi, dan aliran darah di lengan yang tidak dibungkus dengan tefillin menunjukkan bahwa aliran darah lebih tinggi pada pria yang memakai tefillin setiap hari dan itu membaik di semua peserta setelah menggunakannya hanya sekali sebagai bagian dari studi, menjelaskan Rubinstein.

Pria yang menggunakan tefillin setiap hari juga memiliki sitokin yang bersirkulasi lebih sedikit daripada peserta lainnya.

Sitokin adalah molekul pemberi sinyal yang dapat menyebabkan peradangan dan mempengaruhi jantung.

Rubinstein mengatakan ketidaknyamanan pengguna dalam membungkus lengan dengan tali dapat berfungsi sebagai prakondisi dan melindungi terhadap "cedera iskemik reperfusi akut" di mana bagian dari jantung kekurangan oksigen selama serangan jantung dan kemudian dirusak oleh re-oksigenasi.

"Perlindungan terjadi melalui rasa sakit," kata Rubinstein. "Merasa sakit sebenarnya adalah stimulus prekondisi."

Para peneliti menginduksi serangan jantung kecil pada hewan dan menemukan bahwa prakondisi melindungi hewan dari serangan jantung yang lebih besar dan lebih serius di masa depan.

"Masalah dengan menerjemahkan ini kepada orang-orang adalah bahwa kita tidak tahu kapan seseorang akan mengalami serangan jantung," kata Rubinstein.

"Hampir tidak mungkin untuk prekondisi seseorang kecuali Anda bersedia melakukan sesuatu setiap hari.

Penggunaan tefillin sebenarnya bisa menawarkan perlindungan, karena itu ditempatkan hampir setiap hari. "

Sumber: The Times of Israel / Reproduksi resmi dengan menyebutkan: EnlaceJudíoMéxico.

Am Yisrael Chai 🇮🇱❤️

Shalom Aleichem 🇮🇱❤️

Biblical Hebrew Institute Cohen Indonesia Kupang NTT 🇮🇱❤️

Aspenas Warkey Cohen 🇮🇱❤️

Mutiara Yang Hilang dlm Gereja

🇮🇱❤️🛐✍️Telah Ku temukan Rahasia : Mutiara dan Permata sorga yg Hilang dalam Gereja✍️🛐❤️🇮🇱❤️🇮🇱❤️🇮🇱❤️🇮🇱❤️

Rahasia Hashem yg tersembunyi dalam kitab Ulangan 6:8...❤️🇮🇱

Penyembuh dan obat mujarab utk seorang penderita serangan jantung mendadak dan sakit kepala/migren dll.

Penelitian Ilmiah sudah membuktikan hal ini... bahwa Davaf Elohim sungguh dahsyat.

Inilah inilah Mutiara dan Permata sorga yg hilang dalam gerega,atau juga sengaja di buang oleh org yg Anti semith🤣🤣🤣.

ISRAEL & YUDAISM

✍️Pendapat: Israel - Yudaisme🛐🙏

Disaat Seluruh Bumi bergetar dan menderita ... dan inilah  Tahap Persiapan "kelahiran atau Kedatangan "Mesias"Ben David.

Kita semua menyaksikan hampir di seluruh Bumi bergetar dan menderita seolah olah sakit bersalin hendek melahirkan... Tahukah  saudara inilah tahap peneritaan kelahiran Mesias"
Sakitnya kedatangan Mashíaj (Mesias)

👉🇮🇱❤️Catatan Editor:dari Israel❤️🇮🇱

Artikel ini memiliki relevansi besar pada saat-saat ketika Tentara Pertahanan Israel berada di selatan Israel mencoba untuk menenangkan serangan tak henti-hentinya rudal yang datang dari Gaza terhadap semakin banyak kota di selatan dan pusat Israel, yang telah menyebabkan korban yang fatal dan sejumlah besar korban luka di antara warga.

Gd ingin kita semua bangun tanpa perlu "diguncang" dari atas dan bahwa Geulah, Penebusan Akhir dan Akhir dari Orang Yahudi dan seluruh dunia, segera datang! Amin!

Kita hidup dalam waktu yang luar biasa: siapa pun yang tidak memperkuat emunahnya dapat menjadi kandidat langsung untuk stres, kecemasan dan bahkan hal-hal yang jauh lebih buruk, semoga Tuhan membebaskan kita.

Lebih dari beberapa tahun yang lalu (Jumat malam, 11-3-11), sekelompok teroris dengan kejam membunuh keluarga Fogel dari Itamar: Rabbi Udi (36), istrinya Ruth (35) dan anak-anak mereka Yoav (11) , Elad (4) dan bayi Hadas, berusia hampir 3 bulan.

Tidak mungkin menggambarkan dengan kata-kata kehilangan dan rasa sakit dari jiwa-jiwa yang diberkati ini yang melambangkan semua keindahan Bani Israel dan Tanah Israel.

Meskipun kami dapat menulis beberapa jam tentang bagaimana media, tanpa Emuna, iman yang otentik, telah meninggalkan saudara-saudara tercinta di Yudea dan Samaria, dan meskipun kami tahu bahwa sama sekali tidak ada perbedaan antara para pembunuh Hamas di Gaza dan para pembunuh dengan dukungan Barat yang dikenal sebagai "Otoritas Palestina", kita, di sini di Breslev Israel, tidak bermain siapa yang harus disalahkan atau menunjuk jari pada yang bersalah.

Kenapa? Karena kita tahu bahwa semuanya berasal dari Sang Pencipta dan Dia ingin kita membuka mata kita.

Setelah melihat gempa bumi 9 pada skala Rijter yang terjadi di Jepang, dan tsunami berikutnya yang mengguncang kapal dagang melalui udara seolah-olah mereka adalah perahu kertas, apakah ada yang meragukan bahwa Tuhan Maha Kuasa?

Angka-angka korban yang menyebutkan media terdengar seperti lelucon, karena tidak semua puing-puing telah dibersihkan dan Anda tidak dapat mengetahui berapa biayanya.

Pada saat penulisan, setidaknya satu dari tanaman nuklir Jepang rusak oleh gempa bumi dan kehilangan bahan radioaktif ... Berapa banyak? Masih belum tahu ...

Dan bagaimana dengan badai di AS? ...

Dunia Arab terus berkobar dari Maroko di barat ke Yaman di timur.

Dan seolah-olah gejolak politik tidak cukup, lihat semua gempa bumi baru-baru ini, letusan gunung berapi, angin topan dan topan, tanah longsor dan musim dingin yang sangat keras yang dialami seluruh dunia.

Tidak ada keraguan bahwa sesuatu sedang terjadi di sini.

Orang tidak bisa lagi mengabaikan apa yang terjadi di dunia, meletakkan kepala mereka di tanah seperti burung unta, karena sekarang bahkan tanah bergetar ...

Apa yang terjadi di dunia dan mengapa? Apa hubungan antara kekacauan yang berkuasa di kamp Ismael di Timur Tengah (yang akhirnya akan menyebar ke kamp Ismael di Eropa dan bagian lain dari Barat) dan semua bencana alam?

Jawabannya sangat sederhana: bumi bergetar dan semua getaran ini adalah rasa sakit tenaga kerja yang mendahului kedatangan Mashiach (Mesias sejati).

Sama seperti selama kelahiran, wanita itu mengalami rasa sakit dan kontraksi yang luar biasa, sehingga dunia sekarang menderita sakit yang mengerikan dan kontraksi yang akan mengarah pada kelahiran dunia baru dan lebih spiritual: dunia Mashiach, Penebusan, dan Kuil Suci kita, sangat segera di hari-hari kita. Amin.

Itulah sebabnya orang-orang suci kita menyebut saat ini "Jevlei Mashiach," usia kelahiran Mashiach, karena tantangan generasi ini mirip dengan rasa sakit saat melahirkan.

Mengingat apa yang baru saja kami katakan, kami harus bertanya pada diri sendiri dua pertanyaan yang sangat penting:

Apa tugas kita di tengah-tengah semua kekacauan yang mengelilingi kita?
Dengan cara apa kita dapat mengatasi masa sulit ini?

Sebagai kata pengantar untuk jawaban kita, kita akan memunculkan perumpamaan yang diceritakan oleh Sage Agung dan Adil, Jafetz Chaim, dari kenangan yang diberkati:

Di kota Eropa kecil yang aneh, pernah hidup sebagai penjual, yang sangat baik kepada orang-orang dan mengizinkan mereka untuk membeli makanan secara kredit.

Pemilik toko ini tidak pernah marah kepada mereka karena tidak membayar tagihan dan itulah sebabnya semua orang di kota sangat mencintainya.

Suatu hari, seorang pria memasuki toko, mengambil sebotol susu dan sepotong roti dan menaruhnya di tasnya.

"Tuliskan di akun saya," katanya kepada penjual ketika dia meninggalkan toko.

Dengan cepat, penjual keliling keluar dari balik konter dan memanggil pria itu kembali ke toko: "Yankel," katanya, "Saya tidak bisa menulis Anda lagi.

Tidak hanya itu, tetapi saya harus meminta Anda untuk membayar semua uang yang Anda miliki kepada saya: Seribu lima puluh rubel. "

Klien hampir pingsan karena ketakutan: "Seratus lima puluh rubel! Tetapi jika itu yang saya menangkan dalam satu tahun penuh! Mengapa Anda meminta saya untuk membayar tunai sekaligus?

Saya sudah menulis di gudang selama bertahun-tahun, dan pada akhirnya saya selalu membayar ... " "Yah, kamu salah: itu hanya menunjukkan bahwa apa yang kamu bayarkan padaku jauh dari menutupi hutang yang kamu hutangkan kepadaku.

Beberapa tahun yang lalu Anda telah mengumpulkan utang ini dan sekarang saatnya membayarnya, karena saya akan menjual toko dan pemilik baru harus memulai dengan akun baru.

Selain itu, saya tidak akan bekerja lagi, tetapi saya berpikir untuk pensiun dan pindah ke tempat di mana saya dapat beristirahat dan menikmati kedamaian dan ketenangan. "

Perumpamaan tentang Jafetz Chaim dapat dengan mudah dipahami: pemilik toko adalah Sang Pencipta.

Hingga saat ini, Dia telah menunda pembayaran yang dibayarkan dunia kepadanya untuk semua dosa-dosanya.

Dengan kata lain, Dia membiarkan mereka "menuliskan" hutang spiritual mereka daripada "membayar tunai," yaitu, bertobat setiap hari untuk semua kesalahan mereka.

Tapi semuanya sudah terdaftar. Semua hutang masa lalu harus dibayar, karena Gd adalah "untuk menjual bisnis", yaitu dunia akan berada di tangan "administrator baru", Mashiach.

Ini akan menjadi dunia Emunah dan kesadaran spiritual yang jauh lebih besar; Agar orang itu bisa ada di dunia baru ini, pertama dia harus membayar semua hutangnya.

Selain itu, pemilik toko, yaitu, Gd, akan pindah ke rumah kedamaian-Nya, Bait Suci Kudus di Yerusalem.

Rabi Akiva menyinggung konsep ini dalam bab ketiga "Etika Para Ayah" ketika dia berkata: "Bisnis ini terbuka.

Pemilik memungkinkan Anda membayar secara kredit; buku akuntansi terbuka; Tulisan Tangan dan siapa saja yang ingin meminjam dapat datang dan meminjam ... hutang akan dibebankan kepada orang-orang dengan atau tanpa persetujuan mereka ... dan semuanya siap untuk Perjamuan ".

"Perjamuan" adalah kiasan Rabi Akiva ke Penebusan dan era Mesianik, yang akan segera tiba.

Itulah sebabnya Pencipta Alam Semesta sedang membersihkan dunia dengan begitu teliti dan sangat cepat. Jadi, apa yang harus kita lakukan?

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah berhenti merengek dan berhenti sekali dan untuk semua mengeluh tentang kesulitan hidup, karena mereka membersihkan kita dan mempersiapkan kita untuk Gueulá, Penebusan total rakyat kita.

Oleh karena itu, kita harus memahami bahwa mereka untuk kebaikan kita sendiri dan kita harus berterima kasih kepada Gd untuk mereka.

Tetapi jika kita tidak ingin dikirim lebih banyak kesulitan lagi, yang harus kita lakukan adalah melakukan Teshuva (pertobatan dan kembali ke jalan yang benar) setiap hari.

Ketika kita membersihkan jiwa kita sendiri, Sang Pencipta tidak perlu membersihkan kita.

Kedua, kita harus mengesampingkan semua logika dan intelek kita yang terbatas tetapi terbatas dan hanya percaya pada Tuhan.

Kita harus menyingkirkan mitos "Kekuatan dan kekuatan lengan saya ..." dan mengubahnya dengan kebiasaan bergantung pada Sang Pencipta untuk semua yang kita butuhkan.

Perhatikan apa yang dikatakan oleh Torah di Parsha Zachor, bahwa kita membaca Sabat di hadapan Purim:

"Dan ketika Tuhan, Tuhanmu memberi Anda waktu istirahat dari semua musuh Anda yang mengelilingi Anda, di tanah yang diberikan Yhvh  Elohimmu kepada Anda.

Jika Anda memberikannya sebagai warisan untuk Anda miliki, maka akan terjadi bahwa Anda akan menghapus ingatan Amalek dari bawah langit.

Jangan pernah lupa! "(Ulangan 25:19).

Mari kita teliti tentang instruksi Taurat untuk menghapus semua memori Amalek.

Taurat menyatakan: "Dan ketika Tuhan, Tuhanmu memberi Anda istirahat dari semua musuh Anda di sekitar Anda": ini mengacu pada apa yang Tuhan lakukan, bukan kita atau tentara kita.

Sang Pencipta membuat musuh-musuh kita begitu sibuk dengan perjuangan internal mereka sendiri sehingga mereka memiliki sedikit waktu untuk "menghadiri" kepada kita.

Dan ketika mereka memutuskan - sesuai dengan nubuatan (lihat Yehezkiel, bab 14, antara lain) - untuk bangkit melawan Yerusalem, Tuhan akan memerangi pertempuran kita, bukan kita dan memusnahkan mereka.

Tetapi Sang Pencipta memberi kita tugas untuk dilakukan.

Memang benar bahwa Dia akan menghancurkan musuh-musuh kita yang Ismail, tetapi kita harus menghapus ingatan Amalek, seperti yang dinyatakan oleh Torah: "Kamu akan menghapus ingatan Amalek":

kamu, para putra dan putri tercinta dari HaShem.

Jadi bagaimana kita menghapus ingatan Amalek?

Rabi Natan dari Breslev menegaskan dalam banyak contoh dalam karyanya, Likutey Halachot, bahwa Esau adalah Amalek dan Amalek adalah Pegam HaBrit, yaitu penyalahgunaan kekudusan pribadi.

Midrash menceritakan tentang Hari Penghakiman, ketika para menteri Celestial Dua Belas Suku Israel menghadapi Menteri Esau dan Amalek di Pengadilan Surgawi:

Menteri Reuben, anak sulung Yaakov (Yakub), memulai gugatannya terhadap Esau dan Amalek.

Sebelum dia mengatakan satu kata, Menteri mereka membungkamnya, mengatakan:

"Siapa kamu berbicara? Kami semua ingat apa yang kau lakukan pada selir ayahmu, Bilha! "

Para menteri Shimon dan Levi, putra kedua dan putra ketiga, berdiri dan mendekati stan.

Mereka juga tidak bisa mengatakan satu kata pun, karena Menteri Esau dan Amalek brama: "Kembalilah ke kursi Anda, para pembunuh!

Anda membantai seluruh kota Sikhem setelah mereka setuju untuk disunat!

Kemudian datanglah Menteri Yehuda (Yehuda), putra keempat: Menteri Esau dan Amalek juga menyerangnya, menyatakan:

"Beraninya kamu berbicara menentang saya, munafik?

Sejarah tahu apa yang Anda lakukan dengan menantu perempuan Anda, Tamar! "

Para menteri Isajar, Zevulun, Dan, Naftali, Gad dan Asher berlari ke kursi saksi tetapi Menteri Esau dan Amalek memotongnya sekaligus: "Kamu tidak punya hak untuk berbicara!

Anda menjual saudara Anda sebagai budak untuk harga sepasang sepatu.

Mereka tidak peduli dengan kesedihan yang dirasakan ayahnya. Keluar dari sini! "

Kemudian Menteri Benyamin berseru: "Saya tidak berpartisipasi dalam penjualan saudara saya José dan ...!",

Tetapi segera Menteri Esau dan Amalek menyela dia di tengah dan berkata sambil tersenyum di wajahnya:

"Kamu diam, Benjamín Kami semua tahu apa yang Anda lakukan pada selir miskin di Guiva. "

Benjamin dan semua saudara laki-lakinya yang lain merasa sangat malu sampai ... Menteri Joseph berdiri di Pengadilan Surgawi.

Matanya seperti dua api dari mana api kesucian berasal. Kesucian sempurna Yusuf membakar Menteri Esau dan Amalek di sana di Pengadilan Surga, sebagaimana Nabi Ovadia (Obaja) berkata:

"Dan Rumah Yakub akan menjadi api dan Rumah Yusuf, sebuah suar dan Rumah dari Esau, jerami dan mereka akan menyalakannya dan memakannya. "

Hanya atribut Yusuf dari Tikkun HaBrit, untuk mengurus perjanjian, yaitu kesucian pribadi, yang mampu menghancurkan Amalek, cucu Esau dan kakek buyut dari Haman yang jahat.

Tugas kita adalah memperkuat Emunah kita, Teshuva kita dan kesucian pribadi kita, yang semuanya berjalan seiring untuk menghapus kekuatan spiritual negatif Amalek dari muka bumi.

Sebagaimana Bagian Taurat mengajar kita, Parsha Zachor, Gd mengambil alih musuh-musuh fisik kita tetapi ingin kita membebaskan pertempuran kekudusan.

Saat-saat ini adalah saat-saat yang sangat tepat untuk menghapus Amalek.

Semua usaha yang kita lakukan, tidak peduli seberapa ringannya itu, untuk menjaga mata kita dan tidak melihat hal-hal yang tidak semestinya, mengurus bahasa dan cara kita berbicara dan berpakaian dengan hati-hati, memberikan paku lain di peti mati Amalek.

Kami memiliki ya atau ya untuk memenangkan pertempuran ini, dan sesegera mungkin - lebih baik!.
Shalom Aleichem 🇮🇱❤️

Biblical Hebrew Institute Cohen Indonesia Kupang NTT 🇮🇱❤️

Aspenas Warkey Cohen 🇮🇱❤️

Tempat Paling Suci di Yudaisme

,🇮🇱Tempat paling suci di Yudaisme✡️

🇮🇱🕎Tahukah saudara Tempat paling suci di Yudaisme.✡️🕎🇮🇱

Pers cenderung berlimpah dalam referensi keagamaan, meskipun kadang-kadang mereka jatuh ke dalam perangkap percaya bahwa dunia dibuat dalam gambar dan rupa iman mereka sendiri.

Misalnya, mereka menghubungkan pernyataan-pernyataan "rabbi kepala Israel" (tidak tahu bahwa mereka berdua) sama beratnya dengan ensiklik paus untuk dunia Katolik.

Atau menyebut Yerusalem sebagai "tempat suci ketiga" ke Yerusalem, meskipun tidak disebutkan satu kali pun dalam satu-satunya kitab suci, Al-Quran.

Dengan bias yang sama mereka menulis bahwa Tembok Ratapan (satu-satunya "malang" di sini adalah penggunaan denominasi itu seolah-olah terjemahan asli "kotel maarabí" = dinding barat) adalah tempat paling suci dalam Yudaisme.

Itu tidak benar: kebenarannya adalah tempat terdekat dengan tempat paling suci yang ada di atas, yang disebut oleh pers sebagai Temple Mount, tetapi yang sebenarnya adalah "har haBait", Temple Mount.

Dan sangat sakral adalah bahwa kita bahkan tidak membiarkan diri kita untuk berdoa di sana karena tidak melakukannya (karena ketidaktahuan tempat yang tepat) tepat di atas "kodesh hakdoshím", tempat suci tempat suci, tempat yang menyimpan Tabut yang berisi Tablet Hukum.

Tetapi itu adalah bahwa Bahkan Meja-meja itu adalah yang paling sakral, karena yang asli, yang di dalamnya, menurut Alkitab,

Tuhan mengukir perintah-perintahnya di Gunung Sinai, Musa menghancurkan mereka untuk melihat pesta pora kafir yang telah dipasangi bangsa Israel dengan anak lembu emas selama ketidakhadirannya.

Oleh karena itu, Tablet-tablet yang akhirnya Daud tempatkan di ibu kota kerajaannya setelah mereka berjalan selama bertahun-tahun di sebuah tabernakel, adalah kitab-kitab yang Musa tulis ulang di tangannya sendiri; singkatnya, manusia.

Oleh karena itu, tidak ada tempat suci fisik Yudaisme seperti itu, tetapi kita harus mencarinya di dimensi lain: yang temporal.

Dan, meskipun tanggal tahunan yang paling serius adalah Yom Kippur, Hari Pertobatan (yang pers, sekali lagi, salah mengartikan sebagai "del Perdón"), ada tempat kronologis yang jauh lebih sakral dan sering: Sabat.

Tuntutan spiritualnya tampak telah ditunjukkan dalam ayat-ayat pertama Taurat dan perayaannya adalah kolom utama dan elemen paling vertebrador dari semua bangunan Yudaisme, "tempat paling sakral".

By the way, itu adalah satu-satunya asal universal dari minggu tujuh hari, unit waktu yang tidak bergantung pada matahari (seperti tahun atau musim), bulan (seperti bulan-bulan dalam banyak tradisi), silih bergantinya (hari) , beberapa elemen astronomi atau perhitungan matematis lainnya (yang akan lebih praktis untuk menghitung hari lima sampai lima).

Ini adalah "tempat suci" kita yang saat ini dimiliki oleh semua umat manusia dan bahkan para jurnalis yang paling berpengalaman pun tidak dapat membedakan dan secara benar menunjukkan,kebenaran yg bisa kita temukan di sini.
Am Yisrael Chai 🇮🇱❤️
Shalom Aleichem 🇮🇱❤️

Biblical Hebrew Institute Cohen Indonesia Kupang NTT 🇮🇱❤️.

Aspenas Warkey Cohen 🇮🇱

Nabi Amram

🕎Rahasia Akhir Zaman🕎

👉🛐Nubuat Rabbi Amram Vaknin🇮🇱❤️

👉✡️✍️Tahukah saudaraku: Nubuat Rabbi Amram Vaknin,yang mendekati penggenapannya.? ✍️🙏🕎

Rabi menerima penglihatan di gua Elia sang Nabi

Pada suatu kebaktian doa di gua Elia sang Nabi, seorang rabi menerima penglihatan dengan sebuah pesan untuk orang-orang Yahudi.

Rabbi Amram Vaknin memimpin layanan doa di gua Elia Nabi di Haifa, Israel, bersama dengan sekitar 30 pria Yahudi dan 30 wanita Yahudi, untuk berdoa bagi kesejahteraan orang-orang Yahudi.

Gil Nachman, seorang pembantu dan saksi mata, mengatakan kepada Breaking Israel News bahwa Rabbi Amram Vaknin tiba-tiba jatuh ke tanah, di dalam air dan lumpur di lantai gua sekitar pukul 11:30.

"Rabbi Vaknin di dunia ini terbaring di lantai," tetapi apa yang terjadi di gua itu, menurut Nachman, "berada di atas dunia ini."

Rabi itu menerima pesan untuk orang-orang Yahudi: bahwa ada surat dari surga bahwa perang akan dimulai di Israel selatan, bergerak ke utara Israel dan terus di dalam Israel.

✍️ Ribuan orang akan mati. "✡️🕎

Semua orang Yahudi di dunia diminta untuk segera bergabung, untuk berdoa bersama dalam kelompok, untuk berpuasa dan beramal untuk menghindari keputusan ini.

Orang-orang Yahudi didesak untuk membahas kekuatan doa kepada Tuhan sehingga dia mungkin memiliki belas kasihan pada bangsa Yahudi.

Selain itu, menurut Nachman, orang-orang diminta untuk mengubah pekerjaan mereka, ketakutan mereka akan surga dan meningkatkan hubungan mereka dengan orang lain, untuk mengubah keputusan surgawi.

Dalam sebuah wawancara dengan Breaking Israel News, Nachman, berbicara tentang Rabbi Vaknin, dengan penuh semangat mengajukan banding kepada orang-orang Yahudi untuk persatuan.

"Kita harus bersama! Tidak penting bagaimana seseorang melihat dari luar, kita harus memiliki niat hati untuk saling mengasihi.

Yehudis Schamroth dari Beit Shemesh, Israel mulai menghadiri pertemuan doa Rabbi Vaknin enam bulan yang lalu.

Dia mengatakan kepada Breaking Israel News, "pertama saya pergi ke Rabbi Vaknin untuk Brachot (berkah) bagi saya dan keluarga saya.

Dia membangkitkan minat yang tulus pada saya dalam wujudnya.

Dia datang untuk terutama didorong dalam percakapan ketika saya bertanya kepadanya bagaimana dia bisa membantu membawa geula (penebusan akhir dari orang-orang Yahudi). "

Rabbi Vaknin, 76 tahun, adalah seorang mistik yang hidup dalam kemiskinan di kota pelabuhan Ashdod, sangat mengejutkan bahwa ia berasal dari keluarga mistikus.

Ibu dan neneknya memiliki karunia yang sama untuk menerima wahyu dari surga.

Melalui pesan-pesan ini, Rabbi Vaknin secara akurat memprediksi "The Gaza Freedom Flotilla" pada Mei 2010, kebakaran mematikan di Carmel Forest pada bulan Desember 2010 serta operasi pilar pertahanan pada 2012 dan operasi perbatasan pelindung pada tahun 2014.

Lokasi di mana pesan ini diterima oleh Rabbi Vaknin adalah signifikan.

Gua adalah tempat di mana Tuhan berbicara kepada Elia ketika dia bersembunyi dari Raja Ahab dan Ratu Izebel.

Selanjutnya, dalam tradisi Yahudi, Elia adalah Nabi yang mengumumkan penebusan akhir dari orang-orang Yahudi.

Satu lagi dari peringatannya baru-baru ini adalah bahwa Mesias Yahudi akan datang, bahwa mereka bertobat dan bahwa mereka tidak begitu materialistis.

Shalom Aleichem 🇮🇱❤️

Biblical Hebrew Institute Cohen Indonesia Kupang NTT 🇮🇱❤️

Aspenas Warkey Cohen 🇮🇱❤️

Permainan Ismael

👉🇮🇱Studi Alkitabiah🕎🛐

👉🛐Permainan Ismael🛐🕎

Pelajaran kali ini kita akan membahas : Permainan Ismael👉🛐🛐🗞️

👉Kenapa?✒️✍️

Abraham dan Sarah tidak memiliki anak.

HaShem menjanjikan mereka keturunan yang luar biasa, yang akan mewarisi tanah Kanaan.

Sarah mengusulkan Abraham untuk mengambil Hagar sebagai selir dan mengadopsi putranya sebagai miliknya.

Ini adalah bagaimana Ismael, putra pertama Abraham, lahir.

Di Parsha kita, akhirnya, dan secara ajaib, Itsjaq, putra Abraham dan Sarah, lahir.

HaShem berkata kepada Abraham כי ביצחק יקרא לך זרע,

Kejadian 21:12 "keturunanmu akan datang dari itsjaq", bukan dari Ismael.

Meskipun untuk Ismael, untuk menjadi anakmu, לגוי אשימנו, "Aku akan menjadikannya sebuah bangsa".

Taurat terus menceritakan apa yang terjadi sekarang antara saudara-saudara, Ismael dan Itsjaq.

Pasuq 21: 9 mengatakan demikian: "Dan Sarah melihat bahwa putra Hagar orang Mesir [Ishma'el] ... sedang bersenang-senang / bermain.

Dan dia memberi tahu Abraham, memecat wanita ini dan putranya ... "

Apa yang terjadi disini? Akankah dia melihat Ismael "bermain" dan memutuskan bahwa dia harus dikeluarkan?

Mengapa reaksi yang tampak berlebihan seperti itu?

Itu semua ada hubungannya dengan arti kata מצחק "bersenang-senang, bermain".

Untuk permainan apa Torah disebut di sini?

Ada beberapa pendapat. Mari kita lihat dua.

Menurut pendapat pertama, Ismael bermain dengan Itsjaq dengan "busur dan anak panah", gaya William Tell, mempraktekkan tujuannya dengan thejaq kecil.

Melihat hal ini, jelas, Sarah mengusir ishmael.

Ada interpretasi kedua yang menurutnya permainan Ismael tidak mengancam integritas fisik Itsjaq tetapi integritas moralnya.

Midrash tidak mengatakan bahwa Ismael bermain dengan Lego atau mobil balap.

Ismail hiburan adalah:

"Penyembahan berhala, pergaulan bebas dan pembunuhan".

Mari kita mulai dengan akhir.

Apakah mungkin seorang anak bermain permainan pembunuhan?

Nah, hari ini kita tahu lebih baik dari sebelumnya bahwa ini sangat mungkin.

Pikirkan beberapa permainan video modern di mana poin diperoleh untuk membunuh orang saat mengendarai mobil; atau tembak untuk membunuh imigran (dan ada poin ekstra untuk membunuh wanita hamil!).

Sará mengerti bahwa permainan yang dimainkan sebagai anak-anak menjadi bagian dari kepribadian orang dewasa.

Sará tidak bisa membiarkan putranya Itsjaq, yang ditakdirkan untuk mengikuti jalan Abraham, untuk dididik dengan "permainan Ismael".

Sará tahu kekuatan pengaruh yang dimiliki teman, jalan, dan permainan pada anak-anak kita.

Dan Sarah juga mengerti bahwa Ismael tidak akan berubah.

Kenapa?

Karena Hagar, ibu biologis Ismael, tidak berbagi perhatian Sarah.

Sekali lagi Chachamim menerangi kata-kata Torah.

Mereka mengatakan bahwa Sara menanyai Hagar tentang perilaku Ismael dan permainannya.

Dan dia berkata: "Apakah kamu tidak menyadari apa yang dilakukan anakmu?

Apakah kamu tidak melihat bagaimana game-game itu akan mempengaruhi kepribadiannya?

"Untuk itu Hagar menjawab:" metsajeq "," Ismael bermain ", dengan kata lain:"

Mereka hanya permainan anak-anak! Anda tidak harus menganggapnya serius.

" Hagar adalah seorang ibu yang permisif, yang karena kenaifan (atau untuk kenyamanan) memilih untuk tidak ikut campur dengan permainan anak-anaknya, persahabatan dan pengaruhnya.

Dan dia berkata pada dirinya sendiri: "Ismael hanya bersenang-senang. Mereka adalah hal-hal anak-anak. "

Saya pikir sekarang, berkat Midrash ini, perspektif kita tentang keputusan drastis Sara sedikit lebih luas.

Sará tidak hanya melihat di masa depan pengaruh buruk (dan mungkin "tidak dapat diubah") dari Ismael pada Itsjaq, Sará juga memahami bahwa Hagar tidak berbagi atau memahami keprihatinannya.

Hagar juga tidak keberatan dengan permainan Ismail yang cenderung tidak senonoh ("untuk menjadi seorang lelaki", kata Hagar), dan dia juga tidak keberatan jika dia "bermain" dengan kebalikan dari apa yang dikhotbahkan ayahnya, Abodá Zará ("bahwa Ismael, ketika dia besar , putuskan apakah Anda ingin mengikuti jalan Abraham atau menjadi orang normal, seperti bagian dunia lainnya, "kata Hagar mungkin.

Filosofi pendidikan Hagar tidak berbeda, tetapi sangat berlawanan dengan Sará.

Sará tidak punya orang untuk diajak bicara

Dan pada akhirnya kita melihat bahwa Sará sangat benar ...

Dalam Paskah 21:20 kita melihat bagaimana nasib Ismael ויהי רובה קשת "seorang pemanah" (busur dan anak panah).

Putera Abraham tidak menjadi abdi HaShem , seperti ayahnya.

Baik di pedagang atau profesional.

Ismail akhirnya menjadi apa yang ia mainkan sebagai bocah lelaki: pemburu yang ganas.

Banyak yang harus kita pelajari dari Sarah.

Di antara hal-hal lainnya.

Ketahuilah bahwa permainan yang keras atau tidak senonoh, perusahaan yang buruk dan pertemanan yang buruk, dapat melatih pengaruh yang lebih besar pada anak-anak kita yang melebihi kata-kata kita.

Ingat bahwa permainan yang dimainkan anak-anak kita di masa kecil mereka, apa yang mereka menyusui pada usia dini, akan menjadi bagian dari kepribadian mereka (untuk kebaikan atau buruk, seperti yang dikatakan Chachamim: גרסא דינקותא לא זזה ממקומה).

Dan akhirnya, terkadang Anda harus mengambil tindakan drastis untuk melindungi anak-anak kita dan mendidik mereka sebagai keturunan Abraham Abinu sejati (dan Sará!)
Jewish org

Shalom Aleichem 🇮🇱❤️

Biblical Hebrew Institute Cohen Indonesia Kupang NTT 🇮🇱

Aspenas Warkey Cohen 🇮🇱❤️

Yahweh and its Meaning

Daftar Isi: HAAG: Adonai , El , Elohim , Elyon , Syadai , Yang Maha Kudus , Yehova ; KECIL: TUHAN Semesta Alam , Zebaoth ; ENSIKLOPEDIA: ALLAH, NAMA-NAMA , BAPAK, ALLAH , YANG MAHAKUASA ; BROWNING: EL SYADAI , ELOHIM , KURIOS , MAHATINGGI , NAMA ALLAH , TEOLOGUMENON , TETRAGRAMMATON , TUHAN BALA TENTARA , YAHWEH , YANG KUDUS DARI ALLAH , YANG MAHAKUASA , YANG MAHAKUDUS ALLAH ISRAEL , YEHOVAH ; YUNANI: 3841 παντοκρατορ pantokrator ; 4519 σαβαωθ sabaoth ; LAIN: Dalam Versi-Versi Alkitab ; Nama Allah Yehovah: --> Tuhan, Allah yang kekal. Kel 6:2. (Kamus Gering) Yehovah Nissi: Tuhan alamat ( panji ) ku. Kel 17:15. (Kamus Gering) Yehovah Syalom: Tuhan pokok keselamatan. Hak 6:24. (Kamus Gering) Yehovah Yireh: Tuhan mengadakan. Kej 22:14. (Kamus Gering) Ke atas Adonai [Kamus Haag] Adonia. (Bhs. Ibr.: Tuhan adalah Yahwe). Seorang putera Daud dengan Hagit. Ia lahir di Hebron (2Sam 3:4; 1Taw 3:2). Selaku saudara lebih tua dari saudara-saudaranya yang masih hidup, ia mencari bala bantuan untuk memperoleh takhta kedudukan Daud baginya lewat panglima perang Yoab dan imam Abyatar. Hal itu dilakukannya tanpa sepengetahuan Daud yang mulai menjadi tua. Adapun partai tandingannya (Natan, Zadok, Batsyeba) menggagalkan usaha itu. mereka berusaha memaksa Daud untuk cepat-cepat mengangkat Salomo. ~A. mengungsi ke Mezbah (sebagai tempat --> Perlindungan Pengejaran/Asyl) dan memperoleh belas kasihan Salomo (1Raj 1:5-53). Di waktu kemudian Benaya disuruh Salomo untuk membunuhnya (1Raj 2:13-25), tatkala ~A. berminat mengawini --> Abisag. Ke atas El [Kamus Haag] El. (1) Sebutan Semit tertua bagi Allah. Etimologinya tidak jelas. Kemungkinan terbesar kata itu diambil dari 'wl (: yang kuat). Hakikinya adalah kemuliaan dan keagungan (bdk. Hos 11:9; Yes 31:3; Yeh 28:2). El dipakai sebagai kata benda (plural: Elim, Elohim) maupun sebagai nama pribadi suatu illah tertentu. Di Babilon dan di Asyur nama dewa itu dapat menjadi bagian nama pribadi orang. Lazimnya unsur illahi yang dipakai adalah Ilu. Biasanya nama itu adalah sebuah nama "genus". Di dalam bahasa Aram banyak nama pribadi yang menggunakan unsur ~E itu. Barangkali yang dimaksudkan adalah ~El yang dipuja oleh bangsa Aram pada abad ke-8. Di dalam naskah-naskah Ugarit ~El menampakkan dirinya sebagai dewa tertinggi. Ia dilukiskan sebagai aki-aki (: Bapak segala tahun) dan raja dunia (bdk.: Yos 19:38). Lambat-laun pandangan aki-aki ini di desak oleh --> Baal yang muda dan penuh kegairahan. Nama-nama di Arab yang dibentuk dengan unsur illahi itu sedemikian banyaknya, sehingga bisa disimpulkan, bahwa orang menyembah dewa ~E yang Esa dan tunggal. Di kemudian harinya banyak allah asing yang mereka terima. Bangsa Isr. menggunakan nama ~E sebagai nama "genus" (Misalnya: Kej 31:13; Kel 15:11; 20:5; Ul 5:9; 6:15; Mazm 58:2), atau untuk memanggil Allah yang Esa (Misalnya: Yes 40:18; Mazm 10:11-12). Nama ~E juga dipakai dalam nama-nama perorangan, seperti misalnya: Elia, Elihu, Elisa, Ismael. Pemakaian lebih lanjut seperti: El-Syaddai, El Olam (Allah yang (Allah yang kekal: Kej 21:33), El Roi (Allah yang melihatku: Kej 16:13), El Betel (Allah yang mewahyukan Diri di Betel: Kej 28:12-22). Semua itu memberi petunjuk akan penampakan oleh Allah atau tempat tinggalNya. Lebih sering lagi ditemukan ungkapan-ungkapan seperti: ~El dari pada Bapakmu (Misalnya:Kej 26:24; 28:13). Ungkapan itu menunjukkan hubungan mesra antara Allah dengan para anggota sebuah suku bangsa. Sejak perjanjian dengan Abraham itu ~E dipandang sebagai Allah Isr. (Kej 33:20) dan semua dewa dipandang sebagai "Dewa asing" (Kej 35:2,4; Yos 24:20,23; Hak 10:16). (2) Dari akar kata yang sama seperti ~E adalah 'eloah (: Hampir digunakan secara khusus dalam bahasa yang tinggi) dan kata jamaknya 'Elohim (Dalam Pl disebutkan lebih dari 2000 kali). Bentuk jamak ini bisa berarti: banyak Allah (Misalnya: Kel 18:11; Ul 10:17; Hak 9:13). Pada umumnya bentuk jamak itu dikaitkan dengan kata-kerja singular, sehingga diartikan sebagai satu singular. Dengan kata Elohim, orang tidak hanya memanggil Allah bangsa Isr., tetapi juga Kemos, dewa bangsa Moab (Hak 11:24), Isytar, dewi bangsa Sidon (1Raj 11:5) atau Baal-sebub, dewa dari Ekron (2Raj 1:2). Bentuk jamak itu bukanlah sebuah peninggalan dari zaman pemujaan banyak dewa (Yos 24:2,14-15), melainkan sebuah perluasan pengertian, artinya: sebuah pemuliaan seorang pribadi untuk menunjukkan perwakilan yang umum (: dalam arti sebuah bentuk abstraksi: ke-Allahan). Jadi: Elohim adalah Allah esa yang benar, yang memiliki semua sifat ~E. Tradisi --> Elohis terutama menggunakan kata tersebut dalam arti yang baru saja diuraikan. Ke atas Elohim [Kamus Haag] ELOHIM --> EL. (2). Lih. Kata/Topik 19955 Ke atas Elyon [Kamus Haag] ELYON --> EL. Lih. Kata/Topik 19955 Ke atas Syadai [Kamus Haag] SYADAI --> EL. Lih. Kata/Topik 19955 Ke atas Yang Maha Kudus [Kamus Haag] YANG MAHA KUDUS --> KENISAH. Lih. Kata/Topik 20249 Ke atas Yehova [Kamus Haag] Yehova. Suatu kebiasaan salah membaca yang dilakukan orang-orang Kristen dan timbul sekitar tahun 1100 untuk membaca nama Yahwe. Hal itu diakibatkan oleh naskah Kitab Suci sendiri yang dilakukan para Masorit. Nama Yahwe yang tidak diberi tanda huruf terbuka itu dibubuhi tanda-tanda vokal Adonia (Tuhan). --> Orang Masorit tidak berani mengucapkan nama Yahwe. Ke atas TUHAN Semesta Alam [Kamus Kecil] TB- Sebutan Allah Israel yang mengutamakan kekuasaan-Nya atas langit dan bumi dan atas segala kekuatan duniawi (Ibrani: --> Zebaoth berarti: tentara). Ke atas Zebaoth [Kamus Kecil] TB- Lihat --> TUHAN semesta alam --> 20871 Ke atas ALLAH, NAMA-NAMA [Ensiklopedia] Dari sekian nama, gelar, atau gambaran tentang Allah dalam PL ada tiga kata dasar utama, yakni 'el, 'elohim, dan Yahweh (Yehovah). Adalah perlu dari awal memahami arti ketiga nama itu, dan hubungannya satu dengan yg lain. I. Nama-nama utama a. El El ('el), dalam Alkitab terjemahan bh Inggris dipakai kata God atau god ('Allah' atau 'dewa'). Kata padanan ini mempunyai bentuk yg sama asalnya dalam bh-bh Semitis lainnya, dan berarti suatu allah atau dewa dalam pengertian yg paling luas. Benar atau tidak, bahkan berarti suatu patung yg diperlakukan seperti dewa (Kej 35:2). Karena sifatnya yg umum ini maka kata ini sering dihubungkan dengan kata sifat (ajektif) dan sebutan (predikat) tertentu. Misalnya Ul 5:9 mencatat 'Aku, TUHAN (Yahweh), Allah-mu ('elohim), adalah Allah ('el) yg cemburu', atau Kej 31:13, 'Allah ('el) yg di Betel'. Tapi dalam lembaran-lembaran naskah Ras Syamra, El adalah kata benda nama diri, nama dari 'Allah akbar' orang Kanaan yg anaknya adalah Ba'al. Bentuk jamak dari 'el ialah 'elohim, dan bila dipakai sebagai jamak diterjemahkan 'dewa-dewa' (tapi lih uraian berikut). Ini mungkin hanyalah patung-patung dari kayu dan batu (Ul 4:28), atau makhluk-makhluk khayalan yg mereka gambarkan (Ul 12:2). b. Elyon, El Elyon 'El `elyon, 'Allah Yg Mahatinggi', adalah gelar Allah seperti yg disembah oleh Melkisedek (lih di bawah). `Elyon terdapat dalam Bil 24:16 dan di tempat lain. Dalam Mzm 7:17 sebutan ini dirangkaikan dengan Yahweh, dan dalam Mzm 18:13 sejajar dengan Yahweh. Lih juga Dan 7:22, 25 di mana bentuk jamak bh Aram 'elyonin digunakan; di tempat lain dalam Kitab Dan bh Aram yg sama artinya dengan bh Ibrani `elyon ialah 'illaya (mis Dan 4:17; 7:25). c. Elohim Meskipun merupakan bentuk jamak (`elohim), Elohim dapat dipakai sebagai bentuk tunggal, yg berarti Allah Yg Mahatinggi. Kata tersebut dari sudut tata bahasa dianggap kata benda biasa, mengandung pengertian yg mencakup segala sesuatu yg termasuk konsep Allah, yg berbeda dengan manusia (Bil 33:19) dan makhluk-makhluk ciptaan lainnya. Penggunaan nama ini mengacu kepada hubungannya dengan kosmik dan semesta dunia (Kej 1:1), karena hanya ada satu Allah Yg Mahatinggi dan benar, dan Ia adalah sang Pribadi; 'elohim mendekati sifat kata benda nama diri, sedangkan kualitas abstrak dan konseptualnya tidak hilang. d. Eloah Kata ini (`eloah) ialah bentuk tunggal dari 'elohim, dan mempunyai arti yg sama dengan 'el. Dalam PL kata ini terutama sekali ditemukan dalam puisi (mis Ul 32:15, 17; paling sering dlm Kitab Ayb). Bh Aram yg sejajar dengan kata ini ialah 'elah. e. Yahweh (Yehowa) Kata Ibrani Yahweh kadang-kadang diterjemahkan Yehowa. Asal nama yg terakhir ini sebagai berikut. Naskah ash bh Ibrani tidak membubuhkan tanda-tanda huruf hidup; pada kurun waktu 'tetragrammaton' (4 huruf) YHWH dianggap teramat suci untuk diucapkan; jadi 'adonay (Tuhan-ku) dipakai sebagai penggantinya bila membacakannya, dan huruf-huruf hidup dari perkataan ini digabungkan dengan huruf-huruf mati YHWH sehingga terbentuklah 'Yehowa' (h) suatu bentuk yg pertama kalinya diperkenalkan pada permulaan abad 12 M. Sebutan Yahweh ditampilkan melalui penyalinan huruf (transliterasi) nama tersebut ke bh Yunani dalam kesusastraan Kristen kuno, dalam bentuk iaoue (Klemen dari Aleksandria) atau iabe (Theodoret; pada waktu itu huruf Yunani b diucapkan v). Nama itu tentu dihubungkan dengan bh Ibrani haya, 'ada', atau lebih tepat, dengan bentuk kata dasar yg lebih dahulu digunakan yaitu hawa. Tapi kata ini janganlah dianggap sebagai aspek imperfektif dari kata kerja haya; konyugasi Hiph'il, satu-satunya bentuk bagi bentuk tersebut dapat diberikan, tidak terdapat untuk kata kerja ini; dan aspek imperfek dari konyugasi Qal tidak mungkin mempunyai huruf hidup a dalam suku kata pertama. Yahweh harus dipandang sebagai substantif langsung, di mana asal kata hwh didahului oleh preformatif y. Lih L Kochler dan W Baumgartner, Lexicon in Veteris Testamenti Libros, 1958, hlm 368 dst; juga L Kochler, Vom Hebraischen Lexikon, 1950, hlm 17 dst. Sesungguhnya, Yahweh adalah satu-satunya 'nama' Allah. Dalam Kitab Kej di mana saja perkataan syem ('nama') dihubungkan dengan Allah, nama tersebut adalah Yahweh. Ketika Abraham atau Ishak mendirikan mezbah bagi Tuhan, 'ia memanggil nama Yahweh' (Kej 12:8; 13:4; 26:25). Secara khusus Yahweh adalah Allah para Bapak leluhur Israel, justru berulang-ulang ungkapan 'Yahweh Allah (Elohim) Abraham' dan kemudian Ishak dan akhirnya `Yahweh, Allah Abraham, dan Allah Ishak, dan Allah Yakub', dan mengenai hal tersebut Elohim berkata, 'itulah nama-Ku untuk selama-lamanya' (Kel 3:15). Karena itu, Yahweh -- berbeda dari Elohim -- adalah kata benda nama diri, nama diri Oknum meskipun Oknum tersebut adalah Allah. Dalam hal ini menunjukkan Allah sebagai Oknum, dan dengan demikian mempertemukan Allah dengan tokoh-tokoh manusia dalam suatu hubungan, membawa Allah dekat kepada manusia, dan Ia berbicara kepada para Bapak leluhur sebagai teman terhadap yg lain. Penyelidikan atas kata 'nama' dalam PL menunjukkan betapa besarnya arti kata tersebut dalam bh Ibrani. Nama bukan hanya sekedar nama, tapi dalamnya terkandung arti kepribadian yg sesungguhnya dari si penyandang nama itu. Nama bisa berasal dari keadaan lingkungan pada waktu ia lahir (Kej 5:29), atau mencerminkan karakter seseorang (Kej 27:36), dan pada waktu seseorang membubuhkan 'nama'-nya pada suatu benda atau kepada orang lain, maka yg lain tersebut berada di bawah pengaruh dan perlindungannya. f. Yahweh Elohim Kedua kata ini digabungkan dalam cerita Kej 2:4 -- Kej 3, meskipun 'elohim' saja yg digunakan dalam percakapan antara Hawa dan ular. Jika cerita mengenai Eden berhubungan dengan aslinya dalam bh Sumer, maka kemungkinan cerita itu telah dibawa oleh Abraham dari Ur, dan dengan demikian ada kemungkinan untuk menerangkan pemakaian nama ini dalam kedua ps ini, yg berbeda dengan ps-ps sekitarnya. g. Bagaimana El, Elohim, dan Yahweh dihubungkan Kini dapatlah dipertimbangkan apakah ketiga kata ini Sama atau berbeda dalam pemakaiannya. Kendati kadang-kadang salah satu dari ketiga kata ini digunakan untuk Allah, ketiganya benar-benar tidaklah sama, bahkan dapat dipertukarkan. Dalam cerita Kej 14, yg dianggap sebagai cerita yg memberikan gambaran yg benar tentang situasi pada awal milenium kedua sM, disajikan peristiwa pertemuan Abraham dengan Melkisedek, seorang imam 'el 'elyon, 'Allah Yg Mahatinggi'. Di sini kita lihat 'nama' atau gelar Melkisedek yg mengacu kepada Allah yg ia sembah. Akan nyata jelas suatu kekeliruan bila el 'elyon diganti baik dengan Elohim atau 'Yahweh' (Kej 14:18). Melkisedek memberkati Abraham dalam nama 'el 'elyon, 'Pencipta langit dan bumi', di mana ia menunjuk 'el 'elyon sebagai Allah Yg Mahatinggi (ay 19, 20). Raja Sodom memberikan harta benda kepada Abraham, yg dia tolak sambil mengangkat tangannya kepada Yahweh, 'el 'elyon, 'Pencipta langit dan bumi' (Kej 14:22). Ia maksudkan bahwa ia juga menyembah Allah Yg Mahatinggi, Allah yg sama (karena hanya ada satu Allah), tapi ia mengenal-Nya dengan nama 'Yahweh'. Menurut Kej 27:20 Yakub menipu ayahnya dengan kata-kata, 'Karena Yahweh Allah-mu (Elohim) membuat aku mencapai tujuanku'. Untuk mempertukarkan 'Yahweh' dan 'Elohim' di sini tidaklah mungkin. Yahweh adalah nama yg dengannya ayahnya menyembah Allah (Elohim) Yg Mahatinggi. II. Penyataan kepada Musa Penyataan Allah kepada Musa di belukar duri yg menyala-nyala adalah salah satu peristiwa yg paling khas mencolok dan paling meyakinkan dalam Alkitab. Sesudah kata-kata pembukaan, Allah memperkenalkan diriNya demikian, 'Aku-lah Allah (Elohim) ayahmu' (Kel 3:6). Hal ini serta merta menyatakan bahwa Musa pasti mengetahui nama dari Allah ayahnya. Ketika Allah menyatakan maksud-Nya untuk melepaskan Israel melalui tangan Musa, Musa menunjukkan keseganan dan berdalih. Musa bertanya, 'Apabila ... orang-orang Israel ... bertanya, apakah (mah) nama-Nya? Apakah yg harus kujawab kepada mereka?' (Kel 3:13). Cara biasa menanyakan nama seseorang ialah memakai kata ganti mi; memakai mah memerlukan jawaban yg lebih jauh, dan memberikan arti ('apa?') atau hakekat dari nama tersebut. Hal ini membantu untuk menjelaskan jawaban yg diberikan, 'AKU ADALAH AKU' ('ehyeh 'asyer 'ehyeh), dan Allah berkata, 'Beginilah kau katakan kepada orang Israel itu: AKU-LAH AKU telah mengutus aku kepadamu' (Kel 3:14). Dengan penyataan ini tidak akan timbul pikiran dalam benak Musa bahwa Allah mengumumkan suatu nama baru; dan ungkapan ini tidak menyebut suatu 'nama'; inilah arti pokok dan asasi dari nama yg Musa kenal. Di sini kita mendapati permainan kata; 'Yahweh' diartikan dari kata' ehyeh. M Buber menerjemahkan kata ini dengan 'Aku akan ada seperti Aku akan ada', dan menjelaskannya sebagai janji tentang kuasa Allah dan kehadiran-Nya yang terus-menerus bersama mereka dalam proses pembebasan (Moses, hlm 39-55). Bahwa arti kata-kata tersebut adalah demikian, yg terjemahannya kedengarannya mengandung teka-teki, diperlihatkan dalam ay berikut yg berbunyi, 'Yahweh, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak, dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya' (Kel 3:15). Isi lengkap dari nama itulah yg pertama diberikan, nama itu sendiri menyusul kemudian. III. Interpretasi Kel 6:2-3 Dalam Kel 6 terdapat lanjutan dari penyataan sebelumnya: Yahweh selanjutnya menginstruksikan Musa tentang bagaimana caranya berurusan dengan Firaun dan dengan bangsanya sendiri (Kel 6:1-6). Ay yg diperdebatkan ialah, 'Aku-lah TUHAN; Aku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yg Mahakuasa tetapi dengan nama-Ku TUHAN Aku belum menyatakan diri' (Kel 6:2). Penyataan sebelumnya, yaitu kepada para Bapak leluhur Israel, adalah mengenai janji-janji yg penggenapannya masih jauh di depan; maksudnya bahwa mereka harus diyakinkan bahwa Ia, Tuhan (Yahweh), adalah Allah ('el) Yg Mahakuasa (syadday) yg sanggup memenuhi janji-janji tersebut. Penyataan Allah di semak belukar yg bernyala-nyala adalah lebih hebat dan lebih mendalam, kuasa Allah dan kehadiran-Nya yg selalu dan terus-menerus di tengah-tengah mereka, semuanya itu terjalin dalam nama Yahweh yg mereka kenal itu. Selanjutnya, 'Aku-lah TUHAN (Yahweh), Allah-mu' (Kel 6:6) adalah ungkapan yg memberikan kepada mereka segala kepastian yg mereka perlukan tentang maksud-Nya, kehadiran-Nya dan kuasa-Nya. Lih Kej 17:1; 35:11; 48:3 untuk keterangan penyataan diri Allah kepada para Bapak leluhur Israel sebagai Tuhan Yg Mahakuasa ('el syadday) pada saat Ia memulai atau menguatkan perjanjian-Nya dengan mereka. Sayang ay-ay tersebut dalam 'hipotesis dokumenter' dianggap karangan I (P), yg tak masuk akal. IV. Nama-nama khusus yg mengandung El atau Yehovah a. 'El 'Olam Di Bersyeba Abraham menanam sebatang pohon tamariksa, dan 'memanggil di sana nama Tuhan (Yahweh), 'el `olam' (Kej 21:33). Di sini 'TUHAN' (Yahweh) adalah nama-Nya, dan penjelasan nama itu disebutkan sesudahnya yaitu, 'Allah yg kekal'. FM Cross meminta perhatian terhadap bentuk asli dari nama ini, yaitu 'El dhu-'Olami, yg berarti Allah kekekalan (bnd W. F Albright dlm Bibliotheca Orientalis 17, 1960, hlm 242). b. 'El-'Elohe-Israel Yakub, ketika tiba di Sikhem, membeli sebidang tanah dan di sana ia mendirikan mezbah dan menamakannya 'el-' elohe-Yisra'el (Kej 33:20), yg berarti 'Allah ('el) adalah Allah ('elohim) dari Israel'. Dengan cara ini ia memperingati pertemuan yg baru saja ia alami dengan malaikat di tempat yg ia namai Pniel(peni-'el, yg berarti 'muka Allah', Kej 32:30). Jadi ia menerima Israel sebagai namanya dan taat beribadah kepada Allah. c. Yehovah-yireh Dalam Kej 22 ketika malaikat Tuhan menunjukkan seekor domba jantan sebagai Korban bakaran pengganti Ishak, Abraham menamai tempat itu Yahweh yir'eh, yg berarti 'TUHAN menyediakan' (ay 8, 14). d. Yehovah-nissi Dalam cara yg agak sama, Sesudah mengalahkan orang-orang Amalek, Musa mendirikan sebuah mezbah dan menamainya Yahweh nissi, yg berarti 'TUHAN-lah panji-panjiku'. Tapi ini bukanlah nama-nama Allah, melainkan sebagai peringatan terhadap peristiwa-peristiwa tersebut. e. Yehovah-syalom Ini adalah nama yg diberikan oleh Gideon kepada mezbah yg ia dirikan di Ofra, Yahweh syalom, 'TUHAN adalah keselamatan' (Hak 6:24). f. Yehovah-tsidkenu Ini adalah nama yg dengannya Mesias akan dikenal, Yahweh tsidqenu, artinya 'TUHAN keadilan kita' (Yer 23:6; 33:16) bertentangan dengan raja Yehuda yg terakhir, yg tidak pantas memikul nama Zedekiah (tsidqiyahu, yg berarti 'TUHAN adalah keadilan'). g. Yehovah-syamma Nama ini diberikan kepada kota dalam penglihatan Yehezkiel, Yahweh-syamma, yg berarti 'TUHAN hadir di situ' (Yeh 48:35). h. TUHAN semesta alam Berbeda dari nama-nama di atas, Yahweh seba'ot, 'TUHAN semesta alam' adalah gelar Allah. Nama ini tidak terdapat dalam Kitab-kitab Pentateukh; pertama kali muncul dalam 1 Sam 1:3 sebagai gelar yg dengannya Allah disembah di Silo. Nama ini dipakai oleh Daud waktu ia menghadapi Goliat, orang Filistin itu (1 Sam 17:45); dan Daud menggunakannya lagi sebagai klimaks dari nyanyian kemenangan yg gilang-gemilang (Mzm 24:10). Nama ini biasa dipakai dalam kitab nabi-nabi (88 kali dlm Yer), dan dipakai untuk menunjukkan bahwa TUHAN setiap saat adalah Penyelamat dan Pelindung bagi umat-Nya (Mzm 46:7,11). Anti harfiah seba'ot ialah tentara. Yg dimaksud mula-mula mungkin tentara Israel (bnd 1 Sam 17:45), tapi segera diperluas menjadi seluruh tentara langit, siap sedia untuk melaksanakan perintah Allah, jadi TB memakai 'Tuhan semesta alam'. i. TUHAN Allah Israel Gelar ini (Yahweh 'elohe Yisra'el) ditemukan mula-mula dalam nyanyian Debora (Hak 5:3), dan seringkali dipakai oleh para nabi (mis Yes 17:6; Zef 2:9). Gelar ini mengikuti urutan 'Allah Abraham, Ishak, dan Yakub'. Dalam Mzm 59:5 gelar ini digabungkan dengan gelar yg disebut terdahulu. j. Yg Mahakudus Allah Israel Gelar ini (qedosy Yisra' el) adalah gelar yg sangat digemari Yesaya (29 kali -- 1:4 dab) baik dalam nubuat-nubuatnya yg terdahulu maupun yg kemudian, dan juga dalam Yer dan Mzm. Agak sama dengan gelar ini ialah 'Sang Mulia dari Israel' (netsakh Yisra'el, 1 Sam 15:29) digunakan oleh Samuel, dan 'abir Yisra'el (Yes 1:24 dll), 'Yg Mahakuat Pelindung Israel' k. Yg Lanjut Usia-Nya Ini adalah gambaran (Aram 'attiq yomin) yg diberikan oleh Daniel, yg menggambarkan Allah dan takhta pengadilanNya, mengadili kerajaan dunia yg besar (Dan 7:9, 13, 22). Gelar ini digunakan bergantian dengan gelar 'Yg Mahatinggi' (Aram 'illaya, 'elyonin, ay 18, 22, 25, 27). KEPUSTAKAAN. W. F Albright, Yahweh and the Gods of Canaan, 1968; A Alt, 'The God of the Fathers', dalam Essays on OT History and Religion, 1966, hlm 1-77; F. M Cross, Yahweh and the God of the Patriarchs, HTR 55, 1962, hlm 225-259; 0 Eissfeldt, El and Yahweh, JSS 1, 1956, hlm 25-37; G. T Manley, The Book of the Law, 1957, hlm 37-47; J. A Motyer, The Revelation of the Divine Name, 1959; A Murtonen, A Philological and Literary Treatise on the Divine Names 'el, 'eloah, 'elohim and Yahweh, 1952. GTM/JMP Ke atas BAPAK, ALLAH [Ensiklopedia] Lihat ALLAH, NAMA-NAMA. Ke atas YANG MAHAKUASA [Ensiklopedia] Nama Allah yg dipakai 48 kali dalam PL (mis Kej 49:25; Ayb 5:17) untuk menerjemahkan bh Ibrani shaddai, yg arti akar katanya tidak jelas. Kata itu kadang-kadang dipakai dalam hubungan dengan 'el, 'Allah', dan diterjemahkan 'Allah Yg Mahakuasa' (Kej 28:3; Yeh 10:5). 'Dalam PB kata itu terdapat 8 kali dalam Why dan juga dalam 2 Kor.6:18 untuk menerjemahkan bh Yunani pantokrator, 'yg penuh kuasa'. Lih N Walker, 'A New Interpretation of the Divine. Name Shaddai', ZATW, 1960, hlm 64-66. JDD/MHS/HAO Ke atas EL SYADAI [Kamus Browning] Sebutan bagi Allah dalam Yeh. 10:5 dan (tanpa El) sering kali dalam Ayub, tetapi selebihnya hanya terdapat dalam sumber --> P dari --> Pentateukh. Terjemahan tradisional adalah 'Allah Yang Mahakuasa'. Ke atas ELOHIM [Kamus Browning] Kata ini berbentuk jamak, yang secara harfiah berarti 'ilah-ilah' (seperti dalam Kel. 20:3), namun biasanya digunakan untuk Allah Israel, sebagai Yang Mahakuasa, bentuk pemujaan seperti dalam bahasa-bahasa lain. Bentuk tunggal El juga ditemukan, terutama dalam Kitab Ayub. Penggunaan Elohim pada salah satu sumber --> Pentateukh, sejak pemanggilan --> Abraham (Kej. 22:1-19) hingga Allah menyatakan nama-Nya sebagai Yahweh (Kel. 3:13-15), menunjuk kepada satu sumber dan menyebabkan sumber tersebut dinamakan sumber --> E. Diperkirakan sumber ini berasal dari wilayah utara pada periode abad ke-9 hingga ke-8 sM. Ke atas KURIOS [Kamus Browning] Kata Yunani yang berarti 'tuan', 'guru', 'majikan' (mis. Mat. 25:11), tetapi dalam --> LXX dipakai juga untuk menerjemahkan nama --> Yahweh dalam bahasa Ibrani. Dalam bahasa Kristen kurios dikenakan kepada Yesus sebagai 'Tuhan', yang ditinggikan di atas kedudukan manusia (Rm. 14: 8-9) dan Paulus menyebut saudara-saudara Yesus sebagai 'saudara-saudara Tuhan' (1Kor. 9:5; Gal. 1:19) yang sekalipun menunjuk kepada Yesus sebelum ditinggikan namun lebih dari manusia biasa. Menurut *Josephus, orang Yahudi menolak menyebut penguasa Romawi kurios, karena gelar Tuhan itu hanyalah bagi Allah. Tetapi, Paulus mengenakan ayat-ayat PL yang mengenai Allah kepada Yesus (mis. Yes 45:23). Kepada Tuhan Yesus Kristuslah semua orang harus bertekuk lutut dan mengaku (Flp. 2:10 dst.) Bentuk kalimat liturgis: 'Kyrie eleison' ('Tuhan kasihani'), menjadi doa litani dalam peribadahan Kristen sejak abad ke-4. Ke atas MAHATINGGI [Kamus Browning] Sering digunakan untuk Allah dalam PL (seperti dalam Mzm. 21:8; 91:1), kadang-kadang dalam PB, seperti waktu roh jahat menyebut Yesus 'Anak Allah yang Mahatinggi' (Mrk. 5:7). Juga dalam pembelaan --> Stefanus (Kis. 7:48). Ke atas NAMA ALLAH [Kamus Browning] 1. Dalam PL. Yahweh: apabila dibacakan keras-keras digantikan dengan gelar Adonai ('Tuhanku yang Mahabesar'), karena rasa hormat yang mendalam. Apabila pada huruf-huruf Ibrani YHWH ditambahkan huruf-huruf hidup, maka huruf-huruf hidup itu diambil dari 'Adonai' untuk menyadarkan si pembaca supaya membaca Adonai (dari situlah muncul ucapan cangkokan yang salah: 'Yehovah'). Beberapa penulis modern Yahudi mematuhi penghormatan tradisional itu dengan menuliskan 'G-d' (untuk bahasa Indonesia barangkali A-h)El: Allah, dalam perbendaharaan kata Kanaan, tetapi juga dijumpai dalam PL, kadang-kadang dalam gabungan dengan kata lain, mis. Betel = rumah Allah.Elohim: bentuk yang lebih umum dalam PL. Bentuk jamak menekankan keagungan.El Shadai: Allah Mahakuasa (aslinya mungkin, Allah gunung-gunung).Adonai: Tuhanku yang Mahabesar -- digunakan untuk raja-raja, tetapi sesudah masa pembuangan dipakai dalam ibadah menggantikan 'Yahweh'.Baal: dewa Kanaan, yang kadang-kadang disembah Israel, lalu mereka dicela oleh --> Hosea dan nabi-nabi lain.2. Dalam PB. Theos: kata dasar untuk Allah digunakan dalam --> LXX untuk menerjemahkan kata Ibrani Elohim. Kata ini digunakan satu kali untuk Yesus (Yoh. 20:28). --> Kurios: kata Yunani yang digunakan untuk Yahweh dalam LXX, dan dicetak Tuhan dalam bahasa Indonesia TB. Sering digunakan untuk Yesus (mis. Yoh. 20:28), tetapi dapat juga dipakai untuk orang-orang dalam kedudukan tinggi, 'Tuan' (Mat. 27:63; Yoh. 12:21). Kata Yunani lain, despotes, yang berarti Tuhan, kita dapatkan dalam LXX untuk Allah dan diterjemahkan; 'Tuhan' (TB. Luk. 2:29) dan untuk Yesus pada 2Ptr. 2:1, yang oleh TB diterjemahkan dengan penguasa'. --> Alfa dan Omega: huruf pertama dan terakhir dalam abjad Yunani, yang menyatakan Allah sebagai awal dan akhir (Why. 1:8). dan dikenakan kepada Yesus (Why. 22:13).Yang Kudus: digunakan untuk Allah oleh Yesaya dalam PL dan dalam PB (Why. 16:5), tetapi juga untuk Yesus (Mrk. 1:24; Luk. 4:34; Yoh. 6:69). Ke atas TEOLOGUMENON [Kamus Browning] Suatu cara membicarakan Allah atau hal-hal ilahi tanpa memakai nama Allah, misalnya 'tiang awan' yang menyertai orang Israel di gurun. Ke atas TETRAGRAMMATON [Kamus Browning] Bahasa Yunani yang berarti 'empat huruf', yaitu nama suci dari Allah, yang terdiri dari empat konsonan YHWH (Kel. 3:15). Karena dipandang terlalu suci untuk diucapkan, para pembaca naskah Alkitab menyebut 'Adonai' (Tuhan) sebagai gantinya. Pada waktu tanda vokalnya disisipkan ke dalam nama YHWH itu, terciptalah bunyi --> Yehovah yang selama turun-temurun muncul dalam terjemahan-terjemahan tertentu. Dalam TB-LAI Yahweh diterjemahkan Tuhan (Elohim bahasa Ibrani adalah Allah). Ke atas TUHAN BALA TENTARA [Kamus Browning] Allah Israel dianggap sebagai panglima bala tentara Israel dan bala tentara --> surga. Allah adalah jenderal pasukan Israel dan --> Daud adalah letnan-Nya (1Sam. 17:45; TB-LAI:'semesta alam'): namun Allah juga memiliki *malaikat-malaikat (1Raj. 22:19) dan pasukan alam-Nya (Am. 4:13). Ke atas YAHWEH [Kamus Browning] 1) Jahveh digunakan oleh sarjana-sarjana Jerman untuk nama Allah pada sumber --> Y --> Pentateukh, yang biasanya para sarjana Inggris menulisnya dengan Yahweh.2) Muncul hampir 6.000 kali dalam PL sebagai nama Allah, tetapi rasa hormat yang terns bertambah menyebabkan Yahweh dibaca sebagaiAdonai (Tuhanku yang mahabesar) dalam pembacaan di depan umum. Pada waktu bunyi huruf hidup ditambahkan pada teks Ibrani, bunyi dari Adonai ditempatkan pada YHWH untuk mengingatkan pembaca agar membacakan Adonai ganti Yahweh. Maka 'Yehovah' adalah pembacaan cangkokan yang salah dari Abad Pertengahan Kristen. Dalam tulisan Yahudi modern, penghormatan itu dipertahankan dengan menuliskan G-d.Sumber --> Pentateukh --> Y (dari Yahweh dalam bahasa Jerman) merunut nama Yahweh sampai abad-abad awal (Kej. 4:26), tetapi --> P menempatkan penggunaan nama Yahweh pertama pada Musa (Kel. 6:2-3). Dikemukakan bahwa arti nama Yahweh berarti 'Dia menyebabkan keadaan yang ada', artinya Yahweh adalah pencipta -- tetapi sangat diperdebatkan apa memang nama ilahi itu ada artinya. Ke atas YANG KUDUS DARI ALLAH [Kamus Browning] Yesus disapa sebagai 'Yang Kudus dari Allah' oleh orang yang dirasuk setan (Mrk. 1:24) berdasarkan pengetahuan supranatural, dan oleh *Pbtrus (Yoh. 6:69). Istilah itu juga dikenakan kepada Nabi --> Elisa (2Raj. 4:9). Dengan demiki an dalam PL istilah itu bukanlah gelar mesianik, namun tampaknya telah digunakan oleh jemaat mula-mula untuk Yesus (Kis. 3:14). Ke atas YANG MAHAKUASA [Kamus Browning] Sangat sering digunakan bagi Allah dalam PL, terutama Kitab Ayub; dan dalam PB, terutama Kitab Wahyu. Paulus menggunakan kata ini sekali ('Tuhan, Yang Mahakuasa', 2Kor. 6:18), di mana ia mengutip 2Sam. 7:14. Menarik, bahwa pada kutipan itu Paulus menambahkan 'anak-anak perempuan' di antara anak-anak Allah, bukan hanya 'anak laki-laki'. Ke atas YANG MAHAKUDUS ALLAH ISRAEL [Kamus Browning] Gelar untuk Allah Israel ini sering digunakan dalam seluruh bagian Kitab Yesaya (mis. Yes. 41:14), yang menandaskan keberbedaan Allah dari manusia, namun juga hubungan istimewa-Nya dengan bangsa Israel. Ke atas YEHOVAH [Kamus Browning] Nama Allah bagi orang Ibrani adalah YHWH, namun nama itu begitu kudus, sehingga tidak diucapkan oleh orang Yahudi -- dan mereka menggantikannya dengan Adonai (Tuhan). Namun, ketika tanda-tanda huruf hidup dari kataAndonai disisipkan pada abjad Ibrani, YHWH, maka ucapannya menjadi Yehovah, seperti dalam AV, dan sering kali pada penggunaan bahasa Inggris. Ke atas Yunani Strongs #3841 παντοκρατορ pantokrator παντοκρατωρ pantokratwr: Yang Mahakuasa (Kamus Yoppi) ορος [maskulin] Yang Maha Kuasa (Kamus Barclay) Strongs #4519 σαβαωθ sabaoth σαβαωθ sabawy: (sebutan nama Allah dalam bahasa Ibrani, harfiah: dari bala tentara) κυριος Σ. Allah maha kuasa (Kamus Barclay) Ke atas Dalam Versi-Versi Alkitab: Allah Yang Mahakuasa: BIS El: BIS Tuhan semesta alam: TB Tuhan Yang Mahakuasa: BIS